iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakk… Sampeyan pasti sudah gak asing lagi dengan selera biker terhadap desain motor baik itu di indonesia maupun di negara lain, dan ternyata perbedaan desain ini tidak serta merta terjadi jika tidak ada alasan, baik itu dari pabrikan ataupun dari survey penduduk dinegara tertentu yang menjadi acuan produsen motor untuk menelurkan produknya, nah… kendati demikian perbedaan desain ini memiliki keunikan tersendiri di masing-masing negara, sehingga membuat pabrikan harus memutar otak untuk menelurkan produk globalnya di negara tertentu karena perbedaan selera disetiap negara. Penasaran ? intip detilnya dibawah ini…

Indonesia sendiri menurut IWB soal desain kendaraan baik itu motor ataupun mobil disetiap tahunnya selalu ada pabrikan yang meluncurkan produknya sesuai dengan selera konsumen indonesia. Walaupun ada juga pabrikan yang mendesain produknya yang bukannya disambut hangat malah menuai protes karena desain yang tidak menunjukan peningkatan dari generasi sebelumnya, maka dari itu desain mempunyai andil besar dalam larisnya kendaraan di indonesia.

Nah… Untungnya cak berkat sampeyan semua yang selalu menyuarakan taste desain kepada pabrikan yang berkiprah ditanah air, menjadi acuan utama bagi pabrikan untuk menelurkan sepeda motornya dengan desain terbaik sesuai keinginan pasar. Pasalnya biker indonesia selalu menginginkan desain yang agresif, keren dan juga gahar. Jadi berkat sampeyan dalam beberapa dekade terakhir desain sepeda motor di indonesia memang menunjukan peningkatan yang signifikan. Dan hal ini juga dibuktikan dengan penetrasi produk yang sangat baik dipasaran dan tentunya laris manis rekk.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Selain desain beda juga dengan genre motor yang disukai di indonesia, sejak hadirnya motor matic ditanah air, masyarakat indonesia lebih menyukai segmen skutik dibandingkan sport ataupun bebek, karena memang dengan kondisi jalanan yang lebih banyak macet membuat biker indonesia lebih memilih skutik sebagai tunggangan harian daripada segmen sport, bahkan bebek non-kopling pun sudah kurang diminati, kecuali bebek sport dan ayam jago seperti mx king, supra ataupun satria masih memiliki ketertarikan dihati para biker indonesia.

Lain halnya dengan negara tetangga yakni Malaysia, di negeri jiran justru sangat jarang sekali motor sport yang berseliweran. Berbeda dengan indonesia yang lebih menyukai skutik, penduduk Malaysia lebih menyukai motor bebek sebagai tunggangan harian masrakatnya, karena memang kondisi jalanan di malaysia tidak macet seperti kebanyakan kondisi jalan di tanah air, dan uniknya cak… bebek yang di indonesia sudah sangat jadul namun di Malaysia masih diproduksi dan laris rekk, tetapi untuk segmen sport selera biker disana tidak berbeda jauh dengan indonesia, sehingga beberapa motor pun didatangkan dari tanah air….

Tidak berbeda jauh dengan malaysia, segmen bebek masih sangat diminati di negeri gajah putih, padahal Thailand menjadi kiblat motorsport di asia, karena kebanyakan pabrikan memilih basis produksinya di Thailand, selain itu ternyata motor yang memiliki desain seperti Xabre dan MT15 lebih disukai ketimbang motosport dengan desain pada umumnya, dan seperti yang sampeyan tahu di negeri gajah putih juga terkenal dengan modifikasinya yang beraliran Thailook. Kondisi ini berbeda jauh dibandingkan tanah air dimana kedua motor tersebut sulit mendapatkan hati para bikers…

Yup… Berbeda dengan ketiga negara sebelumnya yang memang memiliki kesamaan soal selera khususnya motorsport, entah kenapa di India yang bahkan negara dengan peduduk lebih banyak dari Indonesia, nyatanya mayoritas biker disana menyukai motor dengan desain yang kaku dan kurang mengalir secara kasat mata, fakta tersebut diperkuat dengan data penjualan yang dikuasai oleh pabrikan lokal di negeri Bollywood. Intip saja bagaimana kuatnya Hero Motocorps yang mengalahkan Honda. Bahkan TVS dan Bajaj bukan lawan Yamaha dan Suzuki disana. Kondisi yang berbeda jauh dibandingkan Indonesia pastinya….

Last…beruntunglah kita tinggal di negara ini, karena mayoritas pabrikan sudi menuruti desain yang diinginkan biker tanah air yang terkenal dengan desain gahar dan keren yang juga sangat diminati negara lain. Bahkan di negaranya sendiri seperti jepang justru keberadaan motor disana kurang diminati, dan berimbas ke penjualan motor yang kurang laris dan mengalami penurunan sejak lima tahun terakhir. Inilah fakta perbedaan market antara Indonesia vs negara lain. Nah, kalau sampeyan sendiri piye cak….ada nggak motor luar negeri yang sampeyan inginkan masuk di Indonesia? monggo berikan opininya…...(RA edited iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!