iklan iwb
” Gambar hanya ilustrasi…”

Iwanbanaran.com – Cakkk…sugeng enjing selamat pagiii, piyee kabare sampeyan apik oraaa? IWB yakin sampeyan wis kangen dengan tulisan wong ganteng asal Banaran ini…sopo maneh kalau bukan IWB xixixixi. Guyonn cak…jadi ngene pakde. IWB kieee sebenarnya pengen ngeshare fakta menarik tentang gerakan underground pabrikan yang diam-diam memang luar biasa alot bin sangar persaingan. Termasuk mengetahui apa sih rahasia dari mesin terbaru rival dan apa yang akan mereka lakukan ? dengan kata lain….Tahukah sampeyan pabrikan sering bongkar motor baru rival ?? ini faktanya !!

Sebenarnya isu perihal ini sudah cukup lama IWB dengar. Namun baru kali ini IWB pastikan fix, seluruh isu tersebut bisa IWB katakan akurat. Dan ini IWB kumpulkan dari berbagai sumber para telik sandi IWB. Betul cak…tahukah sampeyan, bahwa pabrikan ternyata sering membongkar motor baru rival. Ahhh mosookkkk ? dari info yang IWB terima sih ngonoooo. Contohnya Ninja 250 FI dua silinder generasi injeksi pastinya. Saat itu Ninja betul-betul booming dan membuat ngiler salah satu pabrikan besar….

Tujuan pabrikan tersebut adalah meracik motor tandingan yang lebih powerfull, efisien dan durable. Diera tersebut Ninja 250 masih bermain diangka 32PS. So…targetnya meracik mesin yang lebih besar dari angka 32PS. Dan dari salah satu sumber IWB, Ninja 250 Fi adalah salah satu korban bongkar rival. Itu hanya satu contoh karena memang cukup banyak produk baru yang akhirnya diseret dalam lingkungan rival. Lek boso gampangnya dibongkar dan dipelajari. Ahhh mosok sampai kayak gitu cak IWB?

iklan iwb

Pertanyaan sampeyan sama kayak pertama kali IWB mendengar isu ini. Pasti sampeyan heran dan juga bertanya….lhoooo laopo kok ada acara bongkar membongkar ? emang mereka nggak bisa meracik mesin sendiri tanpa nyontek? jadi ngene cak. Dalam sebuah konstruksi engine, yang mahal itu adalah pengembangan dan inovasi. Bukannya pabrikan lain nggak bisa meracik mesin serupa, namun mereka akan tetap mempreteli sebagai bahan studi banding. Sebab dengan mempelajari mesin lawan mereka akan lebih mudah membidik target secara pasti…ora meraba-raba….

Ibaratnya cak….lebih efisien dibanding celingak-celinguk dari nol, mengira-ngira tanpa guidance yang jelas. So…dengan membongkar produk rival maka tim teknis dan RND sudah memiliki panduan pasti. Ealaahhhh, ngene to cara kerjanya ACG starterrrrr. Eeeeee….iki to sing jenenge idling stop system. Kuwi hanya contoh cak. Nanti dari “base” yang sudah didapatkan tersebut baru akan dikembangkan dengan sentuhan dan nama paten sendiri. Dan ini dilakukan oleh semua pabrikan. Nyaris semua melakukan hal yang sama…dan konon tindakan tersebut sudah lumrah….

Last….aksi pembongkaran produk rival tentunya dilakukan secara diam-diam serta rahasia. Karena bagaimanapun, kendati semua pabrikan sudah lumrah melakukannya tapi tetap akan menjadi rahasia umum yang tidak boleh diketahui oleh publik. Yahhh, namanya juga rahasia. Tentu kebenarannya tidak bisa kita buktikan. Tapi apapun itu, dipastikan bahwa semua pabrikan berusaha memberikan yang terbaik dengan satu tujuan yakni memuaskan kita-kita. Yang ujung-ujungnya kompetisi berjalan seru dan berwarna. So…pabrikan sering bongkar motor baru rival ?? nah…piyee baru ngertii to sampeyan ? (iwb)

102 COMMENTS

    • Bisa jadi,..spt jg acg,iss pbl,dll yg bisa jadi jg ditiru….semua pabrikan jg melakukan..dan spt kata lik iwan…itu sdh lumrah

    • Ninja 250 32ps upgrade jadi 39ps
      Cbr250 38ps upgrade jadi 41ps
      R25 prototype 36ps ternyata jadi 35ps…udah facelift tetep mentok 35ps….bisa ga sih bikin motor kenceng

      • berarti yamaha bongkar mesin 150 cc DOHC itu, udah bongkar tapi ga bisa buat dong ????? canda dohc

        • Buat apa DOHC , Tapi lemot..
          Kalo DOHC Honhaa kencang ,boleh komen kayak sampean gitu..

          Lah ini DOHC lebih lemot dari Sohc ?..
          Apa kata dunia

      • Nemex bongkar engine piscox blajar ACG starter sama ISS diganti dah namanya dng embel2 teknologi bule_kolor punya wkwkwkwkwkw

  1. Tapi nek sales sales katrok kui ora mungkin lik ngragati bongkar bongkar ngono…kanggo madyiang harian wae di cukup cukupke kog…..?

  2. Bahasa kerennya reverse engineering, dari pada mulai dari nol tentunya dibutuhkan waktu dan biaya yang besar mendingan pakai basis dari kompetitor
    Amatir, Tiru dan Modifikasi

  3. Sampe2 250 RR yang Guanazzz dibongkar buat mastiin itu standar atau bukan …ehhh masih standar tinting dan cukup mode Sport ??

  4. Tapi tetap ada pembatasnya Cak…itulah tekhnologi , R n D diperlukan disini. ? Kata Crutchlow…pabrikan punya DNA masing2 ??

  5. di mobil juga sama cak.
    dulu ada kejadian dimana pabrik Isuzu juga pernah kepergok sedang bongkar2 Toyota Kijang super untuk dipelajari apa yg bikin Kijang laku di Indonesia, dan ternyata beberapa tahun kemudian ternyata mereka merilis Isuzu Panther.

    • Kijang ame panther sama2 punya Astra, om
      Kenapa panther kaga facelift2 sampe akhirnya awarahum itu keputusan dari Astra, om
      CWIIW ya

      • Itu dr isuzu global memang sudah gak begitu fokus ke mobil penumpang. Mereka fokus ke kendaraan niaga.
        Gak ada hubungannya gara gara se group astra. Ini cuma asumsi orng yg blm tau dalem isuzu yg skrng.

      • nope.
        AFAIK masalah Panther itu murni keputusan prinsipal Jepang. sementara Astra cuma memberi masukan saja.
        Astra memang ATPM Isuzu dan merupakan perusahaan besar dan berpengaruh di Indonesia.
        tapi Astra Isuzu tidak punya pengaruh di luar negeri (Jepang). Astra tidak punya saham di Isuzu Jid?sha Kabushiki-Kaisha, jadi mereka tidak punya kekuatan apapun untuk mendikte Isuzu Jepang.
        dan keputusan Isuzu Jepang adalah menghentikan semua produksi MPV di seluruh dunia untuk kemudian fokus ke kendaraan komersial.?
        bahkan faktanya, Isuzu Indonesia adalah Isuzu? terakhir yg masih memproduksi MPV (Panther) sebelum akhirnya disuntik mati tahun 2021 ini.
        di luar negeri sudah tidak ada lagi MPV Isuzu sejak beberapa tahun yg lalu.

        dan jangan lupa, biarpun di sini Isuzu dan Toyota itu sama-sama dipegang Astra, tapi di Jepang sana mereka adalah kompetitor.

  6. Side stand itu sangat mudah dan murah , tapi sebelah bikin kok bisa Error’ ? Sampe sekarang sensornya dimatiin , biar konsumen gak terima motor dengan check engine nyala ?

  7. Bikin headlamp saja suSah itu cak , bisa ngedisain bentuk luar yang keren sih bisa…tapi menerapkan kualitas mika Bening yang gak gampang buram itu Suuuusah Cak , apalagi gampang Ngembun ( lirix yahama ) ?

  8. Gimana supaya mesin halus sepanjang masa itu juga susah Cak…..moso baru 5 6 bulan tuh mesin dah kayak Mesin Jahit berjalan ??

  9. Bikin 113 CC , ditampuol sama 110 CC….ehhhhh lari lintang pulang naikin 125 CC ?
    Disini ….tekhnologi yang berbicara.

      • Jgn lupa cak, top speed yg nyampe 120an di hajar habis2an dari awal start sama yg top speed nya 117 itupun di cut..

        Luar biasa sekali teknologi yamahong

  10. Bikin 155 CC plus ditambah Pea2 ” banci atau mono ” kecepatan sampe 122 kmh, eeeeh ditampuol sama 156 CC yang di Cut 117 kmh ?

  11. R n D yang tak terbatas dengan Sokongan bunga Bank dari Kanvas rem beat , membuat rival cuma bisa ngeDaur Ulang Mesin2 Mangkrak mereka yang pada akhirnya menghadirkan produk all new dengan Disain Bingung ( depan macho belakang Bahenol ) dan malah cukup ganti Lakban warna yang kemudian diberi nama Facelift ?

  12. Hadapi perang itu dengan jantan dan berani ? , bukan dengan cara melarikan diri Ngumpet mencari zona aman yang kemudian disebut dengan Blue Ocean ?

  13. Kesatri sejati takkan pernah surut mengejar….menggempur…kompetitor , di Blue Ocean manapun bersembunyi ?

  14. Sebentar lagi pabrikan Sebelah membongkar 156 cc tuh….
    Mencari tau , kenapa bisa 155 PeA 122km mereka cuma bisa terlihat diSpion 156 yang diCut di 117 kmh ??

  15. yg paling susah itu bikin mesin yg gak ‘haus’ oli. sejak era c100 sampai sekarang, tetep saja minum oli terus. padahal sudah jiplak plek ketiplek.

  16. Sebelah harus bangkit Maximal tahun ini , terserah Dananya dapat Suntikan darimana.
    Kalau cuma produk yang diLskban dengan Warna baru….bisa dipastikan , sebelah Remukkkk !!!! Tahun ini ?

  17. Jual murah itu hukumnya Wajib Laku , jika tidak….maka ketiban Rugi 2 x.
    Udah murah….kaga laku 2x bonyok ?
    Ya gimana mau berkembang dan nambah riset ? Moso merengek terus ke induk Semang di Japan ?

  18. Mending produk global dan model global …pasti Induk semang turun tangan, kalau produk dan model Lokal ? Tanggung sendiri….jika perlu tuh Velg sampe kiamathhh kaga ganti2 ?

  19. Kalo korbannya ninja karbu, berarti terdakwanya Yo R25. Kalo CBR 2 silinder kan baru2 aja.
    Udah nyontek, gak payu sisan

  20. hal lumrah itu..

    dlu saya pernah kerja di dealer mobil terbesar di indonesia jga begitu, kita rutin belajar hal? dri kendaraan kompetitor

    hal? begitu lumrah sih mw di bidang otomotif mw di bidang teknologi dll, bukan hal baru dan bukan hal tabu

    dalam olahraga seperti sepakbola pun jg begitu, menonton permainan lawan membedah taktiknya dan mencari cara utk counter..

    hal biasa.. klo ada org yg meributkan menghina dan mencela saya ga ngerti lagi gmn bodohnya manusia seperti itu

  21. Disemua bisanis sama aja lek.. mo elektronik mo gadget mo otomotif bahkan rokok selalu ada pembandongan kompetitor bisa jadi ajang studi maupun sekedar komparasi produk.

      • ekekkekek

        Klotokk klotookk berjilid jilid

        yg terbaru suara klotok klotoknya tambah keras padahal baru keluar deler

        H suRrrrrAM

        muehehheeh

  22. Ya sudah pasti lah. Orang barangnya tersedia di pasaran, tinggal beli satu produk lawan terus dibedah, diprotolin

  23. ga cuma roda dua omm, ane pernah liat sendiri. wuling baru udah diparkir didalem gedung sampe 2 model. info nya bukan buat dijadikan kendaraan operasional tapi akan dikirim ke ATPM tertentu

  24. ekekekk

    – R15 pakai Tangki Kondom dicemooh dijiplak HonHon
    – VIXION pakai Sliper clucht di BC dijiplak HonHon
    – Nmax naik cc dinyinyirin dijiplak HonHon

    H suRrrrrAM

    mueheheheheh

  25. ekekekke

    HonHon karakter mesin Sportnya kepengen mirip R15 MX Vixion series tapi GaTOT

    matic 110 cc gak nyampe mbeot mberrr seriess karakternya kepengin Yamaha malah longg long Overstrokke ngedennn poullll gak kuat nanjak yg ada malah mundur alon alon

    H suRrrrrAM

    muehehehehhe

  26. Cek Data Pengukuran PCX160 CBS di Sirkuit Sentul

    0-60 km/jam: 5,4 detik
    0-80 km/jam: 10,5 detik
    0-100 km/jam: 17,5 detik
    0-100 m: 7,72 detik (@69,74 km/jam)
    0-201 m: 12,34 detik (@84,62 km/jam)
    0-402 m: 20,2 detik (@105,1 km/jam)
    Top speed di spidometer: 116 km/jam
    Top speed di Racelogic: 111,1 km/jam

    Yamaha NMAX 155
    0-60 km/jam 5,2 detik
    0-80 km/jam 9,3 detik
    0-100 km/jam 16,3 detik
    0-100 m 7,7 detik
    0-201 m 12,1 detik
    0-402 m 19,5 detik
    Top speed spido 121 kpj
    Top speed Racelogic 115,7 kpj

  27. ekekekek

    ( Breking News )
    Peceex baru keluar deler Gredekk Ambrol Turun mesin

    # Kawal Matic Besar Membagongkan

    H suRrrrAM

    mueheheheheh

  28. ekekekek

    ibarat udah disediain Sirkuit masih dijalanan

    udah disediain plat nomor asli malah pakai palsu

    # Kawal Matic besar Membagongkan
    # Kawal Plat nomor palsu

    H suRrrAM

    mueheheheheh

  29. ekekekek

    masalah ring piston peceex ngebulll

    itu udah dibilang jauhari
    dulu ada lapisan mobyldenum itu meminimalisir gesekan eh la dalah di downgrade diilangin lapisan itu. wassalam

    H suRrrrrrrAM

    muehehehehhe

  30. ekekekek

    ( Breking News )
    shockbreker Peceex Ambles buat boncengan

    # Kawal Matic Besar Membagongkan

    H suRrrrAM

    mueheheheheh

  31. ekekekek

    ( Breking News )
    shockbreker Peceex gasrukkkk cover berpotensi retak

    # Kawal Matic Besar Membagongkan

    H suRrrrAM

    mueheheheheh

  32. ekekekekke

    Matic besar membagongkan
    udah offiside banyak cc Kalah Telak

    H suRrrrrAM

    muehehehehehe

  33. ekekekke

    jangan kan motor

    Nicknmae aja gonta ganti bahkan di Kloning

    H suRrrrrAM

    muehehehehehheh

  34. ekekkekeke

    pola nya udah terlihat cak
    – gonta ganti nick dan kloning
    – giring opini / sok bijak
    – merasa yg terhakimi ( padahal di sendiri yg memfitnah orang lain )
    – BC
    – nyinyir
    – buzzer
    dan jangan lupa jilat ludah
    – dll

    H suRrrrrAM

    mueheheheheheh

Comments are closed.