iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cak masih ingat tulisan IWB sebelumnya mengenai betapa cueknya Yamaha atas kedatangan CBR 2021 yang sering disebut K45R. Yup….mengejutkan cak karena memang pihak Yamaha menanggapi dengan santai cenderung tidak peduli. Namun kondisi berbeda ketika PCX 160 lahir. Ediann masif tenan para fansboy bereaksi. Alasannya pasti bisa ditebak….apa gerangan ?

Bukan tanpa alasan mengapa Yamaha menanggapi santai CBR150R karena sekarang peminat sport cukup kecil. ? Pasarnya kecil, dijabodetabek saja paling hanya terserap 500-an unit maksimal. untuk total sport (Yamaha). Jadi mereka nggak terlalu fokus ke sana?.? seru salah satu sumber IWB saat itu…

Sebenarnya alasan tersebut logis. Analoginya untuk apa habis-habisan berdarah-darah sampai jungkir balik bila hasilnya tidak sepadan dengan pengorbanan. Sampean juga mungkin sudah tahu cak efek berkurang nya market share motor sport diakibatkan oleh berbondong bondong nya pecinta roda dua beralih ke matic bahkan menurut pandangan IWB pribadi matic itu sudah menjadi suatu keharusan yang di miliki di satu rumah !

iklan iwb

Tidak usah berteori ataupun ngasih opini panjang lebar sampean tinggal pakai saja antara matic dan sport di perkotaan mana yang lebih jozzzz saat keduanya digunakan, di luar itu bila sudah berkeluarga maka matic jadi pilihan utama sebagai kendaraan harian. Matic gampang digunakan oleh kaum hawa maupun kaum Adam….

Jadi cak jangan heran juga sebenarnya bila motor sport atau bebek minim ubahan (selain gonta ganti livery) bahkan dalam waktu 5 tahun pun terkesan di biarkan, bentuknya terus saja begitu dari awal rilis sampai saat ini. Sedangkan pada matic bisa diubah dalam waktu jauh lebih cepat cak, sebagai contoh nyatanya Aerox 155 yang diperkenalkan akhir tahun 2017 lalu dan versi upgrade nya dirilis akhir 2020 lalu.

Sampean masih membully matic ora ngaruh cak saat ini sudah bukan jamannya lagi karena memang yang namanya motor matic andalan utama dua pabrikan terbesar di tanah air, ke depannya sampean bakal di suguhkan matic yang mungkin sesuai harapan sampean cak itu pun dengan harga yang sesuai. Sedangkan bila sampean berharap lebih pabrikan akan menyuguhkan harapan sampean pada motor sport rasanya hal sulit untuk diwujudkan.

Last…..pabrikan adalah perusahaan yang mempertimbang kan untung rugi nya menjual suatu produk ke pasaran. Mereka bukan lembaga amal yang selalu harus memenuhi keinginan fanboy nya satu persatu ! walaupun harus kita akui kondisi berbeda pada Honda yang sepertinya tetap berusaha memanjakan konsumen dengan berbagai pilihan, itu lebih kepada kekuatan finansial yang luar biasa besar. Sedang Yamaha ? dengan kondisi dan kekuatan finansial yang jauh dibawah grup Astra…..sepertinya realistis jika garputala bermain aman fokus pada lumbung padi mereka. Kuwi kira-kira cak…kalau menurut sampeyan piye…punya opini lain ? (FA edited iwb)

103 COMMENTS

  1. Gak suka matic cak.. mungkin krn banyak biker matic pecicilan di jalan dan bahayain pengendara lain jadi sebel juga sm motornya

  2. Tugas yamaha untuk bertahan cukup berat… Menghadapi gempuran honda di segmen matic… Sambil mencari peluang menciptakan segmen baru yg mungkin disukai masyarakat…

  3. Ya klo mnurut sy, yg dipunyai R15 jg masi lbh banyak dr CBR150, cm memang honda lbh segar aj desainnya

  4. Klo menurut saya kenapa motorsport yamaha sepi, karna yamaha tidak mau mendengar keinginan selera biker tanah air, dan saya salah satunya fansboy yamaha yg murtad karna kecewa

  5. Yup faktor utama adalah kemampuan finansial.
    Jujur saja bahwa pertarungan bisnis itu tak lepas dari otak-otak para MAFIA. Ada uang kemampuan 3x diatasnya kompetitor maka semua akan dan bisa dikondisikan. Dekati dengan berpura-pura baik karena senasib seperjuangan lalu RANGKUL dan TIKAM secara sadis tanpa ampun.
    Dan itulah persaingan bisnis (tidak ada kata senasib seperjuangan).

    Dekati, rangkul, susupi, lalu dengan sedikit uang tambahan anda bisa hacurkan musuh dari dalam. (Pertanyaan nya sopo sing ga gelem duit..? Arep ngomong opo klw Ferrari sdh dikirim ke garasi rumah). Jgnkan teman sekerja seperusahaan, saudara kandungnya saja bisa dilibas. SING PENTING AKU ENTUK…!!!! Kapan lagi bisa gini…???!!!

    Mumet ra klw sdh ketemu orang kepercayaan tapi ternyata… Oh… Ternyata…

    • Emang Honda tujuannya apa kok ngrangkul yamaha?? Apakah yamaha diatas Honda, sehingga Honda harus merangkul Yamaha?? Gak jelas..analogi mu gak masuk akal. Pertarungan Honda Yamaha kawasaki dan Suzuki di indonesia itu ibarat pertarungan Ojek Online di Indonesia. Siapa yg modal kuat ya itu pemenangnya. Dan bukatinya sampai saat ini yg bertahan cukuo kuat cuma grab dan gojek. Lainnya udah musnah. Gak ada manfaatnya Honda ngrangkul yamaha, Gak ada manfaatnya juga Gojek ngrangkul Ojol lain.

  6. Artikel yang bagus sekali cak.modal Yamaha dari Jepun dan terbatas.kalau AHM ada perusahaan duit nya yaitu Astra.
    Beda lagi ceritanya kalau Honda dan Astra pisah.honda tidak akan jor joran.
    Astra rajanya marketing,produk biasa biasa aja kalau Astra yang masarin jadi luar biasa

  7. Matic memang keharusan cak di era jalanan sekarang. Buat sehari hari itu wajib. Dan sport hanyalah untuk mereka yg doyan speedfreak,itu pun hanya di pake seminggu sekali, yg beli sport pun sudah tentu punya matik (kudabeban) di rumah.

  8. Yamalu bukan engan melayani disegment sport tapi g punya modal, jadi TIDAK bakal sanggup untuk menyaingi.. itu Fakta..

  9. Realistis. Org yg bilang gak suka matic jg bukan berarti gak beli.haha. tp klo gak suka motor sport, 99% pasti gak beli. 1%nya makelar.

  10. bukannya gak diladenin
    apa yg mau di ladenin
    power aja dibawah(hingga warunger gak ada adu drak maklum juragan pasti kalah beda dg matik bisa dikondisikan)
    secara tampilan pun biker masih lebih suka versi 3 lebih ngalir beda dg cbr yg cenderung dipaksakan

  11. Benar cak iwb,tp sy kira yamaha tdk akan tinggal diam gebrakan Ahm yg begitu spartan dlm mengeluarkan produk? baru.kita tunggu sj terawangan cak iwan dlm mengendus produk? baru dr yamaha

  12. bukannya gak diladenin
    apa yg mau di ladenin
    power aja dibawah(hingga war runger gak ada adu drak maklum julagan pasti kalah beda dg matik bisa dikondisikan)
    secara tampilan pun biker masih lebih suka versi 3 lebih ngalir beda dg cbr yg cenderung dipaksakan

  13. Jadi gini , cak….

    Karena kere, hanya sanggup bayar buzzerp murahan buat merusuh dan jelekkin brand lain di tiap blog atau vlog…ongkos murah? sesuai kantong yg mulai kering …?

  14. karena yg sudah berkeluarga pasti melihat fungsi cak,, matik murah & lbh bs muat bnyk barang utk kebutuhan keluarga

  15. Matic 1 di rumah, sisanya masih kopling. Maintenance nya lebih murah soalnya motor kopling, part lebih murah dan juga lebih awet ?

  16. Biarlah insinyur Yamaha yg bikin desain, ngapain mesti nurutin fansboi wkwkkk
    Emg sanggup ya situ jdi r&d paling jg jdi odong2. Suka ok ga jg gpp. Mrk cm org berbisnis, kita pengguna

  17. Ada faktor lain yamaha tidak serius di sport. Yaitu fakta di sirkuit citranya sedang turun. Liat saja suzuki ketika di motogp jadi juara dunia, lantas yg berbondong2 gsx150 dibeli. Padahal suzuki punya matic apa sih yg bisa diandalkan ?
    Kawasaki aja berani serius main di sport thok ( walau gak berani main di 150 fairing ), tanpa ambil pusing trend pasar yg pindah ke matic, dan yamaha harusnya lebih berani.

  18. Kalau sudah punya anak, kayaknya matic emang wajib banget sih cak. Buat bawa anak di depan pakai dudukan.

    Tapi kalau buat touring, verza tetep paling nyaman (dan murah), hehehe.

  19. Yang sudah bekeluarga belinya matic bukan berarti pengen matic. Beberpanya sebetulnya pengen punya sport ( bahkan sampe ngiler2 ), tapi prioritas keuangan membatasi. Kenyataannya banyak bagi yg mampu beli matic lebih dari 3, ada sport nya 1.
    Apalagi di lampu merah, kalo ada laki2 naik matic dan sebelahan ama sport fairing, paling nggak ada lirik2an mupeng

  20. Karena dr segi fitur dan mesin msh komplitan R15. Fitur simple saja hazard sama cut off engine r15 ada. mslhnya merk saja.

  21. Soalnya gini cak mereka tau pasar tuh
    Kalo tampang Cbr150 mantap
    Performa Gsx150 punya
    Nah kalo punya duit pasti larinya ke R15

  22. Betul Cak…250RR gua jadi motor akhir pekan .
    Keseharian lebih banyak pake Adv150 wuuuuuzzzzz…..wuuuuzzzz… Muantap selap selip ngacirnya , kek bawa jet tempur ??

  23. Jangan disinggung singgung jualan seport Cak…masih jauh larissnya Sultan Hnd , sekalipun dimasukin eksporrtnya ??

  24. imho kalau mau sport naik lagi peminatnya buat yang seperti NC
    tankinya jadi bagasi, tapi kudu dipikir juga gimana caranya isi bbm gausah turun dari motor, soale kui pride e numpak sport

  25. Mirisss memang jika dilihat data Jualan cak.
    2020 :
    Aisi +- 3 6 koma sekian jt unit.
    Sultan Hnd 2 jt 9 ratus ribu sekian2 ( hampir 3 jt )
    Yahaha cuman 600 rbu unit ?
    Sisanya merk lain
    Hadeeeuuuuhhhh….

  26. Sekarang Fby fokus dan gotong royong nge BC PCX ….dengan 1 judul kekurangan dalam 1 hari.
    Tapi yang Unboxing PCX malah 1000 unit sehari , njomplang Cak….masih larisss PCX daripada BC Fby ?

  27. Program PR ngeBC PCX masih banyak…eeeehhh bentar nongol lagi PR berikutnya…ada cb150 New dan Vario 160 ?

  28. Blue ocean ( Pelarian ) nya lagi ” Pasang ” cak ?
    Jadi yahama gak bisa kemana2 dulu..takut makin kelelep , mangkanya Dilakban baru doang tuh mesin Mangkrak2 nya ?

  29. tidak hanya Yamaha, Suzuki jg ga terlalu pusing krn GSX-R150nya itu tdk hny u/ pasar lokal tp Export dan Eksportnya masih mentereng makanya GSX-R150 cuek aja. begitu jg dgn kls 250 cc Y dan S jg males malesan, gede modalnya sulit risetnya, maunya konsumen spek tinggi tp kecil untungnya udah gitu peminatnya segelintir orang. Suzuki lebih fokus di Mobil R&Dnya 1 atap cari yg empuk” aja.

  30. Y fokus di Nmax & Aerox krn Mio kesulitan, S fokus di GSX-R150 u/ eksport dan Dev mobil selagi R3, XL7, Baleno, Carry Pick Up lg moncer, H moblnya agak mlempem, CR*V klh sama Fortu & Pajer, Medium MPV klh sama Innova, Low MPV kalah sama Expander, Xen, Ava, R3, XL7, BR*Vnya kalah sm Rushterios, sedan peminat kecil, Pick Up tak ada, truk tak ada, H Japan support habis H devisi motor, mau Motor or Mobil H Japan kan Induknya sama, S mobil & S Motor Induknya jg sama Hamamatsu.

    • Ini data darimana , nak…?

      Lu berfikir SULTHON H jualan di Indo saja ya…utk R 4 ?
      Pesawat saja 73,5 Milyar laris manis, belum jualan H di belahan benua dan Negara lain yg bejibun ?

      Fakta dari dulu yg punya SIRKUIT di japan ya H,…lu bisa bandingin dengan VW yg di eropa,

      Di Indo saja mereka punya SIRKUIT..!!

      Bangun nak…main lu di sekitar kelurahan thok sih..

      • hahaha lucu ini orang, kita bicara dimari kawan, klo lo mo bandingin di luar jg emang S di India bukannya merajai MS di sana, sirkuit H disini namanya apa tong, sirkuit maklampiri, pesawatnya ape, F16 apa Boing apa Airbus. ngotot amat komennya

    • Honda mobil di indo bukan astra yg pegang ?,justru yg di pegang astra itu toyota,daihatsu,isuzu,komatsu ?

  31. sport naked ada yang rangkanya retak mesin klotok power mini khas motorsport 150cc anu, jika kwalitas tidak diperbaiki mending fokus bikin metik aja ikutan yamaha ?

  32. Enggan itu bahasa Halus nya Cak , bahasa asli yang tepat adalah gak punya daya buat ngelawan ?
    Mueeeehehehehehe yahama surrrrraaaaaammmm ?

  33. Tapi tetap tak bisa dipungkiri walau matic sudah menyebar, masih cukup banyak orang yg enggan beralih ke metik, dan karna sedikit pabrikan enggan merilis produk yg dimaksud kebanyakan orang memilih stay dengan tunggangannya atau beli mokas atau bahkan import(?), jadi ya sepi peminat bukan berarti gaada yg beli, memang yg beli minoritas tapi pembeli itu yg justru loyalitasnya tinggi, banyak yg kecewa atau enggan mengupgrade tunggangannya dengan facelift atau all-new karena perubahan dianggap menjadi negatif dan malah disuntik mati, kasusnya seperti Honda Tiger dan Scorpio, pabrikan yg bisa menjaga loyalitas konsumen dijamin pasti bisa berkembang, bukan semata cari uang, user kedua tunggangan itu hanya bisa menggunakan yg sekarang sambil berharap ada pengganti Tiger atau Scorpio yg lebih baik.

    • penjual dan pembeli itu satu pemikiran kang bro, konsumen ingin beli produk bagus supaya UNTUNG, penjual jg ingin jualan supaya UNTUNG. mo lo koment 1 jt kata jg klo yg jualan ga dpt untung ga bakalan diladeni.

Comments are closed.