iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cak masih ingat tulisan IWB sebelumnya mengenai betapa cueknya Yamaha atas kedatangan CBR 2021 yang sering disebut K45R. Yup….mengejutkan cak karena memang pihak Yamaha menanggapi dengan santai cenderung tidak peduli. Namun kondisi berbeda ketika PCX 160 lahir. Ediann masif tenan para fansboy bereaksi. Alasannya pasti bisa ditebak….apa gerangan ?

Bukan tanpa alasan mengapa Yamaha menanggapi santai CBR150R karena sekarang peminat sport cukup kecil. ” Pasarnya kecil, dijabodetabek saja paling hanya terserap 500-an unit maksimal. untuk total sport (Yamaha). Jadi mereka nggak terlalu fokus ke sana….” seru salah satu sumber IWB saat itu…

Sebenarnya alasan tersebut logis. Analoginya untuk apa habis-habisan berdarah-darah sampai jungkir balik bila hasilnya tidak sepadan dengan pengorbanan. Sampean juga mungkin sudah tahu cak efek berkurang nya market share motor sport diakibatkan oleh berbondong bondong nya pecinta roda dua beralih ke matic bahkan menurut pandangan IWB pribadi matic itu sudah menjadi suatu keharusan yang di miliki di satu rumah !

iklan iwb

Tidak usah berteori ataupun ngasih opini panjang lebar sampean tinggal pakai saja antara matic dan sport di perkotaan mana yang lebih jozzzz saat keduanya digunakan, di luar itu bila sudah berkeluarga maka matic jadi pilihan utama sebagai kendaraan harian. Matic gampang digunakan oleh kaum hawa maupun kaum Adam….

Jadi cak jangan heran juga sebenarnya bila motor sport atau bebek minim ubahan (selain gonta ganti livery) bahkan dalam waktu 5 tahun pun terkesan di biarkan, bentuknya terus saja begitu dari awal rilis sampai saat ini. Sedangkan pada matic bisa diubah dalam waktu jauh lebih cepat cak, sebagai contoh nyatanya Aerox 155 yang diperkenalkan akhir tahun 2017 lalu dan versi upgrade nya dirilis akhir 2020 lalu.

Sampean masih membully matic ora ngaruh cak saat ini sudah bukan jamannya lagi karena memang yang namanya motor matic andalan utama dua pabrikan terbesar di tanah air, ke depannya sampean bakal di suguhkan matic yang mungkin sesuai harapan sampean cak itu pun dengan harga yang sesuai. Sedangkan bila sampean berharap lebih pabrikan akan menyuguhkan harapan sampean pada motor sport rasanya hal sulit untuk diwujudkan.

Last…..pabrikan adalah perusahaan yang mempertimbang kan untung rugi nya menjual suatu produk ke pasaran. Mereka bukan lembaga amal yang selalu harus memenuhi keinginan fanboy nya satu persatu ! walaupun harus kita akui kondisi berbeda pada Honda yang sepertinya tetap berusaha memanjakan konsumen dengan berbagai pilihan, itu lebih kepada kekuatan finansial yang luar biasa besar. Sedang Yamaha ? dengan kondisi dan kekuatan finansial yang jauh dibawah grup Astra…..sepertinya realistis jika garputala bermain aman fokus pada lumbung padi mereka. Kuwi kira-kira cak…kalau menurut sampeyan piye…punya opini lain ? (FA edited iwb)

Advertisements
iklan iwb

103 COMMENTS

  1. Gak suka matic cak.. mungkin krn banyak biker matic pecicilan di jalan dan bahayain pengendara lain jadi sebel juga sm motornya

  2. Tugas yamaha untuk bertahan cukup berat… Menghadapi gempuran honda di segmen matic… Sambil mencari peluang menciptakan segmen baru yg mungkin disukai masyarakat…

  3. Klo menurut saya kenapa motorsport yamaha sepi, karna yamaha tidak mau mendengar keinginan selera biker tanah air, dan saya salah satunya fansboy yamaha yg murtad karna kecewa

  4. Yup faktor utama adalah kemampuan finansial.
    Jujur saja bahwa pertarungan bisnis itu tak lepas dari otak-otak para MAFIA. Ada uang kemampuan 3x diatasnya kompetitor maka semua akan dan bisa dikondisikan. Dekati dengan berpura-pura baik karena senasib seperjuangan lalu RANGKUL dan TIKAM secara sadis tanpa ampun.
    Dan itulah persaingan bisnis (tidak ada kata senasib seperjuangan).

    Dekati, rangkul, susupi, lalu dengan sedikit uang tambahan anda bisa hacurkan musuh dari dalam. (Pertanyaan nya sopo sing ga gelem duit..? Arep ngomong opo klw Ferrari sdh dikirim ke garasi rumah). Jgnkan teman sekerja seperusahaan, saudara kandungnya saja bisa dilibas. SING PENTING AKU ENTUK…!!!! Kapan lagi bisa gini…???!!!

    Mumet ra klw sdh ketemu orang kepercayaan tapi ternyata… Oh… Ternyata…

    • Emang Honda tujuannya apa kok ngrangkul yamaha?? Apakah yamaha diatas Honda, sehingga Honda harus merangkul Yamaha?? Gak jelas..analogi mu gak masuk akal. Pertarungan Honda Yamaha kawasaki dan Suzuki di indonesia itu ibarat pertarungan Ojek Online di Indonesia. Siapa yg modal kuat ya itu pemenangnya. Dan bukatinya sampai saat ini yg bertahan cukuo kuat cuma grab dan gojek. Lainnya udah musnah. Gak ada manfaatnya Honda ngrangkul yamaha, Gak ada manfaatnya juga Gojek ngrangkul Ojol lain.

  5. Artikel yang bagus sekali cak.modal Yamaha dari Jepun dan terbatas.kalau $$$ ada perusahaan duit nya yaitu Astra.
    Beda lagi ceritanya kalau Honda dan Astra pisah.honda tidak akan jor joran.
    Astra rajanya marketing,produk biasa biasa aja kalau Astra yang masarin jadi luar biasa

  6. Matic memang keharusan cak di era jalanan sekarang. Buat sehari hari itu wajib. Dan sport hanyalah untuk mereka yg doyan speedfreak,itu pun hanya di pake seminggu sekali, yg beli sport pun sudah tentu punya matik (kudabeban) di rumah.

  7. Yamalu bukan engan melayani disegment sport tapi g punya modal, jadi TIDAK bakal sanggup untuk menyaingi.. itu Fakta..

  8. Realistis. Org yg bilang gak suka matic jg bukan berarti gak beli.haha. tp klo gak suka motor sport, 99% pasti gak beli. 1%nya makelar.

  9. bukannya gak diladenin
    apa yg mau di ladenin
    power aja dibawah(hingga warunger gak ada adu drak maklum $$$$$$$ pasti kalah beda dg matik bisa dikondisikan)
    secara tampilan pun biker masih lebih suka versi 3 lebih ngalir beda dg cbr yg cenderung dipaksakan

  10. Benar cak $$$,tp sy kira yamaha tdk akan tinggal diam gebrakan $$$ yg begitu spartan dlm mengeluarkan produkΒ² baru.kita tunggu sj terawangan cak $$$$ dlm mengendus produkΒ² baru dr yamaha

  11. bukannya gak diladenin
    apa yg mau di ladenin
    power aja dibawah(hingga war runger gak ada adu drak maklum julagan pasti kalah beda dg matik bisa dikondisikan)
    secara tampilan pun biker masih lebih suka versi 3 lebih ngalir beda dg cbr yg cenderung dipaksakan

  12. Jadi gini , cak….

    Karena kere, hanya sanggup bayar buzzerp murahan buat merusuh dan jelekkin brand lain di tiap $$$$ atau vlog…ongkos murah🀭 sesuai kantong yg mulai kering …πŸ˜‚

  13. karena yg sudah berkeluarga pasti melihat fungsi cak,, matik murah & lbh bs muat bnyk barang utk kebutuhan keluarga

  14. Matic 1 di rumah, sisanya masih kopling. Maintenance nya lebih murah soalnya motor kopling, part lebih murah dan juga lebih awet 😁

  15. Biarlah insinyur Yamaha yg bikin desain, ngapain mesti nurutin fansboi wkwkkk
    Emg sanggup ya situ jdi r&d paling jg jdi odong2. Suka ok ga jg gpp. Mrk cm org berbisnis, kita pengguna

  16. Ada faktor lain yamaha tidak serius di sport. Yaitu fakta di sirkuit citranya sedang turun. Liat saja suzuki ketika di motogp jadi juara dunia, lantas yg berbondong2 gsx150 dibeli. Padahal suzuki punya matic apa sih yg bisa diandalkan ?
    Kawasaki aja berani serius main di sport thok ( walau gak berani main di 150 fairing ), tanpa ambil pusing trend pasar yg pindah ke matic, dan yamaha harusnya lebih berani.

  17. Kalau sudah punya anak, kayaknya matic emang wajib banget sih cak. Buat bawa anak di depan pakai dudukan.

    Tapi kalau buat touring, verza tetep paling nyaman (dan murah), hehehe.

  18. Yang sudah bekeluarga belinya matic bukan berarti pengen matic. Beberpanya sebetulnya pengen punya sport ( bahkan sampe ngiler2 ), tapi prioritas keuangan membatasi. Kenyataannya banyak bagi yg mampu beli matic lebih dari 3, ada sport nya 1.
    Apalagi di lampu merah, kalo ada laki2 naik matic dan sebelahan ama sport fairing, paling nggak ada lirik2an mupeng

  19. Karena dr segi fitur dan mesin msh komplitan R15. Fitur simple saja hazard sama cut off engine r15 ada. mslhnya merk saja.

  20. Soalnya gini cak mereka tau pasar tuh
    Kalo tampang Cbr150 mantap
    Performa Gsx150 punya
    Nah kalo punya duit pasti larinya ke R15

  21. Betul Cak…250RR gua jadi motor akhir pekan .
    Keseharian lebih banyak pake Adv150 wuuuuuzzzzz…..wuuuuzzzz… Muantap selap selip ngacirnya , kek bawa jet tempur πŸ‘πŸ˜‚

  22. Jangan disinggung singgung jualan seport Cak…masih jauh larissnya Sultan Hnd , sekalipun dimasukin eksporrtnya πŸ‘πŸ˜‚

  23. imho kalau mau sport naik lagi peminatnya buat yang seperti NC
    tankinya jadi bagasi, tapi kudu dipikir juga gimana caranya isi bbm gausah turun dari motor, soale kui pride e numpak sport

  24. Mirisss memang jika dilihat data Jualan cak.
    2020 :
    Aisi +- 3 6 koma sekian jt unit.
    Sultan Hnd 2 jt 9 ratus ribu sekian2 ( hampir 3 jt )
    Yahaha cuman 600 rbu unit πŸ˜‚
    Sisanya merk lain
    Hadeeeuuuuhhhh….

  25. Sekarang Fby fokus dan gotong royong nge BC PCX ….dengan 1 judul kekurangan dalam 1 hari.
    Tapi yang Unboxing PCX malah 1000 unit sehari , njomplang Cak….masih larisss PCX daripada BC Fby πŸ˜‚

  26. Program PR ngeBC PCX masih banyak…eeeehhh bentar nongol lagi PR berikutnya…ada cb150 New dan Vario 160 πŸ˜‚

  27. Blue ocean ( Pelarian ) nya lagi ” Pasang ” cak πŸ˜‚
    Jadi yahama gak bisa kemana2 dulu..takut makin kelelep , mangkanya Dilakban baru doang tuh mesin Mangkrak2 nya πŸ˜‚

  28. tidak hanya Yamaha, Suzuki jg ga terlalu pusing krn GSX-R150nya itu tdk hny u/ pasar lokal tp Export dan Eksportnya masih mentereng makanya GSX-R150 cuek aja. begitu jg dgn kls 250 cc Y dan S jg males malesan, gede modalnya sulit risetnya, maunya konsumen spek tinggi tp kecil untungnya udah gitu peminatnya segelintir orang. Suzuki lebih fokus di Mobil R&Dnya 1 atap cari yg empuk” aja.

  29. Y fokus di Nmax & Aerox krn Mio kesulitan, S fokus di GSX-R150 u/ eksport dan Dev mobil selagi R3, XL7, Baleno, Carry Pick Up lg moncer, H moblnya agak mlempem, CR*V klh sama Fortu & Pajer, Medium MPV klh sama Innova, Low MPV kalah sama Expander, Xen, Ava, R3, XL7, BR*Vnya kalah sm Rushterios, sedan peminat kecil, Pick Up tak ada, truk tak ada, H Japan support habis H devisi motor, mau Motor or Mobil H Japan kan Induknya sama, S mobil & S Motor Induknya jg sama Hamamatsu.

    • Ini data darimana , nak…?

      Lu berfikir SULTHON H jualan di Indo saja ya…utk R 4 ?
      Pesawat saja 73,5 Milyar laris manis, belum jualan H di belahan benua dan Negara lain yg bejibun πŸ˜‚

      Fakta dari dulu yg punya SIRKUIT di japan ya H,…lu bisa bandingin dengan VW yg di eropa,

      Di Indo saja mereka punya SIRKUIT..!!

      Bangun nak…main lu di sekitar kelurahan thok sih..

      • hahaha lucu ini orang, kita bicara dimari kawan, klo lo mo bandingin di luar jg emang S di India bukannya merajai MS di sana, sirkuit H disini namanya apa tong, sirkuit maklampiri, pesawatnya ape, F16 apa Boing apa Airbus. ngotot amat komennya

    • Honda mobil di indo bukan astra yg pegang πŸ˜…,justru yg di pegang astra itu toyota,daihatsu,isuzu,komatsu 🀭

  30. sport naked ada yang rangkanya retak mesin klotok power mini khas motorsport 150cc anu, jika kwalitas tidak diperbaiki mending fokus bikin metik aja ikutan yamaha πŸ˜‚

  31. Enggan itu bahasa Halus nya Cak , bahasa asli yang tepat adalah gak punya daya buat ngelawan πŸ˜‚
    Mueeeehehehehehe yahama surrrrraaaaaammmm 🀣

  32. Tapi tetap tak bisa dipungkiri walau matic sudah menyebar, masih cukup banyak orang yg enggan beralih ke metik, dan karna sedikit pabrikan enggan merilis produk yg dimaksud kebanyakan orang memilih stay dengan tunggangannya atau beli mokas atau bahkan import(?), jadi ya sepi peminat bukan berarti gaada yg beli, memang yg beli minoritas tapi pembeli itu yg justru loyalitasnya tinggi, banyak yg kecewa atau enggan mengupgrade tunggangannya dengan facelift atau all-new karena perubahan dianggap menjadi negatif dan malah disuntik mati, kasusnya seperti Honda Tiger dan Scorpio, pabrikan yg bisa menjaga loyalitas konsumen dijamin pasti bisa berkembang, bukan semata cari uang, user kedua tunggangan itu hanya bisa menggunakan yg sekarang sambil berharap ada pengganti Tiger atau Scorpio yg lebih baik.

    • penjual dan pembeli itu satu pemikiran kang bro, konsumen ingin beli produk bagus supaya UNTUNG, penjual jg ingin jualan supaya UNTUNG. mo lo koment 1 jt kata jg klo yg jualan ga dpt untung ga bakalan diladeni.

  33. Bukan tdk mungkin kedepan transmisi DCT akan diterapkan di kelas bawah 150-250. Disaat pertarungan fitur sdh berdarah2…dan semua aspek sdh digelontorkan.
    Krn DCT skrng msh ada dikelas 500 keatas, dan membuat pride nya tinggi, mewah.
    Maka bs jd akan diturunkan utk membuat konsumen semakin loyal, jg utk memukul lawan sebagaimana VVA yg telak bs memukul lawan.
    Utk kelas sport, emang sbnrnya agak ribet. Pengennya tampilan sporty garang, tp disatu sisi kurang valuable utk bawa2 barang.
    Cb opsi kayak Honda NC750X dihadirkan disini. Tp tentu dikelas 150-250cc. Dgn desain yg menyesuaikan keinginan biker tentunya.

  34. beberapa hari lalu, jemput istri ke kantornya. pas mau keluar gerbang. ada motor CBR 250 RR donk keliatan dr tampang depan… pas udah ngelewatin sampingnya liat rangka nya. eh yg 150cc…
    mending R15 V3 deh beneran… udah Deltabox, USD, sing arm banana, masih unggul R15 kok fitur2nya…

  35. Realistis, krn tren motor Sport condong u/ gaya sedangkan gaya-gayaan pake motor sdh kurang laku krn motor sdh bkn barang wah lg, segede apapun motor ente saat ini orang liatnya BIASA AJA. kembali ke alami motor yg lebih fungsional dan bahkan muti fungional, simpel dan nyaman. bagasi besar, tak perlu pencet kopling, tak perlu gigi, bisa bawa barang dibagasi, di dek, dll, bisa buat suami, istri dan anak. pokok’e matic ki simpel.

  36. test drag VIXION vs cb150 vs Bandit
    – VIXION
    0-60 = 4. Detik
    0-80 = 6.1 detik
    0-100 = 10.7 detik
    Top speed = 137 km/h
    Racelogic = 130 km/h
    – cb150
    0-60 = 4.1 detik
    0-80 = 7.7 detik
    0-100 = 13.5 detik
    Top Speed 130 km/h
    RaceLogic 117.2 km/h
    – Bandit
    0-60 = 4.1 detik
    0-80 = 6.6 detik
    0-100 = 11.3 detik
    Top Speed 137 km/h
    RaceLogic 127 km/h

  37. Tua, muda, laki, perempuan, tukang ojek, tukang balap, tukang ngetrek, tukang somai s.d bakso, tukang gaya, tukang ojek s.d Ojol, sampe sales pengennya belinya motor Matic. zaman mbok lawan, motor Sport seperti motor terkucilkan. buat gaya dah ga wah, buat bawa barang susah, buat ngebut jalan macet, buat istri dan anak kesusahan. Motor Sport u/ VR46 dan MM93 saja. Motor Sport cocok buat Prototype saja.

    • ekekekek

      naik mbet mberr udah serasa kaya mak makues

      yakin deh sebenarnya para fensboy kecewa sama hasil pecex

      H suRrrrrAM

      muehehehehe

  38. ekekekekkr

    Apanya yg dilawan

    CiBokiRrrr Klotokkk klotokkk masa mau dilawan , jangan deh lawan penyakitnya gak mampu angkat tangan…

    H suRrrrrAM

    mueheheheheheh

  39. ekekekek

    udah kipas kipass dolllar, Go International
    laris manis tanjung kimpul

    sebelah Lokalan aja banyak masalah, gilanik

    H suRrrrrrAM

    mueheheheheh

  40. ekekekekek

    bearti bener dong
    udah dibilang

    Shifting demand

    gak kayak sebelah nyinyirrrr ehhh dijilat juga

    H suRrrrrrAM

    mueheheheheh

  41. naik matic seperti naik kuda tanpa tali kekang, takut cak, biarin dibilang kuno, nggak mengikuti jaman, tetap masih suka manual berkopling menurut saya lebih safety

  42. Cak, tolong dinasehati para fby dan sales Yama*a. Dikota saya pemakai skupi lebih menjamur dibanding gir 125. Kurang kerja keras itu sales Yama*a kebanyakan bc merk sebelah sampe lupa jualan.

  43. emboh cak…. mau matic se bagus dan se canggih apa, tetep gak demen matic… πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… mungkin baikers di luar sana juga masih buanyaakkk yg seperti saya , mungkin loh yaa… jadi tetep pengen motor sport kopling manual πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

  44. yamaha metic nya juga perlahan akan tergerus honda

    mau bilang yamaha gk ngotot di sport juga percuma dimetic sudah loyo

    wkwkwkwkwkwkwkkwkw

  45. Iya, setuju dengan Om $$$$. Bapak saya setelah bermotoran manual-kopling mulai dari ganti gigi yang di tangan sampai pedal kaki, mulai dari Vespa generasi PX 150, GL Pro, RX King, Tiger, Mega Pro akhirnya pilih Spacy punya $$$$ juga buat dipakai harian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here