iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….persaingan antara pabrikan sayap mengepak dan garputala memang menyedot perhatian publik, sedari dulu dua raksasa pabrikan tanah air ini kerap kali bersaing pada segmen motor yang mereka jual. CBR vs R15, Beat vs Mio, NCBSF vs New Vixion, nah yang terbaru adalah persaingan matic gambot antara PCX 160 vs Nmax 155 ! Yup…perang Terbuka PCX 160 VS Nmax 155 Connected, Makin Panas !

Tak ada yang salah dari persaingan antara keduanya sebab dari berbagai hal memang head to head. Mulai dari yang terlihat secara kasat mata keduanya hadir sebagai matic bongsor, dari harga pun antara keduanya selisih tak terlalu jauh. (Varian standard) Nmax varian termurah nya Rp 29,750,000 (kunci masih manual) dan varian termahal nya adalah Rp 33,750,000. Sementara itu PCX 160 dibanderol mulai dari Rp. 30,350,000 (sudah keyless) dan varian termahal nya adalah Rp. 43,550,000 (PCX e:HEV)….

Dari segi dapur pacu juga keduanya menarik untuk di pertimbangkan, PCX dibekali mesin 156,9 cc mampu menghasilkan Daya Maksimum 11,8 kW (16 PS) / 8.500 rpm….Torsi Maksimum 14,7 Nm (1,5 kgf.m) / 6.500 rpm….sedangkan Nmax 155 dibekali mesin 155 cc mampu menghasilkan daya maksimum 11,3 kw/8000 rpm dan torsi maksimum 13,9 nm/6500 rpm seperti dilansir dari masing-masing website resmi mereka….

iklan iwb

Mungkin apa yang ada pada keduanya sudah sampeyan ketahui, bahkan untuk urusan performa keduanya juga sudah menjadi rahasia umum di mana pada intinya PCX 160 unggul di akselerasi sementara Nmax 155 unggul di top speed. IWB sudah beberkan gamblang pada video dan artikel sebelumnya. Yup….Performa keduanya memang menjadi perhatian tersendiri terutama bagi para fanboy ke dua pabrikan tersebut, namun ada hal menarik lagi di luar itu semua yakni “gimmick” yang belakangan muncul di ranah socmed dan hal ini juga menimbulkan perhatian !

Awalnya ada foto yang memperlihatkan Honda PCX tampil sebagai matic besar dengan keterangan 160 cc (pembulatan) 4 valve eSP plus. Apa yang terdapat pada “iklan” PCX itu tentunya menjadi perdebatan tersendiri, tak sedikit yang beropini bahwa matic besar itu di mulai dari 250cc. Pada intinya PCX dengan tagline “matic besar” diakui atau tidak memang menarik perhatian. Dan jelas bisa menarik mindset biker diluar sana bahwa dengan kubikasi besar (160cc) harga mirip…kenapa harus membeli skutik dengan kapasitas kecil ? padahal jika dibongkar hanya beda 1,8cc…canggih tenan to bahasa marketingnya !

Tak berselang lama setelah adanya teaser PCX matic besar, lalu ada iklan balasan yang memperlihatkan keunggulan dari Nmax yakni “motor canggih itu connect smartphone”. Tentu saja menjadi perhatian tersendiri tagline tersebut dan seakan-akan netizen pun “tersihir” dengan dua tagline sang kuda besi, “matic besar” vs “matic canggih”.

Dilalahhhh….belum reda soal “matic canggih vs matic besar” ada lagi yang baru dari pihak garputala yang langsung menyerang secara on point pada PCX, kurang lebih seperti ini :

“Percuma besar nyari lokasi motor sendiri masih nyasar” !

Nahhh….kian memanas to. Dan kembali foto tersebut menjadi perdebatan tersendiri yang tak berujung antara kedua kubu pembela PCX atau Nmax. Namun entah pembuat iklan lupa atau tidak tahu….sebenarnya Honda dari jaman dulu sudah di bekali dengan “Answer back sistem” yang mana seperti sampeyan ketahui…dengan bermodalkan remote maka posisi motor akan di ketahui oleh pemiliknya.

So…iklan tersebut malah jadi bahan tertawaan bagi pemilik matic Honda yang sudah di bekali “Answer back sistem”. Apalagi dari klaim garputala, Y-Connect hanya bisa melihat posisi terakhir motor diparkir bukan untuk mencari posisi parkir real saat itu. Dan jika menilik kalimat iklan yang dibahas maka kita masih tetap bisa mengandalkan fitur answer back system yang sudah ada di motor Honda sejak dulu. Jadi hati-hati setiap pemilihan kalimat agar malah tidak menjadi blunder…bener horaa cak ?

Last….persaingan antara keduanya memang semakin menjadi-jadi. Apalagi Honda pun kini terlihat sangat serius dengan senjata andalan terbaru mereka yakni PCX 160 yang siap menghadapi Nmax 155 secara head to head. Andaikan pihak Yamaha Sudi belajar dari kesalahan masa lalu (kasus Mio) harusnya mereka tetap waspada dengan kehadiran Honda PCX 160. Meskipun saat ini mereka masih unggul dari angka penjualan namun haram untuk jumawa dan sebisa mungkin mempertahankan atau meningkatkan apa yang sudah ada pada Nmax 155. Persaingan makin memanas sebenarnya menjadi hal wajar namun menurut IWB pribadi jangan sampai mengeluarkan statement yang terkesan justru menjadi blunder….(FA edited iwb)

Advertisements
iklan iwb

119 COMMENTS

  1. Perang harga disini sangat menarik, hanya selisih 500ribuan,tapi udah dpt motor berkeyless, dimana maling bakal mikir untuk di

  2. To : yth kek $$$
    Di
    tempat
    Saya cuma mau ngajak berdoa mudah2an Yamaha $$$$$ dan belajar dr kegagalan pada kejadian alias KEKALAHAN, Mio dan Vixion, yg akhirnya di penggal oleh Beat dan NCBSF
    Karna makin ksini Yamaha makin jauh ktinggalan dan memprihatinkan kan
    demikian dari saya sekali lagi marilah kita doakan Yamaha semoda segera $$$$$ dr kesalahan arah dan makin jauh ketinggalan nya

    Salam

    Fans Yamaha yang di kecewakan

    • Prettttttttt…..
      Tuh di jalanan mule bertebaran PCX pada dikentutin Nmax.
      Pcx cm menang sampe 300 m aj. Selebihnya sampe 10 km PCX mabok $$$$$$.

      Wakakaka

    • PCX baru keluar sudah gulung tikar diskon besar besaran…….bukan matic besar donk….tp diskon besaarrr

  3. engine check Nyemex sementara dinonaktifkan , daripada Nyala terus .
    Sambil menyusun jadwal $$$$$$ πŸ˜‚

  4. Wkwk padahal Ahaem uda blunder dengan mengkampanyekan matik besar (gendut red.)🀣 . Eh Yimim malah blunder juga 🀣 . Emang bener kalo diam itu emas ya sodara2

    • Yoi..tangan di saku pegang kunci, pencet tombol maka motor H elu parkir dimana langsung jawab..πŸ˜ŽπŸ‘πŸ»

      • ekekekek

        dr pada sebelah nyari motor Aki cepet soak pencet2 gak guna
        akhirnya pusinnggg tujuh keliling

        H suRrrrAM

        mueheheheh

  5. Maca $$$$ e sampeyan ki eling Karo motogokil, mau dihaluskan selembut kain sutra, (bukan hanya) kesan junjing iku terasa sekali lek!!

  6. Sudah saya duga, bukan lek $$$ yg nulis, gaya bahasanya beda

    Wkwkw blunder juga yamaha bikin iklan kaya gitu. Ayo balas lagi honda, matic gede kok masih make kunci konvensional, gampang dibobol lagi kake kunci T πŸ˜‚πŸ˜‚

  7. H sudah lebih dulu dgn MOTOR ELU PARKIR DIMANA…!

    Y buat Standar samping engine cut off saja masih keluar ERROR xxx dengan indikator OLIE KEDIP2 🀣

    Pariyem gen 1 saja ribuan kali engine cut off CUEK AJA TUH ga ada error apapun..😎🀭

  8. Bikin komparasi aja bang biar makin panass, mana yg paling cepet diketemukan nmax155 atau pcx160 saat di lokasi parkir.

    Misal
    Lokasi:
    parkir basement mall, tempat penitipan motor di sekitar stasiun commuter line

    Rule of the games:
    Pagi waktu masih sedikit yg parkir, masukin motor ke lokasi parkir
    Siang/sore keluarin motor.

    Winner:
    Siapa yg paling cepat diketemukan nmax155 atau pcx160

  9. Blund3r nih YIMM, kan sebelah udah ada Answer Back System yg lebih canggih yg, BISA BUNYI DAN LAMPU MOTORNYA NYALA daripada liat posisi terakhir parkir lewat HP, KELAMAAN. Iya klo motor nggak dipindah sama kang parkir. Mending kasih fitur GPS TRACKING di Y connect, biar klo motor dicuri kita bisa LACAK. JUJUR aja fitur di Y connect sekarang MASIH SAMPAH SEMUA.

    • Itu aplikasi murahan , konek2 50 ribuan πŸ˜‚ yang jelas ada peringatan…kapan kredit harus dibayar πŸ˜‚

    • ekekekke

      kan udah ada Yamaha Anser Back
      Y Connect banyak manfaat …
      dipindah gak seberapa emng mau dipindah jakarta bogor
      lewat Y connect bisa lebih detil dan menganalisa

      dr pada sebelah Pencet pencekkk aki soak

      H suRrrrrAM

      meueheheheh

  10. Bersyukur wae iso punya motor jadul,sing penting sehat iso nyari mangan..iki jaman sulit bagi wong cilik..iyo ora lur..

  11. Hwonda banyak bohongnya, 160cc matic besar, dulu Tiger 2000 ternyata 200cc 2klep jadul, Megapro 1600 ternyata 160cc 2klep jadul

  12. Hadirnya PCX ini disikapi dengan cepat oleh Sultan hnd dan para pemerhati roda 2 .
    Hingga gak pake lama langsung diboyong k Sentul , dan 117 kmh mampu berada didepan 122 kmh 🀣

    • Ini TAK TERBANTAHKAN…!!

      Ber Truk2 PCX-160 datang ke Dealer dan langsung LUDES karena di tunggu KONSUMEN..!

      LUDES di ambil konsumen yah, bukan di ambil Gudang DEALER 🀭

  13. Lha pie gak langsung sewot tuh ymh lha wong sing payu cuma motor itu tok koq malah di ganggu…. ini aja udh mulai tiarap jualane alias sueeeppi… Arep mangan opo para Salese… Muehehehe…

    • huahahahahahahha
      ternyata penjualan nmax masih digdaya
      di export ke seluruh menjuru dunia

      huahahahahahaha

  14. Mustiny compare pakai tagline resmi dr YIMM..IG resmi.
    Yg terakhir d sebut dr dealer..pribadi.JGmotor jawa barat..bukan resmi YIMM..
    Harus d note itu..biar keliatan netral.

  15. Kan jadinya keliatan dari marketing nya ga beres ga tau kelebihan & kekurangan kompetitor ya makin ga beres lah jualan nya di tambah after salesnya bukanya tambah bagus malah makin turun pelayanan nya

    • huahahahahaha
      answer back sistem dibanggain
      beda jauh lah sama GPS huaahahahahahaha
      motor mahal kok nyari.parkiran nyasar
      huahahahahahahaha
      huahahahahahahaha

  16. Mungkin penulis lupa yg dimaksud pihak Y adalah posisi terakhir berdasarkan maps yg konek ke HP.
    Gitu ga sih Cak?
    Kalo iya, semoga ga berat sebelah ya tulisannya

  17. positive thinking saja.
    mungkin iklan mereka nyindir motor besar merk lain yg belum punya Answer Back System .
    πŸ˜…

  18. $$$ lagi bikin geger dengan menggaet banyak artis dan motovloger,, dengan mindset bahwa “tuh pcx sangat digemari kalangan artis,, sampe pada borong” gila gak tuh,, sengotot itu $$$ buat nyepak Namex155

  19. Mancing mania mantaaappp jadinya blunder sendiri khan 🀣🀣🀣

    Mereka dah biasa muka tembok $$$$$ ludah sendiri

  20. ekekekek

    ( Breking News )
    Peceex baru keluar deler Gredekk

    # Kawal Matic Besar Membagongkan

    H suRrrrAM

    mueheheheheh

  21. ekekekek

    ( Breking News )
    shockbreker Peceex gasrukkkk cover berpotensi retak

    # Kawal Matic Besar Membagongkan

    H suRrrrAM

    mueheheheheh

  22. ekekekek

    ( Breking News )
    shockbreker Peceex Ambles buat boncengan

    # Kawal Matic Besar Membagongkan

    H suRrrrAM

    mueheheheheh

  23. ekekekek

    Nmax rasa Turbo NOS ninggalin sekebon Peceex

    # Kawal Matic Besar Membagongkan

    H suRrrrAM

    mueheheheheh

  24. Cek Data Pengukuran PCX160 CBS di Sirkuit Sentul

    0-60 km/jam: 5,4 detik
    0-80 km/jam: 10,5 detik
    0-100 km/jam: 17,5 detik
    0-100 m: 7,72 detik (@69,74 km/jam)
    0-201 m: 12,34 detik (@84,62 km/jam)
    0-402 m: 20,2 detik (@105,1 km/jam)
    Top speed di spidometer: 116 km/jam
    Top speed di Racelogic: 111,1 km/jam

    Yamaha NMAX 155
    0-60 km/jam 5,2 detik
    0-80 km/jam 9,3 detik
    0-100 km/jam 16,3 detik
    0-100 m 7,7 detik
    0-201 m 12,1 detik
    0-402 m 19,5 detik
    Top speed spido 121 kpj
    Top speed Racelogic 115,7 kpj

  25. ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    Wah makin rame nih.
    Udah ada yg posting PCX160 vs AEROX di youtube.
    si PCX160 berkali-kali dilahap AEROX.
    Bahkan sejak start sampe topspeed makin jauh tertinggal.

    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

  26. real test di nyutube oleh youtuber oto sebelah lebih real hasil nya, yg offside tagline besar, kalah di lapangan sma2 mesin standar, masih menang sicanggih , beda2 tukeran pilot, pake alat ukur real, mungkin kalo vtec bakal menang, tapi gk dikasih karena harga pasti bisa ampe 35jt ++, adv auto pensiun

  27. kayak kasus mio gimana cak $$$$
    Iya Pcx itu all out bgt soal teknologi
    Tapi kalo dipikir pikir yamaha ya punya varian maxi yg banyak pilihan nya mulai dr All New nmax, all new aerox, lexi, bahkan xmax 250
    Trus kayu kayak mio gimana, lawong $$$ hanya mengandalkan pcx aja, forza notabene produk cbu, vario scoopy ya ada tapi udh beda kelas
    Agak heran kan sm artikel nya $$$

  28. Whattt???canggih?? Bisa buat masak nasi ya tu motor? 🀣🀣🀣 Body wagu! Sein di dengkul…masih pake lampu penghangat ayam lagi…?? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  29. Honda selalu ingat saat pernah tahtanya dijungkalkan oleh Yamaha. Yamaha moncer dengan Mio dan Vega-R yg melegenda itu.
    Sementara Honda terjungkal karena blunder yg dibuat oleh SUPRA FIT yang mudah ngebul dan mesinnya terkenal ringkih.
    Eehhh… Alih-alih mempertahankan mahkota kekuasaan merajai pasar malah Yamaha bikin blunder super dahsyat dengan kacaunya mesin Vega ZR dan Mio yg jadi mudah ngebul. Ditambah lagi kasus Blok dan piston Vixion ikut remuk redam menambah deretan penderitaan Yamaha.
    Akhirnya Honda pun kembali berhak memakai mahkota sang raja yg sempat hilang sesaat.
    Sungguh begitu menyakitkan bagi Honda saat terjungkal dan berdarah-darah.
    Dan itu akan selalu diingat oleh Honda.

    Namun sayangnya Yamaha pun lupa bagaimana cara menjatuhkan Honda.

  30. Ada PCX 160 udah jebol mau dibikin artikel ngga nih? 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

  31. Jadi inget dulu dengan jargon “OTOMATIS DULUAN”!!

    Padahal, matic yang duluan masuk Indonesia itu yaa Vespa matic lama, lalu Kymco… Duhh duhhh

  32. Coba kalo velg ring nya sama pasti nmax bisa imbang lah secara rasio velg aja beda pcx ring 14 vs nmax ring 13 logika aja bro …

  33. Keren sih design matic besar .. cuma sayang masih kalah top speed sama matic canggih. Kaya percuma tagline matic besarnya kalo masih jd bulan2an matic kecil alias canggih. πŸ˜…

  34. barangkali disini ada yang pernah ngalamin, yamaha NMAX 2021, bagian cover depannya ada bunyi/ bergetar ketika RPM rendah, apakh ada soulsi untuk problem tersebut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here