iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..disadari atau tidak perlahan tapi pasti sejak beberapa tahun lalu yang namanya market share sepeda motor sudah beralih pada kendaraan otomatis alias matic. Sebagai bukti nyata tanpa memperlihatkan data market share saat sampeyan riding pasti akan menemui matic. Entah itu matic entry level, matic mid ataupun matic gambot macam PCX dan Nmax. Walaupun sering ada ejekan mengenai matic namun seperti komentar yang sering terlontar “semua akan matic pada akhirnya” dan omongan tersebut seolah menjadi kenyataan……

Memang saat ini dunia roda dua di dominasi oleh matic namun pada masa lalu motor manual sempat menjadi primadona tersendiri, khususnya deretan motor kelas 150cc. Meski sekarang sudah mulai di tinggalkan namun nyatanya deretan mesin 150cc ini sempat mengaspal dalam waktu yang sangat lama di tanah air. Horaa percoyo? inilah Empat Mesin Legendaris Yang Menemani Fanboy Dalam Waktu Yang Sangat Lama !!

1. Mesin FXR

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Keberadaan nya di tanah air memang tak terlalu banyak, bisa di katakan FXR sendiri populasinya hanya sedikit di tanah air namun untuk urusan mesin seperti kalian ketahui Satria FU 150 yang awalnya di datangkan dari Thailand mewarisi mesin DOHC Overbore dari FXR meski dengan “penyesuaian”.

Mesin DOHC Overbore milik FXR ini awalnya di produksi mulai tahun 1997 dan berakhir tahun 2016 silam yang mana pada saat itu FU karbu generasi terakhir yang menggunakan mesin ini. Motor yang menggunakan mesin DOHC Overbore FXR adalah FXR 150, Fu karbu generasi pertama 2004 hingga generasi terakhir 2016

Total 19 tahun mesin DOHC Overbore FXR digunakan secara keseluruhan, mungkin di tanah air adanya mesin ini di hitung antara tahun 2002 karena pada awal tahun 2000 an Suzuki Indonesia sebenarnya menghadirkan FXR meski pada saat itu penjualannya tak terlalu menggembirakan.

Mesin DOHC Overbore milik FXR memang sudah tak digunakan lagi untuk saat ini namun sebagai gantinya pabrikan Suzuki tetap menghadirkan mesin DOHC Overbore yang kini bisa di temui pada GSX-R 150, GSX-S 150, Bandit 150 dan Satria FU Fi.

2. Mesin DOHC Overbore CBR 150

Adanya CBR 150 di tanah air sebenarnya bukan berawal dari AHM yang menjual secara resmi CBR 150 generasi pertama, melainkan pada saat itu pecinta roda dua di tanah air mendatangkan secara built up CBR 150 dari Thailand ke tanah air. Barulah mulai generasi ke dua CBR 150 di jual secara resmi oleh pabrikan sayap mengepak.

Untuk urusan mesin sendiri mesin DOHC Overbore milik CBR 150 secara keseluruhan digunakan oleh CBR150 nya itu sendiri mulai dari generasi pertama hingga generasi ke tiga, motor lain selain CBR 150 yang memakai mesin DOHC Overbore sayap mengepak adalah CB150 Streetfire generasi pertama, ya hanya 4 motor itu saja yang memakai mesin DOHC Overbore sayap mengepak.

Mesin DOHC Overbore sayap mengepak ini awalnya di produksi tahun 2002 silam dan harus berakhir pada tahun 2016 lalu. Berbeda dengan pihak Suzuki yang konsisten menghadirkan DOHC Overbore, pihak Honda justru menggantinya dengan mesin DOHC near square yang lebih friendly untuk digunakan sebagai motor harian. Beberapa motor yang menggunakan mesin DOHC near square adalah CBR 150 (mulai generasi ke empat K45G sampai CBR 150 versi sekarang), CB150 Streetfire (generasi ke dua), Supra GTR dan Sonic 150R

3. SOHC Yamaha

Siapa yang tidak mengenal Vixion pada awal pertama rilis, sport naked pabrikan garputala ini jadi primadona di masa lalu dan sempat menjadi raja untuk urusan penjualan sport naked. Mesin SOHC Yamaha ini konsisten digunakan pada Yamaha Vixion dari generasi pertama hingga New Vixion yang ada sampai sekarang (5 generasi), motor lain yang memakai mesin ini R15 V1 (adanya di India), R15 V2 dan MX King.

Mesin ini mulai digunakan tahun 2007 lalu dan sebenarnya sampai sekarang juga masih dipakai pada MX King dan New Vixion (tanpa R). Berbeda dengan rivalnya seperti Honda dan Suzuki yang langsung stop produksi mesin lawasnya dan langsung mengganti dengan versi terbarunya, pihak Yamaha justru masih mempertahankan mesin lawas 150 nya dan mereka menduetkan mesin 150 lawas milik mereka dengan mesin terbaru yang berkubikasi lebih besar yakni 155cc miliknya. Beberapa motor yang sudah memakai mesin 155 diantaranya adalah R15 V3, New Vixion R, WR155, XSR 155, MT-15 dan Exciter 155 yg ada di Vietnam sana

4. Mesin 2 tak Ninja 150

Sebenarnya di luar negeri tak ada yang namanya Ninja 150 motor ini di luar negeri di beri nama Victor hanya saja mungkin karena kebijakan Kawasaki Indonesia oleh sebab itu lah mereka menamai nya Ninja 150.

Berbeda dengan saat ini yang mana sport fairing diberi nama Ninja dan versi naked nya di beri nama Z series, pihak Kawasaki pada waktu itu mau naked atau fairing keduanya dilabeli dengan nama Ninja.

Mesin motor 150 Ninja ini hanya digunakan oleh Ninja versi naked dan fairing nya, untuk masa edar bisa dikatakan paling awet sebab mesin motor ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1997 dan berakhir 2015 lalu. Itu pun berakhir nya karena regulasi emisi gas buang.

Tak ada penerus di kelas 150cc nya sebab pihak Kawasaki memplot Ninja 250 SL sebagai pengganti Ninja 150 walau pada akhirnya rencana ini tak berjalan mulus, menurut user nya 2 tak tetaplah 2 tak tak akan bisa tergantikan oleh 250cc 1 silinder.

Last….itulah daftar mesin motorsport legendaris yang digunakan oleh beberapa motor di tanah air yang mana masa edar nya cukup lama. Bahkan sudah ada sejak era 90 an dan kebetulan ke empat mesin legendaris tersebut rata-rata semuanya harus berakhir di bawah tahun 2017. Hanya mesin 150cc nya Yamaha yang masih ada itu pun kemungkinan besar akan segera tergantikan oleh mesin 155cc semuanya. Nah…kalau sampeyan sendiri piye, kira kira yang mana nih cak yang sampeyan pernah pakai diantara ke empat nya ! (FA edited iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!