iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..disadari atau tidak perlahan tapi pasti sejak beberapa tahun lalu yang namanya market share sepeda motor sudah beralih pada kendaraan otomatis alias matic. Sebagai bukti nyata tanpa memperlihatkan data market share saat sampeyan riding pasti akan menemui matic. Entah itu matic entry level, matic mid ataupun matic gambot macam PCX dan Nmax. Walaupun sering ada ejekan mengenai matic namun seperti komentar yang sering terlontar “semua akan matic pada akhirnya” dan omongan tersebut seolah menjadi kenyataan……

Memang saat ini dunia roda dua di dominasi oleh matic namun pada masa lalu motor manual sempat menjadi primadona tersendiri, khususnya deretan motor kelas 150cc. Meski sekarang sudah mulai di tinggalkan namun nyatanya deretan mesin 150cc ini sempat mengaspal dalam waktu yang sangat lama di tanah air. Horaa percoyo? inilah Empat Mesin Legendaris Yang Menemani Fanboy Dalam Waktu Yang Sangat Lama !!

1. Mesin FXR

iklan iwb

Keberadaan nya di tanah air memang tak terlalu banyak, bisa di katakan FXR sendiri populasinya hanya sedikit di tanah air namun untuk urusan mesin seperti kalian ketahui Satria FU 150 yang awalnya di datangkan dari Thailand mewarisi mesin DOHC Overbore dari FXR meski dengan “penyesuaian”.

Mesin DOHC Overbore milik FXR ini awalnya di produksi mulai tahun 1997 dan berakhir tahun 2016 silam yang mana pada saat itu FU karbu generasi terakhir yang menggunakan mesin ini. Motor yang menggunakan mesin DOHC Overbore FXR adalah FXR 150, Fu karbu generasi pertama 2004 hingga generasi terakhir 2016

Total 19 tahun mesin DOHC Overbore FXR digunakan secara keseluruhan, mungkin di tanah air adanya mesin ini di hitung antara tahun 2002 karena pada awal tahun 2000 an Suzuki Indonesia sebenarnya menghadirkan FXR meski pada saat itu penjualannya tak terlalu menggembirakan.

Mesin DOHC Overbore milik FXR memang sudah tak digunakan lagi untuk saat ini namun sebagai gantinya pabrikan Suzuki tetap menghadirkan mesin DOHC Overbore yang kini bisa di temui pada GSX-R 150, GSX-S 150, Bandit 150 dan Satria FU Fi.

2. Mesin DOHC Overbore CBR 150

Adanya CBR 150 di tanah air sebenarnya bukan berawal dari AHM yang menjual secara resmi CBR 150 generasi pertama, melainkan pada saat itu pecinta roda dua di tanah air mendatangkan secara built up CBR 150 dari Thailand ke tanah air. Barulah mulai generasi ke dua CBR 150 di jual secara resmi oleh pabrikan sayap mengepak.

Untuk urusan mesin sendiri mesin DOHC Overbore milik CBR 150 secara keseluruhan digunakan oleh CBR150 nya itu sendiri mulai dari generasi pertama hingga generasi ke tiga, motor lain selain CBR 150 yang memakai mesin DOHC Overbore sayap mengepak adalah CB150 Streetfire generasi pertama, ya hanya 4 motor itu saja yang memakai mesin DOHC Overbore sayap mengepak.

Mesin DOHC Overbore sayap mengepak ini awalnya di produksi tahun 2002 silam dan harus berakhir pada tahun 2016 lalu. Berbeda dengan pihak Suzuki yang konsisten menghadirkan DOHC Overbore, pihak Honda justru menggantinya dengan mesin DOHC near square yang lebih friendly untuk digunakan sebagai motor harian. Beberapa motor yang menggunakan mesin DOHC near square adalah CBR 150 (mulai generasi ke empat K45G sampai CBR 150 versi sekarang), CB150 Streetfire (generasi ke dua), Supra GTR dan Sonic 150R

3. SOHC Yamaha

Siapa yang tidak mengenal Vixion pada awal pertama rilis, sport naked pabrikan garputala ini jadi primadona di masa lalu dan sempat menjadi raja untuk urusan penjualan sport naked. Mesin SOHC Yamaha ini konsisten digunakan pada Yamaha Vixion dari generasi pertama hingga New Vixion yang ada sampai sekarang (5 generasi), motor lain yang memakai mesin ini R15 V1 (adanya di India), R15 V2 dan MX King.

Mesin ini mulai digunakan tahun 2007 lalu dan sebenarnya sampai sekarang juga masih dipakai pada MX King dan New Vixion (tanpa R). Berbeda dengan rivalnya seperti Honda dan Suzuki yang langsung stop produksi mesin lawasnya dan langsung mengganti dengan versi terbarunya, pihak Yamaha justru masih mempertahankan mesin lawas 150 nya dan mereka menduetkan mesin 150 lawas milik mereka dengan mesin terbaru yang berkubikasi lebih besar yakni 155cc miliknya. Beberapa motor yang sudah memakai mesin 155 diantaranya adalah R15 V3, New Vixion R, WR155, XSR 155, MT-15 dan Exciter 155 yg ada di Vietnam sana

4. Mesin 2 tak Ninja 150

Sebenarnya di luar negeri tak ada yang namanya Ninja 150 motor ini di luar negeri di beri nama Victor hanya saja mungkin karena kebijakan Kawasaki Indonesia oleh sebab itu lah mereka menamai nya Ninja 150.

Berbeda dengan saat ini yang mana sport fairing diberi nama Ninja dan versi naked nya di beri nama Z series, pihak Kawasaki pada waktu itu mau naked atau fairing keduanya dilabeli dengan nama Ninja.

Mesin motor 150 Ninja ini hanya digunakan oleh Ninja versi naked dan fairing nya, untuk masa edar bisa dikatakan paling awet sebab mesin motor ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1997 dan berakhir 2015 lalu. Itu pun berakhir nya karena regulasi emisi gas buang.

Tak ada penerus di kelas 150cc nya sebab pihak Kawasaki memplot Ninja 250 SL sebagai pengganti Ninja 150 walau pada akhirnya rencana ini tak berjalan mulus, menurut user nya 2 tak tetaplah 2 tak tak akan bisa tergantikan oleh 250cc 1 silinder.

Last….itulah daftar mesin motorsport legendaris yang digunakan oleh beberapa motor di tanah air yang mana masa edar nya cukup lama. Bahkan sudah ada sejak era 90 an dan kebetulan ke empat mesin legendaris tersebut rata-rata semuanya harus berakhir di bawah tahun 2017. Hanya mesin 150cc nya Yamaha yang masih ada itu pun kemungkinan besar akan segera tergantikan oleh mesin 155cc semuanya. Nah…kalau sampeyan sendiri piye, kira kira yang mana nih cak yang sampeyan pernah pakai diantara ke empat nya ! (FA edited iwb)

Advertisements
iklan iwb

78 COMMENTS

      • Buat apa kalo bikin dohc dapi ternyata masih bisa di ngimbangi sama sohc, bahkan bisa lebih unggul dari dohc. Kirain perbedaan dohc sama sohc itu sangat berbeda jauh sekitar 100 hp an. Eh ternyata cuman beda dikit ya.

        • Buat apa bikin mesin DOHC klo SOHC aja msh bisa ngalahin yg dohc.
          Buat apa bikin motor powerfull, klo mesin 17 HP saja sdh cukup mengalahkan penjualan motor yg powerfull dikelasnya.
          🀣🀣🀣

          • Emg apa hubungan penjualan sama power? W sendiri pake suzuki. Tapi secara brand gw lebih suka honda sama yamaha.

        • Bukan soal HP Bro.. yang diikuti itu perkembangan zaman, mosok pabrikan sekelas Yamalu g bisa? atau mmg g bisa..? wkwkwkwkwk

          • Ya sebenarnya bisa lah semua pabrikan juga mau honda mau yamaha mau suzuki kawasaki semua juga bisa. Cuman mereka pengen berbeda aja. Coba semua motor bikin spek yang sama bentuk yang sama semianya miri dari bahan sepek mesin semuanya mirip. Pasti bisa lah ga mungkin ga bisa. Mereka membuat berbeda dari panrikan lain biar kita bisa punya banyak pilihan.

  1. semoga kaum kaum yang ga tau tentang meain 150 cc bisa membaca ini..
    yang suka bertanya honda mah sohc 4 valve nya baru ada skrang, karena honda 4 valvenya itu dsri dulu larinya ke DOHC.

    #candalucu

  2. Ngeriiii…. honda dari dulu bikin motor ternyata… yg n93korrr pura2 beli girengan di tepi jalan..😁

  3. Sejarahnya mesin DOCH itu lebih kencang dari SOHC,demikian dengan RPM nya juga.
    Tapi sejarah itu musnah oleh DOHC gadungan dengan RPM di bawah SOHC.hancur sudah sejarah Mesin DOHC karena ada mesin DOHC gadungan

  4. Mesin SOHC jadul katrok punya vixion dicoba dirontokkan oleh mesih DOHC canggih modern tapi abal2 tetep aja gak bisa.

    Wkwkwkwkwk…..
    mesih DOHC canggih modern tapi abal2 itu cuman mentok 126 km/j GPS
    gak sanggup ngejar 136 km/j SOHC jadul.

    Wkwkwkwkwk
    ο»Ώ

  5. Pernah punya semuanya mas $$$$, suzuki satria fu, v ixion, cbr150, aku jual semuanya karena larinya kurang kencang. Sekarang malah punya ninja RR 150, motor simpanan bukan buat harian. motor 2tak harga masuk akal dan yg penting larinya masih bisa ngladeni mesin 4tak 2 silinder, eman di jual. Motor sehari hari sih motor matic vario 125 old boreup. Lumayan masih bisa ngasepin Nmax. Keep Safety riding..

  6. ekekekek

    Kawasaki konsisten
    Suzuki konsisten
    Yamaha Konsisten

    HonHon kagak konsisten diobral tetep horrraa payu Harga diri kagak ada cuma diludahi …

    H suRrrrrAM

    mueheheheheh

  7. ekekekek

    FBY minta DOHC dibikinin langsung 2 silinder 250 cc

    gak kayak sebeleh buat kelinci percobaan

    H suRrrrrAM

    nueheheheh

  8. sOHC yamaha yg 150 dan 155vva sebenarnya adalah Mesin yg sama cak… 155vva itu cuma di tmbah Kubikasi dan dipakaikan VVA.. bukan Mesin Baru.. klo bandingin blok Mesinnya 90% Persis

  9. Pernah punya semuanya mas $$$$, suzuki satria fu, v ixion, cbr150, aku jual semuanya karena larinya kurang kencang. Sekarang malah punya ninja RR 150, motor simpanan bukan buat harian. motor 2tak harga masuk akal dan yg penting larinya masih bisa ngladeni mesin 4tak 2 silinder, eman di jual. Motor sehari hari sih motor matic vario 125 old boreup. Lumayan masih bisa ngasepin Nmax. Keep Safety riding..

  10. test drag VIXION vs cb150 vs Bandit
    – VIXION
    0-60 = 4. Detik
    0-80 = 6.1 detik
    0-100 = 10.7 detik
    Top speed = 137 km/h
    Racelogic = 130 km/h
    – cb150
    0-60 = 4.1 detik
    0-80 = 7.7 detik
    0-100 = 13.5 detik
    Top Speed 130 km/h
    RaceLogic 117.2 km/h
    – Bandit
    0-60 = 4.1 detik
    0-80 = 6.6 detik
    0-100 = 11.3 detik
    Top Speed 137 km/h
    RaceLogic 127 km/h

  11. Dari beberapa mesin yang disebut, cuma SoHc merk si-tukang suling sebelah yang gk bangettt, mesin abal², satu kelas kek motor matic 🀧🦍

    Yablangsakkkk

  12. Mesin yaheho cm ada stroke 58.7mm itu aja diputer2…maklum baru belajar bikin…itu jg masih ngebul

  13. Ngonda gak bsa bkin drum.. enakan yamaha lah, naik motor skaligus jg bsa musikan
    Kang Webe beli gitar Yamaha gak?? Heheee

  14. Harusnya pemerintah membuat aturan kalo matic itu hanya untuk wanita. Jadi kita kembalikan kejaan motor laki full manual, yang pernah dulu kita rasakan berasama. Kan dari dulu pertama di kenalkan ke publik juga matic itu hanya untuk wanita. Tapi kenapa sekarang laki pada pake matic. Wqwq aneh banget.

      • Iya makanya kita yang pria jangan mau pake motor matic. Kurang nyaman sih menurut gw ga bisa ganti gigi. Riding experience nya hambarrrrrr.. wqwq

    • lah ente yg kurang gaul,,kata siapa matic dlu diperkenalkan buat wanita,,itu mah mio,,sedangkan diluar negeri sana dan sebelum mio ada dluan ada kymco,mocin matic dan vespa corsa,,gak ada slogan buat wanita lho

  15. Khusus 150cc tok yo cak? GL juga lama dan banyak varian cc, dari jaman 100cc sampe pernah 200cc sekarang jadi 150cc dalam bentuk motor kang tagih utang verza sama crf 150 😁😁

    Nf125 dari jaman honda kirana sampe jadi grom juga masih dipake.

  16. Nah, bikin artikel itu harusnya kayak gini, ada edukasinya cak. G cuma info yg bikin $$$$$ dan berantem saja.
    Hanya isu2 saja diangkat. Yg bersejarah dan informatif hampir g pernah diangkat.
    Bahas motor kan g selalunya cari yg hype dan viral aja, tp biar pembaca dpt ilmu seputar roda 2 jauh lebih penting.

  17. FXR selama ni ru lihat sekali secara langsung. Mesin satria yg downgrade dari mesin fxr mas $$$$ kalo lihat dibrosurnya. Hehe…

  18. Bilang aja oon gak bisa buat DOHC. Gak usah banyak alesan Fby n Sales yamalu fans karbitan baperan muehehehehehehe lucu banget sumpah

  19. Yo masih kalah legend sama CB dan GL to caaak.
    Lha wong malah anak2 muda sekarang podo ngingu GL Pro dan hunting CB.
    Apalagi anak2 setengah tua, yang masih tergila2 sama GLS alias tiger

  20. SUzuji FXR

    disaat orang2 masih pake speedometer analog
    motor ini udah full digital

    udah kaya motor2 kekinian aja

    dulu CBR sm FXR, tp jarang user FXR, ga sebanyak CBR, hihihi

    soalnya kekurangan nya khas suzuki, modelnya ga semua orang suka
    dari ga terlalu full fairing, sama jok nya yg ga split

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here