iklan iwb
iklan iwb
” Cak Priyo (Otobalancing,net)….”

Iwanbanaran.com – Cakkkk….IWB kaget ketika membaca artikel dari Blogger kondang asal Jatim cak Priyo. Pemilik blog Otobalancing.net ini jelas membuat IWB berpikir keras, bagaimana bisa strategi itu dilakukan pabrikan besar. Strategi yang bertujuan untuk memonopoli tanpa berpikir bahwa justru tindakan tersebut akan mengubur produknya pelan-pelan. Kenapa ? karena tidak ada dalam hukum marketing dengan memonopoli kerjasama akan membuat produk mereka makin cemerlang. Namun sebaliknya? pasti terpuruk lambat atau cepat. So….kejamkah kalau kita sebut bunuh diri pelan-pelan ??

Sebagai Blogger tuwo yang sudah ngebLog sejak 2009, independensi adalah utama. Kenapa ? karena itulah kunci sampeyan bakal sukses. Percayalah dengan IWB….tidak ada Blogger satupun yang bakal cemerlang ketika sampeyan sudah pro dan menjadi kepanjangan tangan pabrikan sebab pasti akan ditinggalkan pembaca. Sampeyan intip saja berapa sesepuh Blogger yang kini menjadi gurem karena tidak ada lagi yang baca. Atau penulis diary yang ngaku jadi Blogger….padahal karena emang ora payu. IWB sudah banyak makan asam garam tentang blantika roda dua. Bertemu biker tulen, pejabat tinggi dan orang-orang pintar dibidangnya….membuat IWB jadi paham strategi pabrikan walau background IWB bukan disana. Dan IWB juga paham kunci atau value kita sebagai Blogger adalah netralitas….

Itulah kenapa IWB harus acungin jempol buat cak Priyo yang berani menolak mentah-mentah ketika salah satu pabrikan memasukkan syarat, Blogger dilarang kerjasama dengan kompetitor atau dengan kata lain hanya banner brand mereka yang boleh terpasang. Konfirmasi ini IWB dapatkan ketika IWB ngontak cak Priyo langsung dan bener cak….sekalinya ada pabrikan lain masuk, maka kerjasama akan diputus. Ediannn njaran, model opo kuwiiii. Walau kerjasama adalah hak prerogatif pabrikan, Strategi monopoli banner ini menurut IWB sudah tersesat dan kemunduran luar biasa…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Jujur cak….sebenarnya ada pengalaman tak terlupakan yang IWB alami sekitar 4 tahun lalu. Ketika itu dari perwakilan salah satu pabrikan pasca pergantian manajemen menanyakan…bisakah banner pabrikan lain diturunkan jika ingin kerjasama diperpanjang? Dan tawaran tersebut IWB tolak mentah-mentah berapapun nilai yang akan diberikan. Karena jika itu terjadi…fix, isi artikel sampeyan akan disetir. Lawong merasa pemberi dana tunggal…mau macem-macem gua kepret neh, kasarnya demikian. Jelas tidak akan pernah IWB terima karena bertentangan dengan semangat warung ini. Namun IWB tidak menyangka ternyata strategi ini ternyata juga diberlakukan didaerah🥴. Asli….ini sih marketing yang salah kaprah cak….

” Priyo Otobalancing….”

Makanya kalau ada komen fansboy tertentu yang memojokkan dan berusaha membunuh image IWB sebagai Blogger netral dan dianggap bayaran, disanalah IWB mung iso nyengir nahan ketawa. Kenapa? karena ketika kalimat tersebut diteriakkan secara lantang…disaat itu pula jarinya secara lugas mengarah kehidung mereka sendiri cak. Coba…mana ada pabrikan lain yang memasukkan klausal tidak boleh kerjasama dengan kompetitor. Hanya satu pabrikan cak di Indonesia, luar biasa to. Btw….karena tidak berhasil menggunakan strategi tersebut di jabodetabek, IWB juga tahu mereka mengalihkan kerjasama banner dengan artikel berbayar dibeberapa blogger pilihan mereka. Jadi jangan salah cak, kerjasama ki macem-macem jenisnya…..bukan banner thok…🤣

Didunia digital online besar, tidak ada perusahaan yang berdiri sendiri tanpa dukungan sponsor. Mereka-mereka yang membutuhkan biaya besar untuk operasional dan gaji karyawan. Horaa ono pakde, apalagi cost perusahaan besar banget. Justru Blogger hanya ruang lingkup kecil yang tidak ada seujung kukunya. Kelebihan kita adalah lebih bebas tidak terpasung dana karena hanya ngurus diri sendiri. Ibaratnya…putus kerjasamapun ora “pathek en” karena pemasukan kita sudah sangat cukup hanya dari adsense. Namun kerjasama tidak masalah selama semua dilakukan dengan porsi yang wajar…netral dan apa adanya. Sponsorship tidak ada masalah selama sampeyan bisa menjaga independensi. Sampeyan intip berapa banner yang nangkring di warung Iwanbanaran. Mulai dari Honda, Suzuki, Kawasaki….ada semua. Tapi ketika kita mereview motor?

” Blogger dilarang kerjasama dengan kompetitor ? strategi bunuh diri pelan-pelan ?!”

Tidak ada ceritanya kita tutup-tutupin atau dilebih-lebihkan dan pabrikan sudah paham betul ketentuan serta kondisinya bahwa kita adalah independent Blogger. Ulasan atau review tidak mau di intervensi. So….semua banner yang nyantol diwarung IWB adalah pabrikan yang setuju dengan term condition tersebut. Sebab apa yang kita ungkapkan merupakan acuan penting buat para followers setia. Tidak mau? sejak awal pasti kita tolak dan tidak ada banner disana. Miris sih sebenarnya sebab kompetisi sekarang berasa nggak imbang akibat strategi marketing yang timpang dibandingkan rival yang jauh lebih elegan, cerdas dan santun. Yang IWB heran, emang nggak ada review detil ya tentang efektifitas monopoli banner tersebut. Kan seharusnya bisa didata secara lengkap. Toh pabrikan lain tidak ada yang mengaplikasi klausal demikian tanda tidak bagus. Emboh, IWB juga heran…..

Last……buat cak Priyo (Otobalancing.net), ora usah kuatir karena rejeki ada yang ngatur. Salut buat sampeyan karena memiliki prinsip yang seirama dengan IWB yakni lebih baik tidak kerjasama ketika arahnya adalah monopoli dan intervensi. Dan dalam artikel ini secara pribadi IWB berikan dukungan penuh buat sampeyan untuk tetap menjunjung netralitas mencoret kerjasama yang terindikasi memasung independensi tulisan kita. Sebagai Blogger yang sudah berkarya sejak 2009, sebenarnya IWB cukup prihatin karena baru kali ini ada kebijakan blunder yang IWB yakin akan membunuh diri sendiri pelan-pelan. Lek ngene suwe-suwe yo entek tenan pakde…ngesakne ora seru wae. So…buat followers Iwanbanaran monggo berikan dukungan khusus untuk cak Priyo agar tetap semangat dalam menulis walau pada kondisi sulit sekalipun.  Semangatttt cak Priyo !! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!