iklan iwb
” Cak Priyo (Otobalancing,net)….”

Iwanbanaran.com – Cakkkk….IWB kaget ketika membaca artikel dari Blogger kondang asal Jatim cak Priyo. Pemilik blog Otobalancing.net ini jelas membuat IWB berpikir keras, bagaimana bisa strategi itu dilakukan pabrikan besar. Strategi yang bertujuan untuk memonopoli tanpa berpikir bahwa justru tindakan tersebut akan mengubur produknya pelan-pelan. Kenapa ? karena tidak ada dalam hukum marketing dengan memonopoli kerjasama akan membuat produk mereka makin cemerlang. Namun sebaliknya? pasti terpuruk lambat atau cepat. So….kejamkah kalau kita sebut bunuh diri pelan-pelan ??

Sebagai Blogger tuwo yang sudah ngebLog sejak 2009, independensi adalah utama. Kenapa ? karena itulah kunci sampeyan bakal sukses. Percayalah dengan IWB….tidak ada Blogger satupun yang bakal cemerlang ketika sampeyan sudah pro dan menjadi kepanjangan tangan pabrikan sebab pasti akan ditinggalkan pembaca. Sampeyan intip saja berapa sesepuh Blogger yang kini menjadi gurem karena tidak ada lagi yang baca. Atau penulis diary yang ngaku jadi Blogger….padahal karena emang ora payu. IWB sudah banyak makan asam garam tentang blantika roda dua. Bertemu biker tulen, pejabat tinggi dan orang-orang pintar dibidangnya….membuat IWB jadi paham strategi pabrikan walau background IWB bukan disana. Dan IWB juga paham kunci atau value kita sebagai Blogger adalah netralitas….

Itulah kenapa IWB harus acungin jempol buat cak Priyo yang berani menolak mentah-mentah ketika salah satu pabrikan memasukkan syarat, Blogger dilarang kerjasama dengan kompetitor atau dengan kata lain hanya banner brand mereka yang boleh terpasang. Konfirmasi ini IWB dapatkan ketika IWB ngontak cak Priyo langsung dan bener cak….sekalinya ada pabrikan lain masuk, maka kerjasama akan diputus. Ediannn njaran, model opo kuwiiii. Walau kerjasama adalah hak prerogatif pabrikan, Strategi monopoli banner ini menurut IWB sudah tersesat dan kemunduran luar biasa…

iklan iwb

Jujur cak….sebenarnya ada pengalaman tak terlupakan yang IWB alami sekitar 4 tahun lalu. Ketika itu dari perwakilan salah satu pabrikan pasca pergantian manajemen menanyakan…bisakah banner pabrikan lain diturunkan jika ingin kerjasama diperpanjang? Dan tawaran tersebut IWB tolak mentah-mentah berapapun nilai yang akan diberikan. Karena jika itu terjadi…fix, isi artikel sampeyan akan disetir. Lawong merasa pemberi dana tunggal…mau macem-macem gua kepret neh, kasarnya demikian. Jelas tidak akan pernah IWB terima karena bertentangan dengan semangat warung ini. Namun IWB tidak menyangka ternyata strategi ini ternyata juga diberlakukan didaerah?. Asli….ini sih marketing yang salah kaprah cak….

” Priyo Otobalancing….”

Makanya kalau ada komen fansboy tertentu yang memojokkan dan berusaha membunuh image IWB sebagai Blogger netral dan dianggap bayaran, disanalah IWB mung iso nyengir nahan ketawa. Kenapa? karena ketika kalimat tersebut diteriakkan secara lantang…disaat itu pula jarinya secara lugas mengarah kehidung mereka sendiri cak. Coba…mana ada pabrikan lain yang memasukkan klausal tidak boleh kerjasama dengan kompetitor. Hanya satu pabrikan cak di Indonesia, luar biasa to. Btw….karena tidak berhasil menggunakan strategi tersebut di jabodetabek, IWB juga tahu mereka mengalihkan kerjasama banner dengan artikel berbayar dibeberapa blogger pilihan mereka. Jadi jangan salah cak, kerjasama ki macem-macem jenisnya…..bukan banner thok…?

Didunia digital online besar, tidak ada perusahaan yang berdiri sendiri tanpa dukungan sponsor. Mereka-mereka yang membutuhkan biaya besar untuk operasional dan gaji karyawan. Horaa ono pakde, apalagi cost perusahaan besar banget. Justru Blogger hanya ruang lingkup kecil yang tidak ada seujung kukunya. Kelebihan kita adalah lebih bebas tidak terpasung dana karena hanya ngurus diri sendiri. Ibaratnya…putus kerjasamapun ora “pathek en” karena pemasukan kita sudah sangat cukup hanya dari adsense. Namun kerjasama tidak masalah selama semua dilakukan dengan porsi yang wajar…netral dan apa adanya. Sponsorship tidak ada masalah selama sampeyan bisa menjaga independensi. Sampeyan intip berapa banner yang nangkring di warung Iwanbanaran. Mulai dari Honda, Suzuki, Kawasaki….ada semua. Tapi ketika kita mereview motor?

” Blogger dilarang kerjasama dengan kompetitor ? strategi bunuh diri pelan-pelan ?!”

Tidak ada ceritanya kita tutup-tutupin atau dilebih-lebihkan dan pabrikan sudah paham betul ketentuan serta kondisinya bahwa kita adalah independent Blogger. Ulasan atau review tidak mau di intervensi. So….semua banner yang nyantol diwarung IWB adalah pabrikan yang setuju dengan term condition tersebut. Sebab apa yang kita ungkapkan merupakan acuan penting buat para followers setia. Tidak mau? sejak awal pasti kita tolak dan tidak ada banner disana. Miris sih sebenarnya sebab kompetisi sekarang berasa nggak imbang akibat strategi marketing yang timpang dibandingkan rival yang jauh lebih elegan, cerdas dan santun. Yang IWB heran, emang nggak ada review detil ya tentang efektifitas monopoli banner tersebut. Kan seharusnya bisa didata secara lengkap. Toh pabrikan lain tidak ada yang mengaplikasi klausal demikian tanda tidak bagus. Emboh, IWB juga heran…..

Last……buat cak Priyo (Otobalancing.net), ora usah kuatir karena rejeki ada yang ngatur. Salut buat sampeyan karena memiliki prinsip yang seirama dengan IWB yakni lebih baik tidak kerjasama ketika arahnya adalah monopoli dan intervensi. Dan dalam artikel ini secara pribadi IWB berikan dukungan penuh buat sampeyan untuk tetap menjunjung netralitas mencoret kerjasama yang terindikasi memasung independensi tulisan kita. Sebagai Blogger yang sudah berkarya sejak 2009, sebenarnya IWB cukup prihatin karena baru kali ini ada kebijakan blunder yang IWB yakin akan membunuh diri sendiri pelan-pelan. Lek ngene suwe-suwe yo entek tenan pakde…ngesakne ora seru wae. So…buat followers Iwanbanaran monggo berikan dukungan khusus untuk cak Priyo agar tetap semangat dalam menulis walau pada kondisi sulit sekalipun.? Semangatttt cak Priyo !! (iwb)

184 COMMENTS

  1. bloger kurang apdet yo ngono lek . bloget itu harusnya tiap hari muncul artikelnya.
    masio sepi koyo mbah satar, setidaknya masih di kenal banyak orang.

    • Kemaren bawa si Ip4n, sekarang bawa si Pr!y0….
      Padahal isi artikel curhatan diri sendiri!!!!
      Sampe segitunya klo pengen balikan sama si, ehemmmm….

    • Lho sekarang arahnya beda kok leeeekkkk..
      Yg dianggap netral itu klo yg pro Y.
      Yg ga pro Y akan dianggap ga netral.
      Ini lelucooon apaan…. cobaa….???
      lucuuuu emang mereka….

      • Coba tanya mijone, dkk

        blogger paling netral itu pasti kanzeunk zuraghan 3@1.
        karena dia yg bisa disetir Y.

        pagi buzzer2 Y, blogger yg bisa disetir Y itu akan dianggap netral.

        lucu kan??

        • Kanjenk juragan itu pangeran kecil yam…yg terkenap netral dan selalu ulas berbagai brand?? Emang masih adaaa???

      • Dari dulu pabrikan Y seperti itu.
        ga petingginya, ga sales nya, ga fansboynya semua arogan.
        sradak-sruduk ga punya etika.
        pantesan lama2 ditinggalin pembeli.
        Dulu MS sampai 45% sekarang tinggal 15%.

        • Yg aneh, klo ada blogger yg beli produk H akan langsung dicap ga netral .

          Begitu besoknya beli produk Y langsung dilabeli blogger netral .

          aduuuuuh……., lucuuuuuuu……..

          😆

          • KALO BOLEH TAHU, AWAL MULA KERETAKAN HUBUNGAN DENGAN PABRIKAN ITU KENAPA TOH LEK….
            SEKARANG KESANNYA KOK JADI SERING NYINDIR???????

          • Sebenarnya gak begitu amat dengan pabrikannya…tapi langsung sama CEO nya yaitu Tri Monologggghhhh yang selalu gerah liat bloooo gerrr2 yang lain pada zuksez , sementara dua sendiri kayak Katak dalam Tempurung ?

          • setuju neh. dia tambah lama tambah koplak. dan sygnya gk ngakuin. toh realnya jg sepi

          • Saya tau ceritanya,tp ga mungkin di ceritain,dulu screnshoot obrolan petinggi pabrikan itu dengan piaraanya sempet tersebar di kalangan blogger,..isi chat nya itu yg bikin blogger? ogah deket? pabrikan itu lg..

    • Ada yg kekepret nih ternkan yahama..dan ternkan yaham mulai menggigit lagi yg punya warung…bhahaha…cemen lo sadar..

    • Itulah yahama..gimana mau besar..iklan aja sering black campaign…lha sekarangblck campaign lewat komentator ternkan macam si sadar ga tau sadar

      • gak ada bedanya sih!
        cuma lebih terhormat yg mau ngaku!
        kerjasama sih wajar dan itu butuh tapi gak harus merubah citra bloger jelek bilang jelek bagus bilang bagus
        tidak karena produk ba gin da semua dibilang baik walaupun bo s ok

      • gak ada bedanya sih!
        cuma lebih terhormat yg mau ngaku!
        kerjasama sih wajar dan itu butuh tapi gak harus merubah citra blo ger jelek bilang jelek bagus bilang bagus
        tidak karena produk ba gin da semua dibilang baik walaupun bo s ok

          • Butuh PCX pinjeman buat bahan tulisan bloger warung y biar gak nulis artikel via nyomot artikel orang…

            Modal dongg…??? Bloger kok ra due konco go nyelang PCX…

    • Kesalahan lwb, ia nggak sadar klo artikelnya justru menghancurkan imagenya sendiri sebagai seorang bl0g3r. Saran saya klo emang sampean dibenci sama tuh p4brikan, mending enggak usah dibikin artikelnya lek. Ntar klo ada netizen tnya, artikel tuh p4brikan kok gak pernah dimuat. Bilangnya trs terang, klo sampean dibenci itu p4brikan.

      • Menghancurkan imagenya sendiri ?
        Justru blog roda dua indonesia teratas itu IWB ( googling aja ). Subscriber nya … ( liat aja ). Sampe2 buka lowongan bikin artikel saking naik image nya.
        Bandingin ke duo tria ( triat & triaz ), home page nya bersih gak ada iklan, padahal itu karena terikat kerjasama pabrikan maksa itu.

        • Sukrebnya bisa banyak dia usaha sendiri , sama gua bantu ? truss…. Prosesor analisis Tri Monologhhh kurang cerdas dan kaga kreatiph , makanya kaga maju2 ?

      • kesalahan wib itu karena ga mau disetir Y.
        coba klo dulu mau disetir, pasti akan dilabeli blog netral.
        😆 😆

    • Biar nggak salah paham nih lek, saya bkn pendukungnya P3man4 Tr!as dan Rud! Tr!atm0no. Saya juga kurang suka isi artikel mereka.

      • Ngomong mencla mencle tipikal fby SAMPAH BODO KISMIN bacok meriang lu, urus tu pabrikan suling sampah KERE yg bentar lagi gulung tikar malah ngurusin bloger

  2. OOOOOH … PANTESAN TRIATMONYONK CUMA TERIMA SATU MEREK ITU DAN NYERANG SEMUA MEREK SELAIN ITU. JEBUUUULLLL …..

    • Ngaku blogger padahal mung tukang nulis diary. Terbongkarlah arti “ternak” atau “bayaran” suatu merek yang sesungguhnya

      • Kanzeunk zuraghan 3@1 selalu nuduh blogger lain ga netral klo artikelnya ga berpihak pada Y.
        Bikin artikel berjilid2 isinya cuma BC produk kompetitor dan nyembah2 produk Y.
        Semua akan dianggap netral klo bisa menjatuhkan produk kompetitor dan menyanjung2 produk Y.

        • Trus ujung2 nya kata dia lebih Value beli X-Max bekas ? berapa. Banyak sih populasi X-Max apalagi bekas buat dibeli… Kalau mikirnya dah kesana ya buat apa juga beli Nyemex yang KO oleh pcx117 kmh …artinya yang laku dari Yahama X-Max bekas , Nyemexnya tetap kaga laku . ?

  3. Goblogger model Permana Trias dan Rudy Triatmono malah diternak, Yamaha…Yamaha..hahaa… Pekokmu ora ketulungan!

    • Kuliah tinggi2 cuma buat Monologhhh tentang produk Yahama ? mending makin laku…lah ini ? Makin tambah Nyungsep ?

  4. Gausah disebut juga udah tau, pabrikan tersebut adalah tim lawak di motoGP YAHAHA.. Semenjak sang bos Eko Patrio keluar dan memilih menjadi anggota DPR, manajemen yahaha amburadul.. tinggal tunggu sponsorship di trans 7 tumbang :v

  5. Gua sih udah feeling blogger petromax artikelnya yg dibayar,,,

    Emang kampret, gitu ngakunya kgk dibyar?,,,

  6. “Sampeyan intip berapa banner yang nangkring di warung Iwanbanaran. Mulai dari Honda, Suzuki, Kawasaki?.ada semua”

    Hmm, apakah yang ga disebut yang punya klausul itu cak? hehehehe

    *cuma nebak*

  7. Aku tau nih… ojo gelem lek webe ..lek priyo… kalo lares harus berjuanglah.. masak maen sogok menyogok…

  8. Buserrupiah jga akan tumbang… semoga lek iwan tetep apa adanya dr dulu sampe sekarang… salut lek!

  9. INDEPENDEN sejatinya artinya BEBAS. Termasuk seorang blogger memutuskan pengen netral atau condong pada suatu merek itu juga INDEPENDEN.
    Justru kalo takut gak netral atau takut dikatain condong pada suatu merek, maka hidupnya juga gak INDEPENDEN.
    Daaaaan … kenyataannya blogger2 yang berani menantang arus tuduhan “gak netral”, “ternak honda”, “bayaran honda”, atau “agak condong honda” justru warung dan karirnya menanjak. cth : mbah satar yg malah jadi admin MSGP, mang kobay, uwak BuitenZorg ( agak2 dikit condong ), dan tentunya cak IWB ( sampe2 gak pernah diundang launching sama itu tuh ).
    Bandingkan dengan triatmonyonk, yg kalo ngartikel ngasih judul mesti banyak diakhiri dengan ??? ( yg artinya dia sendiri juga gak yakin sama artikelnya sendiri ). Udah blog gak jelas kontennya juga ( blog motor atau blog dunia memedi ? )

  10. Jika Sultan hnd punya hajatan…blogger dibawa dan diundang tanpa syarat malah dikasih akomodasi…. Suzi mau ngajak jalan blogger….Sultan hnd santai2 saja. Yahama cuman bisa sirik tanda tak mampu ?

    • Triat dan triaz di undang honda ga pernah berani dateng,pdhl iwb udh ngarep banget..
      Eh pernah ketemu sekali kl ga salah iwb sama triaz di salah satu acara yamaha di sentul,konon katanya saat ketemu iwb langsung si triaz ngeles? mulu, ga garang kaya di fb

  11. Lagian , juga gak da untungnya nggembor2kan Yahama , mending nggembor2kan hnd Suzi atau mungkin kawak , akomodasi terjamin tinggal ngopi sambil nyengir

  12. ekekrkrk

    lihat deh Yamaha aja sampai bantu ngabisin stock Mesin sebelah yg nganggur

    Bukti Yamaha Gak memonopoly

    H suRrrrAM

    muehehrh

  13. Yahama diangkat angkat juga percuma , bentar lagi pensiun di Indo dan dipindah ke India ? pabriknya dibayarin Sultan hnd ??

  14. ekekekek

    Dr pada Pabrik Sebelah nganggur kan

    Yamaha kasih kerjaan buat produk YAMAHA

    kurang baik apa coba YAMAHA

    H suRrrrrAM

    muehehrh

  15. aekrkkrrkkr

    wajar booking full..kan udah bayar

    secara bisnis kan gitu lumrah wajar

    H suRrrrrAM

    muehehte

    • seperti blog nya kanzeunk zuraghan 3@1 ya bro?
      udah dibayar full jadi artikelnya juga harus selalu nyanjung yg bayar dan menjatuhkan kompetitornya.
      begitu bro?

      • Tapi hidupnya MONOloghhhh gak berkembang berkembang ? kek Kodok dalam tempurung . Mirip hidupnya mijongos

  16. ekekek

    isi artikel kaya menampar sendiri
    muja FBH dan Sales Marketing HonHon

    H suRrrrrAM

    muehehrheh

    • Masa depan lu kek KETABOK ya, jon..??????

      Suzi, jalan2 to japan, H kemana2 keliling Nusantara..Kawak..makan2 ngopi2..

      Y…..??

      Y —–> SsuuRraaaaaaammmmm!!! ??????

  17. Apalagi semenjak PCX 117 kmh Ngentutin Nyemex ? banyak tuh blogger diminta Yahama untuk tidak Memperlihatkan super powernya PCX , namun blogger2 jujur ya mana mau disetir…buka saja Fakta , kasih pertunjukan langsung Dari Sirkuit , sisanya biar masyarakat yang menilai ??

  18. ekekekek

    tanpa Alam bawah sadar

    Cak wawan Berdiri karena YAMAHA

    asal muasal Rame dulu krn YAMAHA sering menggandeng ranah beginian

    jangan kayak sebelah maunnya gak boleh nonjolin pabrikan lain

    H suRrrrrAM

    mueheehhehe

  19. Apalagi semenjak PCX 117 kmh hadir , makin Remuk saja Yahama dibuka aibnya di Sirkuit !
    Mueeeehehehehehe Yahama surrrrraaaaaammmm ?

  20. test drag VIXION vs cb150 vs Bandit
    ? VIXION
    0-60 = 4. Detik
    0-80 = 6.1 detik
    0-100 = 10.7 detik
    Top speed = 137 km/h
    Racelogic = 130 km/h
    ? cb150
    0-60 = 4.1 detik
    0-80 = 7.7 detik
    0-100 = 13.5 detik
    Top Speed 130 km/h
    RaceLogic 117.2 km/h
    ? Bandit
    0-60 = 4.1 detik
    0-80 = 6.6 detik
    0-100 = 11.3 detik
    Top Speed 137 km/h
    RaceLogic 127 km/h

  21. Yahama harusnya masih bersyukur…tanpa kerjasama…Lek Webe masih mau bikin artikel tentang Yahama ?

  22. Sudah mulai nampak bayangan…bahwasanya kekuasaan Sultan Hnd tahun 2021 ini akan menyentuh angka 90 Persen ! ???

    • Hehe betul broth . apalagi jika Mr kby yang bawa pcx , tuh 2 nmax gak bisa apa2 dibelakang

  23. Gak puas dengan video Lek Webe…lihat video mang kobayogas…atau video mang Irwan , hasilnya sama !!!!
    2 Nyemex 124 kmh gosong ngelawan PCX 117kmh ??

  24. Udah ada suguhan drag Real didepan mata Tanpa editan…buat apalagi data2 lainnya ?
    2 Nyemex 124 kmh Gosong ngelawan 1 PCX 117 kmh ??

  25. Strategi bunuh diri pelan2 contohnya ???
    Jualan TOTAL yahama 600 ribu unit saja …. Sudah dibawah Mbeat yang 950 ribu unit ??

  26. Yang nunggu PCX yow diharap sabar….permintaan begitu tinggi sementara PCX juga ada jatah ekspornya ????

  27. Gua pernah lihat di 1 dealer yang termasuk besar , jatah pcx ada 42 unit dan gak sampe jam 2 siang udah habis diantar ke konsumen.

  28. banner honda ada
    banner suzuki (dulu) ada
    banner kawasaki ada
    yang ga ada itu banner si jepang tukang baperan, kita semua uda taw klo itu..wkwkwkwk

  29. namanya kerja sama ya harus begitu to kang..kalo ga mau diikat ya jangan kerjasama

      • 3@1 dulu blog favorit ane.
        Sebelum jadi jongos Y.
        setelah pertemuan beliau dgn petinggi Y saat peluncuran Byson dan Scorpio di Bromo artikelnya langsung berubah.
        jadi ngembah2 produk Y terus.

        • Sama!!! Ane bukan fb merk2..Allhamdulillah dirumah punya honda,ymaha,szuki,kwsaki…keluarga ane pecinta otomotif…
          Tapi yg lucu adalah bloger dicap tidak netral kalo mengkritik yamaha…ini yg buat yamaha blakangan ini anjlok MS…gak mau dengerin konsumen lagi!!!
          kejadian kaya Honda zaman dulu…terlalu pede dgn produknya…untungnya honda udah mulai dengerin dikit konsumennya….Yamaha ampun dah skrang….

  30. Hnd ngajak blogger2 Turing…
    Suzi ngajak blogger2 jalan 2
    Kawak ngajak blogger2 makan2
    Semua pada santai.

    PCX adu drag dengan Nyemex di Sentul…Yahama ga terima , apalagi setelah di bikin Gosong sama PCX ?

  31. Intinya.. jangan dikungkung para blo gerr
    Biarkan mereka bebas , kungkung saja noh si tri Mono logggghhhhhhh?

  32. ekekekek

    ( Breaking News )

    influenser pakai Plat Palsu buat ngiklanin produk

    Hati Hati ntar infulensernya sendiri yg disalahin seperti knalpot Akralingga

    H suRrrrrAM

    mueheheheheh

  33. ekekekek

    (Breaking News )
    ? Shockbreker peceex miring sampai gasrukk lecet cover Shockbreker

    H suRrrrAM

    .mueheheheh

Comments are closed.