iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……jelas sekali pertarungan dikelas maxi skutik luarrr biasa akhir-akhir ini. Terutama AHM yang mulai serius mengarahkan tembakannya pada NMax 155. Agresifnya Honda ini tidak IWB temukan ketika mereka merilis PCX 150 dimasa lalu. Namun kali ini benar-benar beda. Mungkin karena senjatanya sekarang dipandang imbang dan mampu menjadi penantang serius NMax 155. Mulai dari produk hingga grand strategi AHM yang IWB lihat cukup mengerikan. Ahhh cak IWB lebay! eittttt…..sampeyan baca ini secara runut alon-alon, baru sampeyan simpulkan. Yaaa….Jelas sekali Honda ingin menghancurkan NMax 155, Yamaha baca ini !

Sebagai Blogger Tuwo yang berkecimpung di dunia otomotif roda dua, pergerakan Astra Honda Motor kali ini memang cukup spesial. IWB tahu pasti banyak komen kontra yang mengatakan bahwa ” ahhh, sejak dulu juga ngomongnya begitu….PCX150 dan ADV150 mengancam, tapi nyatanya oraaaa…..” yup….kalimat FBY yang sering melontarkan kalimat demikian. Padahal mereka sendiri yang mengatakan dan tidak pernah sekalipun IWB membuat artikel khusus tentang ini di masa lalu. Namun tidak dengan sekarang ketika Honda resmi meluncurkan PCX 160 yang secara spek nyaris sempurna kecuali top speed. IWB ulang cak…

Yang secara spek nyaris sempurna kecuali top speed. IWB katakan top speed karena baik IWB ataupun cak kobay, dengan berat badan berbeda…. tetap saja mentok di angka 117 km per jam tanda motor ini memang di limit. Bisa jadi karena alasan safety ataupun efisiensi bahan bakar?… hanya pabrikan yang tahu. Namun terlepas soal kecepatan Puncak yang jarang digunakan di jalan raya yang padat, Honda PCX 160 nyaris sempurna di mata IWB. Mulai dari respon akselerasi, vibrasi mesin yang super halus, handling yang nurut dan mantap….. serta fitur yang lengkap. Di sini sepertinya Honda paham betul market yang dibidik….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Yamaha NMax juga merupakan produk yang bagus. Dengan kelebihan memiliki top speed lebih tinggi dibandingkan dengan PCX160 serta koneksi handphone yang dianggap canggih di kelasnya….. kedua motor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu ada baiknya fokus pabrikan adalah strategi. Grand strategi pemasaran Astra Honda Motor yang sangat agresif pada new PCX160. Ini yang tidak kita lihat pada Yamaha. Pabrikan garputala seakan terlena dengan nama besar NMax 155. Harus IWB katakan secara blak-blakan…. dari sisi marketing, AHM cukup mengerikan….

Bayangkan saja, bagaimana bisa seluruh jaringan dealer Honda yang berjumlah ribuan secara serentak memposting PCX160 tagline “PCX160, matic besar itu 160 cc 4 katup”. Tim strategi Marketing Honda bisa sejauh itu  memikirkan tindakan yang IWB anggap smart. Terlihat simpel namun efeknya bombastis. Ini tidak lepas dari pengamatan pribadi. Astra Honda Motor menggerakkan seluruh jaringan untuk mendukung strategi mereka secara real-time. Low cost high impact dan hati-hati kondisi ini pelan dan pasti akan menggeser mindset para biker di luar sana. “Wah…. harga 30jutaan kita sudah mendapatkan matic besar bercc 160….. ” itu yang sekarang mulai bergerak di pasar….

Itu hanya sebagian contoh strategi Marketing Astra Honda Motor yang IWB anggap brilian. Jadi di luar produk itu sendiri, pabrikan tidak boleh berpangku tangan hanya menyerahkan pada pasar. Karena kalau demikian IWB yakin akan selesai, pasti cak…. lambat atau cepat masa itu pasti akan datang. Sebab PCX160 ini beda banget dibandingkan 150cc dulu. Rentetan brainwash akan terus dilakukan oleh Honda dengan kalimat….matic besar itu 160cc…. matic besar itu 160 cc……matic besar itu 160 cc… kalimat tersebut akan terbentuk menjadi semacam mindset bahwa PCX 160 adalah real matic besar sedang cc dibawahnya bukan. Sampeyan mencibir? Mencibirlah selagi bisa dan kita lihat dimasa depan. Kenapa IWB bilang demikian?

Jelas, ibarat perang Honda paham betul tulang punggung Yamaha adalah NMax155. Oleh karena itu mereka akan mengebom terlebih dahulu Central nafas pabrikan garputala yakni NMax. Grand strategy mereka sangat jelas dan kali ini memang begitu tajam tidak main-main. Dan yang mengerikan lagi….setelah NMax adalah aerox 155. Ya…. Kalau bahasa kasarnya setelah nmax babak belur oleh kehadiran PCX160, Honda disinyalir sudah menyiapkan gelombang susulan kedua dengan target aerox 155. Dengan apa ? Honda Vario 160 4 katup. Dari sinipun IWB masih ragu….. Apakah nanti namanya betul-betul Vario? Atau justru Honda Punya agenda tersembunyi yakni varian lain diatas Vario dengan label Airblade 160?

Tidak ada yang tahu karena semua masih sangat rapat. Oleh karena itu kali ini Yamaha jangan santai dan berpangku tangan. Segera rapatkan barisan dan melakukan langkah-langkah jitu untuk melakukan counter attack supaya rivalitas tetap berlangsung secara imbang. Sebab jujur cak, IWB sendiri ingin persaingan berlangsung dengan sengit agar terjadi rivalitas yang menguntungkan bagi kita para bikers. Tidak pincang sebelah yang pada akhirnya akan membuat pabrikan garputala semakin terpuruk. Ya….buang ego dan kebaperan dengan kecerdasan yang pada akhirnya berujung pada kebaikan diri sendiri. Sebab di mana pun tidak ada ceritanya baper akan memberikan hal positif Karena justru sebaliknya…. akan membunuh pelan-pelan….

Contohlah strategi marketing Honda yang merangkul semua pihak…. tanpa pernah sekalipun terpasung dalam kebaperan. Mereka memberikan full akses tanpa perduli dan kuatir produknya akan direview seperti apa. Mereka santuy dan profesional. Karena mereka sadar….review apa adanya adalah kunci bagaimana sebuah produk tersampaikan secara Netral serta dipercaya oleh para biker. Bukan review yang hanya mengagungkan tanpa membeberkan kelemahan sebuah produk. Bukan sebaliknya…meradang dan memusuhi ketika kita mengungkap minus produknya. Para pembaca sekarang sudah sangat cerdas cak. Tetap kekeuh ingin produk diulas perfect ? Yahhh….jalan satu-satunya memang hanya bisa merangkul Blogger kelas gurem yang sudi disetir namun tidak dibaca orang. Tulisan wis kayak diary yang hanya dibaca diri sendiri…opo ngefekkkk. Pedes? Horaa cak…lawong emang fakta😄. Celakanya semua tidak gratissss, kan amsyong tenan. Lek boso londone…pay for nothing, kan kasihan pabrikannya….

Last…. Honda PCX 160 hanyalah gelombang pertama karena nanti akan ada gelombang-gelombang lain yang tidak kalah tajam. Oleh karena itu mumpung nama besar nmax 155 masih menempati pada posisinya ada baiknya segera bergerak. Sekali lagi sudah banyak contoh masa lalu yang bisa menjadi pembelajaran. Seperti kasus Mio ataupun Vixion bahkan R15 sekalipun. Semua segmen sudah di Babat Honda kecuali Maxi scooter yang sangat alot dan membuat Honda gemes. So….bergeraklah Yamaha, karena disinilah kunci nafas yang harus dijaga betul-betul. Terbukti, dari data yang IWB kumpulkan kehadiran PCX160 sudah mempengaruhi penjualan NMax dibeberapa dealer besar Yamaha. Kalau sampeyan sendiri pilih mana cak…matic besar atau matic canggih ? monggo berikan opininya….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!