iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……jelas sekali pertarungan dikelas maxi skutik luarrr biasa akhir-akhir ini. Terutama AHM yang mulai serius mengarahkan tembakannya pada NMax 155. Agresifnya Honda ini tidak IWB temukan ketika mereka merilis PCX 150 dimasa lalu. Namun kali ini benar-benar beda. Mungkin karena senjatanya sekarang dipandang imbang dan mampu menjadi penantang serius NMax 155. Mulai dari produk hingga grand strategi AHM yang IWB lihat cukup mengerikan. Ahhh cak IWB lebay! eittttt…..sampeyan baca ini secara runut alon-alon, baru sampeyan simpulkan. Yaaa….Jelas sekali Honda ingin menghancurkan NMax 155, Yamaha baca ini !

Sebagai Blogger Tuwo yang berkecimpung di dunia otomotif roda dua, pergerakan Astra Honda Motor kali ini memang cukup spesial. IWB tahu pasti banyak komen kontra yang mengatakan bahwa ” ahhh, sejak dulu juga ngomongnya begitu….PCX150 dan ADV150 mengancam, tapi nyatanya oraaaa…..” yup….kalimat FBY yang sering melontarkan kalimat demikian. Padahal mereka sendiri yang mengatakan dan tidak pernah sekalipun IWB membuat artikel khusus tentang ini di masa lalu. Namun tidak dengan sekarang ketika Honda resmi meluncurkan PCX 160 yang secara spek nyaris sempurna kecuali top speed. IWB ulang cak…

Yang secara spek nyaris sempurna kecuali top speed. IWB katakan top speed karena baik IWB ataupun cak kobay, dengan berat badan berbeda…. tetap saja mentok di angka 117 km per jam tanda motor ini memang di limit. Bisa jadi karena alasan safety ataupun efisiensi bahan bakar?… hanya pabrikan yang tahu. Namun terlepas soal kecepatan Puncak yang jarang digunakan di jalan raya yang padat, Honda PCX 160 nyaris sempurna di mata IWB. Mulai dari respon akselerasi, vibrasi mesin yang super halus, handling yang nurut dan mantap….. serta fitur yang lengkap. Di sini sepertinya Honda paham betul market yang dibidik….

iklan iwb

Yamaha NMax juga merupakan produk yang bagus. Dengan kelebihan memiliki top speed lebih tinggi dibandingkan dengan PCX160 serta koneksi handphone yang dianggap canggih di kelasnya….. kedua motor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu ada baiknya fokus pabrikan adalah strategi. Grand strategi pemasaran Astra Honda Motor yang sangat agresif pada new PCX160. Ini yang tidak kita lihat pada Yamaha. Pabrikan garputala seakan terlena dengan nama besar NMax 155. Harus IWB katakan secara blak-blakan…. dari sisi marketing, AHM cukup mengerikan….

Bayangkan saja, bagaimana bisa seluruh jaringan dealer Honda yang berjumlah ribuan secara serentak memposting PCX160 tagline “PCX160, matic besar itu 160 cc 4 katup”. Tim strategi Marketing Honda bisa sejauh ituΒ  memikirkan tindakan yang IWB anggap smart. Terlihat simpel namun efeknya bombastis. Ini tidak lepas dari pengamatan pribadi. Astra Honda Motor menggerakkan seluruh jaringan untuk mendukung strategi mereka secara real-time. Low cost high impact dan hati-hati kondisi ini pelan dan pasti akan menggeser mindset para biker di luar sana. “Wah…. harga 30jutaan kita sudah mendapatkan matic besar bercc 160….. ” itu yang sekarang mulai bergerak di pasar….

Itu hanya sebagian contoh strategi Marketing Astra Honda Motor yang IWB anggap brilian. Jadi di luar produk itu sendiri, pabrikan tidak boleh berpangku tangan hanya menyerahkan pada pasar. Karena kalau demikian IWB yakin akan selesai, pasti cak…. lambat atau cepat masa itu pasti akan datang. Sebab PCX160 ini beda banget dibandingkan 150cc dulu. Rentetan brainwash akan terus dilakukan oleh Honda dengan kalimat….matic besar itu 160cc…. matic besar itu 160 cc……matic besar itu 160 cc… kalimat tersebut akan terbentuk menjadi semacam mindset bahwa PCX 160 adalah real matic besar sedang cc dibawahnya bukan. Sampeyan mencibir? Mencibirlah selagi bisa dan kita lihat dimasa depan. Kenapa IWB bilang demikian?

Jelas, ibarat perang Honda paham betul tulang punggung Yamaha adalah NMax155. Oleh karena itu mereka akan mengebom terlebih dahulu Central nafas pabrikan garputala yakni NMax. Grand strategy mereka sangat jelas dan kali ini memang begitu tajam tidak main-main. Dan yang mengerikan lagi….setelah NMax adalah aerox 155. Ya…. Kalau bahasa kasarnya setelah nmax babak belur oleh kehadiran PCX160, Honda disinyalir sudah menyiapkan gelombang susulan kedua dengan target aerox 155. Dengan apa ? Honda Vario 160 4 katup. Dari sinipun IWB masih ragu….. Apakah nanti namanya betul-betul Vario? Atau justru Honda Punya agenda tersembunyi yakni varian lain diatas Vario dengan label Airblade 160?

Tidak ada yang tahu karena semua masih sangat rapat. Oleh karena itu kali ini Yamaha jangan santai dan berpangku tangan. Segera rapatkan barisan dan melakukan langkah-langkah jitu untuk melakukan counter attack supaya rivalitas tetap berlangsung secara imbang. Sebab jujur cak, IWB sendiri ingin persaingan berlangsung dengan sengit agar terjadi rivalitas yang menguntungkan bagi kita para bikers. Tidak pincang sebelah yang pada akhirnya akan membuat pabrikan garputala semakin terpuruk. Ya….buang ego dan kebaperan dengan kecerdasan yang pada akhirnya berujung pada kebaikan diri sendiri. Sebab di mana pun tidak ada ceritanya baper akan memberikan hal positif Karena justru sebaliknya…. akan membunuh pelan-pelan….

Contohlah strategi marketing Honda yang merangkul semua pihak…. tanpa pernah sekalipun terpasung dalam kebaperan. Mereka memberikan full akses tanpa perduli dan kuatir produknya akan direview seperti apa. Mereka santuy dan profesional. Karena mereka sadar….review apa adanya adalah kunci bagaimana sebuah produk tersampaikan secara Netral serta dipercaya oleh para biker. Bukan review yang hanya mengagungkan tanpa membeberkan kelemahan sebuah produk. Bukan sebaliknya…meradang dan memusuhi ketika kita mengungkap minus produknya. Para pembaca sekarang sudah sangat cerdas cak. Tetap kekeuh ingin produk diulas perfect ? Yahhh….jalan satu-satunya memang hanya bisa merangkul Blogger kelas gurem yang sudi disetir namun tidak dibaca orang. Tulisan wis kayak diary yang hanya dibaca diri sendiri…opo ngefekkkk. Pedes? Horaa cak…lawong emang faktaπŸ˜„. Celakanya semua tidak gratissss, kan amsyong tenan. Lek boso londone…pay for nothing, kan kasihan pabrikannya….

Last…. Honda PCX 160 hanyalah gelombang pertama karena nanti akan ada gelombang-gelombang lain yang tidak kalah tajam. Oleh karena itu mumpung nama besar nmax 155 masih menempati pada posisinya ada baiknya segera bergerak. Sekali lagi sudah banyak contoh masa lalu yang bisa menjadi pembelajaran. Seperti kasus Mio ataupun Vixion bahkan R15 sekalipun. Semua segmen sudah di Babat Honda kecuali Maxi scooter yang sangat alot dan membuat Honda gemes. So….bergeraklah Yamaha, karena disinilah kunci nafas yang harus dijaga betul-betul. Terbukti, dari data yang IWB kumpulkan kehadiran PCX160 sudah mempengaruhi penjualan NMax dibeberapa dealer besar Yamaha. Kalau sampeyan sendiri pilih mana cak…matic besar atau matic canggih ? monggo berikan opininya….(iwb)

Advertisements

191 COMMENTS

    • Orang Yamaha RnD nya $$$$$$ $$$$$$ lek. Ora iso ngoperasiin CAD design. Iso ne ngambar tuku pensil tok, gambar gunung kembar

  1. jadi inget dulu, saat namex keluar 155 cc, tu motor kok offside cc nya, lha sekarang si pecek jg naikin ke 160, hah intinya bijak2 lah membeli walau gw tau itu duit2 kalean hahaha

    • BESAR kayak apa sih Bro, lawong cc cuman selisih sak criit doang. Klo pengen yg besar betulan ada kok bro Tmax atau ambil Goldwing sekalian.

      • Sampaean bacanya ga ngotak …ini nama strategi marketing broo…justru yamahs harus bener bener sigap bukan planga plongo kaya sampean bahasanya malah bikin nama yamaha makin terpuruk karna bahasa bahasa kalian bukannya makin besa malah makin terpuruk tuh u liat mio vik ..r15 r25 itu harus nya jdi pembelajaran bersukur ada yg ngingetin ini mlah dicibir sama aj yibir diri sendiri broo

      • SUMPAH SEPEMIKIRAN πŸ˜₯ nmax gen 2 kaya speedometer sepeda listrik yg biasa ibu-ibu komplek pake buat ke warung, jelekk masih bagus Aerox

  2. Honda belum all out kok cak, masih “di-icrit-icrit” nek coro jowone. Mungkin untuk efisiensi dan tidak overkill. Terlihat dari katup variabel belum mereka pakai, ecu yg sampean duga dikasih limiter dll.
    Biar kasih napas dikit dikit buat yamaha dan biar mereka mikir kalau masih mau mikir agar persaingan masih seru πŸ˜πŸ˜€

  3. Yamamah baperan toh wkwkwkkw. Ya klo gitu rugi sendiri. Klo tetep keras kepala, ga mau nurut konsumen ya bablas angine. Jadi ingat knp saya dulu ga mau beli suzuki shogun, masalah sepele, standard sampingnya jelek, cm wujud pipa besi ga dimodel bagus. Kaya ga menghargai konsumen. Sama jg ama bebek honda, kualitas rakitan body dan plastiknya, kreot2 + gampang buluk. Terus terang riwayat motor yg sering sy punya itu yamaha. Honda cm bisa beli gl max, dan no komplain. Sy sdh mau ambil new nmax, karena saingannya masih lucu bentuk lampunya maksa ditempel. Tp begitu muncul yg baru, kelihat totalitas desainnya, lebih maksimal dari nmax. Memang desain soal selera, tp sy pecinta yamaha, terpaksa beli honda karena ini pilihan terbaiknya. Soo ayo nmax, jgn mau kalah, yg maksimal klo desain motor. Speedo hemat sak unyil pertimbangkan lagi, desain velg jgn pelit2, knalpot bikin yg model ciamik, desain jgn dipaksa hadir asal nemplok kejar jam tayang, bikin se seksi mungkin.

      • Sy suka sama pandangan pertama masbro. Pertama lihat z250, lgs kepincut, alhamdulillah ada rejeki. Lihat pcx 150, engga banget deh, jelek. Liat nmax gen 1, suka depannya, belakangnya ga doyan. Berharap muncul facelift, eh dagu belakang sungguh terlalu. Pertama liat adv, gantengnya, tp bisikan ada mesin baru honda. Akhirnya pcx 160 muncul, banyak yg bilang aslinya lebih ganteng, dan kena racun tgl 7 kmrn dah inden, barang blm nyampe. Semoga plastiknya sudah better ga seperti jaman vario/beat bulukan.

    • Lalu saya pecinta Honda, tapi kalo dipaksa cinta Yamaha, ya saya cuman seneng R1 tok tik, itupun cuma karena suara khas nya yg inline crossplane. Ngonooo

    • Setuju masbro.
      Kurang lebih sama historinya, saya dari awal banyakan pake yamaha karena dulu opsi sama kualitas rivalnya nggak bikin saya puas.
      waktu beli bebek motor pertama saya pilih jupiter 135 gen 2 karena supra 125 meski desain bagus tp batoknya banyak geter sama plastiknya kurang bagus.
      lalu sekarang pake aerox 155 gen 1 karena saya mulai tuwo butuh yg praktis tp pengen upgrade cc.
      saya termasuknya fby, tp sekarang ada pcx 160 saya pun ikut kesengesem karena keren imo, tp gak ada dana jadi saya gak ganti dulu. aerox jg masih enak sih jadi sabar aja.
      blm lagi opini pribadi nmax sama aerox facelift kurang bagus, jadi ya bener rasanya nanggung.
      semoga yamaha bisa mulai benahin lg di sektor upgradenya, biar merk motor dijalan nggak cuma 1 aja yg dominan

  4. thun 2010 saya sempat kaget dengan penjualan yamaha hampir menyamai honda…..di Bali gen awal nmax begitu merajai atau ada terus disetiap jalan….tapi yg keluaran 2020 sampai thu 2021 ini begitu nenyedihkan karna bentuk bodi kurang bagus ,apalagi yg di bonceng wuuh kayak ngangkang gitu….bahkan pcx 150 semakin banyak di tempat sy tinggal Ubud….pcx 160 cek di deler gianyar baru 4 hari lalu mendarat…sy yakin pasti lebih laku dari nmax

  5. Kalau soal topspeed keluarga mesin vario ,pcx dkk sepertinya memang dilimit saat masa inreyen atau sebelum servis pertama.soalnya mulai awal punya vario 125 old,vario 125 dan 150 trus pcx waktu inreyen speed selalu mentok diangka tertentu baru setelah servis pertama topspeed bisa lebih naik.paling parah waktu inreyen vario 125 old cuma bisa mentok 80 kpj,setelah service 1 baru bisa sampai 115 kpj.imho. Ini cuma pengalaman pribadi.maaf bukan sales tp cuma pengalaman sendiri

  6. Terbukti di dealer Untuk pcx indennya Mengular cak. Sampe ga ada di display. Beda dgn cbr yg indennya hanya untik tipe tertentu. Terbukti peminat pcx luar biasa di daerah saya.. saya blom pernah liat di display dealer tp di jalan raya Udh Banyak PCX plat Baru, terbukti Inden PCX beneran Nyata.

  7. Aku bukan FBH, FBY, cuma sekedar penunggang itu pun sederhana nda bisa riview. Saya pernah punya Vixion dan Nmax, karena secara model Yamaha lebih juozz (dulu), sekarang honda modelnya juga juozz.. Yang saya sayangkan terkait Yamaha adalah layanan after sales, saat dulu punya vixion saya pernah komplain, selisih 2 tahun saya kira sudah perbaikan akhirnya beli Nmax, dan ternyata layanan masih sama. Akhirnya Nmax hanya bertahan 6 bulan saya jual, eman2 cak.. Tapi gelo dan kuciwo. Masih berharap layanan after sales di perbaiki, karena masih ngincer Aerox buat di pinang

      • Saya User saja Om, beli motor di dealer buat di pakai ngode. Tapi saat butuh servis layanan kurang memuaskan terkait part (pernah inden 1 bulanan), yang berikutnya tombol starter kotor saja mesin nda nyala cukup menyita waktu energi. Berharap ada perbaikan layanan demi konsumen

        • Benar bro. Aftersales Yamaha itu Buruk.

          Manajemen Yamaha kurang bisa mengatur alur pegawai sales sama pegawai aftersales.

          Padahal punya peranan yg sama untuk kemajuan usaha. Nggak benar juga kalau pegawai sales lebih sejahtera dengan aftersales

          • Sependapat, saya nunggang namex gen 1 rilisan terakhir 2020 ABS. Perkara ganti kampas rem depan aja sampe bongkar segala piranti sensor ABS nya. Lampu indikator nyala mulu. H+1 dari ganti kampas rem saya balik lagi ke bengkel yamaha tsbt dan komplen. Kata mereka, garansi service berlaku kalo service di mesin. Jiant*t tenan rekk. Alhasil saya cek ke bengkel servis biasa deket rumah. Di cek ternyata Modul ABS saya jebol rusak tidak tertolong. Nguent*tt kalo ganti kudu bobol celengan 3jutaan. Sekelas bengkel resmi kalah sama bengkel pinggir jalan. Montir nya ampas gak ngerti ABS tuol*ll Juanc*kk! FYI bengkel yamaha nya di daerah cikupa tangerang depan citra raya.

  8. Masukan ya cak, walau gatau dibaca apa ngga sm ente. Saran ya lebih baik jgn dibanding2kan produk a produk b tanpa sengaja ente mensugesti harus membeli produk b. Kalo emang mau bikin artikel gaperlu sampe 2-3 post perbandingan. Ente malah memancing fansboy ribut, nyari apa?nyari views nyari komen?ga berkah cak. Lebih baik dibuat artikel berbeda perpabrikan.

    • Pcx desainya universal,semua gender pantas memakainya.di pakai remaja,orang dewasa tua muda,laki2 atw perempuan pantas memakai pcx.
      N-max desainnya terlalu macho,jadinya segmented.
      Mungkin itu salah satu alasan honda melimit top speed pcx,untuk keamanan pemakainya.

  9. HONDA EMANG JOSH CAK..
    1 per 1.. pelan tapi pasti…YAMAHA sepertinya bakalan suram cak…
    Bakal tumbang 1 per 1 produkΒ² yamaha…
    Menyisakan motor kenangan.
    By bye yamaha….
    Sekali lagi itu IMHO cak….

  10. Jadi honda smpe harus nambah klep dan cc offside biar bsa ngalahin nmax..
    Jadi suzuki smpe hrus ngeluarin fufi biar bsa lawan sonic.

  11. Fitur di pcx 160 yg tidak dimiliki nmax apa aja ya…?
    Performa handling secara keseluruhan lebih baik yg mana? Mulai braking, cornering, dan kestabilan di kecepatan tinggi, dll.

    Nonton video haji tmc dan bang kobay, akselerasi pcx 160 ini dari posisi diam ke 60an kpj josss banget.., tapi dari kecepatan 60an kpj ke 100an kpj. Pcx 160 kedodoran, nmaxnya yg josss.

  12. Bersatu padu hancurkan Yamaha. Honda sudah dicabut perkartelannya gak ada bukti, cuma Yamaha saja. Ganyaaaannnnnnkkk…!!!

  13. Klewat pede, sjak kapan Yamaha ngekor. Biarlah dia yg mikirin sendiri usahanya, bangkrut udah resiko, jaya jg resiko (diekorin)

  14. Ga sgampang itu mengintimidasi, org beli kndaraan itu sesuai selera. Koar2 powerful buat matic lha trus knp sport jual knyamanan dgn power palin loyo, Kmana ini publik digiring?

  15. Om $$$$ kan rekanan honda ya jadi tau strategi honda itu kayak apa ,yamaha juga punya strategi tersendiri dan gk bakal mungkin diendus ama yg bukan rekananya….honda seperti kelabakan dengan fitur nmax jadul 6 tahun lalu…..nmax 2020,aerox 2020,mio gear 2020 adalah sebagian amunisi yg dikeluarkan yamaha…..kita yg bukan rekanan yamaha mana tau strategi garputala seperti apa 😏😏😏😏😏😏😏😏😏😏

  16. Di youtube bang kobay dan $$$$$$$$ tv ada video tes topspeed pcx 160 posisi standar tengah atau tanpa beban. Bisa dapat maks 124 kpj, mesin mentok limiter.
    artinya kec. 117 kpj klo di jalan itu memang udah maksimal, bukan karena dilimit.

  17. Wew…pertarungan tagline antara matic besar atau matic canggih. Padahal cc 11-12, trus kalau tentang canggih, dari segi fitur, teknologi dan safety sebetulnya lebih canggih mana ya antara Nmax155 dan PCX160 ini?

    Menarik dijadikan artikel terpisah ini cak $$$ untuk membedah h2h fitur dan kecanggihan antara duo matic ini.

  18. Para pembaca sekarang sudah sangat cerdas cak. Tetap kekeuh ingin produk diulas perfect ? Yahhh….jalan satu-satunya memang hanya bisa merangkul Blogger kelas gurem yang sudi disetir namun tidak dibaca orang. Tulisan wis kayak diary yang hanya dibaca diri sendiri…opo ngefekkkk. Pedes? Horaa cak…lawong emang fakta.
    Makna nya dalem banget, teringat $$$$ yg bicara netral tapi berlainan dgn bahasa tulisannya, dan sdh ketebak sepi yg baca.

  19. Klo menurutku sih…trserah pabrikan aja…..pabrikan mau untung/rugi ..mau laku atau ga laku..laris/ga laris…ga ngaruh untuku…

  20. pandangan saya, tiru aja straregi RXKing, Honda bukan lah tandingan Yamaha dalam hal produksi. So tunggu aja umur masingΒ² ini motor mana yg dluan ringsek. Biarkan masyarakat menilai kualitas barang.

    • Saya sih berharap dengan akselerasi cepat nya PCX 160 ini sejalan dengan kualitas dan durabilitynya di umur 5tahun lagi. Sehingga ini produk benarΒ² good. Kalau masih baru terlalu dini untuk menilai.

      Skarang NMAX setelah sekian tahun, tinggal dijabarin tu segala kekurangan. Dan tinggal konsumen yg menilai.

  21. Cm 3 sih yg bs dijual skrng dr namek
    -tampilan sporty (picek missqueen ide, ga ada elegan2 nya, cm ketolong lampu blkng emang wow sih)
    -abs dpn blkng
    -udah VVA
    Yg lbh brabe nanti pas adv160 keluar, skrng yg 150 aja tampilan uda wow, apalagi nanti yg 160
    Ttp sih ahir2nya nunggu adv160 urg mah wkwk

  22. Sebagai pecinta $$$$$$$$ ane milih matik canggih,matik besar cuma gimick aja.
    Maka nya jadi konsumen jangan mau di $$$$ nego sama sales.

  23. ekekeke

    Terima kasih cak wawan, wak ji , kobay, road ride irwan dll

    dengan hasil tersebut kesimpulan Nmax menang telak

    H suRrrrAM

    muehehehehe

  24. ekekekek

    Drag Rolling speed test kug gak ditampilin cak
    llhat di YT Road Ride Nmax unggul ternyata

    padahal itu menarik…

    H suRrrAM

    muehrhrhr

  25. ekekekek

    – R15 pakai tangki Kondom dijiplak
    – Vixion pakai sliper clucht di BC dijiplak
    – Nmax cc nya 155 di cemooh di Jiplak
    – Nmax pakai koneksi bluetooth di dinyinyirin juga

    ntar paling $$$$$ ludah lagi

    H suRrrAM

    muehehehe

    • Putaran bawah menengah,pcx unggul.
      Nmax unggul di putaran atas(efek vva)
      Untuk pemakaian harian di jalanan umum yg ramai,yg lbh berguna tenaga bawah-menengah atau tenaga atas/top speed ??

  26. Laaah…wong aku duwe montore merk honda kabeh toh yo..otomatis aku mbanggake honda..πŸ˜€

    Coba montorku ono sing merk yamaha..aku ora nganti ngene mbandingno..
    Aku yang salah..kenapa montorku merk honda kabeh..πŸ˜†

  27. Masih dilimit saja… Tetap saja keliatan Ganasnya πŸ˜‚
    Jangan coba2 diReset ke mode Factory …..PCX bisa terbang πŸ‘πŸ‘πŸ˜‚

  28. Ada pepatah lek Orang yg $$$$$ adalah orang yg minder.. jadi kalo pada $$$$$ berarti minder sama produk junjungannya.. wes ngono wae..

  29. Setuju cak, emang kadang2 perlu agak kejam nyentil pabrikan yang bebal, gak cuma yamaha lho yaa, tapi juga pabrikan ya g lain.
    Percuma bagi calon konsumen kelas menengah ke bawah kaya ane, gimmick macem2 tapi tidak keliatan mata macam full connected, abs, vva itu TIDAK KELIHATAN oleh mata, TIDAK BIKIN TAMBAH KEREN, TIDAK BIKIN PEDE DI LAMPU MERAH, TIDAK BIKIN TETANGGA NENGOK, jadi intinya kalian perbaiki dulu 1.desain–>2.harga–>3.build quality n durability–>4.fitur pelengkap

    Salam bangkit,
    Pecinta Yamaha

  30. Kayaknya sudah sah …2021 Nyemex dijamin Hancur lebur penjualannya .
    2020 sudah ditinggalin PCX dengan selisih sebanyak +- 60 ribu unit…aapkahtahun ini makin ditinggalkan lagi ?
    Will see πŸ˜‚πŸ‘πŸ‘

  31. Yang meminang PCX semakin tersenyum manis saat mengetahui Potensi Luar biasa dari PCX yang mereka beli πŸ‘πŸ‘πŸ˜‚
    Congrat πŸ‘

    • Pcx 160 tinggal buka limitnya,ganti dgn Ecu racing di jamin top speed langsung ngacir.
      Lihat video youtube yg di thailand,top speed pcx 160 nyampe 134 km/ jam.

  32. Suwer tagline itu benar cak, tetangga ane yg kerja di dealer status wa nya aja gitu, seakan lagi giring mindset user matik. Strategi ini harus benar-benar diantisipasi oleh yamaha tentunya. Mungkin dengan menelurkan strategi baru.

  33. yang santai itu fbs… fbs yang pengen naik cc minimal 1000cc gak mikir naik maxi. kalau naik maxi tetep aja panas gak kehujanan , hujan gak kepanasan….

  34. Yamaha selalu Offside..honda keluarin 110 cc..yamaha 125..honda 125, yamaha 135..honda 150, yamaha 155, honda keluarin 200cc yamaha 225 cc..bisa dinilai sendiri sendiri

    • Trs knp offset? Emang mau balapan resmi?
      Pola pikir konsumen biasa tu apa yg didapat dr jumlah uang yg dibayarkan
      Namanya aja konsumen, perspektif ya jelas dr sisi transaksi, bayar berapa, dapat apa…? Dan itupun ap yg didapat bukan sekedar spek di atas kertas, brp cc nya, brp HP, embel2 vva dowc atau apa…tapi ya murni rasa berkendara tampilan, pelayanan dll vs harga
      Itu kalo kamu konsumen…
      Kalo situ sales ya kain lagi…yg dibahas penjualan, laku ga laku ato apa lah
      Atau situ panitia lomba teknologi? Ngributin dowc, cc berapa, bla3…🀣

  35. Yang Pasti….banyak yang Gerah diluaran sana Cak πŸ˜‚
    Gak sanggup menerima ulasan2 dan hasil2 secara visual di TKP bahwa PCX itu Unggul telak !!!!! πŸ˜‚

  36. Bela mati2an Yahaha…tapi gak dapat apa2 , jenenge blogger Oon πŸ‘πŸ˜‚
    Mending terbuka kek LekWebe ..Mr kobay .. masih ngeGanjal ??? Ya sudaggghhhhlaaaaghhh…..

    Adu ditempat ! πŸ‘πŸ‘πŸ˜‚

    • Selamat bro….ente memilih produk yang tepat, produk yang memiliki Potensi Luar biasa…
      Nikmatilah PCX baru tsb … Cari aman , πŸ‘πŸ˜‚

  37. Sekali lagi cak……PCX itu motor Indonesiah….Asiahh…eropahhh..dan amerikahhh πŸ‘πŸ‘πŸ˜‚
    Masih gak percaya ? Lihat data penjualannya …vees Nyemex yang gak laku 🀣🀣🀣

    • Kayaknya VTEC itu cuma dipersiapkan saja dalam rencana…karena dengan Spek yg diPcx160 sekarang saja udah ganas πŸ˜‚πŸ‘

    • Tidak bisa dipungkiri… Kalau mau ngitung nungguin gerbang dealer dah bisa ketahuan …berapa pickup si pCX sehari yang diantar k konsumen πŸ˜‚πŸ‘

  38. Banyak Fby yang masih gak yakin pcx160 itu dilimit Cak πŸ˜‚ buka sedikit demi sedikit Cak .
    Buat konsumen yang baru meminang PCX…biarkan saja begitu…cari aman , kecuali ente butuh …tinggal Reset auto Jegerrrrrr πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜‚πŸ‘

  39. Penjualan Januari domestik dan eksport…
    Honda MONCEEEERRRRRRRR πŸ‘πŸ‘πŸ˜‚
    ADV makin unjuk Gigi πŸ‘πŸ˜‚

    • ekekekek

      Gak punya ke maluan apa berkemalun Ganda
      1. 2 silinder sesembahanmu Letoy
      2. matic junjunganny Ditinggal KoiT

      ganti nickname

      H suRrrAM

      muehehe

  40. Saya masih penasaran, overbore kok nonjok di awal, tp menengah atas loyo? Mesin apa ini… Saya masih pusing apa yang di pikirkan honda. Ayolah teknisi Indonesia Jawab lah.. Mesin apa ini?

  41. dan jangan lupa keputusan $$$ buat ngerangkul influencer permobilan (fitra eri, motomobi) gua rasa udah sangat serius. strategi $$$ ini udah sangat bahaya buat Yamaha. masih inget dulu beat dikatain motor nanggung tapi lambat laun mio malah yg keok? nah kalo yamaha gak gerak, ditakutkan maxi scooter yamaha bakal dibantai juga. sama seperti mio, vixion, dll.

    ayo dong yamaha, gue suka sama gerakan lo yg jadi first mover, hilangin ego, rangkul semua pihak, basmi sales curang, edukasi fanboy toxic dan yg PALING PENTING: stop pake jasa buzzer macam mijone, alan, mbah darmo dll. sumpah yang ada orang2 malah males pake produk lo gara2 yg belanya pada toxic

  42. Wkwkkw 160 4 katup,, boncos,

    Data dyno gede banget,, eh waktu lari kesalip sama namex

    Fbh dan sales legowo ya,, soalnya kalo dibikin lebihbadvance , takut protol partnya

  43. Prediksi ane si taun ini pcx yg bakal menang,,sm kaya waktu new cb 150r brojol ane blg vixion bakal tumbang akhir taun bnyk yg ngebully…tp ujungΒ²ny ya vixion nasibny emang kaya apa skrng???prediksi itu ad krn beberapa faktor&yg ngebully tu kadang otakny ga smpe mikir kesitu

  44. Saya kira yamaha masih sangat percaya diri ya,

    Karena cukup dengan jargon
    “H Suurrraaaammmmm….”, yang disuarakan mijone dan kawan-kawan, yamaha telah sukses luarbiasa mengubah marketshare-nya sendiri, dari angka 43% di tahun 2010/2011, menjadi dlosor parah di angka 19% di tahun 2019/2020

    Betoel?

  45. Jangan biarkan H menguasai market share motor di Indonesia, jikalau MS bisa tembus 90% ++ bisa bisa akan terjadi monopoli pasar kedepannya.

    • ekekekek

      Peceex mentok segitu
      Nmax juga dibatasi Top speednya bray

      bedanya Nmax dilimit 121 kpj gps 115 kpj
      Peceex 117 kpj GpS 111 kpj

      H suRrrrAM

      muehehehe

  46. Iya Kang $$$.. Eramotor Jatiwaringin yang lebih gede d banding Ahass Jatiwaringin saat ini timpang banget aktifitas nya..
    Kadang yo kasian.. ini salah apa, kok bisa sepi..
    Walaupun untuk servis resmi ya 11-12 pelayanannya..

  47. Dulu waktu new Vixion brojol, saya sempet tanya pada blogger sebelah, kenapa sama sama keluar duit buat RnD desainya gak sekalian bagus, malah jawabnya “selera Yamaha udah bagus”,padahal rata rata konsumen gak suka desain Vixion yg sekarang, buktinya sekarang Vixion kalah laku di banding cb150

  48. Astaghfirullah aladzim….. tobat cak $$$$…$$$$ anda ternyata banyak memelihara syetan…. dunia makin tua…. inikah tanda” akhir jaman… Byk komen menyudutkan Yamaha ….suka PCX tinggal beli, sebaliknya ga suka nmax ga usah di Beli, nmax buatan Indonesia juga kebanyakan di ekspor keluar negeri baik CKD / CBU…..ingat….jasa Yamaha…..dari Mio, Jupiter Z, MX king, Vixion,R15, NMAX…. perjuangan Yamaha patut kita apresiasi …. bukan kita bully….

    • Yamaha sedang lupa cara meruntuhkan dominasi Honda di tahun 2008 atau 2009 klw gak salah Yamaha sempat menduduki peringkat 1 penjualan terbanyak saat itu.

      Tapi Honda selalu ingat bagaimana mereka bisa jatuh tersungkur bahkan terpuruk BERDARAH-DARAH karena dijungkalkan Yamaha.

      Ingat saat itu demi mendapatkan motor Yamaha harus antri. Hehehe…
      Lupa ya cara untuk menjadi pemenang.
      Honda ga akan pernah lupa bagaimana saat mereka anda (Yamaha) jungkalkan.

  49. $$$ dikritik gredek2 jg gak mencak2 tuh. Jawabannya ada aj, sering dibersihkan lah, langsung gas besar lah. Meskipun merepotkan, jawabannya ada. Klotok2? Yg ngasih solusi malah bengkel, ntah diuntir ulang, pake tensioner kharisma. Solusinya ada.
    Rante cepet kendor? Kayaknya dr supra125 jg cepet kendor dah.haha. kagak tau dah. Gw pake sonic cuman bbrp bulan jg jual lagi.

    Bukan kayak pabrikan sblh, ada pula motor modifan SPBU. Haha.

    Tp klo ngomongin jeleknya, sm aj. Mio m3 liat aj bahannya, 125 cc setara 110 cc nya honda, icikiwir gt. Ban kurus jg.

    Bentuk?mx king kalah sm GTR, tp pada warna tertentu mx king diakui sangat bagus. Laku/gak?coba dlu dudukin tu supra GTR, emg gak enak ditunggangin aj, FBH gak bakal beli. Mirip kasus ninja SL, mw dimurahin jg gak bakal laku.
    Beda kelas, iya, kelas GTR 1000unit/bulan, SL cmn 50unit/bulan. Sm2 susah laku d kelasnya.

    Supra GTR tu satu2nya produk honda yg mati segan hidup gak sehat jg. Laennya? Revo, verza, cb150, dah bosen liat d jalan.

    Motor idaman?ttp WR155R. 1.jarang diliat, 2.ttp juara d kelasnya. 3.bini gw pengen.

    Isi kantong?maaf, cmn bisa beli waria seken.

  50. $$$ jika mengincar suatu segmen itu seperti membidikkan peluru dan mengunci target. Jadi lawan susah lepas dari target bidikan sebelum peluru yang ditembakkan $$$ tepat sasaran. Sumber dana besar mendukung $$$ mencapai target tersebut. PCX160 minus VVT mungkin untuk menekan cost. Tapi limit top speed? Entahlah. Alasan safety? Saya susah percaya dengan alasan tersebut.

    Untuk Vario…
    Saya komen di artikel vario saja

  51. Pinternya honda soal timeline pluncuran pcx 160.
    Nunggu yamaha bnr2 fix ngluarin nmax terbaru dulu, bru stlh bbrapa saat honda mluncurkan produknya, yg bsa d bilang sdikit lbh unggul dibanding nmax, nah klo sdh gni mau gmn, mau refreshment nmax lagi? Dalam wktu dekat mustahil.

    Jadi dlm wktu dkat yg prlu dlakukan yamaha adlh strategi marketingnya, bukan perubahan produknya. Krna itu tdk mngkin dlakukan olh yamaha dlm wktu dekat, smua btuh riset n biaya yg tdk sdkit. Sunberdaya yamaha tak sbesar Honda.

    Point slanjutnya, honda mulai serius di klas matic besar stelah mngamati pasar yg diplopori yamaha mnjadi bgitu gurih. Klo nggak gurih jonda nggk akn serius trjun ksana. Pola honda ini sbnrnya pola lama, contoh kasus vixion vs cb, r15 vs cbr, mio vs beat n vario, mx king vs supra gtr.

    Sedangkan yamaha, mmliki pola yg unik, menolak head to head, contoh 100 vs 105 cc, 110 vs 115 cc, 125 vs 135, 160 vs 150, 200 vs 225. Uniknya diferensiasi kubikasi ini justru skrg dipakai honda…alamak…hahaha.

  52. Hai hai, okelah klo analisanya begitu, tp itu sangat mudah dipatahkan, saat Tagline itu disematkan ke Matic besar itu 160cc dan 4 katup, bagaimana klo ternyata dalam waktu 5-6 bulan kedepan Nmax keluarkan 180 cc 4 katup, niscaya Y Nmax cukup nebeng Iklannya H Pcx dan sudah merubah mindset secara signifikan bahwa yg 160cc 4 katup jd kecil krn ada Nmax 180cc. bisa saja Y mempersiapkan senjata itu. dan membuat Tagline serupa Matic besar itu 180 cc dan 4 katup. moddaaarrrr

  53. ada koment bagus ga di tampilkan tapi di kekepi buat bahan bikin artikel berikutnya. emang sulit melogika secara logika tingkat tinggi, jd sekali ada logika tingkat dewa di kekepi dan ga ditampilkan, bisa aja ente.

  54. Jika bersaing, yg 1 santai yg 1nya sibuk itu mendakan yg santai itu menguasai yang sibuk. Jika Y santai dgn Nmaxnya berarti H dengap2 dgn PC*Xnya.
    Ibarat main bola mana ada yang menang gemrungsung, yg ada yg gemrungsung itu yg kalah.

  55. Lagi-lagi konsumen yg diuntungkan. Matic besar, irit, power full, Handlingnya stabil, full top speed, murah dan pastinya canggih. πŸ‘πŸ‘

    Hayo… Mumet Kon poro pabrikan… 😁😁😁

  56. Seharusnya picix harus menang di top speed cak kalo memang hondo mau serius tagline matic besar itu 160, kalo ga menang ya kurang greget aza.. tapi ya udahlah itu pilihan pabrikan masing2.

  57. pemilihan judulnya agak ekstrem kali ini lek $$$..terkesan berat sebelah meski sebenarnya tdk begitu..banyak yg jadi curiga nih..wkk wkk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here