iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…buanyakkk yang heran dan bertanya khususnya para speed freak, kenapa top speed Honda new PCX-160 hanya 117km/jam disaat potensinya masih sangat besar untuk naik. Kenapa speed maksimal seperti di cekik padahal akselerasi motor ini wisss mantap tenan. Pertanyaan tersebut sebenarnya juga menjadi bahan diskusi kita saat ngetes kedua motor di Sentul. Dan kebetulan dilokasi pengetesan ada cak Yudho dari TDR Racing dan YSS yang memberikan analisa kenapa Top speed PCX160 hanya mentok diangka 117km/jam. Ini analisa TDR Racing !!

Seperti yang sampeyan semua tahu Honda PCX 160 ternyata memiliki akselerasi yang cukup ampuh. Walaupun memilih konfigurasi Overbore siapa menyangka skutik terbaru Honda ini termasuk di atas rata-rata. Bisa kita lihat dari hasil uji drag dimana siapapun joki diatasnya ternyata PCX160 mampu meninggalkan lawan. Bisa kita tebak motor ini bakal menyenangkan digunakan untuk harian stop n Go di jalanan raya. Namun kondisi berbeda ketika kita membahas tentang top speed….

Potensi asli motor ini seperti dikebiri. Sangat terasa bahwa top speed Honda New PCX 160 memang dibatasi. Dari kacamata pabrikan mungkin hal wajar jika Honda memutuskan melimit top speed skutik 160ccnya mengingat Honda selalu fokus pada safety dijalan. Lawong slogannya wae #cariaman, iyo ora cak. Mungkin mereka memandang…skutik biarlah ditempatkan pada posisinya yakni kenyamanan berkendara bukan buat kebut-kebutan. Tapi dari kacamata awam, biker yang suka speed freak, kondisi ini membuat mereka bertanya-tanya…kenapa Kenapa top speed Honda new PCX-160 hanya 117km/jam?

iklan iwb

Apakah memang mentoknya segitu atau potensi asli ditutupin ?

Menurut saya dilimit, ECU memutus top speed pada rentang 117km/jam…sengaja dilakukan oleh Honda. Ini bagus buat kita tentunya TDR guna meriset ECU baru untuk membuka limit…” seru cak Yudho punggawa TDR/YSS terkekeh. Waaahhh, udah ada ide buat riset wae ki…jiwa bisnisnya manteppp kieee haahaha. Dan tebakan ini terbukti karena hampir semua video top speed PCX160 standart pasti direntang 116-117km/jam. Mau sampeyan sepanjang apa pasti juga tetap mentok diangka tersebut. Terus gimana dengan NMax 155 ?

” Yudho (TDR Racing)…”

” Open…kalau NMax open tidak dilimit top speednya…” seru cak Yudho lagi. Pria asal Jatim ini juga memastikan terbuka membuka top speed PCX160 dengan ECU after market. Tapi tentu butuh riset. Apalagi konfigurasi bore stroke sudah mendukung jika ingin mengoptimalkan top speed. Hal ini selaras ketika IWB mencari beberapa referensi luar khususnya Thailand ada salah satu video yang diduga sukses membuka limiter top speed PCX160 dan mampu tembus 131km/jam. Tapi pertanyaanya…apakah seperlu itu demi memuaskan hasrat top speed disaat motor digunakan dijalanan paling hanya berkisar 70-90km/jam ? kalau suka pamer top speed mungkin akan dijabanin. Tapi kalau sampeyan suka skutik yang jago stop and go dengan sensasi halussss…..horaa perlu cak, kira-kira demikian…

Last….IWB sendiri sebenarnya cukup surprised dengan konfigurasi overborenya PCX160 mampu melesat meninggalkan NMAX ketika start dari diam. Sebab logikanya akselerasi seharusnya sedikit inferior. Namun fakta dilapangan tidak. IWB juga surprised karena Honda memutuskan melimit top speed ketika dikelas ini persaingan antar fansboy begitu panas walau bedanya sebenarnya mung sak incrit. Btw semua hanya analisa karena detil pastinya tentu hanya pabrikan yang tahu. So…top speed PCX-160 ? menurut cak Yudho emang dilimit. Demi safety atau keiritan ? hanya pabrikan tentunya yang tahu cak…(iwb)

178 COMMENTS

  1. Ecu ternyata ya cak. Ini saya awam gaptek lah. Kalo dyno 14,8 vs 12 gimana cak? Kan diatas dyno juga pake ecu standard. Ini perlu penjabaran yang jelas Dan terbuka. Bukan apa-apa cak! 14,8 vs 12 itu selisih jauh cak. BTW apa pun itu Insya Allah ambil pcx kok cak.

  2. Baru sekali drag yamalu senengi bukan maen..
    Kalau mau seneng
    Jualan no 1
    Jurdun paling banyak di MotoGP
    Lahhh ini
    Lucu banget sumpah yamalu

  3. HONDA LAGI……HONDA LAGI….
    opo ya GAK BOSAN BOS…bahas HONDA TERUS…
    Tetep mencari sempurnanya HONDA ya…
    Sesekali kalah……IKHLASKAN SAJA BOS…BOS…
    IMHO…..wis to….
    Cari artikel ringan yang enak di pandang dan mudah dirasakan

    • ekekekke

      nmax windshield top endnya cenderung keatas malah harusnya nmax hambatan angin besar

      lagian peceex wooble godek godekk buat top speed kayak persis ikan lele gleyotan

      H suRrrAM

      nueheheh

  4. Sebenarnya kalo alasannya Safety itu klise bgt sih, kan ga mungkin pabrikan Yamaha ga memikirkan soal Safety juga??
    Kalo kita pake logika, berarti secara durability New PCX 160 kualitas materialnya masih di bawah Nmax dong ?? Karena ga bisa high speed/high rpm..

    • ekekeke

      kalau masalah safety di limit aja gak lebih dr 100 kpj atau dibawahnya sekalian

      H suRrrAM

      muehehehe

  5. Walaupun dilimit…..Mr Webe vees Mr Irwan….tetap gak sanggup Nyemex ngejar PCX ?????

    Fby pasti blingsatan kaga puas dan kaga terima
    Ngiaaaaahahahahahahahaaaaayyyy
    Yahaha Suuuuurrrrrraaaaaaammmm ?

  6. Gak ada yg namanya sengaja dilimitlah. Ya emang segitu saja batas aman. Klo mau gak dilimit ya ubah ecu dll. Semua motor jg bisa klo ngomong dimodif. Yg dibicarakan standar.

  7. Gooooo…ayolah fby…bullly donk…bully…wkwkwkekkkkkk…lanjut trus kang Iwan…semakin banyak yang terkojel kojel…salam plat AG…

  8. Beda diameter Puli depan Cak, Nmax155 138mm sedangkan pcx160 127mm, ini salah satu penyebab top speednya lebih rendah, selain limiter ECU

  9. ane baru lihat pcx 160 abu2 baru turun mobil . memang pas standar dua di gas betot sangar coy and padat. tetapi kok getar ya body depan bagian lampu ke sayap mengarah selonjoran. apa cuman yang abu yg kurang fitment atau batch pertama emang begitu? serius tanya

  10. Honda Brio yg overbore dan tenaganya paling besar dikelasnya juga di limit di 145km/jam cak. Padahal lcgc lain yg tenaganya dibawahnya bisa diatas 160km/jam. Kayaknya mmg Honda sangat perhatian thdp masalah safety.

  11. Ni orang pd gk paham rupanya! Pcx top speef cm segitu aja si namex kalah telak? Apa lg kalau gk di kebiri tu top speed? Mikirrrr…

    • ekekeke

      coba di jelasin Nmax kalah telak ??
      bukannya kebalik tuh peceex yg ditinggal sekebon

      H suRRRaM

      muehee

    • ekekekek

      sama Nmax open limiter dan mapping ulang
      peceex tambah ketinggalan se benua

      H suRrrAM

      muehehehe

      • baca tuh artikelnya dgn jelas, ecu NMAX sudah open limiter dan top speed cuma segitu.
        lagipula remap ecu yamaha itu ga murah dan ongkosnya seharga ecu racing.
        remap ecu honda itu TAK SAMPAI 500rb, apalagi yg mesin tegak tak sampai 200rb. untuk vario125, vario150, pcx125 thai, pcx150 thai, pcx150 vietnam, pxc150 lokal, adv150 itu remap ecu tak sampai 1juta.

        • ekekekekek

          Nmax itu juga ada limiternya kalik…

          lah setting remap kug minta murah..itu namanya udah ranah modifan..1 juta kug dibilang murah ..
          sama sama di modif itu Nmax udah jauh ninggalin Peceex

          H suRrAM

          mueheheh

  12. Kalau mau liat limiternya pcx 160 yg asli. Noh liat video dyno otomotifnet di youtube. 125 km/jam kok. Emang dasarnya tenaga ga kuat ngangkat speed sampe segitu. Aga penyesatan ini artikel

  13. Wkwkwkwk.. kecewa cak kalo udah all new cc besar masih tetap kalah sama namex. Masa di suruh beli ecu lagi kalau mau kencang. Ga jadi deh rider namex pura2 beli teh gelas kalo pcx lewat, malah sebaliknya. ?

  14. @@@@@@@@@@

    Pengin kencang hrs ganti ECU racing.
    Pdhl kompresi dah 12 : 1
    Dipaksa berkitir di high RPM.
    Saat RPM mendekati batas pistonspeed
    pasti mesin puanas bgt tuh.
    Ada byk resiko saat mesin kompresi tinggi mengalami panas berlebih. Harus memperbesar radiator pastinya. Klep jg hrs ganti yg lebih kuat jg.

    tambah biaya banyak, kencang cm nambah dikit, garansi mesin hilang. Hmmmm

    @@@@@@@@@@

  15. Udah cukup jangan tinggi tinggi top speed, udah banyak kecelakaan karena ga bisa ngendaliin motor di jalan, kalo responsivitas untuk dukung efisiensi bolehlah, yang matik itukan akomodasinya, bagasi, tangki pijakan kaki, cvt

  16. sebenarny top speed pcx 160 dikebiri bukan karena limiter dari ecu tetapi dari ukuran klep yang lebih mungil dibanding all new nmax. ukuran klep pcx 160 cuman 17×2 dan 20×2 (ukuran real 2 klep 24 dan 28) kalau all new nmax lebih besar 19.5×2 dan 20.5×2 (ukuran real 2 klep 27 dan 29). coba pcx 160 pakai klep yang sama besar dengan all new nmax pasti top speednya pasti sama kaya all new nmax atau lebih tinggi pcx 160 dan powernya bisa dapat 16+ on dyno sama kaya r15 vva on dyno kondisi standar

Comments are closed.