iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…buanyakkk yang heran dan bertanya khususnya para speed freak, kenapa top speed Honda new PCX-160 hanya 117km/jam disaat potensinya masih sangat besar untuk naik. Kenapa speed maksimal seperti di cekik padahal akselerasi motor ini wisss mantap tenan. Pertanyaan tersebut sebenarnya juga menjadi bahan diskusi kita saat ngetes kedua motor di Sentul. Dan kebetulan dilokasi pengetesan ada cak Yudho dari TDR Racing dan YSS yang memberikan analisa kenapa Top speed PCX160 hanya mentok diangka 117km/jam. Ini analisa TDR Racing !!

Seperti yang sampeyan semua tahu Honda PCX 160 ternyata memiliki akselerasi yang cukup ampuh. Walaupun memilih konfigurasi Overbore siapa menyangka skutik terbaru Honda ini termasuk di atas rata-rata. Bisa kita lihat dari hasil uji drag dimana siapapun joki diatasnya ternyata PCX160 mampu meninggalkan lawan. Bisa kita tebak motor ini bakal menyenangkan digunakan untuk harian stop n Go di jalanan raya. Namun kondisi berbeda ketika kita membahas tentang top speed….

Potensi asli motor ini seperti dikebiri. Sangat terasa bahwa top speed Honda New PCX 160 memang dibatasi. Dari kacamata pabrikan mungkin hal wajar jika Honda memutuskan melimit top speed skutik 160ccnya mengingat Honda selalu fokus pada safety dijalan. Lawong slogannya wae #cariaman, iyo ora cak. Mungkin mereka memandang…skutik biarlah ditempatkan pada posisinya yakni kenyamanan berkendara bukan buat kebut-kebutan. Tapi dari kacamata awam, biker yang suka speed freak, kondisi ini membuat mereka bertanya-tanya…kenapa Kenapa top speed Honda new PCX-160 hanya 117km/jam?

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Apakah memang mentoknya segitu atau potensi asli ditutupin ?

Menurut saya dilimit, ECU memutus top speed pada rentang 117km/jam…sengaja dilakukan oleh Honda. Ini bagus buat kita tentunya TDR guna meriset ECU baru untuk membuka limit…” seru cak Yudho punggawa TDR/YSS terkekeh. Waaahhh, udah ada ide buat riset wae ki…jiwa bisnisnya manteppp kieee haahaha. Dan tebakan ini terbukti karena hampir semua video top speed PCX160 standart pasti direntang 116-117km/jam. Mau sampeyan sepanjang apa pasti juga tetap mentok diangka tersebut. Terus gimana dengan NMax 155 ?

” Yudho (TDR Racing)…”

” Open…kalau NMax open tidak dilimit top speednya…” seru cak Yudho lagi. Pria asal Jatim ini juga memastikan terbuka membuka top speed PCX160 dengan ECU after market. Tapi tentu butuh riset. Apalagi konfigurasi bore stroke sudah mendukung jika ingin mengoptimalkan top speed. Hal ini selaras ketika IWB mencari beberapa referensi luar khususnya Thailand ada salah satu video yang diduga sukses membuka limiter top speed PCX160 dan mampu tembus 131km/jam. Tapi pertanyaanya…apakah seperlu itu demi memuaskan hasrat top speed disaat motor digunakan dijalanan paling hanya berkisar 70-90km/jam ? kalau suka pamer top speed mungkin akan dijabanin. Tapi kalau sampeyan suka skutik yang jago stop and go dengan sensasi halussss…..horaa perlu cak, kira-kira demikian…

Last….IWB sendiri sebenarnya cukup surprised dengan konfigurasi overborenya PCX160 mampu melesat meninggalkan NMAX ketika start dari diam. Sebab logikanya akselerasi seharusnya sedikit inferior. Namun fakta dilapangan tidak. IWB juga surprised karena Honda memutuskan melimit top speed ketika dikelas ini persaingan antar fansboy begitu panas walau bedanya sebenarnya mung sak incrit. Btw semua hanya analisa karena detil pastinya tentu hanya pabrikan yang tahu. So…top speed PCX-160 ? menurut cak Yudho emang dilimit. Demi safety atau keiritan ? hanya pabrikan tentunya yang tahu cak…(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!