iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk……IWB lumayan terkejut ketika mendapatkan link video bongkar mesin Honda PCX160 yang dilakukan sebuah bengkel keday rider dengan channel Yoyostation dari para followers. Awalnya IWB kurang tertarik hingga tertuang kalimat…” setelah dibongkar ditemukan konstruksi VTEC” pada new PCX160. Waaaahhhh, beneraannn oraaa kieeee ? mari coba kita intip sama-sama dibawah ini….

Asli bikin geger cak…Keday rider, sebuah bengkel yang menjadi rujukan para biker penyuka motor kencang karena mereka juga bisa mengoprek mesin (katanya demikian)….membeberkan rahasia konfigurasi ketika mereka membongkar mesin terbaru new PCX160. Mereka terkejut karena menemukan konstruksi yang arahnya sangat jelas yakni, mesin terbaru ini diracik untuk melangkah lebih jauh jika diperlukan. Maksude ?

Konstruksi mesin PCX160 oleh insinyur Honda dibuat ready VTEC jika dibutuhkan dimasa depan. Artinya jika Honda mau, mesin sekarangpun bisa dipasangin VTEC jika Honda mau. Namun seperti ada alasan tertentu sehingga mereka masih menahan enggan tampil all out. Dengan kata lain mesin PCX terbaru ini adalah mesin yang memiliki potensi lebih besar soal performa. Mereka mengaku terkejut karena menemukan desain noken as bahkan jalur dudukan selenoid yang sekarang masih ditutup. Wwwaahhh….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

” Honda sudah nyiapin untuk VTEC, ya…kalau saya pribadi dan tim keday rider sudah bisa nebak ini kedepannya Honda PCX160 4 klep bakalan ada versi VTEC-nya. Cumaaa…ada tapinya, selama PCX160 masih booming penjualannya kayaknya bakal belum dikeluarin. Atau bisa saja tiga tahun kedepan baru versi VTEC-nya dikeluarin. Jadi kalau feeling kita neh Honda sangat berhati-hati untuk memberikan mesin ke konsumen, jadi nggak all out…masih ada yang ditahan. Atau mungkin VTEC nggak dipasang untuk nguber harga jual supaya lebih murah….” seru cak Yoyo punggawa keday rider. Terus gimana respon IWB soal ini ?

Sebenarnya nggak kaget, karena jika sampeyan buka artikel lawas IWB sudah mengendus indikasi ini. Sampeyan intip saja artikel IWB berjudul…” Hhmm…ada yang aneh pada mesin Honda All new PCX 150 4 katup !!!” . Disana IWB menulis….

Ada yang aneh pada calon mesin Honda All new PCX 150 4 katup. Asliiii….iki opo yoooo? Emang ada apa gerangan ?? gini cak, dari terawangan terbaru yang IWB lakukan, konstruksi engine anyar ini benar-benar mencurigakan. IWB menemukan adanya lubang disamping silinder kop. Lubang menjadi bagian dengan sesuatu berbentuk segitiga…sekilas mirip dengan SKIPS Ninja 150. Ikiiiiieeeeee opo kieeee??? jangan-jangan part ini nanti ditempel tulisan VTEC ? IWB nggak paham. Maklum semua sangat samar dan sulit dibedah lebih jauh…

” Dudukan selenoid sudah dibuat namun masih ditutup Honda….”

Bentukan segitiga disamping silinder kop All new PCX 150 memang tidak satupun tahu apa maksudnya. Karena jelas ini adalah konstruksi dan all new engine. IWB sendiri pernah memberikan prediksi kemungkinan hadirnya VTEC pada All new PCX namun dengan potensi yang cukup kecil. Jika 4 katup sih wis yakin cak, tapi VTEC ?? belum cak….

Nah…jadi demikian cak. Dan dilalah lubang berbentuk segitiga tersebut yang diduga sebagai dudukan selenoid sudah dibuat namun masih ditutup oleh Honda. Analisa ini selaras dengan prediksi cak Yoyo punggawa keday rider yang menemukan lubang berbentuk segitiga sebagai dudukan selenoid VTEC namun posisinya masih ditutup ketika membongkar mesin PCX160. Berarti pengembangan mesin terbaru ini diproyeksikan masih bisa nguber hingga 3-6 tahun kedepan karena performa aslinya masih ditahan. Spechless wisss….

Last….dengan analisa diatas bisa kita pastikan Honda sudah menyiapkan senjata tersembunyi jika rival dekatnya bergerak dengan engine atau generasi yang lebih powerfull. Sepertinya Honda berpikir, tidak perlu VTEC karena toh dengan spek 4 katup sudah cukup jabanin rival. Namun basis pengembangan mesin New PCX-160 sekarang sebenarnya sudah VTEC Ready sehingga jika diperlukan kelak, pabrikan tidak perlu lagi melakukan pengembangan ulang. Tinggal dibuka…selesai. Btw….semua hanya prediksi serta analisa yang lahir dari bengkel independent. Benar atau tidaknya….seperti yang IWB bilang tergantung kondisi pasar nanti. Nahh untuk melihat gamblang sampeyan tonton wae channel keday rider yang membongkar new PCX160 dibawah ini…..wihhhhh cadazzz kiee cakkkk ! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!