iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. persaingan antara Honda dan Yamaha di kelas Maxi skuter memang cukup panas. Walaupun tidak terucap namun tersirat itulah yang bisa kita tangkap pada pergerakan kedua pabrikan. Mungkin Honda sebagai penguasa merasa Geregetan sementara di sisi lain Yamaha yang hanya mengandalkan segelintir produk sebagai tulang punggung akan berjuang mati-matian untuk mempertahankan lumbung padi mereka. Dan yang paling hot adalah isu bahwa ternyata penjualan NMax rumornya dua kali lipat dibandingkan PCX tahun kemarin. Waahhh….seriusann kieee? Yup…. Itulah isu yang IWB terima….

Untuk menggali penjualan motor di tanah air saat ini sangatlah sulit. Karena sudah 2 tahun data AISI dikekepin tidak diumbar secara mendetail seperti zaman dulu. Data distribusi motor bukan menjadi konsumsi publik sehingga kita hanya mendapatkan gambaran total penjualan motor secara keseluruhan. Tidak sedetil dulu yang menjabarkan secara gamblang per-tipe motor, sedang sekarang tidak. Data hanya disebut skutik 150 cc atau motor sport 150cc dll. Jadi jangan pernah bermimpi mendapatkan data distribusi motor per model…lupakan cak. Lhooo tapi kok cak IWB bisa membuat judul bahwa penjualan nmax 155 dua kali lipat dari PCX150?

Kan sudah IWB sebut hanya rumor. Yang artinya kebenarannya belum tentu bisa dipegang. Namun bukan berarti rumor datang berdasarkan Ilham bin ngarang. Rumor ini tentu datang dari sumber….. Betul cak dari salah satu narasumber yang enggan disebut namanya. Sumber yang mengatakan bahwa tahun kemarin penjualan nmax 155 diisukan dua kali lipat dibandingkan dengan PCX 150. Sebuah kondisi yang sebenarnya tidak mengejutkan karena yang pertama….Astra Honda Motor disinyalir memang sudah mengerem produksi PCX 150 untuk menyambut kedatangan new PCX160 sejak tahun kemarin…

iklan iwb

Apalagi menurut konfirmasinya, dengan kehadiran PCX160 maka produksi PCX150 akan dihentikan. Yang kedua bisa saja Memang secara pasar dengan harga yang terpaut tipis maka lebih banyak yang memilih nmax 155. Maxi scooter yang dianggap lebih Powerful serta fitur lengkap plus nama besar yang sudah diukir sejak 2015. Maxi scooter yang dianggap tangguh, murah perawatan serta desain sesuai selera pasar. Ini Mungkin lho yaa karena penjualan aslinya kita zonk tidak ada. Tidak ada data yang mendukung analisa ini. Lawong semua berdasarkan rumor. Jadi mindset bahwa motor A tetap laris pasti akan terjaga sampai kapanpun selama data asli tidak diumbar walau kenyataanya mungkin tidak demikian…

Last…. sulit untuk memastikan penetrasi sebuah produk jika tidak ada data sahih. Bahkan dengan kehadiran PCX160 sekalipun rasanya juga tetap akan sulit mindset berubah bahwa nmax terlaris di tanah air walau mungkin di masa depan akan berubah. Jadi kita hanya bisa mengandalkan populasi berdasarkan Mata melihat di jalanan. Sebuah kondisi yang tidak mungkin kita jadikan acuan Absolute mengingat populasi sebuah produk bervariasi dari satu kota dengan kota lainnya. So…. penjualan nmax 155 dua kali lipat dibandingkan dengan PCX150 tahun kemarin? Sampeyan mengikuti paham yang mana? Yang percaya atau tidak, monggo berikan opini…..(iwb)

 

151 COMMENTS

        • Selama ini sih Yamaha terkenal pabrikan yg suka ngibul.
          Power aja ngibul, apalagi data penjualan.
          Cincaylaaagh…..

        • Halah paling juga lu lihat di dealer tempat lu kerja numpuk PCX ..wkwkwkw..
          Makanya jgn nyales terus sesekali liburan bro ke kota biar tidak kampungan …wkwkwk

        • wkwkwk…
          Paijo si Sales Fresh Graduate sampe berbusa-busa tuh. Wakakakak…
          Selow aj Jo… Bonusmu cm berkurang dikit kok. Bulan depan training msh berlanjut ya.

        • Jalanan Mna ya?? gw di jalanan Pamulang – Blok M Pamulang Serpong Blok M Senayan sudirman Mh Thamrin Psar baru Kemayoran dan rute lain nya…sepaanjang jalan yg gw liat bnyakan Nmax tuh

      • Katanya pengen persaingan sengit, tpi kok segitunya pengen ngejatuhin nmax.
        Ayo dong kang webeh, goreng artikel Y K sama S, biar marketshare mereka sama rata 25%. Dijamin persaingan jadi tambah sengit.

      • Pala lo bejat dasar tukang ngibul, faktanya New Nmax banyak banget dijalanan, jauh lebih banyak dari pcx gredek odong2

    • ekekeke

      Paidjo Kozel kozell
      Bilang panrikan lain nyewa Buzzer dan bc dianya sendiri sering Buzzer dan bc

      H suRrrAM

      muehehehe

  1. Kayaknya betul itu.. nmax ada di setiap mata memandang..setiap ada matic yang nyalip kenceng 99% pasti nmax..

  2. Jika benar masuk akal karna yg
    Pertama Nmax produknya udah mapan untuk kelas premium
    Kedua modelnya lebih bagus, makanya taklingnya semakin didepan
    Ketiga harganya lebih murah

  3. Untuk wilayah Sulsel, khususnya wilayah Makassar dan sekitarnya Yamaha lebih dominan mas Iwan.
    Ini berdasarkan dari pantauan ane langsung, sehari2 bekerja sebagai ojol d jalanan.
    Untuk Big Skutik Nmax masih lebih banyakan d jalan d bandingkan PCX, Sport Fairing pun demikian R15 mendominasi, untuk bebek di sini Mx King masih raja nya, bahkan cak populasi New Vixion kian meningkat 1 tahun belakangan, makin sering berpapasan.
    Tapi khusus untuk skutik low entry, memang harus di akui Honda pemenangnya. Terbukti rata2 rekan ojol pakai motor Honda.
    Mungkin itu aja cak pantauan dari Makassar.
    Sorry tulisan nya belepotan.
    Mungkin ada pembaca dari Makassar mau sharing juga.

    • ane apresiatif data yang ente berikan bang , tetap stay safe ya bang selama ngojol , salam hangat dari kami warga pulau jawa

  4. Ditutupnya data AISI itu tanda sebuah kongkalikong biar mereka bisa main kartel2an tanpa diketahui masyarakat umum . Sebenarnya masyarakat umum sah2 aja ngeliat data penjualan secara langsung gk ada yg salah dg keterbukaan data drpd data di ungkep trus mereka main mata dg pihak regulatornya jg

    • ekekekek

      Masyarakat umum itu butuh tanggung jawab Kualitas produk pelayanan Service Gratis
      bukan ada masalah Anti Recoll malah suruh bayar

      H suRrrAM

      mueheheh

  5. Memang secara pasar dengan harga yang terpaut tipis maka lebih banyak yang memilih nmax 155. Maxi scooter yang dianggap lebih Powerful serta fitur lengkap plus nama besar yang sudah diukir sejak 2015. Maxi scooter yang dianggap tangguh, MURAH PERAWATAN.

    AYO KANG DATA HARGA PART KEDUANYA (NEW NMAX DAN PCX 160)DI SHARE! BIAR PUBLIK DAPAT MENILAI PRODUK YG PUNYA VALUE PALING TINGGI.

      • Kang Harga Partnya New PCX 160 dan New Nmax di Ulas Dong!! Mahal mana? Kalau yg kmrn cover body ( PCX 150 dan nmax) masih MUAHALAN PCX 150!!

  6. Gampang bisa diliat dr pas ganti cat velg pcx vs saat nmax ganti tampang. Mana banyakan liat dijalan. Klo sy ya nmax banyakan. Nah hal yg sulit adalah saat pcx160 dgn nmax. Kecuali hrs mlototin plat dll.

  7. Yo lumrah cak.. Bulan Januari itu PCX tidak produksi buat prepare habisin stok sebelum new model muncul.. Jadi wajar penjualan NMAX 2 kalinya PCX 150..

  8. Memang secara pasar dengan harga yang terpaut tipis maka lebih banyak yang memilih nmax 155. Maxi scooter yang dianggap lebih Powerful serta fitur lengkap plus nama besar yang sudah diukir sejak 2015. Maxi scooter yang dianggap tangguh, MURAH PERAWATAN.

    NAH LOH! AYO KANG DATA HARGA PART KEDUANYA (NEW NMAX DAN PCX 160)DI SHARE! BIAR PUBLIK DAPAT MENILAI PRODUK YG PUNYA VALUE PALING TINGGI.

  9. ekekekek

    Peceex depannya jiplak Lexi dr visor sampai siluet lampu
    bedanya Lexi Proposional kelihatan Mewah
    Peceex kayak karnaval lampu semua jebeber

    H suRrrAM

    muehehehe

  10. Iyain aja, biar nyenengin anak orang..
    Aktualnya seberapa sering lihat mobil delivery bawa nmax dibanding bawa pcx?

    • ekekeke

      Owh yg pick up HonHon promosi buat muter muter alun alun lalu kembali ke Deler lagi itu yakk

      H suuRrrAM

      muehehe

  11. ekekekek

    – Service Bayar mahal
    – Spare part Inden
    – Produk STop Produkai
    wes Angel Angel Ajurr wes

    H suRRrAM

    muehehehe

  12. ekekeke

    Tambahan
    – service cuma bongkar pasang
    – Service terima bongkar tak terima pasang body jadi bergetar, baut mreteli kurang
    – dll diisi sendiri yg lainnya…

    H suRrrAM

    muehehehe

  13. Kang Iwan Harga Partnya New PCX 160 dan New Nmax di Ulas Dong!! Mahal mana? Kalau yg kmrn cover body ( PCX 150 dan nmax) masih MUAHALAN PCX 150!!

  14. ekekekek

    Pabrik HonHon mau gulung tikar
    buat ngabisin stock yg numpuk Bentar lagi Mesinnya dijual ke Yamaha
    seperti Yamaha Vino 50 de oada pabrik Nganggur

    H suRrrAM

    muehehe

  15. ekekekek

    udah dibilang
    bentar lagi HonHon koar koar Penjualan
    padahal Data Distribusi itupun gara gara rilis produk baru tapi pada numpukk di deler kayak yg sudah sudah

    H suRrrrAM

    mueheheheh

  16. Kalo untuk tahun yang lalu saya yakin IYA. Pcx masih kalah dari n max, tapi inget perjuangan beat dulu, juga butuh waktu yang gak sebentar untuk mengkudeta mio. Tapi kehadiran new Pcx 160 ini akan bisa Di pastikan kejayaan n max tinggal menunggu waktu . Pasar global aja gak pernah liat n max masuk 5 besar. Malah kalah sama kymco. Beda sama Pcx forza Sh yang auto ada Di 5 besar Di eropa. Contoh Italy yang tuan rumah scooter aja kalah sama Sh Dan forza. Kalo n max cuma mbah rossi berserta crew yang beli.

    • ekekekek

      Basi ,
      dulu bilang Nmax dibilang akan disuntik mati etapi skarang malah banyak seliweran dan situ mengiyakan Nmax laris manis dulu bilangnya gak laku
      skarang bilang gitu lagi

      H suRrrAM

      muehehehehe

  17. Gantengan N MAX sih.. Yg satu lagi spt perahu angsa yg di genjot pedal sepeda di kolam buatan. Terlalu “lebar” depan nya

  18. Mari lihat angka dulu cak …mulai dari kasar2 saja.
    Domestik 2020 :
    jualan H +- 2.500.000 unit
    Jualan Y +- 600.000 unit ?
    Mau dilanjut??????…..

  19. Yang bilang si nyemex 2 x lipat PCX itu aliran si MONOloghhhh alias triatmonyong , yang kaga terima kenyataan ?

  20. ekekekke

    New Peceex ditest direview Hasilnya
    – Shok Ambles buat boncengan mlorot
    – Mesin Ngempos
    – Jok atos
    – Jok mleyot mleyot
    – Pijakan kaki licin
    – Dll diisi sendiri…

    H suRrrAM

    muehehehe

  21. ekekekekek

    Wario aja KoiT di hajar Mio baik Akselerasi dan Top Speed padahal Wario udah beradiator

    H suRrrAM

    mueehehhe

  22. ekekekekek

    Daftar Produk H yg disuntik mati
    – mbeOT PuP
    – Spancy
    – Wariio 110
    – Beled
    – Peceex 150
    – Megaprotol
    – dan lain lain silahkan diiisi sendiri

    H suRrrAM

    muehehehe

  23. ekekeke

    – MbeoT mberr sereet
    – skupy jadi Burik BanTet
    – Supri nyungsep
    – sonice megap2
    – CiBokiR Anjlok
    – C3Bol150 mejen
    – Wario 125/150 Ambles
    – adeve KoiT
    – peceex Keok

    H suRrrrAM

    muehehehe

Comments are closed.