iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. persaingan antara Honda dan Yamaha di kelas Maxi skuter memang cukup panas. Walaupun tidak terucap namun tersirat itulah yang bisa kita tangkap pada pergerakan kedua pabrikan. Mungkin Honda sebagai penguasa merasa Geregetan sementara di sisi lain Yamaha yang hanya mengandalkan segelintir produk sebagai tulang punggung akan berjuang mati-matian untuk mempertahankan lumbung padi mereka. Dan yang paling hot adalah isu bahwa ternyata penjualan NMax rumornya dua kali lipat dibandingkan PCX tahun kemarin. Waahhh….seriusann kieee? Yup…. Itulah isu yang IWB terima….

Untuk menggali penjualan motor di tanah air saat ini sangatlah sulit. Karena sudah 2 tahun data AISI dikekepin tidak diumbar secara mendetail seperti zaman dulu. Data distribusi motor bukan menjadi konsumsi publik sehingga kita hanya mendapatkan gambaran total penjualan motor secara keseluruhan. Tidak sedetil dulu yang menjabarkan secara gamblang per-tipe motor, sedang sekarang tidak. Data hanya disebut skutik 150 cc atau motor sport 150cc dll. Jadi jangan pernah bermimpi mendapatkan data distribusi motor per model…lupakan cak. Lhooo tapi kok cak IWB bisa membuat judul bahwa penjualan nmax 155 dua kali lipat dari PCX150?

Kan sudah IWB sebut hanya rumor. Yang artinya kebenarannya belum tentu bisa dipegang. Namun bukan berarti rumor datang berdasarkan Ilham bin ngarang. Rumor ini tentu datang dari sumber….. Betul cak dari salah satu narasumber yang enggan disebut namanya. Sumber yang mengatakan bahwa tahun kemarin penjualan nmax 155 diisukan dua kali lipat dibandingkan dengan PCX 150. Sebuah kondisi yang sebenarnya tidak mengejutkan karena yang pertama….Astra Honda Motor disinyalir memang sudah mengerem produksi PCX 150 untuk menyambut kedatangan new PCX160 sejak tahun kemarin…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Apalagi menurut konfirmasinya, dengan kehadiran PCX160 maka produksi PCX150 akan dihentikan. Yang kedua bisa saja Memang secara pasar dengan harga yang terpaut tipis maka lebih banyak yang memilih nmax 155. Maxi scooter yang dianggap lebih Powerful serta fitur lengkap plus nama besar yang sudah diukir sejak 2015. Maxi scooter yang dianggap tangguh, murah perawatan serta desain sesuai selera pasar. Ini Mungkin lho yaa karena penjualan aslinya kita zonk tidak ada. Tidak ada data yang mendukung analisa ini. Lawong semua berdasarkan rumor. Jadi mindset bahwa motor A tetap laris pasti akan terjaga sampai kapanpun selama data asli tidak diumbar walau kenyataanya mungkin tidak demikian…

Last…. sulit untuk memastikan penetrasi sebuah produk jika tidak ada data sahih. Bahkan dengan kehadiran PCX160 sekalipun rasanya juga tetap akan sulit mindset berubah bahwa nmax terlaris di tanah air walau mungkin di masa depan akan berubah. Jadi kita hanya bisa mengandalkan populasi berdasarkan Mata melihat di jalanan. Sebuah kondisi yang tidak mungkin kita jadikan acuan Absolute mengingat populasi sebuah produk bervariasi dari satu kota dengan kota lainnya. So…. penjualan nmax 155 dua kali lipat dibandingkan dengan PCX150 tahun kemarin? Sampeyan mengikuti paham yang mana? Yang percaya atau tidak, monggo berikan opini…..(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!