iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kagettt cakkk….IWB lumayan terkejut dengan hasil dyno yang dirilis cak Kobay. Test dyno Honda New PCX-160 yang dilakukan cak Kobay di TDR Cakung…yakni pengukuran power on wheels atau roda maxi skuter Honda yang disebut sebagai Personal Comfort saloon dan mengedepankan kenyamanan betul-betul diluar dugaan. Apalagi makin bengong ketika hasil dyno tersebut dikomparasikan dengan new NMax 155 serta Aerox 155 yang notabene terkenal powerfull dikelasnya akibat kubikasi 155,1cc serta VVA (Valve Variable Actuation). Gileeee kok isoo yoooo hasilnya gini ???

Cakkk, sepertinya persaingan dikelas maxi 150cc memasuki babak baru karena semakin panas dan ketat. Setelah sebelumnya Honda sangat santai menggunakan mesin 149cc 2 katup, sementara Lawan Mereka mengandalkan mesin 155,1cc 4 katup Variable Valve Actuation (VVA), kini mereka naikkan kubikasi mesin dan nempel Rival dengan 156,9cc 4 katup atau lebih besar 1,9 cc. Mungkin mereka kesal selama ini para penunggang maxi skuter selalu mengadu kedua motor yang notabene memang beda spec mesin cukup jauh. Bayangin cak…..dengan hanya kubikasi 149cc yang artinya gap dengan lawan mencapai 6,1cc ditambah jumlah katup yang cukup timpang yakni hanya 2 katup melawan 4 katup…. masih ada saja yang melakukan adu drag disaat secara spesifikasi jelas tidak berimbang. Yahhh…netizen emang harus begitu. Alhasil mereka sukses membangungkan macan tidur….

Dan akhirnya di tahun 2021 ini Honda resmi meluncurkan generasi terbaru yang memiliki spesifikasi sangat mirip dengan Rival namun minus VTEC (nama paten Honda seperti VVA) plus kubikasi lebih besar tipis dari lawan yakni 1,9cc. Sehingga Honda menyebutnya sebagai PCX 160 walaupun sebenarnya dari kubikasi mesin hanyalah 156,9cc (dibulatkan keatas). Honda mengklaim ledakan tenaga yang dihasilkan mencapai 16ps dan torsi 14,7Nm. Angka tersebut di atas kertas sudah mengungguli Rival yang memiliki ledakan tenaga di angka 15,3ps dan torsi 13,9Nm. Tapiiiii jangan seneng dulu, kuwi kan klaim diatas kertas…

iklan iwb

Betul cak… pabrikan selalu menuliskan data spesifikasi berdasarkan pengukuran dari crankshaft. Jadi belum ke penggerak CVT, pelk ataupun roda. Pastinya angka yang dihasilkan tidak akan sebesar data klaim jika power motor kita ukur langsung ke roda. Dan untuk mengukur ledakan tenaga tersebut biasanya menggunakan mesin Dyno Test. Dan itulah yang dilakukan oleh cak Kobay. Blogger tuwo tersebut menggelandang Honda PCX 160 terbaru milik salah satu itu owner atau pengguna langsung ke mesin Dyno milik TDR. IWB sendiri pernah menggunakan mesin dyno ini untuk mengukur ledakan tenaga Kawasaki new Ninja 250 FI green tukijo. Saat itu IWB mendapatkan power 32,5HP dan torsi 14,9HP. Hasil yang sangat wajar karena berdasarkan klaim Kawasaki power New Ninja 250 FI adalah 38HP. Reduksinya berkisar 5,5HP…wajar cak. Nah terus gimana dengan new PCX160?

Inilah yang membikin IWB heran dan gumun. Maxy sekuter terbaru Honda ini pada saat pengetesan Dyno selama 3 kali run ternyata menghasilkan ledakan tenaga yang cukup besar. Lhaaa piyee cak….Run pertama menorehkan power 14,8HP….ini aja wis bikin IWB terperangah, lhaaa kok turunnya dikit banget?, hanya 1 HP disaat klaim pabrikan adalah 15,8HP. Sementara untuk torsi berada di Kisaran 10,1Nm. Kemudian running test kedua menghasilkan ledakan tenaga hingga 15HP dan torsi 10,3Nm. Wowww…naik lagi cak. Running test dilanjutkan dan mencoba running yang ketiga. Gas pol diatas mesin Dyno Axis TDR, power kembali memperoleh tenaga 14,8 HP dengan torsi 10,2 nm atau naik tipis dibandingkan dengan first running. So…jika kita tulis urutannya sbb :

– 1st Run

Power 14,8HP dan torsi 10,1Nm

– 2nd Run

Power 15HP dan torsi 10,3Nm

– 3th Run

14,8Hp dan torsi 10,2Nm

Gilaaa ini gede cak. Kondisi tersebut juga diakui Cak Yudho sebagai dedengkot TDR Racing yang juga pemilik Aerox155, NMax155, X-Max250 serta XSR155VVA. Menurutnya hasil tersebut sangat baik untuk kondisi motor standar ting-ting pabrikan. Sebab dari data yang mereka miliki dengan mesin Dyno yang sama pada Yamaha new nmax serta 155 aerox 155…..New PCX160 ini meninggalkan keduanya secara meyakinkan. Ahhhh….mosokkk ?

Betul cak, hasil komparasi menyebutkan New Nmax 155 diatas mesin Dyno TDR data sebelumnya…. menghasilkan power terbaik di angka 12,8HP dan torsi 8,8NM. Sementara New aerox 155 yang diklaim sebagai power to weight ratio terbaik di kelasnya menorehkan Power 13,4HP dan torsi 10,5Nm. So…komparasi antara ketiganya sbb….

  1. PCX160 (klaim power 15,8HP dan torsi 14,7Nm)

Power TDR Dynotest 15HP dan torsi 10,3Nm

2. New NMax155 (klaim power 15,1HP dan torsi 13,9Nm)

Power TDR Dynotest 12,8HP dan torsi 8,8Nm

3. New Aerox 155 (klaim power 15,1HP dan torsi 13,9Nm)

Power 13,4HP dan torsi 10,5Nm

Ediannnn, sulit dipercaya cak hasilnya. IWB sendiri lumayan terkejut karena gap power on wheels antara PCX vs NMax dan Aerox 155 cukup jauh. Mungkin hanya Aerox yang mampu unggul tipis torsi dibandingkan PCX160 dan ini cukup dimaklumi karena spec yang diusung skutik Honda ini adalah Overbore. Dengan hasil diatas…sepertinya Honda mampu meminimize lost power pada tiap komponen penggeraknya sehingga ledakan tenaga dari crankshaft keroda mampu diterjemahkan murni keaspal. Artinya tiap komponen sudah dihitung sedemikian rupa termasuk keputusan memperkecil ukuran pelk yang berdampak pada spontanitas ketika gas dibuka. Mungkin demikian….

Last….IWB sendiri nggak mau menjadikan hasil dyno test menjadi acuan absolute karena test jalanan sesungguhnya bisa saja berbeda. Kondisi yang bisa dipengaruhi banyak faktor seperti angin, aerodinamika dan koefisien drag. So…akan lebih baik kita tes keduanya dijalanan head to head, drag sesungguhnya agar kita semakin yakin. Tapi jelas dengan hasil diatas bisa kita simpulkan potensi maxi Honda yang disebut sebagai ” Personal Comfort Saloon” ini memang mengejutkan. Apakah dijalanan sesunggunya akan selaras dengan hasil dyno? kita tunggu saja pengetesan adu drag head to head nanti…..(iwb)

 

189 COMMENTS

    • Yaheho kalo ga curang ga menang
      110cc dilawan 125cc jingkrak2
      150cc dilawan 155cc girang
      Kalo cc sama keooooook…keooook

    • Yg enak dibaca itu syaratnya Yamaha harus menang, Honda harus kalah.
      Giyu ya bro?
      Klo gitu saya sarankan ente nongkrong aja di warungnya triatmono.
      Ente akan dpt yg ente cari.
      Xuxixiii

      • Ente berlebihan bang jo….lha wong aku ini bukan fans nya siapa siapa…aku pembaca tapi yang ringan ringan saja beritanya tapi asyik….
        Aku gak usah disaranin nongkrong dimana mana…
        Kan imho…bang jo….kaleeem…
        Tahu kan imho…
        Jangan panik bang jo….
        Boleh ngefans sama sesuatu..tapi yo…sabar…
        Ngono cak @paijo

  1. IMHO….
    horaaa pati penting lek….
    Sing penting nyaman dipakai
    Enak dipandang dan awet diperawatan
    Dah itu aja…
    Cari artikel lain saja

    • Betul bro.
      Matik itu kenyamanan paling utama.
      Itulah point yg dijual PCX selama ini.
      Nah sekarang selain nyaman PCX juga powerfull.
      Kira2 masih ada yg mau beli matik sebelah yg ga nyaman dan lelet?

  2. Nmax tinggal nunggu suntik mati…ayo bikin baru lagi..smax,kmax,mmax boleh…..gebug lagi ampe modyar

  3. Pingin kebut2an kok pakai matic !!
    Terus kalau finish didepan oleh e opo!!!
    Kalau kebut2an yo pakai motor balap lha!!!

    Pilih motor yg Harga partnya dan perawatan yg paling murah!!

    Ayo Kang ojo gembar gembor soal spek dan model tok, wis akeh yang mengulas. Coba diulas Harga Part keduanya mana yang lebih murah dan ketebalan casing keduanya!!

    • Jangan lihat angka diatas kertas , percayakan tekhnologi yang ada ?? tinggal ditangan kita mampu berdayakan atau tidak.

  4. Anehhh, matic lebih kencang dari pada sport. Sepertinya mau merubah mindset yang selama ini sudah tertanam.

  5. Yang membuat saya heran ngab, kenapa power dari Sport,Naked,matic itu beda beda ya meskipun kubikasi mesin misal sama 149cc atau 155cc.
    Pencerahannya ngabngab

    • anda salah tempat tanyanya bung!
      kalau mau cari ilmu cari di t mc
      kalau disini bo lo gernya sekarang mak kelar bung anda cuma akan dapat bacotan sa les

      • Laah…wak Haji aja bilang memang powerful…dan doi lg mikir mau pindahin 1 ke GARASI nya…???????

        Y klo GA NIPU ga pede…juga di motojipi ??

  6. PCX 150, Harga Partnya masih lebih mahal dari Nmax. Mudah2an harga partnya PCX 160 nggak lebih mahal lagi.
    Kalau harga lebih mahal dan kualitas diatas kompetitor sih wajar tapi ini dibawah kompetitor.

  7. Kelakuan FBY koyok Ta#k, naik NMax Aerox aja udah pecicilan kaya paling kenceng…FBY payah sampah…sampah…sampah…

    • Malah diatas dyno pun 149 2 klep sejaban dengan 155 4 klep ?
      Makanya dari dulu gua bilang…tekh Yahaha itu tekhnologi Abal2 ?

    • Beda teknologi bro.
      Honda cukup 2 klep utk nandingin 4 klep yamaha dgn cc lebih besar plus embel2 vva.
      Klo honda udah 4 klep udah pasti yamaha ketinggalan 4 kelurahan.

  8. Sudah sewajarnya lek ..155 CC vs 157 CC bulat jadi 160 CC yah kan ?
    Tapi kalau dintes jalan yakin deh nmax jauh lbh unggul kenapa ?faktor vva nya lek emamng sangat mantap buat nmax ..heheh
    Pasti fbh marah marah nih..wkwkwk

  9. Honda Mewwah dan berqualitasss.. ??

    Kalau sebelah belum setengah tahun dah jadi Mesin Jahit Berjalan , headlamp mulai kusam . Gredek dan getar sepanjang jalan bikin badan Kram ?

  10. Tetap saja Hnd yang dijual adalah kemewahan dan kenyamanannya ??
    Kaga Norax kek pabrik biji limbah Plastix ?

    • Iya ? diatas kertas memang gitu . Makanya gua heran. Semprot yang 19 hp bisa gua layani pake Adv150 standar tinting gua ??

  11. Jangan terkejut yamaha sedang riset mesin matic nya prediksi naik jadi 175cc dan jumlah klepnya nambah jadi 6 buah buat ngejar defisit 2 ps.

    • ekekekekrk

      BACOT doang..
      minta Video Top Speed gak ??? katanya mau lawan 4 silinder dfn 2 silinder sesembahanmu

      Gak punya Ke MaLu an apa Ber Ke MaLu an ganda , gonta ganti nickname

      H suRrAM

      muehehhe

  12. Coba new cbr150r di adu juga cak paling hasilnya mepet metik 150cc ??????????????????????????????????????????

  13. edian tenan kolom komentar udah udah jadi medan perang

    tapi salah satu pasukan kalah telak gabisa jawab apa-apa ?

Comments are closed.