iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Ambyarrr cak…emboh wisss apa yang bisa kita katakan dengan berbagai part kebijakan untuk mendongkrak penjualan otomotif ditanah air. Lhaaa piyee cak….setelah sebelumnya fix diluluskan perkara bantuan fiskal lewat relaksasi PPnBM, kini muncul wacana untuk kembali memberikan kelonggaran untuk uang muka motor atau mobil atau DP menjadi paling sedikit nol persen. Gilaaaaa….kok menurut IWB malah serem yo cak !

Beratnya pandemi covid 19 memang memukul semua sektor termasuk otomotif. Baik roda dua atau roda empat penjualan seret dan sulit cak. Hal inilah yang memaksa pemerintah putar otak guna membantu formula khusus untuk mendorong pertumbuhan sektor ekonomi dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian. Itulah kenapa akhirnya pemberian insentif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) diluluskan. Relaksasi pajak ini diberikan pada penumpang 4 x 2 termasuk mobil sedan serta kapasitas mesin di bawah 1500cc yang memiliki kandungan lokal 70%. Jadi barang import ora berlaku cak…

Informasinya pemberian insentif PPnBM akan dilakukan secara bertahap selama 9 bulan dengan masing-masing tahapan berlangsung 3 bulan yang nantinya akan dievaluasi per 3 bulan tersebut. Dan besarnya insentif juga bervariasi. Pada tiga bulan pertama insentif yang diberikan sebesar 100%….. kemudian pada tahap kedua atau tepatnya pada bulan ke-4 hingga 6 sebesar 50 persen…. Barulah pada tahap terakhir sebesar 25% dari tarif. Jadi harga mobil pastinya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan kondisi normal. Nah kuwi soal PPnBM, dilalah kini muncul rencana lain yakni melonggarkan ketentuan uang muka kredit/pembiayaan kendaraan bermotor menjadi hingga 0 persen. Ediannn…nolllll cakkkk…


iklan iwb

 Melonggarkan ketentuan uang muka kredit/pembiayaan kendaraan bermotor menjadi paling sedikit 0 persen untuk semua jenis kendaraan bermotor baru,” seru Gubernur BI Perry Warjiyo via Kompas, dalam konferensi virtual mengatakan. “BI mempertimbangkan perlu adanya dorongan pemulihan khususnya di sektor otomotif, yang memiliki backward dan forward linkage yang tinggi terhadap perekonomian. Kebijakan tersebut ditempuh sebagai bauran kebijakan dengan stimulus fiskal yang diberikan pemerintah, yakni pemberian insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM),” tutupnya….

Last….wacana ini bak pisau bermata dua, disisi lain akan menjadi stimulus penjualan namun resikonya tarikan motor macet leasing juga akan terbuka lebar. Lhaaa piyee cak, DP nol persen alias modal KTP doang sampeyan bisa bawa pulang motor, lakkkk yo serem. Saran IWB tetap, jangan paksa diri untuk kredit karena akan membuat sampeyan puyeng. Mending beli cash rasanya seger tenan cak. Btw…wacana pemberlakukan DP minimum hingga nol persen ini akan mulai berlaku Maret bulan depan. Hayooo teman-temannn…jangan tergoda hayoooo (iwb)

Advertisements
2.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
79 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Hendi
Hendi
8 days ago

Wadidaww alamat jalannya makin padats

Konsepsuwal
Konsepsuwal
8 days ago
Reply to  Hendi

Kasih banjir aja jalannya. Byarrr pada di roemah. Mantab laaaaa

Paidjo
Paidjo
8 days ago
Reply to  Konsepsuwal

Buat bantu jualan Yamaha.
Biar ga terus2an 0 unit.

Paidjo
Paidjo
8 days ago
Reply to  Konsepsuwal

Nasib yamaha klo jualan selalu tipu2
Power cuma 12 HP ngakunya 15 HP.
Pantesan numpuk di gudang nunggu dicat ulang terus.

Paidjo
Paidjo
8 days ago
Reply to  Paidjo

Kasihan sales Yamaha pada stress semua.
Produknya ga ada yg laku.
Diobral beli 1 gratis 1 aja tetep sepi peminat.
Nasib klo jualan tipu2.
12 hp ngakunya 15 hp.
Hadeuh
Tepok jidat deh

Paidjo
Paidjo
8 days ago
Reply to  Paidjo

Cuma 12 hp ngakunya 15 hp.
Yamaha pikir orang indonesia bodoh2 semua kali ya.
Jualan selalu pakai tipu2.
Ga tau yamaha kali ya klo banyak bengkel yg punya alat dyno test.
Ternyata power motor2 yamaha power seupil tapi data dimarkup biar dikira kenceng.
Aslinya sih super duper lelet.

Paidjo
Paidjo
8 days ago
Reply to  Paidjo

Pantesan orang pada kapok beli Yamaha.
Dulu ms yamaha bisa 45% sekarang tinggal 15%.
Harus dibantu dgn DP 0% biar ada yg beli.
Ngenezzz…..

Arka
Arka
7 days ago
Reply to  Paidjo

WKWKWKWKW….

Jebul Si PAIJO ini cuman sales freshgraduate dealer hon-hon.
Pantes aja kelakuannya cuman nyampah di lapak $$$.
Gak ada prestasi lain di lingkungan dealernya.

Awokwokwok…

parjok
parjok
8 days ago
Reply to  Konsepsuwal

apakah motor/mobil tahun lama tidak ada pengurangan pajak lek,, ??

soalnya kondisi mobil/motor makin lama makin jatuh kan harganya tapi kenapa pajaknya tidak turun,,

Mijone
Mijone
8 days ago
Reply to  Hendi

ekekekekke

Paidjo Kozell Kozelll

H suRrrAM

mueheheheh

Paidjo
Paidjo
8 days ago
Reply to  Mijone

Klo jualan yg jujur bro.
Klo lemot ya bilang lemot.
Jgn motor lemot bilangnya kenceng.
Cuma 12 hp bilangnya 15 hp.
Ga berkah bro

Mijone
Mijone
8 days ago
Reply to  Hendi

ekekekke

FBH harus taat bayar cicilan seumur hidup

H suuRrrAM

mueheheh

ALD
ALD
8 days ago

Beli motor dp 0 dipake buat 1 bulan aja trus gak bisa bayar ditarik leasing, tapi trus beli lagi pake dp 0 lagi dipake lagi 1 bulan trus ditarik lagi sama leasing karena gak bisa bayar dan begitu terus seterusnya sampai kena banned dari dealer gak boleh beli kredit lagi

Kambing
Kambing
7 days ago
Reply to  ALD

Sepertinya anda tidak mengetri hitungan Kredit.
Anggap Harga kendaraan 30Jt, dengan bunga 2% perbulan, jika anda kredit selama 36 bulan maka bunga yang anda harus bayar sebesar 72%.
Sekarang 30Jt + 72 % = 51.600.000 Jt Total kredit yang harus anda bayar selama 36 bulan.
Sekarang anda ambil kendaraan Dp 0% dan dibulan berikutnya anda kembalikan ke Lising, maka Hitungan lising 51.600.000 – Harga bekas kendaraan, anggaplah harga bekas kendaraan menjadi 28Jt, maka Utang anda menjadi 51.600.000 – 28Jt = 23.600.000.
Nah nominal ini yang akan menjadi nilai Kredit macet anda di data BI Checking, selama anda tidak melunasi sisa kredit ini, maka riwayat kredit anda akan Rusak dan tidak akan pernah mendapatkan pinjaman dari Bank manapun, malahan anak andapun akan terkena Imbasnya dikemudian hari, karena ada data Hitam pada riwayat kredit dikeluarga anda.

Semoga anda tidak gegabah dalam urusan Kridit.

Bali Masih Sepi
Bali Masih Sepi
6 days ago
Reply to  ALD

Ga bisa kredit rumah juga, sampe 7 turunan.

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekeke

ndaHon Diobrall aja tetep Horra payuu gembar gembor penjualan nyatanya Zonkkk contoh Peceex

H suRrrAM

muehehehe

Konsepsuwal
Konsepsuwal
8 days ago
Reply to  Mijone

Badjilaque lotonk…. Dah jamak honhon mahal tep larezz manezz. Ngebadjilakin bingitz dech otaknya lotonk

Mlehoy1
Mlehoy1
8 days ago
Reply to  Mijone

Lagi kerja, cuk….? APA KABAR POWER 12 PS 3😜😜😜😜
WKWKWKWKKK…🤣🤣🤣🎺🎺🎺🎺🎺🎺

Sana latihan SULING !

Mijone
Mijone
8 days ago
Reply to  Mlehoy1

ekekek

Laris manis tanjung kimpul

Hon diobral tetep Numpuk digudang

H suRrAM

muehehe

Jays
Jays
8 days ago
Reply to  Mijone

Cuma disini msh bisa nyampah,di $$$$ lain tukang sampah sdh di banned.

Jays
Jays
8 days ago
Reply to  Mijone

Yg pasti penjualan honda selalu di atas yamaha,dgn selisih jutaan unit.dari dulu sampai sekarang.

Paidjo
Paidjo
8 days ago
Reply to  Mijone

Intinya jualan itu yg jujur bro
Biar berkah.
Klo power cuma 12 hp jgn ngaku2 15 hp.
Itu ngibulin pembeli namanya.
Ga berkah.

Mijone
Mijone
8 days ago
Reply to  Paidjo

ekekekeke

Penjual H zonkkk
Produknya pada gak laku STOP produksi

H suRrrAM

muehehehe

Mijone
Mijone
8 days ago
Reply to  Paidjo

ekekekek

Paidjo ngatain sesembahannya sendiri
makanya diobral tetep Horra payu

H suRrAM

muejejeje

Kambing
Kambing
7 days ago
Reply to  Paidjo

adakah Pabrikan yang jujur dalam prodak mereka?

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekek

gak ngaruh buat Merk H
tetep Gak Payu

H suuRRaaaM

muehehe

Konsepsuwal
Konsepsuwal
8 days ago
Reply to  Mijone

Gak laku Matt Lo tonk’iL

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekeke

kalau jualan Tipu-Tipu

HonHon juararanya

H suuRrrAM

muehehe

Konsepsuwal
Konsepsuwal
8 days ago
Reply to  Mijone

Matt Lo tonk’iL ngeDjilakkkk sekali otak lotonk’iL

Paidjo
Paidjo
8 days ago
Reply to  Mijone

12 hp ngakunya 15 hp itu ya bro?
Parah emang yamaha.
Pantesan ga ada yg laku.
Diobral juga sepi peminat.

Mijone
Mijone
8 days ago
Reply to  Paidjo

ekekekek

kalau Jualan Tipu Tipu

HonHon juaranya

H suRrAM

muehehe

Kambing
Kambing
7 days ago
Reply to  Mijone

Saya rasa semua pabrikan tidak pernah tipu tipu jualan prodaknya.
beli motor ya yang dateng pasti motor.

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekek

CiBokiRrr tahun lawass sampai Di Lelang
tetep gak ada yg minat

H suURRAM

muehehehe

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekek

Duobrall tetep berdebu di deler

H suuRrAM

muehehehe

Jujur
Jujur
8 days ago

Paling menderita leasing banyak tarikan motor H

Jays
Jays
8 days ago
Reply to  Jujur

Leasing membeli ke dealer cash,dealer dan pabrikan tetap untung.
Kredit macet itu bukan urusan dealer dan pabrikan,itu sdh resiko leasing sbagai perusahaan pembiayaan.

Konsepsuwal
Konsepsuwal
8 days ago

Motor sepi peminat wajib hukumnya nol persen

Paidjo
Paidjo
8 days ago
Reply to  Konsepsuwal

Intinya jualan itu yg jujur.
Biar berkah.
Jangan kayak Yamaha, power cuma 12 hp ngaku2 15 hp.
Itu ngibulin pembeli namanya.
Ga berkah…

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekek.

Nih cocok buat si Paijo dan Vision

Si Paijo yg tukang fitnah ngatain pabrikan lain BC nayar buzzer eh dianya sendiri yg Tukang BC dan jadi buZZER
Si Vision yg gonta ganti nickname FBh tukang $$$$$ doang nnatangin 4 silinder pakai 2 silinder sesembahanya

H suRrrAM

muehehhee

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekeke

Cocok buat si vision dan Paijo.
Tukang Fitnah dan $$$$$ doang

H suRrAM

mueheheh

Jays
Jays
8 days ago
Reply to  Mijone

Bukan H suram
tapi
H Serreem (serem buat yahaha)

Mijone
Mijone
8 days ago
Reply to  Jays

ekekekek

Paijo dan Vision

Tukang Fitnah dan bc gak punya Ke MALU an dan Muke tembok

H suRrrrAM

mueheheh

Biasa
Biasa
8 days ago

DP nol persen.
Buru-buru beli karena panik.
Padahal angsuran naik.
Oligarki tertawa ngikik.
Rakyat makin tercekik.

Mijone
Mijone
8 days ago
Reply to  Biasa

ekekekek

FBH Gilanik dan Burik

H suuuRrrAM

mueheheh

beltsazar Tunggal
beltsazar Tunggal
8 days ago

Jangan dp nya yg di 0 kan, tapi bunganya aja yang di minimalkan

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekeke

tetep aja FBH nunggak bayar

H suuRrrAM

muehehehe

Thailancung
Thailancung
8 days ago

Ekekek……
Untung PCX rasa MOGE ku beli kesss….
MuuuuUUUuuuuehehehe……

Thailancung
Thailancung
8 days ago

Untung masyarakat Indonesia pintar2
Di tipu sales Y aj tetep belinya HONDA
MuuuuUUUuuuuehehehe…….

Paidjo
Paidjo
8 days ago
Reply to  Thailancung

Sales Y juga korban tipu2 pabrikan sembahannya bro.
Dia jual kan berdasarkan spek pabrikan.
Eh ternyata speknya ngibul abis.
Power cuma 12 HP ditulis 15 HP.

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekek

H bentar lagi tutup Pabrik kemaren uah minta bantuan Y buat ngabisin stock mesin

H suuRrrAM

mueheheheh

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekkek

Dr pada Pabrik ngangur , rilis produkk
ntar koar koar penjualan Aslinya Zonk numpuk di gudang

H suRrrAM

muehehehe

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekekek

curhatan Hati Mbeottt Mberrrrr kredit macet ditarik Lesing
maklum FBH sok gaya gayaan

H suRrrAM

mueheheheh

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekek

Masyarakat Cerdas Pilih YAMAHA
kapok beli merk H

H suRrrAM

muehehehehe

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekek

mana Pabrikan REAL SULTAN YAMAHA
sama Sultan Abal Abal SKB ( Sok Kaya Baru )

H suRrrAM

muehehehe

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekek

Dr lahir REAL SULTAN YAMAHA udah Konglomerat
beda dgn sebelah Sultan Abal abal SKB ( Sok Kaya baru ) Rongsokan

H suRrrAM

meueheehe

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekek

DP 0 persen modal KTP

bener kata Mbah dharmo

H suRrrAM

muehehehe

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekeke

MbeoT mbeeerrr kredit seumur hidup FBH

H suRrrAM

muehehehe

Gue ajah
Gue ajah
8 days ago

Gawatkah perekonomian kita…🤪

Al Gembel
Al Gembel
8 days ago

Ngorox & Namex DP 0? Asyik… Asyik!!!

😂Darmo jual Mbit nih🤭

Vision
Vision
8 days ago

2019…total jualan Yahaha setara total jualan Mbeat

2020 total jualan Yahaha separuh lebih sikit dari total penjualan Mbeat
Yahaha Suuuuurrrrrraaaaaaammmm 🤣

Kut
Kut
8 days ago

Paling 2 sales yamalu yang ngajuin habis nya gak laku muehehehehehehe

Kut
Kut
8 days ago

Biar gak 200rb lagi jualannya muehhehehehehehe

Kut
Kut
8 days ago

Kasihan yamalu DP 0 tetep gak laku muehehehehehehe

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekek

FBH siapin $$$$$$$ jgn cuma jas jes jos doang

H suRrrAM

mueheheheh

Mijone
Mijone
8 days ago

ekekekek

Merk H
– DP 0 persen masih numpuk
– Lelang gak payu
– Obral sampai emperean

H suRrAM

muehehe

Kut
Kut
8 days ago

Gara 2 CBR 150R baru
PCX baru
Yamalu buru 2 buat DP 0 muehehehehehehe

Kut
Kut
8 days ago

Amsyongg yamalu

Kut
Kut
8 days ago

SOHC abadi muehehehehehehe

Nkong
Nkong
8 days ago

Harga motornya turun g kang $$$$….
Klo g pke dp msh g tertarik…

Ario
Ario
8 days ago

DP nol persen tapi syarat ketat yo podo ae lek, finance pasti milih2 ngasih kredit

Kambing
Kambing
7 days ago

Yang diharapkan konsumen bukan DP 0%, tp suku bunga kredit seminim mungkin.
seperti kredit program KUR yang suku bunganya 0,8%

Coba lihat tabel angsuran Kredit motor dan mobil, kenapa suku bunga Kredit motor selalu lebih tinggi dari suku bunga Kredit mobil.

Kut
Kut
7 days ago

Sekarang yamalu Zonkgos jualan cuma 100 RB gara 2 CBR 150R n PCX 160 muehehehehehehe

Kut
Kut
7 days ago

Akhirnya Yamalu bisa DP 0 tanpa KTP n syarat 2 muehehehehehehe

Kut
Kut
7 days ago

Ayo yamalu di obral 2 dp 0 tanpa syarat berlaku muehehehehehehe

Kut
Kut
7 days ago

Padahal harga jauh di bawah honda trs DP 0 tetep gak laku muehehehehehehe

Eiscell
Eiscell
7 days ago

Bubble ekonomi dimulai dg kredit kendaraan DP 0% kredit rumah DP 0% buat pencitraan setahun 2 tahun terlihat bagus tp di tahun 2 berikutnya kredit macet mulai menampakan aslinya . Apalagi saat pandemi gini penghasilan perseorangan turun drastis. Bubble kemudian pecah dan krisis ekonomi benar2 terjadi seprti saat dulu ada skema kredit Dp0% diterapkan . Dan ini bisa jadi cm strategi politik buat dongkrak laporan kinerja pemerintah buat pencitraan menjelang 2024 agar laporan terlohat bagus?

Dominic
Dominic
7 days ago

Mending kecilkan bunga kredit nya daripada perkecil DP

masbro
masbro
6 days ago

jebakan riba makin merajalela.
jangan salahkan negara yang banyak utang kalau rakyatnya pun masih hobi ngutang..

jdsbcb
jdsbcb
5 days ago

good very good nice article is good