iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. tidak Kenal lelah dan terus berjuang sekuat tenaga, mungkin itulah yang IWB tangkap dari pergerakan Suzuki Indonesia pada skutik unyu-unyu saluto. Motor matic yang memiliki desain Retro hasil pengembangan desainer Italia Alessandro Tartarini ini memang menjadi salah satu matic yang menarik perhatian tanah air. Sayang kans untuk mendatangkan skutik ini naik turun. Belum ada kepastian yang membuat kita yakin bahwa saluto bakal datang ke tanah air. Tapi tahukah sampeyan dari rumor terbaru yang IWB terima, Suzuki Indonesia isunya masih berjuang ingin Bawa Saluto ke tanah air. Waaaaaahhh…beneraaann kieee?

Sebagai blogger yang cukup dekat dengan Suzuki, IWB lumayan paham betul Apa kesulitan yang mereka rasakan. Keinginan yang sangat kuat namun banyak sekali kendala Menghadang di depan mata. Seperti yang sampeyan semua tahu di artikel sebelumnya bahwa IWB pernah bahas tentang pricing dan status pemasaran. Jika Suzuki Indonesia ingin memasarkan saluto 125 mereka bakal dihadang status pemasaran yang harus didatangkan secara impor. Ini artinya bandrol skutik yang diracik oleh desainer Italia Alessandro tartarini ini tidak bakal murah….

Dengan kata lain jika Suzuki Indonesia tetap ngotot memasarkan Saluto maka berpotensi skutik ini bakal Tembus di angka 35 jutaan. Itu adalah minimum harga dan terbuka bisa di atas angka yang sudah IWB sebutkan. Semua tergantung formulasi kalkulasi pajak CBU nanti. Yang kedua adalah pemasaran. Kenapa Suzuki Indonesia tidak bisa memasarkan motor ini secara lokal karena basis pengembangan riset dan development dilakukan di Taiwan. Ini artinya jig mesin dll termasuk suporter vendor semua berada di Taiwan. Digeser kesini ? impossible karena costnya bakal geudeeee bangettt…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Di sisi lain setiap negara mendapatkan jatah untuk memproduksi beberapa produk yang tidak diperkenankan negara lain juga memproduksi produk yang sama. Oleh karena itu Suzuki Indonesia dipastikan tidak bakal memproduksi di tanah air karena basis produksi sudah dilakukan Taiwan. Apakah dari sana PT SIS berputus asa? Ternyata tidak. Dari beberapa isu yang masuk ke newsroom IWB, PT SIS rumornya bersikeras untuk mendatangkan Saluto 125 ke tanah air. Keinginan tersebut cukup kuat setelah melihat banyaknya respon para Bikers. Tapi ?

Keinginan yang sangat kuat ternyata tidak menjadi jaminan semua lancar. Sebab seluruh keputusan datang dari Jepang Pusat. Inilah yang menjadi masalah karena walaupun sudah ada permintaan dari Suzuki Indonesia tapi hingga sekarang belum ada respon yang menggembirakan dari pusat. Rumornya sih ngono cak….bener atau oraaa IWB nggak tahu. Tapi tidak ada salahnya kita berdoa semoga saja SMC sudi memahami dan serius untuk merespon permintaan Saluto 125. Sebab suka atau tidak untuk bangkit Suzuki harus bermain secara cerdas dengan menghantam segmen yang belum disentuh secara serius oleh pabrikan Jepang lain dan itu ada pada Saluto 125…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!