iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….. serasa timpang dan babak-belur, mungkin itu yang bisa kita katakan dengan hanya sekedar melihat perkembangan market otomotif roda dua dewasa ini. Ketika Astra Honda Motor melakukan gebrakan gebrakan dengan meluncurkan produk-produk baru yang mampu mengoyak senyapnya hingar bingar akibat COVID19….. sementara pabrikan lain seperti tiarap. Bahkan Yamaha sebagai Rival terdekatnya juga tidak banyak melakukan counter attack tanda tenaga mereka tidak sekuat seperti zaman dulu. Dan yang cukup mengkuatirkan dari terawangan pribadi, ternyata peluru Astra Honda Motor masih banyak. Waduhhhh….

Sebagai blogger tentu IWB ingin ada kompetisi yang imbang bukan timpang seperti sekarang. Sebagai blogger yang sudah menjadi pengamat sekaligus penulis lebih dari satu dekade sejak 2009, tren sekarang harus IWB akui betul-betul terbalik. Entah bagaimana dan apa yang terjadi dengan rival terdekat Honda yang begitu tajam di masa lalu seperti hilang tak berbekas. Kekuatan riset and development termasuk digital online yang begitu perkasa serta cerdas seakan tidak tersisa. Sementara di sisi lain penguasa pasar semakin membabi buta dan smart. Mereka Sudi mendengarkan dan merangkul semua unsur….

Mereka sadar betul bahwa kita semua saling membutuhkan. Tidak ada arogansi dan hanya persahabatan yang selalu didengungkan sehingga setiap jengkal komunikasi berujung pada pengembangan produk yang semakin tajam serta sesuai pasar. Di sisi lain sang penantang yang sangat menakutkan di masa lalu terlalu arogan. Sebuah sikap yang pelan dan pasti akan menghancurkan diri sendiri. Karena tidak ada satupun di dunia ini yang bisa berdiri sendiri tanpa bantuan unsur lain. Simbiosis mutualisme bukanlah sekedar peribahasa kosong yang dibuat oleh nenek moyang kita…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Contohlah para pendahulunya yang begitu keras berjuang. Mereka-mereka yang memiliki Fighting Spirit, merangkul, mendengarkan, humble, tidak arogan serta Sangat terbuka menerima masukan. Bukan sikap membusungkan dada dan seolah kita yang membutuhkan. Terbalik cak, Sebesar apapun pabrikan jika arogansi sudah datang….. kehancuran pasti mengintai. Ketika masukan dianggap menjatuhkan. Ketika kita bersuara dianggap sebagai musuh. Bukan intropeksi untuk memperbaiki….. betul-betul kita sangat kuatir dengan kondisi sekarang karena ketimpangan ini juga tidak akan baik….

Ketika satu pabrikan mendominasi dan menguasai secara absolute, kita juga kuatir inovasi-inovasi untuk berkompetisi akan melemah. Alhasil produk yang keluar juga tidak setajam seperti sekarang. Tapi apa boleh buat, ketika sang Rival tidak mampu mengikuti ritme, tidak mungkin Sang Penguasa harus menunggu supaya Rival bergerak. Karena semua akan stagnan diam ditempat…..kan juga ora apik cak. Ingat…. peluru Astra Honda Motor masih banyak. Dari Trawangan IWB, ada beberapa produk yang hanya sebagai refreshment color namun ada juga yang all new product dan siap menggempur pasar 2021. Sebuah produk yang akan membuat sampeyan tercengang. Tunggu dan pantengin saja…..piyeee iki rekk-rekkk..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!