iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..asli IWB cukup kaget dengan pemandangan didepan mata selama hampir satu minggu di kampung halaman yakni Tulungagung Jawa Timur. Kota yang tidak pernah IWB sambangi hampir 1 Tahun Lamanya karena pandemi covid 19. Namun karena ada kepentingan keluarga serta sowan ingin bertemu orang tua, akhirnya, sejak hari Jumat kemarin IWB sudah di Tulungagung….. menikmati suasana kota kecil yang begitu asri dan damai. Wira wiri di jalanan demi mencari kuliner dan di sanalah IWB cukup terkejut dengan populasi Honda PCX 150. Asliiii cak…. beda banget dibandingkan dengan 1 tahun sebelumnya. Walaupun di Jabodetabek sebenarnya juga demikian namun dominasi yang lihat begitu kental terasa dikota ini membuat IWB terkejut. Ya….cukup mengkuatirkan cak. Maksude piye ki???

Tren sepertinya terus bergeser. Sepertinya para pengguna Maxi scooter semakin membludak. Terbukti populasi motor ini luar biasa banyak untuk ukuran kota kecil seperti Tulungagung. Tapi satu hal yang membuat IWB terperangah adalah fakta bagaimana dominannya Honda PCX 150 di kota ini. Asli cak…diluar dugaan walaupun jika dibandingkan dengan Jakarta sekalipun sebenarnya Jabodetabek juga sudah membludak populasi PCX. Tapi di Tulungagung beda cerita. Mayoritas pengguna Maxy skuter adalah PCX. Kondisi ini berbeda dibandingkan dengan 1 tahun sebelumnya…..

Sebagai blogger yang demen otomotif kondisi ini membuat IWB penasaran, Bagaimana bisa populasi PCX 150 di kota ini begitu dominan? Asli cak…. tidak sulit bagi IWB untuk menemukan motor ini di setiap sudut jalan. Bahkan dibandingkan rival dekatnya NMax, IWB lebih sering menemukan PCX 150 Wira wiri di jalanan. Komposisi depan mata 60:40 (old Nmax). Apalagi yang Nmax baru cak….komposisi 90:10. Ediannn…..wong Tulungagung FBH semua euy?. Kondisi ini berbeda dibandingkan dengan sebelumnya. Artinya terjadi pergeseran yang cukup mengejutkan dan ini lumayan mengkuatirkan…..

iklan iwb

Betul cak, populasi Maxi scooter di kota marmer ini ini ternyata didominasi oleh PCX 150. Cepatnya pergeseran membuat IWB sangat penasaran sebenarnya, apa yang membuat mereka memilih PCX150 dibandingkan dengan lainnya? Untuk menjawab rasa penasaran IWB mencoba mencari tahu info teman kiri kanan salah satunya adalah Tomie. Dan berikut kata doi….

” Nyaman, PCX dianggap nyaman dan enak dipakai. Yang kedua harga bekasnya stabil…..” seru Tomie singkat. Woww, hanya dua alasan tersebut? ” Sama gampang ngejualnya…..cepet laku kalau pengen jual…” tambah Tomie lagi. Ini mengejutkan cak…. alasan dikemukakan semuanya adalah basic. Nyaman dan harga jual atau resale value. Kondisi yang tentu saja tiap daerah akan berbeda. Karena dari pengamatan pribadi Yamaha nmax sangat kuat di Jabodetabek. Motor ini laris manis dan cukup gampang dijual. Tapi ternyata di daerah lain belum tentu kondisinya demikian. Contohnya Tulungagung di mana PCX 150 ternyata lebih mendominasi. Iki belum yang 160 lhoooo…waahhhh….

Last….. market tiap daerah tentu saja berbeda. Bisa saja di Tulungagung PCX 150 secara kasat mata lebih mendominasi populasi, namun di kota lain bisa saja sebaliknya yakni NMaxlah yang mendominasi. Apapun itu trend market memang terus bergeser. Populasi PCX yang inferior 1 tahun sebelumnya kini terlihat Superior setelah mengaspal beberapa tahun tanda penetrasi motor Honda ini memang harus diwaspadai. Sebab dari pengalaman masa lalu gerakan skutik Honda memang selalu pelan dan pasti. Mulai dari Honda Beat Honda Vario. Dan sekarang maxi skuter PCX series. Wahhh….FBH seneng ki cak????. Nah….kalau didaerah sampeyan trennya gimana cak? Apakah sama dengan kampung halaman IWB atau sebaliknya? Monggo berikan opininya….(iwb)

Segelintir contoh foto PCX di TA, populasinya dominan

128 COMMENTS

  1. Kandani koh ra percoyo tuku motor honda penak dol dolane maning ger wes mblenger rega juala esih lumayan gelem duwurr lhh ..

    • Tanda2 kematian nmax…3 generasi keok
      Mio,mio smile,mio j,keoook
      Pigson,nva,nvl,keoooook
      Fino,fino f1,fino 125″,keoooook
      Nmax,nmax tabung,nmax konek,keooooook
      Ayo buka baru…biar digebuk lagi

  2. Kalo di Pulau Sumatera dan Jawa sih gak heran.

    Yamaha bisa imbang sama Honda cuma di Kalimantan dan Sulawesi.

    Itupun hanya di daerah (dati II)

    Kalo di Kota besarnya ( ibukota propinsi), permainan sdh selesai.

  3. Sebenernya kalo kenyamanan sama2 aja, tp org indo udah terlanjur brand minded kang, dan didukung dengan harga jual kembalinya yg masih tinggi. Lek butuh duit BPKB iso disekolahno sik wkwkwk… Lek merk liyane yo bisa dikatakan ora payu lek disekolahno… Yg ditakutkan ketika satu merk terlalu dominan adalah bikin desain motor kyk apapun tetep laku karena konsumen akan selalu ke mereka.

    • Ujung2nya bawa nama brend..
      Emang brend YAMAHA kenapa.
      Klo menurut gw strategi HONDA terstruktur dg baik.. dari Akar sampe atas..

    • ngga usah kuatir cak, selama yimm msih bisa bikin design bagus ngpain takut org ke honda semua , tapi masterpiece yimm cuma ada i bbrp produk, mt15, aerox old selebihnya b aja, ngondah kalo kembali ke jmn megapro ya wasalam

  4. Baru tahu kalo NMaks ada fitur Turbo-nya. Cara mengaktifkannya: posisi kepala harus nunduk sejajar windshield, kemudian kaki memijak ke footstep boncenger. Niscaya mesinnya langsung berubah dari 155cc menjadi 1550cc. Moge.

  5. Dealer Y & S di kota ane aja udah kembang kempis ngadepin H, blm lama ini dealer Y baru buka bbrp tahun dah K.O ?

      • Itu pcx berubah total karena Honda global. Kalo laris sih mungkin nggak juga, tapi Kalo all new pcx ini yakin laris. Fitur udah 11-12 sama nmax, tapi unggul Di power Dan torsi serta unggul karena ads logo sayap nya.

      • sunti mati itu artinya gak keluar lagi bro ini masih keluar kok tp dengan spek yang beda…kalo ada yang lebih baru nlebih baek khan gak perlu gonta ganti cat agar bisa jualan

  6. Uwedan..!! iki pasti sing ngeracuni Wong Tulungagung cak IWB.. abis moco blog IWB tentang PCX langsung glass neng dealer..??????

  7. namex cuma ‘laku di pulau jakarta sama jabar saja pak dhe.. luar itu mah ‘tewas’ semua. terutama jatim, MS ngonda hampir mencapai 90%.

  8. wes talah apapun merk motornya, selama harga bekasnya masih bagus pasti laku… gak coba tanya harga bekas megapro primus sama tiger batman cak? masih ada lho yg PD jual diangka dekat 20juta

  9. Nyaman disini bisa diartikan….
    Gredek PCX masih toleransi di banding gredex nyemex atau Ngorox Dan mesin Pcx itu haluuuuussss bertahun tahun , sedangkan mesin Ngorox dan Nyemex itu 3 4 bulan bisa jadi mesin jahit berjalan ?

  10. Konsumen yang Memiliki Satu Hati dan bagian dari kemewahan Dunia Cak ?
    Kemewahan Indonesiah….Asiahh…eropahhh…dan amerikahhh ??

  11. Honda kok bagus bagus sekarang
    Kepincut juga lihat pcx baru kemaren di Diler.
    Padahal baru punya nmax 2020 tapi mika lampu depan motor saya udah mulai burem dan mesin mulai kurang enak .

    • Begitulah Sultan ? sebelah keluarin rumus blue oceah ( pelarian ) dengan membuka jalan setapak jadi Pasar….kemudian Sultan hnd yang membangun serta menguasai dengan kekuatannya ??

  12. Pcx150 itu peringkat ke 4 dari hnd lowh jualan di 2020 ?? peringkat yang memposisikan PCX sendiri diatas nyemex dan siNgorox ?
    Bagaimana dengan pcx160 2021 ?
    Mari kita tunggu ! ???

  13. Ga bagus kalau honda terlalu dominan, kalau persaingan lebih seimbang, konsumen yg diuntungkan. Mudah2an Mijone ga cuma rajin komen doang…tp juga beli produk yamaha….spy yamaha kembali berjaya…kekeke

  14. Kebiasaan honda jika produknya laku akan di jual terus tanpa update,sebaliknya jika produknya kurang laku dibanding rival maka akan mengupdate produk tersebut….contoh cbr/cb 150 laku keras updatenya gitu2 aj, PCX gk bisa melawan nmax maka lahirlah pcx 160…..

  15. Sebenarnya sama cak..
    Didaerah saya populasi PCX sekarang makin banyak dibandingkan namek…
    Hal ini disebabkan mungkin dulunya beli namek karena harga PCX masih tinggi (CBU)…
    Sekarang saaat PCX susah lokal dan harga sama dengan namek, mereka berbondong beli PCX.
    Ada yang beli baru sehingga punya namek juga dan ada yang jual namek untuk ganti PCX…
    Disaat namek facelift, mereka sudah punya PCX dan ga bakalan ganti meski namek keluar yang baru.

    • Karena kendaraan tetap jadi investasi …sekalipun dikelasnya adalah investasi yang merugikan dibandingkan properti contohnya

      • Investasi apaan? Nyari part nya pcx nya aja harus indent..trus harga bekas dah pasti jatuh karena new pcx sudah hadir ketika kreditan old pcx sudah lunas(3 tahun)

        • Kata siapa harga jatuh emang namex baru aja bunyinya mesin udah kasar kok sejarahnya harga jual yamaha tak seindah honda

    • Hal itu penting buat kalangan masyarakat yang tabungannya tidak terlalu banyak, untuk jaga2 siapa tau ada keperluan dana darurat, jadi saat dijual kembali nilai uangnya tidak berkurang terlalu banyak. Demikian kira2 kisanak.

Comments are closed.