iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..dalam beberapa tahun terakhir banyak pujian dilempar para netizen atas produk-produk baru Honda. Alasannya satu desain pabrikan sayap mengepak semakin lama semakin improve secara signifikan. Kita sebagai biker akhirnya merasa tenang jika ada produk facelift sebab dari pengalaman masa lalu Honda mampu membuat produk yang lebih keren dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Jujur kondisi ini berbeda dengan pabrikan lain walau tidak semua. Yang menjadi pertanyaan Bagaimana bisa Honda berubah total dan memiliki desainer yang rata-rata jempolan dan sesuai pasar?

Dalam perkembangannya Honda memang mengalami revolusi yang kita katakan luar biasa. Tidak heran pabrikan ini menguasai dunia karena mereka seperti tahu bagaimana cara berubah dan mengikuti zaman. Dari motor berdesain wagu bertransformasi menjadi produk sporty. Khususnya Astra Honda Motor yang berhasil membuat kita harus mengangkat topi. Mulai dari generasi Vario series, CB series hingga CBR series, rata-rata facelift selalu bagus. Kondisi ini membuat kita pun cukup penasaran, Sebenarnya apa yang terjadi dan kenapa desainer mereka selalu mampu membaca pikiran dan keinginan kita?

Untuk Honda Global tidak perlu diragukan karena mereka memiliki core bisnis riset and development di Asia yang cukup besar. Kendati tidak bisa dipungkiri Saat ini Indonesia merupakan negara role model yang dijadikan acuan oleh Honda Global untuk motor 250cc kebawah. Bahkan Thailand pun masih sedikit di belakang Indonesia soal riset dan development. Intip saja bagaimana Honda CBR 150 serta CBR250RR. Indonesia jadi pusat RND. Termasuk matic 115 hingga 150cc…… Indonesialah yang menjadi benchmark Asia. Terbukti Honda New Scoopy lahir Indonesia terlebih dahulu bukan di Thailand…..

iklan iwb

Tidak heran kita pun sebagai blogger banyak membicarakan tentang tren ini. Kenapa desain Honda semakin lama semakin cakep di saat lainnya sepertinya cukup sulit mengikuti ritme ini. Ternyata analisa tetap mengarah pada satu poin dimana kekuatan dari Astra yang menjadi Kunci keberhasilan Astra Honda Motor meracik produk yang sesuai selera pasar. Sebagai perusahaan yang memiliki saham 50% Astra sementara 50% lainnya Honda Jepang ternyata membuat bargainang position dari Astra Honda lebih besar dibandingkan pabrikan lain. Mereka bisa debat atau ngotot untuk meracik sebuah produk dalam porsi untuk hal positif….

Kekuatan equity 50:50 membuat hal ini memungkinkan. Kondisi yang tidak dimiliki oleh pabrikan lain selain PT Astra Honda Motor. Ketika pabrikan lain total dikontrol dan diputuskan oleh pusat yakni di Jepang, Astra Honda Motor tidak. Harus ada kesepakatan antara kedua belah pihak untuk memutuskan sebuah konsep produk yang akan dirilis di pasar. Inilah faktor terpenting sehingga anak bangsa yang tahu selera pasar lokal mampu bersuara. Jadi dengan kata lain walaupun divisi riset and development diisi oleh orang-orang lokal, pada ujungnya pabrikan lain diputuskan oleh Pusat secara absolute. Sedang Astra Honda Motor tidak karena sama-sama Powerful….itu cak yang bisa IWB analisa..

Last…. tidak heran semakin lama produk-produk Honda semakin cakep. Mungkin cerita ini akan berbeda jika suatu saat saham PT Astra Honda Motor tidak lagi dimiliki 50:50 lokal-Jepang. Bergeser aja sedikit di mana 49 lokal dan 51 Jepang, Habis sudah kekuatan dari orang lokal. Oleh karena itu berdoalah semoga equity tetap terjaga di angka tersebut sehingga kita para biker bakal merasakan produk-produk yang mayoritas merupakan hasil riset anak bangsa yang disesuaikan dengan selera para biker tanah air. Desain yang semakin improve dan ganteng bukan desain yang membuat kita tepuk jidat….(iwb)

 

143 COMMENTS

  1. Mereka sudi mendengarkan cak, pernah temen diundang ke dealer pusat Jawa Barat buat sharing. Yang joss nya, dikasih sejumlah uang buat kompensasinya.

  2. Design selera cak, justru menurutku design honda generasi terakhir ini kurang bagus cak.. Masih mending satu generasi sebelumnya, bahkan generasi yang lama2 itu lebih bagus, balance, ada art nya, proposional.. Untuk saat ini honda memang menang di value brand, dan aku akui perkembangan engine semakin baik sejak era awal esp, jadinya laris manis..

    • ekekekeke

      Design waguuh gak proposional
      Mesinn tambah bosokk eSP (eSepi Peminat)

      H suuuuuRrrrAM

      muehehehehe

      • Esp sepi peminat Kok dibeli yamama jepang ya buat si vino..??????????????? apa si insinyur jepang udah gagal ngeracik Blu kor VeVeA buat ditaruh di vino…? Inget mesin ESP loh yang nemplok dengan label Honda, Koplak lu ye jon, insinyur yamaha lu bilang o’on secara gak langsung..

  3. ekekekek

    – Supra GeteRrrrr Nyungsepp
    – Sonice udah KoiT

    Design HonHon bosokk bosokkk

    H suuuuuRrrrrAM

    mueheheheh

      • ekekekke

        kalau Yamaha design Everlasting

        sedangkan Menurut pakar Design H bertahan satu minggu
        kalau gak percaya lihat yg sudah sudah

        H suuuuuRrrrrAM

        .muehehehehe

        • bener omm. honda spacy dianggap gagal lalu di suntik mati, sementara x-ride yang yang jualannya lebih sedikit masi tetep dijual. herannya, dijalan seringan ketemu spacy dibanding x-ride

          • Beda level bro.
            Honda motor cuma laku 5.000 unit sebulan dianggap ga laku.
            Sementara bagi Yamaha laku 5 unit setahun masih dianggap laku.
            Lihat Byson.
            Cuma laku 5 unit setahun masih tetep dijual klo ada yg order.
            Ngenes ya…

    • Naaahhhh… Anda benar bro.
      Desain honda hampir gak ada yg everlasting.
      Desainnya cenderung nge-Pop (hits saat ngetrend aj).
      Beda dg yamaha. Walo yamaha kurang banyak alternatif bentuk, tp desainnya everlasting. RxKing sampe kini msh enak dilihat. Jupi burhan jg gt. RxZ jg msh enak dilihat. Bebek Force 1pun yg udah 20th tetep moncer tampangnya.

  4. ekekekeke

    Owner CeBokerr aja pada jualin lagi motornya udah pada bosen designnya padahal baru keluar deler

    H suuuuRrrrrAM

    .mueheheheh

  5. Semoga tidak bergeser menjadi 49 Lokal : 51 Jepang. Amin.

    Dan semoga tidak bergeser menjadi produsen seruling. Amin.

  6. Kalo sy sih kebalikannya. Justru karena 50:50 dan pakai nama Honda, maka bisa kasih teknologi baru.

    Zaman federal motor (tanpa nama Honda) dengan Astra 51 dan Honda 49, malah jualan aja yg dipentingkan.

    Yg penting masih laku. Ingat zaman mesin astrea sama GL tuh.

  7. Lek bwt anivesary 20th dong
    -20th velg geol
    -20th mesin sohc
    20th mesin salome overstruk
    20th ga bisa bwt dohc
    20th ga bisa bwt overbore
    20th spidometer pake kabel jemuran
    20th jualan ga laku dibawah 20%
    Seru kali

  8. Motor yg penting ganteng dulu mesin bisa dioprek…kalo dari lahir udah kaya curut mana laku…macem freego,gear,mio s….yg beli cuma orang cacingan

  9. Liat muka CBR aja pusing..

    Cuma liat muka motor harus berfikir keras memikirkan bentuk macam apa yang mau disampaikan.

    Muka kok bertumpuk tumpuk.

  10. ekekekek

    Uda kasih bocoran kisi kisi kah cak ?? SAHAM akan bergeser ?? Mao Gulung tikar

    AWAs loh cak ada Karyawan Galak muke kesel

    H suuuuuRrrrrAM

    .mueheheheh

  11. Karena desainnya sekarang berkiblat dengan MOCHIN soalnya kalau desainnya itu itu aja bakal g laku, untuk saat ini yang di tekankan cuma desain kalau kualitas ya tau aja kn mochin gimana

  12. Brarti emang selera org Indonesia emang bagus y cak…. Tidak bisa di pungkiri…. Coba klo viar merekrut designer motor terbaik di indoneeia hmmmm pasti mantap

    • Bagus apanya orang indo cuma mandang desain, dikasih motorsport pake mesin ampas tetep dibeli yg penting desain cakep katanya, kebiasaan orang indo hanya memandang dari cover nya :v

  13. Saya pikir ,desain yamaha pindah ke honda?, tp utk beberapa tahun trakhir trllu sering ganti model,

    • ekekekeke

      Kayak FBH mentok limiternya di 10.000 rpm ngebul
      beda dgn R15 11.500 rpm
      Gsx 13.000 rpm

      H suuuRrrrAM

      mueheheheje

      • Ngebul tuh identik mesin pigson yg kata petinggi Yimm wajar ngebul kalo di geber di atas 7000rpm…fakta. #melawanlupa
        ?????????

  14. Klw pbrikan yg biasa abis Facelift jd suram, adakh yg tw? Yg sll d dengung2kn trbalik olh fansboyny tu loh… ?

  15. Disain Cakep dah pasti karena jualan banyak laku dan Laris ?

    Kalau jualan Mangkrak digudang …ya cukup pesslip alakadar dan DaurUlang ?

  16. memang jozz lah desain ngahaem,
    beda sama sebelah , kalo nggak desain pegawe SPBU ya desain kang fiberglas katanya…

  17. Konsumen dunia sudah membuktikan , selera mereka dijatuhkan ke hnd , bukan tanpa alasan…disain adalah Penentu awal dalam sebuah Keputusan.
    400 juta unit yang telah dilahirkan … Bukti ko sumen menjatuhkan pilihan Terbaiknya hanya pada Hnd ???

  18. Tulang punggung yang terjual 100- 150 rbu unit …..dibawah PCX apalagi di bawahah Parioh dan Mbeat mau dibanggakan ? ?

  19. Ya emang makin baik di segi desain, tapi menggunakan mesin lawas di produk yang katanya ALL NEW bikin darah mendidih gregetan cak tak akan termaafkan

    • Contoh beye tolol…mesin overstruk 58,7mm dari dulu ga ganti cuma boreup doang….ngebul dibilang biasa…knalpot becek mesin gerecek…coba sebutin mesin yaheho yg overbore

    • NMAX ya bro?
      Dari mesin dari jaman purba ga pernah ganti.
      PCX hampir tiap facrlift ganti mesin.
      Dari 125 cc, 150 cc sampai 160 cc.

  20. ============

    Desain honda makin meningkat pesat sejak mengekor desain yamaha. Apalagi sejak ada staf desainer yg direkrut.
    Tapi… Tipikal desain honda adalah FOTOGENIC (tampil bagus pada foto).
    Sedangkan Yamaha tipical eyecatching (bagus saat dilihat langsung oleh mata).

    ============

  21. Berkaca dari konsumen yang meminang hnd , mereka melihat dari mata yang dikepala hingga mata batin…maka , tiada keraguan akan produk yang pas dihati pas dengan apa yang dibutuhkan zaman kezaman ??

  22. Kalau alergi menyebut penjualan sebagai Fakta hakiki…mari sebut konsumen yang meminang sepeda motor , disana masih terpapar Fakta yang tak bisa dipungkiri… sekelas analis dewa sekalipun akan menyerahhgg ?

  23. Desain hondut semakin bagus, desain yahaha semakin jelek, fixed desainer yahaha dibajak hondut.
    Kalo sijuki sih dulu desainnya jelek, sekarang makin jelek awokwok

Comments are closed.