iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..dalam beberapa tahun terakhir banyak pujian dilempar para netizen atas produk-produk baru Honda. Alasannya satu desain pabrikan sayap mengepak semakin lama semakin improve secara signifikan. Kita sebagai biker akhirnya merasa tenang jika ada produk facelift sebab dari pengalaman masa lalu Honda mampu membuat produk yang lebih keren dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Jujur kondisi ini berbeda dengan pabrikan lain walau tidak semua. Yang menjadi pertanyaan Bagaimana bisa Honda berubah total dan memiliki desainer yang rata-rata jempolan dan sesuai pasar?

Dalam perkembangannya Honda memang mengalami revolusi yang kita katakan luar biasa. Tidak heran pabrikan ini menguasai dunia karena mereka seperti tahu bagaimana cara berubah dan mengikuti zaman. Dari motor berdesain wagu bertransformasi menjadi produk sporty. Khususnya Astra Honda Motor yang berhasil membuat kita harus mengangkat topi. Mulai dari generasi Vario series, CB series hingga CBR series, rata-rata facelift selalu bagus. Kondisi ini membuat kita pun cukup penasaran, Sebenarnya apa yang terjadi dan kenapa desainer mereka selalu mampu membaca pikiran dan keinginan kita?

Untuk Honda Global tidak perlu diragukan karena mereka memiliki core bisnis riset and development di Asia yang cukup besar. Kendati tidak bisa dipungkiri Saat ini Indonesia merupakan negara role model yang dijadikan acuan oleh Honda Global untuk motor 250cc kebawah. Bahkan Thailand pun masih sedikit di belakang Indonesia soal riset dan development. Intip saja bagaimana Honda CBR 150 serta CBR250RR. Indonesia jadi pusat RND. Termasuk matic 115 hingga 150cc…… Indonesialah yang menjadi benchmark Asia. Terbukti Honda New Scoopy lahir Indonesia terlebih dahulu bukan di Thailand…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Tidak heran kita pun sebagai blogger banyak membicarakan tentang tren ini. Kenapa desain Honda semakin lama semakin cakep di saat lainnya sepertinya cukup sulit mengikuti ritme ini. Ternyata analisa tetap mengarah pada satu poin dimana kekuatan dari Astra yang menjadi Kunci keberhasilan Astra Honda Motor meracik produk yang sesuai selera pasar. Sebagai perusahaan yang memiliki saham 50% Astra sementara 50% lainnya Honda Jepang ternyata membuat bargainang position dari Astra Honda lebih besar dibandingkan pabrikan lain. Mereka bisa debat atau ngotot untuk meracik sebuah produk dalam porsi untuk hal positif….

Kekuatan equity 50:50 membuat hal ini memungkinkan. Kondisi yang tidak dimiliki oleh pabrikan lain selain PT Astra Honda Motor. Ketika pabrikan lain total dikontrol dan diputuskan oleh pusat yakni di Jepang, Astra Honda Motor tidak. Harus ada kesepakatan antara kedua belah pihak untuk memutuskan sebuah konsep produk yang akan dirilis di pasar. Inilah faktor terpenting sehingga anak bangsa yang tahu selera pasar lokal mampu bersuara. Jadi dengan kata lain walaupun divisi riset and development diisi oleh orang-orang lokal, pada ujungnya pabrikan lain diputuskan oleh Pusat secara absolute. Sedang Astra Honda Motor tidak karena sama-sama Powerful….itu cak yang bisa IWB analisa..

Last…. tidak heran semakin lama produk-produk Honda semakin cakep. Mungkin cerita ini akan berbeda jika suatu saat saham PT Astra Honda Motor tidak lagi dimiliki 50:50 lokal-Jepang. Bergeser aja sedikit di mana 49 lokal dan 51 Jepang, Habis sudah kekuatan dari orang lokal. Oleh karena itu berdoalah semoga equity tetap terjaga di angka tersebut sehingga kita para biker bakal merasakan produk-produk yang mayoritas merupakan hasil riset anak bangsa yang disesuaikan dengan selera para biker tanah air. Desain yang semakin improve dan ganteng bukan desain yang membuat kita tepuk jidat….(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!