iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….usai sudah perjalanan rajanya diesel Isuzu Panther. Karena secara resmi PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengumumkan menyuntik mati Panther karena tekanan pasar dan emisi gas buang. Betul cak…..kebijakan Euro 4 yang nantinya akan diberlakukan di tanah air ditambah makin sulitnya Panther diterima pasar membuat PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) official menghentikan produksi Panther selamanya. Waaaduhhh, kok nyesek juga yo cak dengernya….

Akhirnya MPV diesel yang memiliki jargon rajanya diesel di tahun 2021 ini dipastikan Usai. Sepak terjang Isuzu Panther yang dirilis pertama kali di tahun 1991 akhirnya terpaksa tutup usia tahun ini karena persaingan yang semakin ketat. Kurang kompetitifnya Isuzu Panther akibat penjualan yang terus turun dan melemah mengakibatkan Isuzu akhirnya melakukan langkah berani dengan mengumumkan strategi mereka untuk tidak lagi memproduksi Isuzu Panther. Sebuah keputusan yang sebenarnya sudah kita tebak jauh hari sebelumnya cak. Hal ini terdeteksi dari raport penjualan yang memang mengalami penurunan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun….

Sebagai informasi dari data Gaikindo penjualan Panther hanya 950 unit di tahun 2018. Angka tersebut tentu jauh dari harapan mengingat di tahun 2018 kondisi ekonomi masih cukup baik. Buruknya performa dan penjualan Isuzu Panther terus terjadi hingga 2019 yang hanya menorehkan penjualan sebanyak 763 unit. Sementara di tahun 2020 Isuzu Panther hanya terjual sebanyak 320 unit. Sebuah kondisi yang cukup memprihatinkan mengingat mobil ini sebelumnya menjadi favorit dimasa lalu. Mengusung jargon rajanya diesel yang sudah mengangkat nama Panther menjadi salah satu kendaraan diesel paling handal dan murah……

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Dengan kepastian stopnya produksi Isuzu Panther PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memastikan akan tetap menyediakan sparepart dan purna service Panther. ” Bisnis Isuzu di Indonesia hari ini kita akan fokuskan pada commercial vehicle. Tetapi dari sisi pengguna Panther, tidak perlu khawatir (prihal servis). Terimakasih Panther,” seru kata Marketing Division Head IAMI Attias Asril seperti dilansir Kompas. Dengan berakhirnya Isuzu Panther kabarnya IAMI sedang menyiapkan produk pengganti yang saat ini masih dirahasiakan. ”  pastinya akan ada produk baru sebagaimana sudah tersebar bocoran-bocorannya dijagad maya…” tukasnya lagi…

Last….Isuzu sebenarnya sudah berusaha dengan meluncurkan produk lain untuk menggantikan pamor Panther yang terus meredup. Seperti Isuzu MU-X ataupun D-Max. Namun produk ini juga belum mampu mengangkat nama Isuzu berkompetisi di segmen kendaraan diesel. Memang ini adalah sebuah keputusan pahit dan cukup mengejutkan Karena bagaimanapun Isuzu Panther sudah masuk sebagai Legenda MPV diesel yang cukup disukai di masa lalu. Sayang mungkin karena perubahan pasar yang begitu dinamis membuat Isuzu Panther akhirnya menyudahi kiprahnya di Indonesia. Apalagi riset dan pengembangan Panther terkesan mandeg tidak bisa mengikuti keinginan pasar. So… Selamat tinggal sang raja diesel, namamu akan selalu dikenang oleh rakyat Indonesia. Sedih juga euy…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!