iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…….usai sudah kita bercengkrama dan merasakan diatas mesin terbaru New PCX160. Sebuah mesin yang kita katakan improve total horaaaa nanggung. Apalagi setelah melihat langsung, wedhus njaran mewah (bukan mepet sawah lho cak) tenan……asli seperti melihat motor dengan sentuhan komponen motor kelas premium beneran. Artinya dari reflektor depan dan belakang banyak permainan finishing ala 3D style…..wisssss mumet ndase cak. Tapi tentu IWB harus tetap fokus dengan pertanyaan sampeyan, karena itulah tugas IWB…yakni memberikan pencerahan. Dua poin yang cukup banyak ditanyakan ke IWB….Apakah Honda new PCX-160 masih Gredek dan amankah pakai Pertamax ?? inilah jawaban yang bisa IWB beberkan kesampeyan….

Kita lupakan dulu poin-poin detil lainnya namun IWB akan fokus pada 2 hal terhadap Honda New PCX 160. Dua poin yang IWB rasa sangat penting karena banyak banget pertanyaan ini masuk ke newsroom iwanbanaran. Dua hal yang akhirnya IWB tanyakan langsung pada divisi teknis Astra Honda Motor yakni cak Adhe. Mulai dari core development untuk eSP+ hingga 2 pertanyaan yang sering mampir di warung iwanbanaran yakni…. Apakah Honda New PCX 160 masih gredek dan bagaimana dengan kompresi yang cukup tinggi yakni mencapai 12:1. Kompresi ini membuat kita ragu apakah masih aman menggunakan bensin pertamax?

Mengingat tidak banyak area atau daerah di tanah air yang menyediakan Pertamax Turbo. Terus bagaimana solusinya jika memang di beberapa daerah bahkan hanya menyediakan bensin pertalite yang notabene memiliki kompresi 90. Apa jawaban dari Honda?

iklan iwb
iklan iwb

Diwakili oleh cak Adhe sebagai Divisi Techical service Astra Honda Motor, inilah jawaban resmi PT AHM….

Tidak usah kuatir Cak kalau ingin membeli motor ini karena PCX 160 Totally new engine. Artinya semua dirubah. Semua komponen berubah termasuk pully depan dan belakang dengan diameter yang lebih besar dengan tingkat akurasi balancing yang ditingkatkan. Kemudian yang kedua jika teman-teman bertanya tentang gredeg, kalau kita memang memaintenance sepeda motor dengan baik sebenarnya gejala ini bisa diminimize, karena gredeg itu sebenarnya pulinya kotor. Sehingga ketika kampasnya bersentuhan dengan dinding Puli, posisinya tidak bisa maksimal. Namun disisi lain pada gen baru desain memang sudah berubah. Disini kita merubah desain mangkok Puli yang tadinya ada beberapa lubang sekarang hanya menjadi dua lubang kecil….

” Di sini tujuannya adalah untuk meningkatkan ketahanan terhadap Debu. Sehingga motor akan terasa lebih ringan dan halus. Jadi ini adalah komponen dan desain baru. Yang kedua soal kompresi. Honda sudah memikirkan perihal kualitas BBM di tanah air serta kondisi di berbagai daerah. Itulah kenapa desain eSP+ plus terbaru memberikan fleksibilitas terbaik.Β  Contohnya dengan kehadiran oil jet yang akan membantu menyetabilkan prosesΒ  pembakaran pada ruang piston. Piston jet oil ini akan menyemprotkan oli di belakang piston sehingga suhu piston akan lebih terjaga. Disini ada korelasi dengan pertanyaan BBM…

” Kompresi 12:1 tidak menjadi masalah bahkan menggunakan bensin Ron 90 sekalipun. Jadi teman-teman walau menggunakan pertalite untuk PCX 160 tetap aman. Kuncinya adalah pendinginan yang optimum. Secara teknis knocking itu terjadi karena pembakaran awal yang diakibatkan karbon sisa karbon yang memanas. Itulah kenapa kehadiran oil jet piston menjadi kunci penting soal ini. Nanti teman-teman bisa melihat di buku panduan pedoman pemilik di mana kita menerangkan di sana bahwa PCX160 bisa menggunakan bensin Ron 90 keatas. Jadi aman….tidak masalah. Silahkan pakai Pertamax untuk PCX160 dan kalaupun adanya Pertalite juga aman..” seru cak Adhe. Wihhh baru jelass iki cakk….

Last…..PT Astra Honda Motor memastikan bahwa desain mangkok puli berubah total karena ini adalah new engine. Dan mereka meyakini desain terbaru ini akan menghilangkan gejala gredeg yang selama ini mungkin menjadi isu PCX150 gen awal. Walaupun tentu sebagai biker kita harus tetap merawat kebersihan di area pully biar halussss dan mulussss. Yang kedua fix, sampeyan bisa menggunakan bensin Ron 90 aka pertalite, Pertamax atau di atasnya walaupun kompresi cukup tinggi yakni mencapai 12:1. Jadi power padat karena kompresi makin tinggi namun pakai oktan rendah hayoooo wae. Nahh….semoga saja artikel ini mencerahkan, dan tunggu feel riding diatas mesin ini. Salam celengan ambrollllπŸ˜„…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

220 COMMENTS

  1. Mantep cak iwb smg segera bs mendapatkan unit all new pcc 160 ini,salam jos gandos celengan ambrol πŸ˜πŸ‘πŸ»

  2. Kalo masih baru ya insya Allah gak ada yg gredek… Gredek muncul seiring pemakaian dan perawatan to. Tapi harusnya Honda udah perbaiki, konsumen maunya yg gak gredek tanpa tergantung faktor perawatan intens. Seperti mesin skutik merk lain yg tidak muncul gredek. *Penunggang Vario 125 yg kadang gredek, wkakakak

  3. Pake pertamax turbo : 16ps
    Pake pertamax : 13ps (resiko knocking)
    Pake pertalite : 10ps (resiko knocking)
    Pake premium : 7ps (resiko knocing)

  4. Kepingin beli, eh nggak bisa bawa motor metic. Tapi bawa mobil metic/manual sih lancar jaya..
    Udah puas punya supra GTR dirumah.. Hehe

  5. Mesin berkompresi tinggi dipaksa minum bbm oktan rendah maka dampak yg utama adalah bukan sekedar hilang nya tenaga (loss power) tapi getaran dan panas berlebih pada mesin. Jika digunakan dalam jangka waktu lama maka mesin akan semakin kasar dan ya ujung nya meleduk.

  6. Mobil dimana mana
    Motor banyak
    Mobil F1 ada
    Robot Asimo punya
    Pesawat Honda jet siap berangkat
    Sirkuit MotoGP Honda Motegi Jepang ada
    Lahhh yamalu punya mongtor bosok di bangga banggain hadeuhhhh walahhh muehehehehehehe

  7. Kemudian yang kedua jika teman-teman bertanya tentang gredeg, kalau kita memang memaintenance sepeda motor dengan baik sebenarnya gejala ini bisa diminimize, karena gredeg itu sebenarnya pulinya kotor.

    WADUH KALAU JAWABANNYA BEGINI GAK ADA JAMINAN GREDEKNYA HILANG!!

    PDAHAL HILANGNYA GREDEK PCX DAN VARIO SERIES CUMA BERTAHAN 2MINGGU DR SERVICE SETELAH ITU MUNCUL LAGI

    FIX : MENDING TUNGGU 2- 3 BULAN U FAKTA GREDEK DILAPANGAN.

    • padahal pengguna vario150 series banyak mengeluhkan masalah ini terutama kalo dipakai jalan agak jauh lebih dari25km pp lebih cepet gredek!

    • Kalau d luhat gredeg d sebabkan 2 hal
      1. Kampas kopling yg ukurannya kecil, struggle menghadapi torsi yg besar
      2. Karena ukuran kecil kampas lbh mudah terkikis hasil kikisan gak bsa keluar, hasilnya numpuk d dalam ini bikin gredeg

      Ada 2 solusi, perbesar area kontak kampas kopling atau permudah pembuangan sisa kotoran kampas, kalau bsa dua2nya d aplikasi bebas gredeg, sebelah jga gredeg koq, tpi lbh lama intervalnya

  8. Kompresi 12:1 tidak menjadi masalah bahkan menggunakan bensin Ron 90 sekalipun.

    Masalahnya 2 sampai 3 th kedepan Kang!!

    Logika aja: kompresi tinggi otomatis BBM nya juga harus menyesuaikan Oktannya

    Korelasinya apa dengan oil jet piston??

    • Sepertinya anda perlu belajar lagi
      Oil jet salah satu metode oendinginan piston secara langsung
      Dg mendinginkan bagian yg kontak langsung dg campuran bahan bakar maka mengurangi kemungkinan terjadi detonasi, sama seperti direct injection bensin d semprotkan langsung k ruang bakar tidak terjadi waktu yg cukup untuk terjadi detonasi dan piston sempat d dinginkan oleh bahan bakar, maka mesin direct injection bisa pakai kompresi lbh tinggi. lagipula 12:1 adalah kompresi statis, yg punya peranan besar itu kompresi dinamis, ada mesin kompresi cma 11,6:1 tpi harus oktan 95 pakai 92 ngelitik gak karuan
      Nah ada pula kompresi 14:1 pakai pertamax malah nyaman

      • Nah betul, selisih pertalite sama pertamax brapa puluh ribu sih
        Trus Pertamax sama pertamax turbo cuma slisih kurang dari 1rbu

        Kok beli motor mahal masih mikir bbm
        Lucu

          • Kebetulan ane user aerox bro,dari pertama beli alkhamdulillah baru 2 kali terpaksa pake premium karena kebetulan stok pertamax terdekat kosong dan efeknya memang ga enak
            Slma ini ane rutin sllu isi pertamax turbo,toh slisih sama pertamax 92 cuma 900rupiah,jadi mending yg turbo sekalian.

  9. Barukali ini ada statment pabrikan yg bilang kompresi tinggi aman pake BBM oktan rendah hehehe…
    Selain gejala knocking yg pasti akan terjadi dan bisa bikin jebol piston atau bengkok klep, potensi tenaga mesin jelas akan berkurang karena pasti akan terjadi pembakaran terlalu awal, yah tapi pabrikan sudah ada statment begitu kita lihat saja kedepan.
    Soal gredeg kok aneh malah lubang dibuat lebih sedikit yah? Bukan nya harusnya diperbanyak atau malah lebih bagus diperbesar diameter lubangnya? Hmmm…

    • Mungkin kampas kopling penampangnya d buat lbh luas, dan diameter lbh besar lbh ngegrip, jdi bsa mengurangi gejala gredeg karna kampas lbh menggigit

      Masalah kompresi sama bahan bakar udh ane jelasin d atas ya

      • Soal kampas penampang luas tetap saja bisa gredeg kang kalau debu numpuk di mangkok,
        Dan soal kompresi maksud saya jangan sampai membodohi kang, ilmu dari mana kalau mesin kompresi gede bisa dikasih minum oktan rendah hanya karena ada “oil jet” ??? kalau emang salah ya bilang aja salah jangan malah pembodohan demi mencari pembenaran. Edukasi lah om bantu pembeli kalau kompresi tinggi apalagi ini sampe 12:1 minimal sekali itu pertamax jangan sampai nyicip pertalite, toh kalau nanti kejadian mesin jebol pabrikan lagi yg akan kena imbasnya. Inj bukan soal fansboy kang tapi edukasi konsumen supaya bijak dalam ngasih BBM ke kendaraan.

        • Tw gak penyebab ngelitik?
          Pelajari itu bru tw alasannya knp oil jet mampu mengurangi resiko ngelitik, knp direct injection bsa pakai kompresi tinggi tanpa ngelitik, selama mesin pakai siklus atkinson resiko ngelitik lbh rendah walau pakai kompresi statis yg tinggi

          Smw matik pasti gredeg, gredeg karna kampas tidak menggigit dg sempurna, artinya apa?
          Bsa karna kampasnya kurang gesekan dg mangkok,atau antara kampas dg mangkok ad yg menghalangi, kan udh gw bilang d awalnya, ada 2 solusi, kontruksi kampas d perluas permukaannya atau d mudahkan kotoran keluar mangkok, bagusnya dua2nya, kalau kampas d perluas permukaannya gejala slip lbh minim, maka kotoran kampas lbh sedikit, jangka waktu gredeg akan lbh lama

    • Maennya kurang jauh om.. Mesin mazda skyactiv itu kompresinya nyampe 13:1, tapi ATPMnya bilang aman minum pertamax.
      Coz ada namanya ECU untuk mengatur timing pengapian.

    • selamat menikmati gredek sepanjang masa!
      akselerasinya dibahas disebelah brow
      pcx 150 -> 6.1 detik
      pcx 160 5.9 detik
      nmax 5.5
      fix tetep aja lemot

      • Loe cherrypicking bgt
        Itu data dri gridoto kan?
        Jangan bandingin sama data wak haji beda tester beda hasil
        Dsitu adv150 lbh kenceng loh akselerasi dri 0-60km/h adv150 2 klep cma perlu 5,4 detik unggul dri new nmax
        PCX 150 2 klep jga unggul dri new nmax dri 0-60km/h cuma 5,2detik hayoloh????
        Itu data dri gridoto smw, mw ng BC malah bikin malu

        • wes talah bang… kalau mau mbahas yang adem2 ya di t** aja… dijamin lebih sedikit geludnya. disini mah memang karakter kolom komentarnya gitu. Percuma emang ndak bisa dirubah. Malah udah menjalar ke ko******s juga

        • ekekekeke

          itu didalam tester yg sama wk ji
          kalau gak percaya silahkan kunyah kunya
          jangn samakan dengan FBH tukang Hoax BC

          H suuuuuRrrrrAM

          mueheheh

  10. CBR250RR Dipacu Anak Wabup Karanganyar, Ringsek Hajar Avanza, Korban Meninggal di Usia Muda
    Nunggu ZX25R neh…. Asekkkk

  11. ekekekekke

    FBH dr kemaren udah nungguin sampai semalem gak tidur
    ndelalah makbenduduk hari ini dibuka dengan appetizer sarapan Gredek

    H suuuuuRrrrrAM

    muehehehe

  12. Masih kenceng nmax apalagi tambah vva seperti gak pernah kehabisan napas… Bla bla bla

    Emg g da limiter y? Gas trs msh bs smpek Hayabusapun ksalip πŸ˜‚πŸ€£

  13. ekekekekek

    PisCrotX kompresi 12:1 pakai pertalite + Crut crut crut One Crut…

    kug gak logis ya ??
    FBH ada yg bisa bantu jawab

    H suuuuuRrrrAM

    mueheheheh

  14. Lek iwan di video yutub menit 3.40 waktu geser roda depan ke kiri ada bunyi klek dan ada kaca yg jatuh di dekat standar samping itu apa ya lek?

  15. ekekekek

    loh Pistonnya dindingnya konvensional yak ??
    perasaan dulu ada lapisan mobyldenum diluar ?!!! Downgrade kah

    H suuuuuRrrrrAM

    mueheheheh

  16. Itu kenapa power di indo lebih kecil dr pada di jepang… di sana minim 92 di sini minim 90 masak mau sama power? Kualitas bbm berpengaruh ke timing pengapian bro…

    • Saya pernah bawa motor dibelakang PCX. Pas stop ditanjakan itu motor digas kayak di tonjol tonjol…
      Lalu bunyi getarannya aduhai sekali..

    • Gredeg itu nyata masbro, smw matic bakal gredeg koq, hanya saja mesin 150 honda kmren intervalnya terlalu prematur masak baru 1000 km udh gredeg, jdi bikin gak nyaman,

  17. Ini hnd Cak… Apalagi PCX produk dan model Global..dah diperhitungkan tuh tekhnologi yang tepat πŸ˜€πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  18. Dengan Kenaikan gak sampe sejuta…dapet motor dengan banyak Pembaruan kelas Dunia.
    PCX , motor yang disukai konsumen Indonesiah…Asiah…eropah…dan Amerikah…. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‘

  19. fix masih gredek weeeewwww
    fix ga bakal bisa ngejar nmax
    secara kualitas masih jauh dibawah nmax
    secara power ternyata juga tidak signifikan meskipun cc sudah di naikkan

    secara fitur juga masih kalah dengab nmax
    secara harga?sama

    artinya motor ini mahal dengan kualitas alakadarnya

    • Akhirnya blm 3 tahun sudah ganti mesin dan model lagi karena blm bisa ngalahi penjualan nmax…
      Motor jetsky lakunya di laut dong…

  20. Padahal hilangin gredek vario dan PCX ga sulit kang
    Lah saya di rumah pelihara 2 motor gredek, vario 150 2015 dan PCX 2020 ga ada yg gredek satu pun. Hasil gaul di group, saling sharing dan sisanya ada beberapa yg di riset sendiri

  21. Kodok2 Y pada riuh ribut di GOT eh kolam …

    Ternyata penjualan H melejit dari segala lini dan jenis motor…

    Tinggal Y yg harus putar otak gimana cara re PAINT stock2 di gudang…

    Sisa 7% harapan utk 2021 buat Y 🀭🀣🀣🀣🀣🀣

    Suling bambuuu duling bambuuuu ohhjj 😜🀣🀣

  22. Dengan kata lain penyakit gredeg dah menjadi PR besar buat matik Honda Krn titipan pertanyaan mayoritas soal gredeg2nya.Saya sebenernya lebih suka harga mahalan dari kompetitor yg penting kualitas di tingkatkan,jangan memaksakan harga mepet yg ujungnya mengorbankan kualitas.

  23. Penasaran klo di komper secara menyeluruh dengan PCX 160 yg CBU utuh dri jepang.(Kualitas material,cat,ketebalan casing,mesin,power,top speed,dll).

  24. Kalau pemahaman saya tentang rasio kompresi dan nilai ron sederhananya kalau Ron rendah mudah terbakar sedangkan Ron tinggi dibutuhkan kompresi lebih tinggi.

    Bahaya kalau kompresi tinggi dikasih Ron rendah.

    Bahan bakar terbakar di 8Β° sebelum TMA dan harus habis di 10Β° setelah TMA.(misal saja)
    jika Ron terlalu rendah terhadap nilai CR yang terjadi bahan bakar sudah terbakar habis sebelum 10Β° setelah TMA.
    Jadi piston belum posisi pas buat turun sudah dipukul..

    Lama lama kalau begini terus pecah tu piston..

    Kalaupun Ron rendah untuk minum mesin CR tinggi bisa jalan ya betul.. tapi betul..

    • Cr ada 2 cr statis dan cr dinamis, kalau statis ya hanya ukur volume ruang bakar saat tma:saat tmb, itu kompresi statis, kompresi dinamis lbh rumit, kompresi dinamis ini yg berperan besar terhadap ngelitik atau tidak, makanya ada mesin kompresi cma 11,1 kalau gak salah tpi mnta oktan 95, ad yg cr 13:1 oktan 92 malah nyaman,
      Ngelitik ada banyak faktornya, setiao faktornya bsa d rekayasa sehingga dapat mengurangi resiko ngelitik

  25. Keren Cak….ADV gua aj bisa bikin Bengek dan Asma siNgorox…apalagi dengan mesin baru yang dipake PCX ini πŸ‘πŸ‘πŸ˜‚πŸ‘

  26. Mesin uang yang akan lebih cepet memenuhi tabungan .
    Motor yang disukai Indonesiah…..Asiah….eropahh….dan amerikahhhπŸ˜‚πŸ‘πŸ‘

  27. Kalau ane ngebaca penjelasan technical personnya honda diatas sbnrnya masih kurang sreg mengenai pemakaian oktan 90. Kalau dibilang aman sih ya pasti aman “dengan catatan”. Paling konsekuensinya ya ignition timing nya di retard ECU bila ada micro-knocking pada saat memakai oktan 90 (power sedikit ngedrop). Demi ngerasain akselerasi yang lebih smooth sih saran ane sebaiknya ttp pake oktan 92 /keatas saja.

  28. ekekekek

    bilangnya Kalau adanya Pertalite gpp aman
    yawdah kalau adanya pertalite beli pertalite aja terus biar cepet Jebol

    H suuuuRrrrrAM

    mueheehehhe

  29. Kompresi 12:1 tidak menjadi masalah bahkan menggunakan bensin Ron 90 sekalipun.😁😁😁😁😁😁

    • Hah…UZONE lu jadikan patokkan..? 🀣🀣🀣🀣

      Kek menonton ulasan DHARMONYEEETTTT…walau dah ancur lebur tu penjualan produk Y , tetap di bilang laris πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  30. Mobil dimana mana
    Motor banyak
    Mobil F1 ada
    Pesawat Honda jet siap berangkat
    Robot Asimo punya
    Sirkuit MotoGP Honda Motegi Jepang ada
    Lahhh yamalu punya mongtor bosok di bangga banggain hadeuhhhh walahhh muehehehehehehe

  31. Jadi ga sabar ni test ride sendiri.

    Pasalnya banyak tester yg mengeluhkan kitiran atasnya TUMPUL.

    Kalau urusan handlingnya semua mengatakan lebih nyaman dibandingkan dengan yg Old.

    Tapi belum ada yg buka suara perihal handling-nya dibandingkan kompetitor sebelah.

    Hmmm… Semoga saja ga lama lagi dibuka test ride utk calon konsumen jadi bisa merasakan sendiri gmana sensasinya si-PeCeeX 160.

  32. Motor banyak
    Mobil dimana mana
    Mobil F1 ada
    Pesawat Honda jet siap berangkat
    Robot Asimo punya
    Sirkuit MotoGP Honda Motegi Jepang ada
    Lahhh yamalu punya mongtor bosok di bangga banggain hadeuhhhh walahhh muehehehehehehe yamalu….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here