iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…..memang luar biasaaaa segmen dikelas maxi skuter 150cc, lhaaa piyee power beda dikit wae iso panjang urusannya cak. Apalagi kalau data yang dishare memiliki perbedaan dan membuat kita bingung. Belum lagi para media ataupun penulis tidak jeli membeberkan satuan belakang yang digunakan antara PS dan HP….makin runyam wisss. Inilah yang mungkin terjadi pada New PCX160. Gara-gara poin kecil perbedaan power, IWB mencoba untuk membongkar, mana yang sahih dan logis. Tapi disini memang ada yang aneh cak. Yup….Polemik power Honda new PCX160 Indonesia vs Jepang, betulkah lebih kecil ??? yuk kita bahas diartikel ini….

Dalam beberapa hari terakhir cukup banyak pertanyaan yang dilayangkan oleh para follower Setia iwanbanaran. Pertanyaan tersebut berkaitan dengan ledakan power yang berbeda antara versi Indonesia dan Jepang. Menurut mereka, power versi Jepang lebih tinggi dibandingkan dengan versi Indonesia. Tidak ada yang salah karena memang data yang diambil menggunakan kilowatt atau KW. Disaat spesifikasi Honda PCX 160 versi Jepang menyebut angka 12 KW sementara Indonesia adalah 11,8 KW. Lalu untuk torsi versi Jepang adalah 15 nm disaat Indonesia 14,7 nm. Kita asumsikan untuk raihan RPM identik yakni 8500 RPM serta 6500 RPM….

iklan iwb
” Spesifikasi lengkap New PCX160 versi Jepang, intip satuan PS yang tertera cak….15,8PS (sumber Honda.jp).”

Disinilah yang membikin rancu serta membingungkan. Apalagi jika acuan yang kita lihat hanya melihat dari KW atau kilowatt. Padahal sampeyan harus lebih teliti untuk melihat apakah betul Honda PCX 160 versi Jepang memiliki tenaga hingga 12 KW? Karena di saat yang sama ketika keterangan di belakangnya Honda Jepang menggunakan satuan PS, Honda Jepang menyebut angka 15,8 PS…catat cak, 15,8PS (terlampir)….bukan HP. Ini sudah beda satuannya jadi jangan dicampur-campur dulu. Dan dari pengamatan serta penelitian IWB Honda selalu menggunakan satuan PS untuk spesifikasi PCX 160, bukan HP….

Dari sini sudah tidak sinkron. Artinya jika kita komparasi berdasarkan satuan PS (Pferdestarke), justru spesifikasi versi tanah air lebih besar Karena Astra Honda Motor menyebut angka 16 PS sedang Jepang adalah 15,8PS. Yang kedua adalah torsi. Dari torsi Honda PCX 160 versi Jepang ditulis 15Nm sementara versi Indonesia adalah 14,7Nm. Dengan torsi lebih besar Mungkinkah konversi yang dilakukan Honda Jepang salah? Karena jika kita konversi 15KW ini artinya power Honda New PCX 150 versi Jepang tembus 16,3 PS. Ini artinya…. perbedaan antara PCX160 Jepang yang notabene memiliki kubikasi lebih besar 1,9cc….ternyata unggul 1 PS dibandingkan dengan power Yamaha nmax yang mencapai 15,3PS. Wowwww……tapi apakah demikian?

Itulah yang saat ini masih menjadi misteri. Karena kalau sampeyan menggunakan asumsi torsi besar selaras dengan power lebih besar juga tidak benar. Jangan menggunakan acuan torsi untuk mengukur power. Mentang-mentang torsi PCX160 versi Jepang lebih besar dibandingkan dengan versi Indonesia (15Nm vs 14,7Nm), maka kita langsung ambil kesimpulan bahwa yang benar adalah 12KW bukan 15,8PS. Nggak bisa demikian juga cak. Ingat… power tidak selaras dengan torque, sebab keduanya tergantung settingan atau mapping yang diinginkan pabrikan. Horaa percoyo ?

Sampeyan intip saja spesifikasi antara Honda CBR150R 1st gen PGM FI dibandingkan dengan Honda CBR 150R sekarang. Dari data bisa kita lihat CBR150R 2011 lawas memiliki power lebih tinggi namun torsi lebih rendah yakni 17,[email protected] dan torsi 12,[email protected] Sedang CBR150R K45R power 17,[email protected] dan torsi 14,[email protected] Nahhh….clear to dari sini, torsi tidak selalu sama dengan power. Justru bisa saja karena mengejar torsi power malah turun. Oleh karena itu…. kita belum bisa menyimpulkan Apakah betul power versi Jepang lebih besar dibandingkan dengan tanah air. Sebab semua hanya berdasarkan asumsi. Lawong data dari Jepangnya aja membingungkan….

Kalau IWB sendiri condong mengambil satuan PS. Kenapa ? Entahlah, terasa lebih logis aja cak. Karena dengan PCX160 yang memiliki kubikasi 156,9 cc atau lebih besar 1,9cc dari NMax…. rasanya lebih wajar jika perbedaan powernya antara 0,5-0,7ps dibandingkan dengan 1 PS. Gede lho cakk 1PS kuwi. Kecuali sudah ada VTEC-nya, baru masuk cak. Mungkin saja versi Jepang mengejar torsi dengan konsekuensi power sedikit lebih kecil. Sementara versi Indonesia bisa saja memiliki torsi sedikit lebih kecil namun memberikan power yang lebih besar…..apapun tetap terbuka. Yah….sekali lagi semua memang hanya berdasarkan asumsi mengingat datanya sendiri masih rancu…..

Last… dengan penjabaran ini IWB berharap sampeyan mendapatkan pencerahan dan gambaran kondisi sesungguhnya. Sebenarnya kendati seandainya power sedikit lebih kecil sekalipun dari versi Jepang (jika benar tembus 16,3PS disaat tanah air adalah 16PS), rasanya cukup dimaklumi karena pabrikan pasti mencari titik terbaik agar mendapatkan kompromi dengan bahan bakar di tanah air yang memang tidak sebagus di Jepang. Tapi bisa saja justru versi Jepang memiliki power lebih kecil dengan asumsi aturan emisi gas buang disana lebih ketat. Horaaa ono sing ngerti cak. So…power Honda new PCX160 Indonesia vs Jepang, betulkah lebih kecil ??? kuwi faktanya cak. Kalau menurut sampeyan sendiri piye cak…logis mana power PCX160 versi Jepang atau di Indonesia menilik power NMax yang mencapai 15,3PS ? monggo berikan opininya….gazzz ! (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!