iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….tidak banyak orang memperhatikan seberapa besar dampak yang diberikan kecepatan terhadap kestabilan tubuh manusia. Baru sadar juga kenapa pembalap-pembalap profesional dianjurkan memiliki tubuh selalu fit dengan cara ke gym secara rutin. Apalagi pembalap formula satu. Adu kebut jet darat ini bisa dikatakan merupakan adu kebut paling berat jika dibandingkan dengan balapan-balapan dunia lainnya. Dengan kecepatan menikung ekstrim rata-rata mencapai 180km/jam, top speed sampai 300km/jam lebih dibutuhkan leher yang kuat dan tahan banting. Mangkanya jangan heran kalau leher para driver F1 kelihatan gede layaknya petinju kelas berat. Dan inilah pengaruh kecepatan terhadap tubuh manusia !!

Untuk unsur safety klo sampeyan perhatikan dibagian belakang helm para pembalap F1 ada penyangga berbentuk U. Selain untuk safety terhadap benturan ternyata equipment tsb berfungsi membantu leher pembalap dari tekanan gaya gravitasi yang disebut dengan gaya G. Seberapa besar sih pengaruhnya gaya G tehadap tubuh manusia. Berikut kita bahas ternyata betapa rentannya tubuh kita terhadap gaya gravitasi………..

Semakin cepat accelerasi semakin besar tekanan gaya gravitasi ketubuh kita. Pada balap Motogp pengaruh gaya gravitasi masih dalam taraf 2G. Hal ini karena adanya keterbatasan pada kendaraan roda dua. Khususnya dipengaruhi oleh daya grip yang hanya ditopang oleh dua ban. Sehingga kekuatan speed ditikungan? tidak terlalu ekstrim. Gaya gravitasi membesar ketika kecepatan makin bertambah ditikungan. Beda dengan mobil F1. Kemampuan mobil F1 sudah menembus level 3G-5G….

iklan iwb

Mobil F1 dalam keadaan menikung? tajam mampu tembus diatas 200km/jam. Pada level ini bagi seseorang yang tidak mempunyai latihan khusus akan timbul gejala mual dan sedikit pusing. Sehingga para pembalap yang kurang latihan konsentrasi akan terganggu dan pada akhirnya hasil balapan akan berantakan. Lain pembalap lain juga pilot. Untuk pilot pesawat komersil tentu lain dengan pilot jet tempur. Pilot jet tempur semacam F16 atau Raptor tubuh mereka harus bisa meredam kekuatan sampai setidaknya 5G…

Asal sampeyan tahu pada pesawat F16/17 kecepatan sudah diatas kecepatan suara (1mach) setara dengan 1200km/jam. F16/17 ketika digeber diangkasa kecepatan puncak jet tempur itu dikisaran 1680km/jam. Pada kecepatan itu ketika pesawat melakukan manuver menukik atau berbelok tekanan gaya gravitasi bisa mencapai 9G. Wihhhh…edan cakkkk. Padahal tekanan yang bisa diterima tubuh manusia maksimal hanya Pada level 5G, itupun tubuh harus bener-bener mendapatkan persiapan dan latihan intensif….

Sebagai simulasi ketika pesawat melakukan manuver vertikal keatas, darah sipilot akan terdorong ketubuh bagian bawah. Otomatis suplai darah keotak akan berkurang. Pada kondisi ini tubuh hanya bisa mentolerir tidak lebih dari 10 detik sebelum hilang kesadaran. Itu 5G…..padahal pesawat tempur modern sekarang kemampuan manuver sudah mencapai 9G. Untuk menyiasati kelemahan tubuh manusia, maka para insinyur AU Amerika membuat uniform khusus buat pilot jet tempur. Seragam itu dilengkapi mekanisme khusus semacam gelembung udara….

Cara kerjanya ketika darah mengalir kekaki maka gelembung udara uniform secara otomatis akan menekan tubuh bagian bawah tempat berkumpulnya darah dikaki sehingga darah akan terpompa kembali ke atas dan begitu sebaliknya pada bagian-bagian tubuh tertentu gelembung udara dari uniform akan otomatis menekan tempat-tempat yang diinginkan. Cara simpel dan cerdas karena terbukti efektif? menolong tubuh manusia hingga toleransi bisa ditingkatkan dikisaran sampai 9G…

Lebih dari 9G…..untuk saat ini? belum bisa dihandle (Hilang kesadaran). Kecuali pilot pilihan yang sangat terlatih dan berpengalaman. Oleh sebab itu pesawat jet tempur modern dikontrol secara komputerized supaya pesawat tidak melakukan manuver lebih dari 9G. Diluar itu masih bisa dihandle namun hanya segelintir pilot dengan pengalaman dan fisik luar biasa. So bro…..jangan anggap remeh speed atau kecepatan. Semakin kencang dan ekstrim suatu kecepatan, makin ekstrim juga ancaman pada tubuh kita akibat daya gravitasi. Tapi kalau biker-biker kayak kita nggak ngaruhlah ya cak. Kecuali sampeyan dlosor baru kuwi ciloko….bener horaa. Nahh dari sini kiro-kiro wis adem belum kieee soale dari tadi fansboy pada cucuk-cucukan wkwkwk (iwb)

60 COMMENTS

  1. contohnya gini kang coba kalian kibaskan tangan kalian secara cepat pasti nanti darah ditangan kalian terasa berjalan menuju jari dengan cepat.

    • Ga usah goblok2 in orang,..yg di tulis iwb itu 2 pswt tempur U.S yaitu F-16/18…dan gw ga heran dengan typo 17, krn fi ketik cepat dan blogger bukan mahir masalah alutsista..

      Lu mau adu tanding alutsista di sini..??

      Ayookkk..sampe mencret tak ladeni..

      Bodoh di piara…kambing di piara biar ga bodoh kek elu..?

    • Ada sales yang tertekan lebih dari 9G akibat peluncuran matic maxi ngondah.. Sehingga bacotnya sudah tidak terkontrol lagi contoh y si Warga Dungu.

    • @warga

      Haters paling dungu tp sotoy. Cak 1wb udah bener, F17 ada. Baca ini tong id.m.wikipedia.org/wiki/YF-17_Cobra

    • Hayo… Hajar terus… Semangat….

      Iso-iso dadi tawuran antar Desa/Kelurahan…

      Aku tak nonton siaran langsung tawuran ne tekok tipi ae bro. ???

  2. Berarti CBR 150 R aman digunakan nih.

    Krn dg topspeed yg mlempem maka

    pengendara cm terdampak 0,15 G

    Ini sensasi yg mengenakkan bro.

  3. Menurut ku peperangan komentar itu terjadi antar sales. Klw yg nulis ma tergantung transfer an. Transfer besar hasil provokasi ya super oke. Klw transfer kecil ya biasa aja. Wes itu rahasia umum.

    Sesungguhnya peperangan yg terjadi itu antar sales marketing . . .

    Wkwkwk….

    • Maklum bro anak bojo butuh Madang. Jadi mboh kepiye caranya yg penting dagangan laris walaupun harus pakai jurus tipu2.

      Wkwkwk

  4. Bahasamu itu cermin kwalitas hidupmu, mbok yao bahasane sing sopan klo nggak cocok dengan artikel bahasan yaa nggak usah masuk blog ini gitu aja kok repot buat aja blog sendiri baca sendiri komen sendiri hiduppun sendiri aja

    • Jadi orang kog baperan to Bro… Bro…

      Wis to sak karepe ndekne Rep bacot opo sing penting seru.

      Kog penakmen menjastifikasi perihal kwalitas hidup seseorang. Wong arep penak opo Yo mau kasih uang situ…??? Atau sebaliknya wong kwalitas hidupnya kurang bagus opo Yo terus mau minta kesitu..??

      Enjoy saja yg penting rame. ???

  5. Bahasa gampangnya gini aja…

    Jika berat badan kita 50kg:

    0G = berat badan kita normal

    1G = berat badan kita di timpa 1x berat kita…

    seperti kita di tindih berat 50kg

    (total berat badan kita 100kg)

    2G = 2x berat badan kita total 150kg

    5G = 5x berat badan kita…berat kita 50kg di timpa 250kg

    gana rasanya..ya itulah tekanan grafitasi.

  6. Asal kalian tahu aja , kalau motor yamaha misalnya freego di remap ecu udah langsung power tembus 20ps, lah ini kemarin tetanggaku ingin motor pcxnya bisa jabani motor motor kencang yamaha DOI nekat pergi ke bengkel langgannya ,minta di remap ecu eh gak taunya komputer mekaniknnya bootlop , ada keterangan JANGAN SOK KENCANG MOTOR ANDA TIDAK MAMPU MEMUNTAHKAN TENAGA SEPERTI KLAN YAMAHA, terus sang mekanik dengan sedikit kecewa menyarankan KALAU PENGEN PCX KAMU KENCANG SILAHKAN DATANG KE MOKAS TERUS JUAL AJA SELAKUNYA , setelah dapat uang hasil pemjualan segera belikan freego/ mio m3 atau mio gear , AKHIRNYA DENGAN SEDIKIT LEGA TEMAN AQ TERLIHAT RAUT WAJAH PENUH KEGEMBIRAAN ,karena atas saran para mekanik bengkel langgananya ia bisa memiliki motor yang MELAMPUI EXPEXTASINYA

  7. Mbah rossi berarti termasuk pemabalap hebat donk, bisa naik f1 dengan selisih cuma 0,7 dari pembalap tercepat. Pembalap motogp selain rossi mana mampu ?

    • ekekekekek

      VRossi sudah merasakan Ferrari dan Mercy ..Mengagumkam

      Sang Singa gak perlu meladeni GukGuk menggonggong diatas poHon bergelantungan

      H suuuuuRrrrrAM

      mueheheheheh

    • Pembalap yang jurdun cuma kebetulan. Pembalap skill alakadarnya. Dikamplengi anak bau kencur sampai terlunta-lunta diusir pabrikan.. ekekekek…

  8. ekekekek

    Marq Makues harus belajar banyak mengendalikan Air, Api dan udara minimal ketiga teory theraphy tersebut harus dipenuhi dan itu tidak bisa dilakukan sendiri harus ada silogisme orang-orang sekitar dan team, harusnya kejadian kemaren bisa dihindarkan GWS Marq

    H suuuuRrrrAM

    mueheheheh

  9. ekekekek

    Alien kug Crash

    gimana critanya katanya udah belajar dr jumpalitan

    H suuuuuRrrrrAM

    mueheheheeh

  10. Apalagi Tekanan MS Cak ? semakin besar angka Tekanannya…Semakin Sulit buat Yahaha dan Fby bernafas ?

  11. Parahnya lagi….tekanan si mbeat doang…. , Mampu membuat Yahaha dan Fby menghancurkan diri mereka Sendiri Caaaak ?

  12. Ingat saat Yahaha Pailit dahulu? Itu Tekanan Grafitasi yang paling memalukan Cak ?

    Ketok2 pintu Istana Sultan buat meminta pertolongan berupa Pinjaman Cakkkj ???

  13. Bagi kaum Smart….Grafitasi bisa dimanfaatkan buat Melambung Tinggi Cak … Tapi bagi kaum idiot (Fby dan junjungannya ) ….Grafitasi adalah Momok yang selalu menghancurkan mereka Cak ?

  14. Motor banyak
    Mobil dimana mana
    Mobil F1 ada
    Pesawat Honda jet siap berangkat
    Robot Asimo ada
    Sirkuit MotoGP Honda Motegi Jepang ada lahhh yamalu punya mongtor bosok di bangga banggain hadeuhhhh walahhh muehehehehehehe

  15. selalu penasaran gmn rasanya geber motogp ditengah hujan..

    naik motor di jalanan aja biar udh pke jas hujan klo jalannya agak cepat bisa kek ditusuk tusuk rasanya di badan

  16. 1G itu sekitar 9,8 m/s, itu artinya badan mendapat tekanan berlawanan dgn arah manuver (sentrifugal/inersia) sekitar 35km/h… kalo sampe 5G, apalagi 9G, bayangin aja tekanan ke badan sekenceng apa… yg cuma bisa ngepot2 pake matic trus jemput cewe depan gang minggir dulu, wkwk

Comments are closed.