iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….beberapa foto dikirim cak X, sebut saja demikian yang memuat komparasi sosok motor beda kelas dan merk yakni Burgman Street 125 vs Yamaha NMax 155. Kedua motor beda kelas tersebut siapa menyangka menyita perhatian cak X yang langsung bertanya ke IWB…..kenapa Suzuki Indonesia tidak memasukkan ke Indonesia? dan inilah faktanya….

Surel dikirim cak X ke IWB tentang peluncuran Burgman Street 125 di Philipina. Disana doi juga menunjukkan komparasi fisik sang skutik dengan Yamaha NMax yang notabene beda kelas namun tidak kalah soal kekarnya fisik. Bener cak…emang kekar banget depannya. Berikut surel lengkapnya…

Pagi cak iwb, saya adalah penggemar suzuki. Sekarang saya pakai Gsx r150 (hampir 4 tahun) & address 110 (hampir 5 tahun). Nah topik saya sekarang mengenai matic (karna saya lagi pengen matic baru suzuki). Mungkin suara saya mewakili para user suzuki lainnya mengenai antusias kami menginginkan hadirnya matic baru suzuki di tanah air. Disaat lagi pengen2 nya ndilalah saya nemu iklan di page suzuki phillipines yg menampilkan sosok warna baru dari suzuki burgman.

iklan iwb
iklan iwb

Menurut saya mungkin layak jika burgman street dipertimbangkan masuk indonesia. Ada yang bikin saya tercengang di kolom komentar pages tsb yaitu ada beberapa orang dengan post foto mereka jejerin Nmax & Burgman dan ternyata dimensi depan ga kalah gede sama Nmax. Yg keren lagi ada yang koment mengenai harga burgman street di phillipine yaitu berkisar PHP 76.900 atau IDR 22.600.000. Coba dikomparasi jika burgman street dijejer dg nmax yg notabenya beda kelas, dan berikan penilaian tentang kans masuk tanah air. Foto saya ambil dari pages suzuki phillipines.

Terimakasih cak smoga warung iwb smakin maju! πŸ™

Aminn YRA, wisss kayaknya ngiler tenan cak X dengan foto terlampir. Nggak berlebihan karena memang, kitapun dibuat terpesona ketika melihat langsung Burgman Street 125. Moment ketika kita diundang PT SIS untuk melihat fisiknya….meminta masukan kita semua. Depannya bener-bener keren dan padat. Dan asli cak…foto dibandingkan aslinyapun justru lebih ganteng aslinya. Artinya motor ini tidak fotogenic….aslinya mantap tenan jeee..

Belum lagi built qualitynya, juozz tenan. Painting, ketebalan material khas Suzuki. Sebagai informasi, Suzuki India resmi merilis Burgman 125 dengan banderol lumayan miring untuk kelas 125cc sekitar Juli 2018 lalu cak. Suzuki burgman 125 ini masih dibekali pengabut bahan bakar karburator. Konon mesinnya menggunakan basis dari Suzuki access 125 yang secara spesifikasi mengusung mesin murni 124,3 cc. Untuk ledakan power mesin termasuk umum yakni 8,6 HP di rentang 6500 rpm dengan torsi maksimum 10,2 nm pada kisaran 5000RPM. Bore stroke 52.5mm x 57.4Nm menunjukkan bahwa karakter mesin sang skutik memiliki akselerasi jempolan…..

Sementara tangki bahan bakar lumayan besar yakni 5,6 liter dengan bobot kosong secara keseluruhan adalah 110 kg. Bagasinya keren cak…wis helm in. Secara fitur Suzuki burgman 125 juga menggiurkan sebab pabrikan sudah membekali dengan power charger 12 Volt. Untuk speedometer sudah full digital namun nihil bar RPM. Kunci menganut model shutter bukan keyless. Namun sayang……aura padat area depan tidak sinkron dengan buritan. Dan memang cak, saat itu PT SIS meminta masukan pada kita untuk mendatangkan atau memasarkan Burgman Street 125 di Indonesia….

Tapi kita jujur katakan, ban depan ring 12 inchi dan belakang 10 inchi akan sangat sulit bersaing dengan pasar. Jikapun Suzuki Indonesis ingin memasukkan ke tanah air ada baiknya direvisi bagian tersebut agar lebih gambot tidak terlalu kecil. Karena dari pandangan pribadi dengan komposisi yang terlalu mungil jelas akan membuat penetrasi skutik ini lumayan berat walaupun jujur secara desain IMHO Suzuki Brugman 125 Street ini termasuk cakep dan gagah. Jadi buat cak, itu jawabannya dimana PT SIS sudah sempat mempelajari bukan berdiam diri. Namun mungkin dari survei yang mereka lakukan kurang memenuhi ekspetasi sehingga wacana memasarkan menguap begitu saja. Burgman Street 125 ?? kalau sampeyan sendiri piye cak, sreg ora kalau dibawa kesini ? monggo berikan opininya….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

82 COMMENTS

  1. Diameter Velg kurang lebar sama Ban kurang gambot, JUJUR desain depannya udah OKE, cuman dari samping kok keliatan BANTET ya.

  2. depanya lumayan lahh.. dari depan tapi… lha belakange kui.. bantet rak enak disawang babar blas.. entahlah.. bukan selera orang sini mungkin.. mau sebagus apapun kualitase nek desaine rak masuk selera ya wasalam wes penjualane lek… lha wong nggawe motor kui kanggo didol kok.. dudu disawang dewe.. lha nek disawang dewe njur oleh duite seko ndhi jal…

  3. Saya kira Freego V2 πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Kalo mau masuk indo, wajib revisi ban dan belakang. Belakangnya macam kucing kehilangan ekor

  4. Compact untuk emak2 di ind krn tingginy yg rendah. Dgn maenkan harga dikit, tentu bisa menarik minat utk berpaling ke burgman.

  5. Ukuran kekekaran apa indikatornya? Trlihat macho? Kalo hanya sebatas head to head penampakan, tentunya masalah selera dan tendensius. Sering qt menilai suatu produk looked kekar, kuat tapi ternyata juga tipis dan usual dgn yg lainya. Kecuali dengan pengetesan/uji built quality nya. Tapi semua balik lgi ke empunya, mgkin ada hidden agenda ato murni sharing ya gak tahu.

  6. haha

    sijuki di harepin,,

    Motor Sport Muka Ga jelas selera india dikritik sana sini di jual disini, giliran Saluto yang banjir pujian malah gak ada niat jual kesini,,

    haha jangan berharap banyak dari sijuki

  7. Secara pretelan part memang ok, tapi klo secara design keseluruhan gak cocok buat org Indonesia..aneh!!! Gak estetik.., design begitu lebih cocok di Taiwan/ China..sekitaran sono cak..

  8. kalo harga 22 jt disini ….dijamin laku ….ga peduli lha 125 cc …22 jt ekonomis untuk dapet motor spt itu…motor untuk sehari2 yg value….kita lihat sijuki sini apakah bodohnya akan kumat jika pasang harga di deket2 nmax atau pcx

  9. salfok sama foto terahir bening bgt itu kali bersih terawat ngga kya di daerah jawa y rata2 warna coklat ,

    oiya burgman wajib revisi kaki2 + Revisi design 🐢kalo mau bersaing dsini.

  10. Build Quality lbh joss drpd sblhny? 😎

    Pdhl Fby slama ni udh patenin jualan plastik & catny loh… Toko Kelontong adlh Y πŸ€”

    Lain dr plastik & cat y…

    Terrr… Geol

    Terrr… Terrr… Oblak

    Terrr… Terrr… Terrr… Ngebul

    🀣

  11. lah ya ini… dari kemaren lagi liat2 address, tapi karena headlamp (katanya) gampang gosong & masi belum pake hs1, serta starter masih bletak (kalau ga smg ya bikin at least halus kayak starter mio lah) jadi mikir berkali-kali.

  12. klo saya suka dengan material suzuki tetapi memang desain yg kurang masuukkk. Menurut saya klo brugman masuk indonesia itu bagus buat konsumen bisa memiliki pilihan yg lebih banyak.

    Saya juga setuju yang urgent banget untuk direvisi adalah ukuran ban yg kurang gedhe lalu setelah itu yg perlu ditimbang lagi keselarasan design. Klo Ban udah gedhe tampilan akan jauh lebih joozzz tapi dengan buritan yg sekarang apa masih sesuai ????

    • Untuk masa skrg ini, ban sperti itu pun akan tetap laris, hrg 20 jt, rak yo laris koyo scoopy.

      Ayo SIS, insyaALLAH sy akan beli burgman125 ini

      • Masalahnya bukan gak ada yang beli om, yg beli pasti ada…namun secara penjualan jika memberatkan dan jadi beban bagi Suzi indo sendiri…kemungkinan itu tak akan ada πŸ˜„

        • Optimis aja, namane usaha, belum maju udah nyerah. Usaha butuh kerja keras… Pasti laku n laris, sambil berjalan kan jg bs di rombak nantinya… Sambil jalan risetnya, sambil jualan jg. Kan enak

  13. Survei netizen, jika jebanyakan dr mereka team pelemah image lawan, maka pastibya blg jgn dbwa kesini, jeleklah dll…

    Bamun sy sendiri termasuk yg menunggu d bw k indonesia. InsyaALLAH sy beli burgman125 ini

      • Kan sy sdh bilang, akan pesan, roda belakang bukan masalah buat sy, toh tetap bisa banter, bisa enak nikung…

        Kan sy bukan netizen yg aneh² untuk mengahambat orng lain berkarya. 😁

  14. Dah di bilang jangan bawa2 desain India di sini,apalagi model bulet2 molen bantet begitu.BTW bukan membela Suzuki soal yg katanya budek,mereka sebenernya ga budek cuma kekurangan Sumber daya buat mewujudkan selera konsumen,tiap pabrikan pasti memantao pasar,tp kendalanya modal ga punya mo gimana.

    • Setuju nih, SIS sebetulnya juga mantau perkembangan pasar kok. Cuman modal jadi kendala utama.

      SIS kayaknya ada ketakutan sendiri jika produk yg di ingin-inginkan konsumen macem Saluto atau Burgman, ternyata nggak laku waktu dijual dimari.

      Tpi yg namanya bisnis, klo nggak dicoba yg nggak akan tahu hasilnya, klo dianalisa terus-menerus trs mau nyari hasil analisa yg kayak gmana?? Bingung sendirikan hasilnya…

      • Bukan SIS yang khawatir tp Suzuki Jepang, krn MS Suzuki di disini kurang dan di India Suzuki sedang merangkak naik menggulingkan diatas Yamaha, makanya mereka prioritaskan di India selain dr sisi Mobil Suzuki di India juga MS-nya nomor 1. selain India jg Taiwan, Filipina, dan Vietnam jd prioritas Suzuki Jepang krn Market Sharenya bersaing, disini MS sdh terlanjur didominasi H dan Y.

    • Barangkali ini kebijakan pusatnya bro , di india Suzi jauh lebih laris daripada Yahaha…jadi buat pertumbuhan market roda2nha …, Suzi lebih dominan dan fokus disana

  15. Mo Tnya nih lek, klo velg diganti jadi 13 inch, apa harus rombak sasis juga.? Kyaknya itu juga jadi pertimbangan buat SIS, keluar biaya lagi buat ngerombak ulang lagi sasisnya…

    Dan pastinya juga dilema, bakal bener-bener laku apa nggak klo dijual dimari…

    • iya benar.. harus rombak rangka dan rombak crankcase CVT untuk mengakomodir velg lebih besar.. karna yg sekarang didesain pas untuk velg 10 inci..

    • iya benar.. harus rombak rangka dan rombak crankcase CVT untuk mengakomodir velg lebih besar.. karna yg sekarang didesain pas untuk velg 10 inci..

    • titip pertanyaan menjelang peluncuran!

      apakah masih gredek2?

      apa bodynya tipis?

      apa catnya cepet mangkak?

      pcx sekarang dibesarin ccnya apa gak makin tipis terus apa gak tambah ngorok?

  16. Di phillipin udah Fuel Injection cak ada stiker injeksinya tuh saya lihat. Btw menurut saya sih kalau direvisi beberapa bagian mungkin bisa dipertimbangkan ditanah air mengingat dia udah menyandang nama besar burgman. Seperti Gsx yg emang udah keturunan dari klan Gsx series.

  17. hebatnya yamaha

    meski di BC secara bertubi tubi khususnya oleh kang iwan si blogger…….

    tp nmax tetap tegar berdiri memimpin penjualan domestik maupun penjualan diseluruh dunia

    kereen

  18. kalo saya jadi sijuki, saya males repot2 merevisi burgman street ini sekedar buat jualan disini… di india dan filipina yg pasarnya lebih banyak pun laku, buat apa repot hanya demi pasar indonesia yg seuprit ini? udah mah banyak protesnya, yg belinya malah cuma segelintir kecil….

    btw, saya pengguna address, jadi benernya saya jg ngarep si brugman 125 ini dijual disini… saya sih ga masalah lho pake ban 10 dan 12 itu… ga ngerti saya kenapa masalah seminor itu diributkan… tapi yah itu, kalo sijuki ga mau bawa kesini, saya sepenuhnya ngerti alasan mereka

  19. 11 tahun pake skywave no komplen Cak, walaupun vario sama yamah keluar baru2 dulu ga bergeming. cuma lama kelaman ditunggu kok ga ada yang baru, mesin jg udah kalah temen2nya udah 150cc, ini masih 125CC. akhirnya pindah ke ADV..dan miara burgman 200 jg baru2 ini. mudah2an deh keluar matic suzuki yang baru cak

  20. Iya bener sih gambot, tapi ngga proporsional. Bagian belakangnya bantet gitu. Bagusan desain matic haojue HJ 150T yg dulu sempat bocor

  21. “Namun mungkin dari survei yang mereka lakukan kurang memenuhi ekspetasi sehingga wacana memasarkan menguap begitu saja”. Apakah address juga melelui survey dulu? atau pas susuki lagi galau ga ada plan jualan apa sehingga langsung di acc

  22. Suzuki kebangetan punya motor se keren ini kaga di bawa ke Indonesia πŸ€¦β€β™‚οΈπŸ€¦β€β™‚οΈπŸ€¦β€β™‚οΈπŸ€¦β€β™‚οΈ

  23. Body tebel khas motor india kali, karna teknologi abs nya belum sebaguss indo yg bisa buat abs tipis dan kuat, menurut saya sih cocok buat lawan lexy ini motor

  24. comparenya mstinya sama lexy. dlu sis kebanyakan mikir, lexy lsg brojol..begitu lexy ada progress market mestinya sis lsg brojolin aja ini brugman (ga mentah2 desain sana, sesuikan selera pasar sini, yg suka model racing2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here