iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….. Selamat pagi Sugeng enjing para follower setia Iwanbanaran dari Sabang sampai Merauke. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, keselamatan serta keimanan di tengah kondisi dunia yang sedang mendapatkan banyak cobaan. Mulai dari pandemi covid 19 hingga bencana alam di mana-mana….pokoknya Mari kita banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada Sang Khalik. Wihhh jadi kultum cak 😄. Yo wisss… Sekarang mari kita fokus pada Topik Pagi ini cak. Yakni gebrakan Honda yang resmi meluncurkan generasi terbaru CB190ss versi 2021. Motor Retro yang mendapatkan referensi refreshment di awal Februari 2021 ini memang terlihat cukup menggiurkan. Seperti apa sosoknya? Intip detailnya di bawah ini…

Jika sampeyan mantengin setiap jengkal artikel dari IWB pasti tahu kehadiran Honda CB 190 series yang dirilis di Cina. Motor yang diracik hasil kolaborasi antara Honda dengan Wuyang Cina ini sudah mengaspal cukup lama di daratan Cina. Mengusung mesin yang sama produk ini di dipecah dalam 4 diversifikasi berbeda yani Honda CB190R, Honda CBR 190F, Honda CB 190 X serta yang terakhir adalah Honda CB 190 SS. Tiap motor memiliki karakter berbeda sesuai dengan nama yang dijejalkan. Dan kali ini sentuhan merambah pada versi yang SS. Pertanyaannya apa yang berbeda untuk versi 2021 ini?

Sami mawon tidak ada Perombakan yang berarti. Karena Honda hanya melakukan sentuhan kosmetik. Lek boso enake mung main stiker Cak. Jadi Honda wuyang hanya nempelin stiker bertuliskan CB 190 SS diarea shroud. Motor yang memiliki desain ala Retro modern tersebut juga mendapatkan tempelan stiker Wuyang Honda di bagian tangki kiri kanan bukan lagi emblem timbul. Kemudian permainan warna kombinasi abu-abu serta merah. Warna merah tersebut hanya melaburi bagian tangki sementara abu-abu dipilih menghiasi sekitar side casing serta shroud. Selebihnya adalah warna hitam di bagian Fender. Soal warna sih sami mawon dengan versi sebelumnya cak…..

iklan iwb
iklan iwb

Cukup disayangkan….mesin CB190 terlampir masih kalah galak dengan CB150R sekalipun. Dibekali mesin OHC 190cc pendingin udara (air cooled), pengabut bahan bakar injeksi (PGM FI) plus low friction technology…CB190 series memuntahkan tenaga sebesar 11,7 KW atau setara dengan 15,6 [email protected]….torsi [email protected] Bobot kosong sendiri mencapai 140 kg…..lumayan abot cak. Seluruh spesifikasi engine dikombinasikan dengan transmisi 5 gear…..yahh memang bukan buat kebut-kebutan yang pasti….

Btw…walau keren, Jujur dalam kacamata IWB karakter dari CB190SS ini tidak sememikat Neo sport Cafe. Pendekatan yang dilakukan oleh Honda sedikit berbeda terutama dari sisi nyawa Sporty-nya. Jika Neo sport Cafe memiliki karakter sangat kuat sebagai Retro modern namun pada CB 190 SS lebih mendekati Classic. IWB sendiri tidak terlalu menyukai bentuk ini dan lebih condong kepada Neo sport cafe yang terlihat gagah…

Honda CB190SS Rada kaku dan dipaksakan.  apalagi dari sektor engine juga tidak terlalu istimewa. Jika rata-rata Neo Sport Cafe sudah mengusung mesin DOHC 4 katup, maka CB190SS ini tetap pede dengan SOHC 2 katup. Yah…memang selera cak, semua tergantung tujuannya. Untuk retro sah-sah aja mesin standart. Asyiknya CB190SSS sudah dijejali dengan fitur DRL serta lampu LED. Sementara speedometer merupakan kombinasi antara digital dan Analog. Lumayan keren sih cak…

Penegas dari identitas CB 190 SS juga hadir pada knalpot yang diberikan tulisan CB190. Pemilihan warna jok coklat juga sukses membuatnya tampil lebih retro. Tidak lupa suspensi Upside Down juga tetap dicangkokkan. Ini merupakan poin penting untuk membuat tampilannya lebih gagah. Lumayan berhasil mengopy generasi Neo sport Cafe. Namun juga tidak terlalu ampuh dan masih terkesan versi murah dari gen neo Cafe. Bisa jadi opsi cak. Btw mungkinkah motor ini akan masuk Indonesia? nggak bakalan. Dari terawangan super negatif hasilnya. Tapi tenang, ada yang sedang dikerjakan AHM untuk itu…alon-alon nanti IWB terawang serius dulu biar jelas, okreekk. So……New CB190SS versi 2021? intip foto-fotonya dibawah ini….apik oraa ? (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

73 COMMENTS

  1. JIJIK, NAJIS, NGGILANI….

    WES CB125R NEO SPORT AE, DESAINE LUWIH APIK…

    TPI REGANE LUARANG LEK, DIGOWO CBU NOK KENE, PALING REGANE TEMBUS 60JUTA.

    • Orang iri denki neh. Gegara pabrikan sesembahan nya gagaL desain teros2an modyaaarrro skalian scellad prabu Loe tonk

  2. Kalau disini pabrikan budeg!!! Kagak usah ditanya..mereka tidak tau keinginan konsumen. Lebih baik ke tukang las!! Drpd ke dealer budeg! Gt aja repot.

    • Model gini ngomongin power. Design classic mana ada yang powerful. Yamaha sr 400 cc aja cuma 24 hp power nya. Kawasaki w175 cuma 13 hp. Kalo cari power gede, cari yang ada RR nya. Contoh :

      Ninja 150 RR

      Honda cbr 250 RR

      suzuki gsx 600 RR

      HONDA NSR 150 RR

  3. Aku kok agak suka ya dengan desainnya.. Tinggal kasih sentuhan dikit.. Dimodif japs / scrambler juga lumayan bagus kayaknya

      • Maklum cak sekarang (Y) lagi pailit untuk bayar iklan di TV saja sdh tidak mampu (masih kalah sama yg jualan sozzis)..!!!., karena itu untuk agar tetap exsist dan mempromosikan barang dagangannya sekaligus untuk menjungkalkan brand kompetatornya dilakukanlah sewa buzzer dan pengerahan beye”militannya(salah satunya si ekekekkk ini), biar murah asal meriah…!!! Dengan harapan mengeluarkan biaya sekecil mungkin mendapatkan hasil yg sebesar besarnya..!!…, tapi sayang seribu sayang cak karena “Tuhan Mboten Sare..!!!”Yg tadinya mau untung malah buntung karena ungkapan “siapa yg menanam maka dia yg menuai” sangat berlaku disini…..!!! Niat mau mendorong jatuh lawan kejurang eeh malah kesandung kaki yg ada dia-nya sendiri yg celaka nyemplung ke zamban….!!! [email protected]@m criit 19% jiahahaaaa.

        Rip and pray for Yamuna(fix)

        Y Blangsaaak.

        Wkwkwkkk.

  4. Sebentar lagi pasti ada beye situkang kopi emperan yang mengcompare niih motor dengan speck MotorTaeek25(MT25) kebanggaannya…..!!!

    Rip and pray for Yamuna(fix)

    Y Blangsaaak.

    Wkwkwkkk

  5. Gue bued neh. Design, outter look first. Torque second. Power then. Durability and sexuality much much more important. Yess

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here