iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….IWB sampai mengerutkan dahi berpikir keras atas surel cak Rudi Utomo, followers setia Iwanbanaran. Biker asal Jepara ini mengaku galau dan pusing karena harga jual motor bekas Honda lebih baik dibanding merk lain, inilah yang membuat doi mumet. Lhooo…kok aneh, kenapa harus mumet ?….

Ternyata ada kisah dibalik mumetnya cak Rudi. Sebagai biker yang ingin memiliki motor sesuai dengan hatinya, doi pengen banget beli NMax namun ditentang keluarga yang lebih condong ke PCX150. Alasannya satu…harga jual Yamaha di kotanya kurang bagus dibanding Honda. Berikut surel lengkapnya….

Assalamualaikum bang Iwan, semoga abang sekeluarga selalu dalam lindungan Allah Ta’ala, Amin.

Saya salah satu follower-nya abang, ingin konsultasi mengenai motor nih. Begini bang, saya ada rencana beli motor matic 150 cc dan pilihannya ada dua, antara n-max atau pcx. Dilemanya begini bang, saya demen sama n-max yang terbaru ini tapi keluarga keberatan soalnya harga pasaran motor yamaha di daerah saya kalau dijual kembali itu harganya jelek (turun banyak). Sedangkan motor honda pasarannya bagus banget dan keluarga nyaranin pcx, tapi saya nggak demen sama pcx bang.

Gimana menurut abang? Saya pun minta solusinya. Terima kasih

Waallaikumsalam wr wb….waahh, ini pertanyaan yang cukup simpel namun juga sulit. Karena pertanyaan ini sebenarnya tidak perlu mendapatkan jawaban dari orang lain. Lhaaa piyeee cak…kuwi wis masuk ranah internal urusan keluarga. Namun karena cukup menarik untuk kita bahas, IWB akan mencoba untuk menjabarkan dari point of view selaku biker sekaligus pengamat…

Di Indonesia kultur membeli barang sudah dilihat dari harga bekasnya memang tidak bisa dihilangkan. Sudah seperti mengakar karena hal ini berkaitan dengan rasa kecewa atau puas ketika kita membutuhkan uang nanti. Maklum Cak beli motor biasanya tidak bertahan lama. Model yang terus update setiap 3 tahun sekali tentu akan membuat kita semakin konsumtif. Salah satu cara yang paling efisien untuk mencegah kerugian besar adalah menjual kembali motor lama sehingga kita tidak perlu menambah duit terlalu banyak untuk membeli motor baru nanti….

Sebenarnya jika kita melihat history masa lalu, harga motor bekas tidak selalu dikuasai Honda. Di era awal 2000-an ketika Yamaha Mio berkuasa dan Honda mencoba untuk menggebrak dengan Vario…. harga bekas skutik Yamaha melesat di atas Honda. Yamaha Mio menjadi incaran para makelar motor karena memang idola saat itu. Praktis harga bekasnya tinggi banget. Bahkan diawal Honda Beat meluncur Mio tidak tergoyahkan hampir bertahun-tahun lamanya. Butuh penetrasi dan adaptasi agar pasar menerima Honda Beat…

Dan percaya atau tidak kondisi itu membuat harga jual Mio melambung tinggi. Permintaan pasar tinggi otomatis mengerek harga bekas di seluruh motkas. Hingga pada titik dimana Pasar berbalik. Honda yang terus melakukan improvisasi terhadap produknya lewat fitur serta sensasi pick up power yang lebih baik termasuk suspensi yang juga lembut membuat Honda Beat pelan dan pasti menumbangkan dominasi Mio. Permintaan Honda Beat tinggi dan disinilah otomatis pula harga bekasnya juga berbalik…

Setelah itu cukup banyak keluhan dilemparkan Para pemilik Mio karena motor bekasnya di Hargai sangat murah. Dengan tahun yang sama bahkan motor ini bisa berbeda 2 juta dibanding Beat ketika dijual di Motkas. Monggo sampeyan survei saja jika tidak percaya. Hal ini membuat para pemilik Mio sebelumnya juga berbondong-bondong shifting meminang Honda Beat. Dan pada akhirnya terbentuklah sebuah kondisi yang menguntungkan Honda. Harga bekas Mio semakin turun sementara harga bekas Honda Beat melesat jauh. Itu adalah hukum pasar yang tidak bisa kita kesampingkan….

Memang tidak semua daerah memiliki trend yang sama. Yamaha sendiri dari pantauan IWB cukup kuat di pulau Sulawesi serta beberapa bagian di Kalimantan. Praktis harga jual motor bekas mereka juga tinggi di sana. Sementara di Jawa dominasi Honda memang sulit dikalahkan. Dan suka atau tidak kondisi tersebut membuat harga jual motor bekas Honda juga lebih baik dibandingkan dengan Yamaha. Apakah ini juga berlaku untuk PCX vs NMax ? Di beberapa daerah demikian namun tidak semua. So…. mungkin Jepara salah satu kota di mana ternyata Honda PCX juga kuat soal harga bekasnya. Kalau sudah demikian Apa yang harus di lakukan?

Ikuti kata hati atau keluarga ? itu pilihan pribadi pastinya. Namun Celakanya jika keluarga tersebut adalah kunci yang menggelontorkan dana pastinya kita tidak bisa berbuat apapun. Karena mereka punya hak untuk memilih serta memberikan saran mengingat motor tidak mungkin kita pegang selamanya dan suatu saat pasti akan di jual. Kecuali jika uang tersebut milik kita pribadi maka yang terbaik adalah Ikuti kata hati….kuwi cak. Karena bagaimanapun jika tunggangan sesuai dengan selera merupakan kepuasan tersendiri walaupun pada akhirnya kita harus terima jika nanti harga bekasnya anjlok. Nahh..dari sini wis dapat gambaran cak Rudi? diskusi aja sama keluarga…kuwi sing paling uenakkkk, ora usah mumet…iyo oraaa. Kalau sampeyan sendiri pilih mana cak antara PCX vs NMax, monggo berikan opininya… (iwb)

iklan iwb
Previous articleMotor busuk tapi mesin bisa sehalus iniiiiiii, ediannnnn !
Next article[Video & Mega gallery] Inilah Yamaha MT-25 versi 2020, Garang puolll mukanya !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

92 COMMENTS

  1. ekekekekek

    Betul, motor Honhon Harga jual sekennya mahal, saking mahal nya motor HonHon New sekelas barang bekas…

    wess gitu saja ….

    H suuuuuRrrrAM ( CATET )

    muehehehhheh

  2. untuk saat ini Nmax ttp yg terabaik, mau dibandinigin dg ADV sekalipun.

    motor dgn harga diatas 30jt, harus powerfull, tenaga torsi harus maximal, gk gredeg2,

    adv-pcx hanyalah mesin vario. cm baju aaja beda, performa ya jgn ditanya jauh lbh mantap nmax, motor diatas 30jt kok sama ky 20an juta. ampun dah… terallalu banyak ngambil untungnya $$$.

    • Yahh dia nongol lagi ,, πŸ€£πŸ˜‚πŸ€­

      Bikin coment pasti lagi di stand spbu nih sambil nyebar brosur namex sama serokan,,πŸ€£πŸ˜‚πŸ€­

  3. ingin menjungkalkan nmax $$$ harus menghalalkan segara cara

    masalahnya PCX 160 masih gredek parah

    kualitasnya makin ancuuurrr

  4. Cak $$$$ harusnya gini cak, untuk Yamaha 125cc all variant memang harga kalah dari Honda 125&110cc bicara bekasnya, tapi 150cc dan 250cc sama kuat dipulau Jawa, pantengin pasaran di motkas & online

  5. Saya beli nmax 2017 seharga 26jt..tahun ini saya jual 20jt..sebenarnya pasaranya masih d atas 21jt karna biar cpet laku sy jual d bawah harga pasaran

    *lokasi surabaya

  6. liat youtube bengkel khusus PCX

    ternyata kualitas PCX lokal parah

    CVTnya banyak bermasalah

    problem shock absorber bengkok juga ternyata nyata adanya

    berwryti aryikelnya warung ini.yg bilang cuma visual itu ngibul semata

    pantesan mau nyalip nmax gak bisa bisa

    harus pakai BC setiap saat

  7. Kalau sampeyan sendiri pilih mana cak antara PCX vs NMax, monggo berikan opininya… ($$$)

    Mending di tunda dulu beli pcx 150 scond nya kr begitu pcx 160 launching, OTOMATIS ADA Diskon GEDE2AN PCX 150.

    Pengalaman: THN 2020 TEMAN KANTOR beli VARIO 110 LED BARU TH 2019 SERIES TERAKHIR CUMA 14,5JT KOMPLIT.

  8. Semua motor klo dijual lagi harganya pasti anjlok, kecuali rare item.Klo peminat motor itu banyak, harga jualnya nggak ancur-ancur banget kok. Kecuali situ nggak bisa ngejualnya.

  9. Waktu awal lahirnya cb150r pada tahun 2012 saya beli dgn indent,stelah 1 tahun pakai dijual krn butuh uang ,dan harga jual anjlok,kalah sama vixion yg masih dominan waktu itu.

    Tp sekarang harga bekasnya 11:12

  10. Dimana ada yg jual NMax bekas harganya drop banyak? Harga NMax justru yg dari awal keluar harga bekas nya tinggi dan stabil terus aamoe sekarang, hadeeh…

  11. Klo beli mio, beli seken d bawah 2 tahun.

    Harga jatuh itu cuman jd pikiran org2 yg beli baru.

    Klo nmax pcx, biasanya stabil. Sm aj. Mending beli nmax. Beli tu utk dipake bukan dijual.

      • Tp klo nmax pcx ya jelas mending nmax. Harga sekennya ttp stabil jg.

        Klo memang niat utk siap2 djual, mending beli yg murah sekalian mio m3, seken d bawah 2 tahun. D bawah 10jt udh dpt barang mulus.

        Tp klo emg niatnya gaya, beli baru, dananya kuat, beli nmax. Harga bekasnya ttp oke.

        Pokoknya klo msh mikir duitnya balik, beli 2 itu.

        Klo gw mah FBH. Belinya waria150. Titik. Nunggu waria 157. Knp waria150?krn d wilayah gw skrg mmg harga waria150 imbang sm miom3. Coba klo gw pindah jogja….auto FBY. Borong miom3.

      • Tp klo nmax pcx ya jelas mending nmax. Harga sekennya ttp stabil jg.

        Klo memang niat utk siap2 djual, mending beli yg murah sekalian mio m3, seken d bawah 2 tahun. D bawah 10jt udh dpt barang mulus.

        Tp klo emg niatnya gaya, beli baru, dananya kuat, beli nmax. Harga bekasnya ttp oke.

        Pokoknya klo msh mikir duitnya balik, beli 2 itu.

        Klo gw mah FBH. Belinya waria150. Titik. Nunggu waria 157. Knp waria150?krn d wilayah gw skrg mmg harga waria150 imbang sm miom3. Coba klo gw pindah jogja….auto FBY. Borong miom3.

  12. Bner kue cak..klo beli motor sesuai yg di inginkan akan di rawat dg baik..lwt jalan rusak pun pelan2..beda cerita beli motor yg ga sreg di hati..ane pnya motor yamaha honda..pertma pnya motor yamaha..ya ane rawat dg baik..kotor ya di cuci..lwt jalan rusak ya pelan2..nah istri ane dmen motor dr honda..yo wis jalan berlubang hajar motor kehujanan kotor di biarin, baru ketika berasa kotor bnget baru di steam..service pun kagak rutin..baru di service klo berasa udh gak enak..

  13. Indonesia pasarnya unik dari brand model harga yg ujung ujung nya pilihan suara terbayak dari keluarga yg dipilih kaya perjodohan jama baheula

  14. masalahnya suma 1. “itu yang beli duitnya sendiri apa duitnya bokap??” kalo duit sendiri, ngapain juga mikir d jual lagi. beda cerita kalo duitnya ‘keluarga’

  15. Beli motor yang sesuai fungsi nya? Kebutuhan beliau ap? Jarak jauh? Bawa banyak barang? Kalau niat di jual lagi cari motor yg di daerah itu paling banyak peminat. Atau kalau mau di jual ke luar daerah…

  16. Suzuki smash 2003 saya cuma laku 3jt cak, surat” Lengkap pajak hidup, dijual th 2013, pdhl beli seken cuma 2,5 th 2011. Ladalah kok malah untung?? Soale terawat & istimewa

  17. Suzuki smash 2003 saya cuma laku 3jt cak, surat” Lengkap pajak hidup, dijual th 2013, pdhl beli seken cuma 2,5 th 2011. Ladalah kok malah untung?? Soale terawat & istimewa

  18. Untunge sik di pingini Yamaha, coba Suzuki iso2 dicoret teko KK 🀣

    ini pula yg membuat mesin k56 yg klotok2 ambyar tetap dipertahankan oleh ngondah πŸ˜‚πŸ€£

    untunglah dulu keluarga saya Pemakai Suzuki, mindset keluarga memang tidak suka gonta-ganti motor. Beli motor ya dipake kalo rusak dibenerin bukan dijual ganti baru 🀣 makane cocok karo Suzuki sik gak rusak2

  19. Disini adv harganya jatoh. Second tahun 2020 buka harga 29 jt. Sementara baru nya 38 jt untuk yg ABS disini. Pcx juga disini harganya hancur. 😁😁😁

  20. Yang mau beli motor, beli sesuai selera mu, soal harga jual ga berarti, kalo motor sesuai selera pasti dipake lama, bahkan mungkin gakan dijual lagi…

    Kalo mo pake trus kemungkinan dijual lagi mending beli motor seken…

  21. semua merk pasti Jatuh harga jual kembalinya, untuk Case Honda dan Yamaha, di kelas yang sama, kebanyakan, tidak berbeda jauh prosentase turun antar merk tsb. jadi… mau beli motor???? masih mau mikirin harga jual kembali-nya? yen tukune wis kelas NMAX/PCX, mestine mpun mikir coro mengaten tho mas…

  22. Menurut saya sudah resiko kalau harga jual kembali kendaraan baru itu rendah.

    Kalau mau “untung” ya beli seken yg tidak terlalu lama bekas pakai.

    Itulah mengapa saya tidak mau membeli kendaraan gress/baru sekarang.

    Saya pernah beli mobil seken harga terjangkau, pas dijual malah bati/untung (harga jual lebih dari harga beli).

    Begitu juga saat beli mokas, saya paling seneng sama sekenya yamaha murah-murah masih bagus.

    Pas saya jual lagi bati lagi. Sayangnya sedikit berbeda dengan merk Honda, harga beli seken mahal padahal rata-rata motornya sudah kemrosak. Harus service dulu sebelum dijual, jangankan bati, impas wae syukur.

    Honda bagus kalau baru, kalau yamaha bagus kalau seken khusus seperti yg suka jual lagi atau gonta ganti kendaraan seperti saya.

  23. Kalo emang mikirinnya harga jual kembali, lebih baik sekalian aja carinya yang udah second. karna harganya juga udah selisih daripada harga beli barunya dan kalo kelak dijual lagi juga palingan selisihnya gak jauh banget. syukur” dapet yang harga miring tapi masih kayak baru.

  24. sungguh permasalahan yang tidak ada penting-pentingnya.

    bener komen-komen disini, ambil aja unit second mint yang umurnya setaun atau maksimal dua taun.

    sepertinya pihak keluarga juga seneng karena dana yang dikeluarkan jadi berkurang banyak.

    nanti dijual lagi pun penurunan harganya udah ngga sebanyak taun-taun pertama.

  25. Saya dari Jepara juga lek, soal harga jual kembali namex bekas yg anjlok saya rasa KELIRU, karena namex penguasa pasar matic 150cc, otomatis bekasnya masih banyak dicari, cuman emg pas picex lokal keluar dan dijual disini, para user namex emg kebanyakan rameΒ² ngejual namex old mereka buat ganti picex lokal lek.

    Tapi harga jual mereka gak berbeda jauh kok bekasnya, kalau gamau bimbang saran saia MENDING BELI BEKASNYA AJAH.

    Salam penggemar Kirana 125…

    KIRANA125HOLIC

    • Oiya lupa, itu belinya pake duit sendiri apa duitnya keluarga?

      Ini jadi jawaban tepat karena keputusan ada di pemilik duitnya…


  26. Kta siapa cak? Buktinya hrga bekas cbr k45a merosot jauh skitar 10jta an saja, belinya 32jt dijual 10jt aja susah skrg,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here