iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….IWB sampai mengerutkan dahi berpikir keras atas surel cak Rudi Utomo, followers setia Iwanbanaran. Biker asal Jepara ini mengaku galau dan pusing karena harga jual motor bekas Honda lebih baik dibanding merk lain, inilah yang membuat doi mumet. Lhooo…kok aneh, kenapa harus mumet ?….

Ternyata ada kisah dibalik mumetnya cak Rudi. Sebagai biker yang ingin memiliki motor sesuai dengan hatinya, doi pengen banget beli NMax namun ditentang keluarga yang lebih condong ke PCX150. Alasannya satu…harga jual Yamaha di kotanya kurang bagus dibanding Honda. Berikut surel lengkapnya….

Assalamualaikum bang Iwan, semoga abang sekeluarga selalu dalam lindungan Allah Ta’ala, Amin.

iklan iwb

Saya salah satu follower-nya abang, ingin konsultasi mengenai motor nih. Begini bang, saya ada rencana beli motor matic 150 cc dan pilihannya ada dua, antara n-max atau pcx. Dilemanya begini bang, saya demen sama n-max yang terbaru ini tapi keluarga keberatan soalnya harga pasaran motor yamaha di daerah saya kalau dijual kembali itu harganya jelek (turun banyak). Sedangkan motor honda pasarannya bagus banget dan keluarga nyaranin pcx, tapi saya nggak demen sama pcx bang.

Gimana menurut abang? Saya pun minta solusinya. Terima kasih

Waallaikumsalam wr wb….waahh, ini pertanyaan yang cukup simpel namun juga sulit. Karena pertanyaan ini sebenarnya tidak perlu mendapatkan jawaban dari orang lain. Lhaaa piyeee cak…kuwi wis masuk ranah internal urusan keluarga. Namun karena cukup menarik untuk kita bahas, IWB akan mencoba untuk menjabarkan dari point of view selaku biker sekaligus pengamat…

Di Indonesia kultur membeli barang sudah dilihat dari harga bekasnya memang tidak bisa dihilangkan. Sudah seperti mengakar karena hal ini berkaitan dengan rasa kecewa atau puas ketika kita membutuhkan uang nanti. Maklum Cak beli motor biasanya tidak bertahan lama. Model yang terus update setiap 3 tahun sekali tentu akan membuat kita semakin konsumtif. Salah satu cara yang paling efisien untuk mencegah kerugian besar adalah menjual kembali motor lama sehingga kita tidak perlu menambah duit terlalu banyak untuk membeli motor baru nanti….

Sebenarnya jika kita melihat history masa lalu, harga motor bekas tidak selalu dikuasai Honda. Di era awal 2000-an ketika Yamaha Mio berkuasa dan Honda mencoba untuk menggebrak dengan Vario…. harga bekas skutik Yamaha melesat di atas Honda. Yamaha Mio menjadi incaran para makelar motor karena memang idola saat itu. Praktis harga bekasnya tinggi banget. Bahkan diawal Honda Beat meluncur Mio tidak tergoyahkan hampir bertahun-tahun lamanya. Butuh penetrasi dan adaptasi agar pasar menerima Honda Beat…

Dan percaya atau tidak kondisi itu membuat harga jual Mio melambung tinggi. Permintaan pasar tinggi otomatis mengerek harga bekas di seluruh motkas. Hingga pada titik dimana Pasar berbalik. Honda yang terus melakukan improvisasi terhadap produknya lewat fitur serta sensasi pick up power yang lebih baik termasuk suspensi yang juga lembut membuat Honda Beat pelan dan pasti menumbangkan dominasi Mio. Permintaan Honda Beat tinggi dan disinilah otomatis pula harga bekasnya juga berbalik…

Setelah itu cukup banyak keluhan dilemparkan Para pemilik Mio karena motor bekasnya di Hargai sangat murah. Dengan tahun yang sama bahkan motor ini bisa berbeda 2 juta dibanding Beat ketika dijual di Motkas. Monggo sampeyan survei saja jika tidak percaya. Hal ini membuat para pemilik Mio sebelumnya juga berbondong-bondong shifting meminang Honda Beat. Dan pada akhirnya terbentuklah sebuah kondisi yang menguntungkan Honda. Harga bekas Mio semakin turun sementara harga bekas Honda Beat melesat jauh. Itu adalah hukum pasar yang tidak bisa kita kesampingkan….

Memang tidak semua daerah memiliki trend yang sama. Yamaha sendiri dari pantauan IWB cukup kuat di pulau Sulawesi serta beberapa bagian di Kalimantan. Praktis harga jual motor bekas mereka juga tinggi di sana. Sementara di Jawa dominasi Honda memang sulit dikalahkan. Dan suka atau tidak kondisi tersebut membuat harga jual motor bekas Honda juga lebih baik dibandingkan dengan Yamaha. Apakah ini juga berlaku untuk PCX vs NMax ? Di beberapa daerah demikian namun tidak semua. So…. mungkin Jepara salah satu kota di mana ternyata Honda PCX juga kuat soal harga bekasnya. Kalau sudah demikian Apa yang harus di lakukan?

Ikuti kata hati atau keluarga ? itu pilihan pribadi pastinya. Namun Celakanya jika keluarga tersebut adalah kunci yang menggelontorkan dana pastinya kita tidak bisa berbuat apapun. Karena mereka punya hak untuk memilih serta memberikan saran mengingat motor tidak mungkin kita pegang selamanya dan suatu saat pasti akan di jual. Kecuali jika uang tersebut milik kita pribadi maka yang terbaik adalah Ikuti kata hati….kuwi cak. Karena bagaimanapun jika tunggangan sesuai dengan selera merupakan kepuasan tersendiri walaupun pada akhirnya kita harus terima jika nanti harga bekasnya anjlok. Nahh..dari sini wis dapat gambaran cak Rudi? diskusi aja sama keluarga…kuwi sing paling uenakkkk, ora usah mumet…iyo oraaa. Kalau sampeyan sendiri pilih mana cak antara PCX vs NMax, monggo berikan opininya… (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!