Iwanbanaran.com – Cakkk…..asli IWB sampai mengerutkan dahi ketika membaca artikel dari cak Irfan pemilik warung Pertamax7. Blogger asal Wonogiri sukses tersebut sepertinya tidak kuat dengan celotehan netizen. Keyboard warrior yang memang asal njeplak, tidak pernah perduli perasaan penulis….lha piye mosok masalah kuburan wae disinggung ckckck. Mungkin itulah yang membuat Cak Irfan sampai menuangkan dalam bentuk artikel khusus sebagai ungkapan kekesalan, kekecewaan, klarifikasi serta keluhan yang doi rasakan. Yup….Kejamnya komentator, beratnya jadi Blogger !!

Menjadi Blogger atau Vlogger memang harus kuat mental cak. Karena kalimat atau komentar yang begitu sengit dan seedak udele dewe menjadi makanan kita sehari-hari. Kalau nyerang produk sih bebas sebab sekarang trennya sudah menyerang pribadi….penulis atau admin. Fitnah, maki, hardik, membodohkan penulis seakan menjadi tren haters. Kalau IWB sih wisss kebal, horaaaa ngaruh karena sosok yang IWB sebut masuk kategori “haters” ini toh tetap membuat warung ramai. Yahh…lumayanlah nambahin hits wkwkwkwk. Justru IWB malah suka ledekin….biar para haters ndase makin cekot-cekot. Emang enak jadi haters cak, oraaa kangbro. Tersiksa lho rumangsamu apalagi melihat kita makin berkibar….makin mrongossss untune hahahaha….

Tapi tidak semua Blogger bisa mengelola hati dan perasaan. Jika komen pedes di Iwanbanaran IWB biarkan nggak dihapus, ada juga Blogger yang strick….kritik atau menyerang pribadi langsung diberangus tanpa ampun. Block IP dll. Sah-sah saja cak…namanya juga aturan main warung kuwi macem-macem. Namun suka atau tidak jika levelnya wis kebangetan, pasti akan mengusik ketenangan penulis. Seperti yang dialami cak Irpan. IWB cukup terkejut karena lek Irfan pertamax7 sampai harus membuat artikel dan dari sana bisa ditangkap ada rasa kesal, kecewa dan juga prihatin. Doi juga seperti ingin memberikan klarifikasi atas tuduhan yang menurutnya tidak benar….

iklan iwb
” Komen yang membuat cak Irfan sampai harus buat artikel khusus…”

Ada dua komen yang begitu pedas dilontarkan haters. Yang pertama adalah…” Ini blog click bait mulu biar pada masuk Blog, segitunya cari duit adsense? Parah…” seru akun Oqi. Kemudian ditimpali komentator lain dengan kata-kata yang lebih parah...” moga saja besok kalau adminnya mati kuburan sempit…” seru Randy. Waaaalaahhhh…. serem banget Memang komennya. Kok nyinggung kuburan segala….serem euy. Sebuah komen yang justru akan menjadi doa buat diri sendiri. Karena bagaimanapun setiap comment tersebut tidak berdasarkan data yang justru akan menggiring pada fitnah. Mungkin itulah yang membuat cak Irfan kecewa….

Dan memang cak, dunia Blogger sangat berbeda dengan YouTube. Menjadi Blogger tidaklah semudah menjadi youtuber karena costnya besar, itu yang IWB rasakan. Kenapa ? Karena menjadi youtuber Sampeyan sudah tidak perlu memikirkan wadah atau media apapun sebab semuanya sudah dikontrol dan sediakan oleh YouTube. Gratis tisssss…..alias tanpa dipungut biaya sepeserpun. Sementara untuk menjadi Blogger sampeyan harus memikirkan server, domain serta segala bentuk teknis yang berhubungan dengan koneksi. Tujuannya apa?

Agar sampeyan tetap nyaman dan bisa mengakses blog dengan lancar. Semuanya berbayar dan tidak gratis. Kita juga harus memilih webmaster yang jago. Maintenance server secara rutin, memproteksi dengan security terupdate dll. Celakanya seluruh pengeluaran tidak selaras dengan adsense yang kita dapatkan. Sangat kecil, pendapatan dari Google AdSense Blog hanya bisa untuk membayar server aja wis untung cak. Contoh IWB. Untuk membuat warung tetap powerfull dan tidak ngelag pada saat sampeyan semua akses dibutuhkan minimal spesifikasi yang bisa menampung hingga 200.000 views perhari. Itu minimal….

Biaya normal yang harus kita keluarkan hanya untuk seluruh kenyamanan dan menampung visitor dengan angka tersebut mencapai Kisaran 5 jutaan rupiah/bulan. Itu belum termasuk Tenaga, pikiran serta effort yang memang luar biasa menguras energy…. apalagi jika target kita adalah 3 sampai 4 partikel per hari. Jiaaan abot cak. Karena tiap partikel Minimal kita membutuhkan waktu 1 hingga 2 jam…. itu belum termasuk editing foto jika kita memiliki Mega galeri. Tidak heran sekarang sudah banyak Blogger yang rontok. Mungkin jika sampeyan perhatikan hanya segelintir Blogger konsisten yang tersisa. Kenapa?

Karena cost atau biaya perbulan yang cukup besar tanpa diimbangi pendapatan yang memadai. Artinya untuk membayar server saja tidak cukup. Yup…. itulah faktanya cak. Oleh karena itu support dari teman-teman menjadi suntikan berharga untuk tetap menjaga passion pada posisi on top. Disaat haters netizen yang begitu kencang dari hari ke hari tanpa perduli beratnya menjadi Blogger, support para pembaca lain menjadi pemompa semangat tambahan. So…Saran IWB buat lek Irfan, Tidak usah didengarkan setiap celotehan haters yang memang sudah menjadi resiko kita sebagai blogger. Walaupun sulit karena para haters tersebut memang kadang “nggath**i”. IWB takut kondisi ini akan membuat keberadaan blogger otomotif semakin langka. Blogger yang konsisten memberikan update buat sampean semuanya. Karena sekarang pun jika IWB perhatikan sekali lagi, banyak blogger yang mulai rontok tidak update lagi….

Dari menulis setiap hari kini hanya seminggu dua kali atau bahkan tidak sama sekali. Sebagai blogger tuwo yang sudah Malang melintang di dunia Blogsphere hampir 12 tahun lamanya…IWB ingin memberikan semangat buat teman-teman Blogger lain untuk terus berkarya walaupun berat. Jangan patah semangat hanya karena haters atau Tudingan bahwa blogger suka click bait untuk mencari adsense. Adsense yang notabene hanya cukup untuk membayar server aja diributin. Termasuk lek Irfan, Jangan masukkan ke hati setiap komentar yang kurang pantas diutarakan di publik. Karena setiap apapun yang kita lakukan di depan haters pasti tidak akan pernah benar. IWB kieee lho contone, haterssnya buanyaakkkk tapi tetap lemu ginuk-ginuk, jadi santuy ngono lho hehehe….

Komentar buruk mending diamkan saja dan jika sudah kebangetan lebih baik di block  akunnya…..selesai wis. IWB tahu tidak mudah apalagi Setiap kali kita melakukan tindakan ataupun klarifikasi…..haters pasti akan menyebut kita “baper”. Wissss biasa kuwi…lagu lama. Dan buat para keyboard warrior…camkan, setiap jengkal komentar sampean pasti akan berbalik pada diri sendiri. Itu sudah hukum alam. Mungkin ketika IWB utarakan ini sampeyan akan tersenyum ngeledek….monggo mawon. Namun percayalah, setiap kebaikan yang kita lakukan akan berbuah manis dan sebaliknya…. setiap keburukan dan caci maki yang sampeyan lontarkan suatu saat nanti pasti akan berbalik pada diri sendiri. So…. semangat lek Irfan, horaaa usah dipikir. Pokoke losss gassss jangan kasih kendor…..full gazzzz ! (Iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

107 COMMENTS

  1. Sabar leeeeekkk….

    Biasanya semakin sukses akan semakin banyak yg iri dengki…

    Pabrik yg jualannya laris manis juga bakal disirikin sama pabrikan yg jualannya seret…

    Udah biasa…

  2. Curhatan hati ipan, tpi isi artikel banyak bahas lek iwan… Kok bingung aku lek??

    Ipan klo komen kadang juga suka manas-manasi, iyo ora?

    SEMAKIN TINGGI POHON SEMAKIN KENCANG TERPAAN ANGINNYA.

    Ingat lek, blogger sekarang itu jadi panutan. Karena udah termasuk influencer. Apalagi blogger gede kyak lek iwan.

    Ketika seorang blogger posting “sak karepe dewe” Judul clickbait, judul adu domba, artikel gak berimbang, dengan dalih “ini style atau ciri khas, atau mood gak mood atau suka-suka blogger” maka yg komen juga suka-suka.

    Tambahan lagi lek, klo ada kerjaan yg isinya enak semua. Saya juga mau lek…

    Trims.

    • Mungkin Apa yg dirasakan sama lek iwan sekarang ada banyak kesamaan sm yg lagi dialami sama mas ipan kangbroo…!!!, ini pasti karena ulah akibat orang yg iri???, (siapa lagi pelakunya klw bukan gerombolan beye yg pada jatuh blangsaak….!!) Jiahahaaa.

      Fix and pray for Yamuna(fix)

      Y Blangsaaak

      Wkwkwkkk.

    • @pakcik iya jg sih. Semua tindakan ada konsekuensi. Lagian mayarakat berpendidikan pst sejalan dgn pikiran kritis, tinggal karakter yg membedakan cara penyampaian kritiknya.

  3. Yang sabar caakk, setiap pekerjaan pasti ada resiko yg harus ditanggung…, jangan patah arang semangat teruuss lek webehh…, lagian blog sampean itu sdh besar dan dikenal seantero jagat permotoran sayang klw harus berhenti ditengah jalan….!!!, yg julid mah biarin saja lumayan kan buat ngeringanin dan ngerontokin dosa”nya cak wawan (positive thinking sj). Sampean itu sdh sugih pasti banyak yg iri dengan kesuksesan sampean. Sama seperti halnya sultan (H) yg tidak henti hentinya sering di julidin sama para beye”baperan dan salezz salezz seteuuruezzz Yamlehoyyy….!!! Jiahahaaa.

    Rip and pray for Yamuna(fix).

    Y Blangsaaak.

    Wkwkwkkk.

  4. Gari Moco ae cerewet…Ra seneng Ra sah dibuka n diwoco, trah nggatheli ngunu kui cak…njaluk dibubut drijine…disekur ulang

  5. percoyo ora cak kuwi hatters sing komen e pedes paling cah cilik2 sing ra duwe gawean kon sekolah online malah klayapan golek wifi gratisan….

    • Nah, sak pemikiran Bro…. namanya juga bocah, mesti kalau ngomong sak njeplake, senenge cuma yg gratisan dan engga faham soal menghargai karya orang lain.

  6. Setuju lek iwb, buat para penulis maju trs pandang mundur, kami para pembaca sangat terbantu lewat tulisan² sampeyan, insya Allah ada pahalanya, bersyukurlah sampeyan² yg bs jd penulis, mungkin para haters jg pingin jd penulis tp gak kesampean jd bisanya cuma menghina, abaikan saja komen² haters yg gak ada manfaatnya, akhlak seseorang bs dilihat dari ucapan yg dia keluarkan, wis pokoke ojo digubris komen² miring..

  7. yang pecocot itu pasti Fby karena hidup mereka selalu dalam gudang, daur ulang dan kembali dalam gudang biarkan saja , jangan sampe Fby punah kek junjungannya yang semakin punah 😂

  8. Hahaha… salut cak IWB, sesama blogger memang mesti kudu saling memberi support dan motivasi, hatters itu kalau di dunia masakan ibarat lombok/cabei utowo garam, masakan nek blas ga enek pedes e utowo asin rasanya cuma anyep cak, ga asyik blass…

    Tetap semangat berkarya cak…

  9. Entah emang dari sononya apa emang mereka cari musuh d akhirat,

    Dari sekian oknum pemanteng bloger ataupun vlogger, mereka selalu nyacat, entah itu komentar atau artikel tersebut, yang tidak sejalan dgn mereka.

  10. Udah biasa aja leeekkk..

    Orang iri dan dengki lihat orang sukses itu udah dari dulu udah ada….

    Apalagi yg merasa dagangannya sepi, sedangkan tetangga sebelah kok rame.

    Pasti ada iri dan dengki….

  11. Semangat Lek.

    Komentator memang seperti itu, mau diatur kaya apapun ya susah. Jadi ya teruskan menulis. Asal tulisannya menarik dan berimbang, insyaallah itu akan langgeng

  12. Biarin aj kang yg komen komen seperti diyakini manusia kardus turunan firaun …biarkan aj yg komen gitu buat doanya mereka sendiri 👿

  13. netizen d indo skrg seperti tidk berpendidikan, asal ngmng liat org terpuruk bahagia, dzalim sekali akhirat menunggu boss, kasian indonesia makin kesini pemuda pemudi nya smakin sulit berkarya soalnya tiktokan trus, baca artikel mau enaknya doang, ngmng seenak udell, dll sumpeeek bumi bnyak org2 kya gtu untung msh bnyak yg inget Allah, msh ttp d jaga bumi dn indonesia ini..

    • Iya gan AKAL yang diberikan TUHAN YME tidak mereka gunakan sebagaimana mestinya gan sehingga mereka cenderung tidak berfikir saat berkomentar, jadinya kurang ajar

  14. Ora usah baper.

    Judul yg provokatif,clickbait,atau artikel copas sana-sini..ditambah pemilihan kalimat artikel yg kadang ngeselin..ada andil membuat pembaca jadi jengkel.

    Ingat ngga ? Tahun 2016 si Ipan kena masalah sama produsen part cdi racing ?

    Wooo..angel..angel..

    Angel temen tuturan muuu

    • sebenarnya klau niat awalnya baik dan bertujuan untuk mengkritik para blogger menjadi lebih baik, para pembaca yang budiman tersebut dapat menggunakan kata-kata yang baik, dan penuh sopan santun dalam menyampaikannya. Dengan menggunakan kata-kata yang kasar dalam berkomentar hanya akan memalukan diri sendiri dan menunjukkan bahwa seseorang tersebut tidak pernah diajar sopan santun, yang ujung-ujungnya hanya memalukan diri sendiri. Jaman Sekarang orang banyak berbicara tanpa memerhatikan etika trus berlindung dibalik kata BAPERAN, padahal kata-katanya jelas menyakitkan perasaan, Jadi mikir dulu sebelum berkomentar, untuk itulah tuhan menciptakan AKAL untuk berfikir

  15. Aku perhatiin blok dia yg hujat dia itu emang banyak ,dan jujur yg hujat itu fansboy yg banyak ngumpul di blog nya mas Iwan.

    Harusnya mas Iwan jugabtegas tertibkan fans boy yg kelewatan …blog nya mas Iwan itu sarang fbh ,bebrbgaia macam bahasa kotor keluar dr mereka macam tak pernah sekolah ma Iwan..🤭🤭🤭

  16. jangan salahkan komentator

    mending perbaiki diri apa yang salah

    komentator adalah cermin buat blogger

    stopper,sensor disaat blogger agak berbelok diingatkan

    klo baperan mending jadi tukang.martabak.aja jangan jadi blogger

    atau tetap jadi blogger tp yg waras

    • Yaa komen jga tau adatlah…kalo cangkem semau2 yg brangusss

      ..swmua ada aturan..komentator jga bercermin..jgn orabg lain doang bercermin…nonjok orang mau ..ditonjok balik banyak alasan

      • komentar kotor ga akan terjadi jika artikelnya ga menggiring ke sesuatu yang negatif kawan

        itu yang sering terjadi di blog ini

        kalau ga mai dikomentarin pedas jadi blogger yg netral

        jelek bilang jelek bagus bilang bagus

        • tergantung bagaimana menyikapinya. kalo kita bisa menyikapi dan menerima dgn baik, maka hasilnya positif.

          tapi kalo kita tidak bisa menyikapi dan menerima dgn baik, bisa jadi hasilnya negatif.

          bukankah begitu kawan?

    • ya blogger juga belum tentu salah sih. sama2 liat ke diri sendiri. kalau saya pribadi ada beberapa artikel cak iwan yang menurut saya netral tapi fansboy nya yg gak karuan komennya. Mending berargumen yang nunjukkin data asli, jangan asal njeplak nanti jadinya ndak adem

    • kalo bloger jujur gak akan terjadi gini!

      lebih baik mana sohc 19 dibanding dohc 17 plus klotok2

      kalo jawabannya masuk akal wes stop komen aneh2

      ekkkkkkkkk

      • Baik apa y? Emang Dohc 19 bisa ngasih makan opo cocot mu.. Dan 17 klotok2 gawe kere uripmu jal?, menuso rumangsamu elek wae, enek akuh.. Cuiihhh..

      • Elahhh jujur cangkemmu…kalo lo jujur ngakuin kalo ada prodak yamasut yg cacat ato masalah?? Jujur ayooo

        Bagi gue produk plus minus..yamadut bagus di dandanan…hondut busuk di ceta ama kesing..apa lo permah jujur ada kecacatam yamadut…??

  17. sabar mas iwb kuatkan dirimu semakin tinggi pohon semakin kencang angin bertiup

    jangan sampai jadi bloger tanaman hias😄😄😄😄

    nanti gk bisa oprek mesin

  18. intinya komenan2 pedas,baik,buruk itu harus bisa di analisa dan disaring oleh bloger/vloger agar mereka bisa menjaga profesional dan integritas mereka sendiri……itu sih saran dari saya…trimakasih 🙏🙏🙏🙏🙏

  19. Pendapat pribadi cak..kl sy liat pertamax7 memang ga ada gregetnya,beda sama sampean cak,selain bahasa yg agak nyleneh dibumbui sedikit guyonan tp point dapet dan yg penting update bikin poin lebih bt sampean cak..kl sy lihat artikel pertamax7 yg mondar mandir FB artikel biasa,bahasa terlalu formal dan perang fanboy jg ga seru,isi berita ketinggalan maka’a disebut clickbait,mgkn cak irfan ga pny ilmu kanuragan rogoh sukmo jd ga mencium perkembangan pabrikan,hny mengandalkan artikel yg kluar duluan..ini bkn kritikan merendahkan cak tp saran buat cak irfan mgkn sampean mau menyampaikan spy lebih maju para bloger🙏

  20. kalo pean membangun blognya berimbang dan tidak disetir u ang saya rasa gak akan terjadi begini kang!

    lihat ajablog tmc fby segan fbh juga malu mau mengacau!

  21. Santai aja Cak..tetep semangat!!! Menjadi blogger kan pilihan hidup sampeyan. Haters buzzer boleh jadi bayaran..senua membawa warna😁..tapi kok dibawah dikasi foto H*nd* lagi?🤣🤣🤣🤣. Salam jozz gandozz

  22. Mohon maaf lek Iwan, jika ada komentar-komentar saya yg menyinggung lek iwan dan blogger-blogger lainnya.

    Ngapunten kulo lek……

  23. Orak usah urus lek2, gas poll trus dg berita2 terupdate, terhangat dan terbaru di blog sampean, aku tunggu berita2 terbarunya.. lek iwb

    Gasss full trus cakkkk… Ok..

    Jngan kasih kendor cakk, salamm josss gandosss !!!!!!!

  24. Kesimpulannya.

    1. Blogger melakukan klickbait demi adsense agar bisa survive. Pembaca jadi emosi karena merasa tertipu oleh clickbait.

    2. Komentar pedas haters bakal jadi timbangan amal buruk, dan tentu saja clickbait penipu juga bakal jadi timbangan buruk.

    Oke

  25. Berapak kali sampyan gwe artikel curcol lek krn komentator.???

    Itu menandakan pyan masih belum bisa ngontrol esmosi…

    Masih baperan… pyan juga kan sering bikin judul clickbait… Judul dibiat seolah2 realitas di mari..odahal di negara lain..

    Sudahlah…gerayangi jitok.e dewe disek..

    Gka ada asap klo gak ada apai… Hukum sebab akibat itu ada…

  26. Sing penting ojo gampang “BAPER”, klu artikel e netral, bagus yo d puji, tp klu sebalik nya, yo diserang hatter kwe lek,, simpel

  27. klo smpean puji produk Honda, dicap FBH, puji Suzuki dicap FBS, puji produk Kawasaki dicap bagian geng ijoi, tapi giliran puji produk Yamaha? tau sendirilah,, sama sekali gk ada yang cap smpean FBY, dari sini kelihatan banget mana fansboy yang busuk dan suka buat rusuh..

  28. Bisa jadi mmang sampean mmbiarkan oknum2 “perusuh” saling perang.dan sering mmbikin artikel agak profokatif.

  29. Mas IWB & Ipanase , selain artikel yang juga menghibur itu comment comment dari netizen, apalagi perang comment fby vs fbh , jadi anggap aja itu bumbu, jangan masukin ke hati karena ga akan muat….

  30. Ane dulu banget uda blg / komen di blognya cak ipanase megison, jangan dipake cara2 clickbaitnya.. Ntar lama2 makin sepi blognya.. Dan sejak itu ane gk pernah nengok lg blognya. Kalo melihat komen2 mereka skrg berarti clickbaitnya masih dipakai ya?

  31. Wes lama gk mampir, isine komentar sek podho wae lek 😁.

    Digawekne keterangan ngene-ngono, isih wae blogger disalahke, dituduh baperan dll, padahal dari bahasa komentare ketok banget nganggo prasaan + tuduhan..

    cen angel lek 😅

  32. Walopun hater,buzzer,fansboy…semuanya menambah hit.bagi blogger gak masalah mau menghujat, menghina,memuji,mengkritik toh tujuan hit banyak tercapai.apalagi artikel yng temanya bahan bakar2an…dijamin hitnya tinggi.sesimpel itu brow ngahngah

  33. Selevel cak iwb pastilah dah banyak asam garam. Punya tamu warung macem ekekek sudah biasa. Bahkan dibiarin aja juga mati sendiri, macem lejen2 bc, cth darmo, paidi

  34. Dia bloger posisi di hutan gunung (wonogiri), harusnya pembaca maklum, sumber referensi informasinya sangat jauh.

    Beda macam lek Ari, cak Iwan, wak Haji, mang Kobay tinggal di dekat sumber informasinya.

    Pembaca harus punya hati…

  35. Pokoknya saya berdoa buat para blogger tetep sehat lek… setay seterong..neper gip ap…. abaikan komen yg terlalu menjastis…

  36. Mirip kelakuan klan biru yang ngata ngatain penulis, bahkan lontaran fitnah pun sangat enteng untuk dilayangkan

    Padahal ganjarannya

  37. Nggak kuat karena adsense makin kecil dan biaya makin mahal? Ya jadi peliharaan pabrikan aja cak leek 🤣 yekan, lek wawan? 🤣

  38. Masukan buat sampean cak.. Sy udh baca blog iwb dr tahun 2011. Tiap hari pasti buka blog iwb, ga pernah kelewat sampai sekarang. Cuma beberapa tahun kebelakan udh aga males baca blog iwb karna beberapa hal.

    1. Judul sampean kadang lebay, buat org tertentu termasuk sy, ngebaca judul yg lebay bikin males cak. Contoh jozz, uedann, ngerii, sadiss, dll. Terus di judul ga harus ditulis (breaking, news, dll) karna kita tau tulisan iwb hari itu ya itulah yg terbaru yg siap dibaca oleh kita. Kecuali ada info yg sangat tidak terduga atau urgent sifatnya. Misal kecelakaan satu jam yg lalu, atau peluncuran motor yg sgt tidak terduga sama sekali. Ada satu lg yg menurut sy ga jelas dan bikin php dari judulnya, contoh: yamaha r25 mengeluarkan warna baru, pas kita klik judulnya dan baca2 ternyata yamaha dari negara tetangga. Nah udh ketipu kan dan bikin kita kesel akhirnya, kirain dari Indonesia atau YIMM . Lebih baik dijelaskan cak brand mana dan dimana tempatnya atau nama PT dr brand tsb.

    2. Isi dari blog sampean selalu ada di bawah atau sifatnya induktif. Kita awalnya asik baca tp lama kelamaan mana yg mau disampaikan atau intinya? Akhirnya ketemu paling bawah. Jd kita pembaca agak atau terkadang males jadinya. Akhirnya scroll kebawah atau mencari2 dari inti yg mau disampaikan, jd kita ga baca keseliruhan tulisan sampean cak. Karna diawal pasti basi atau ceramah atau pendapat sampean isinya. Gak to the point. Terkadang perlu gak to the point, tp ga semuanya hampir begitu.

    3. waktu peluncuran artikel sampean terkadang telat dari blog2 sebelah. Yg lain udh nongol, terkadang iwb 2-3 hari kadang lebih baru nongol. Yg memberi kesan ke kita kalo iwb itu copas dari blog sebelah yg dimodif dengan kata2 iwb. Sering2 pantau berita luar negeri cak, biar ga ketinggalan nulis artikelnya.

    Mohon maaf cak kalo ga berkenan saran dr sy, tp mudah2n bisa membangun iwanbanaran.com lebih baik lagi, karna sy termasuk yg setia sama blog ini. Cuma kali ini sy rasanya gatel pengen sampein, kebetulan ada topik artikel begini jadi pas rasanya. Blog2 lain banyak yg spt ini, tp menurut sy iwb yg paling perlu sy sampaikan, karna iwb blog otomotif roda 2 besar di Indonesia. Terimakasih cak.

    • Kok aku setuju y.

      Awalnya saya pembaca setia IWB dari mulai kuliah sampai sekarang berkeluarga. Dari IWB motor nya Byson biru sampai sekarang. Tiap hari buka IWB dan TMCblog. 2020 sudah mulai males baca IWB karena judul PHP nya. Bahas motor model baru, warna baru tau-taunya di negara tetangga. Masukan saya kalau memang di negara tetangga baiknya dikasih tau di awal kang. Untuk saya sendiri dari yang biasa buka IWB tiap hari sekarang dalam 1 bulan paling 2 atau 3 kali buka. Itupun begitu baca judul, kalau gak ada yg menarik langsung diclose. Sebelumnya apapun artikel kang IWB selalu dibaca.

  39. Iki mau kok tumben gak ono ilmu lampah lumpuh pedang setan karo brama kumbara yo lek? Tak nteni lho ilmu mlumah murep njengking haiiiyah…. 😂😁😁😁

  40. Menurut ku cak irfan salah satu blogger jempolan dan yg mau jawab prtanyaan dr para pembacanya saat di inbox minta saran dll.

    Q sudah kirim inbox email brkali2 hnya skedar minta saran ke berbagai macam blogger trmasuk IWB g prnh da balasan pdahal ktanya punya admin. Tp kl kirim org lain punya brita bgus lngsung dimuat masuk blog.

    Nasib e wong cilik😔.. Smoga da prbaikan dr mu cak IWB

  41. Semua hal dh ada resikonya cak. Apalagi kt menghadapi berbagai karakter manusia yg berbeda. Yg penting kuat iman tebel kuping ja. N ttp berkarya semampu kt…

  42. Istirahatlah kalo mobil sudah gabkuat nanjak , perbaiki mobilnya, jangan bertahan dengan kondisi mobil yg lemah, asah naluri, pertajam kemampuan, ini manajemen bro, semua perlu perawatan, jangan terlalu diforsir

  43. tolong di perbaiki cak soal tombol2 yang ada di Blognya sampean ini… saya mau bales komen org selalu lari ke Web honda mulu.. gimana bisa nyaman buat komen klo jadi susah ? kebetulan ada komentar yang mewakili saya. mau saya bales. eh malah masuk terus ke website perusahaan yang sampean dapet adsense disana…

  44. Dulu pas saya masih jadi blogger ipan pertamax7 pernah menghina tampilan blog saya.sejak saat itu saya sudah gak respect ma dia.berani menghina ya harus mau di hina.dah gitu aja

  45. Dulu pas saya masih jadi blogger,ipan pertamax7 pernah menghina tampilan blog saya.sejak saat itu saya sudah gak respect ma dia.intinya berani menghina ya harus siap di hina.dah itu aja

  46. Yen wong wes ora seneng masio dadi MALAEKAT yo tetep ra seneng.

    Yen wong seng seneng masi dadi SETAN yo tetep seneng

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama