iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..asli IWB sampai mengerutkan dahi ketika membaca artikel dari cak Irfan pemilik warung Pertamax7. Blogger asal Wonogiri sukses tersebut sepertinya tidak kuat dengan celotehan netizen. Keyboard warrior yang memang asal njeplak, tidak pernah perduli perasaan penulis….lha piye mosok masalah kuburan wae disinggung ckckck. Mungkin itulah yang membuat Cak Irfan sampai menuangkan dalam bentuk artikel khusus sebagai ungkapan kekesalan, kekecewaan, klarifikasi serta keluhan yang doi rasakan. Yup….Kejamnya komentator, beratnya jadi Blogger !!

Menjadi Blogger atau Vlogger memang harus kuat mental cak. Karena kalimat atau komentar yang begitu sengit dan seedak udele dewe menjadi makanan kita sehari-hari. Kalau nyerang produk sih bebas sebab sekarang trennya sudah menyerang pribadi….penulis atau admin. Fitnah, maki, hardik, membodohkan penulis seakan menjadi tren haters. Kalau IWB sih wisss kebal, horaaaa ngaruh karena sosok yang IWB sebut masuk kategori “haters” ini toh tetap membuat warung ramai. Yahh…lumayanlah nambahin hits wkwkwkwk. Justru IWB malah suka ledekin….biar para haters ndase makin cekot-cekot. Emang enak jadi haters cak, oraaa kangbro. Tersiksa lho rumangsamu apalagi melihat kita makin berkibar….makin mrongossss untune hahahaha….

Tapi tidak semua Blogger bisa mengelola hati dan perasaan. Jika komen pedes di Iwanbanaran IWB biarkan nggak dihapus, ada juga Blogger yang strick….kritik atau menyerang pribadi langsung diberangus tanpa ampun. Block IP dll. Sah-sah saja cak…namanya juga aturan main warung kuwi macem-macem. Namun suka atau tidak jika levelnya wis kebangetan, pasti akan mengusik ketenangan penulis. Seperti yang dialami cak Irpan. IWB cukup terkejut karena lek Irfan pertamax7 sampai harus membuat artikel dan dari sana bisa ditangkap ada rasa kesal, kecewa dan juga prihatin. Doi juga seperti ingin memberikan klarifikasi atas tuduhan yang menurutnya tidak benar….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
” Komen yang membuat cak Irfan sampai harus buat artikel khusus…”

Ada dua komen yang begitu pedas dilontarkan haters. Yang pertama adalah…” Ini blog click bait mulu biar pada masuk Blog, segitunya cari duit adsense? Parah…” seru akun Oqi. Kemudian ditimpali komentator lain dengan kata-kata yang lebih parah...” moga saja besok kalau adminnya mati kuburan sempit…” seru Randy. Waaaalaahhhh…. serem banget Memang komennya. Kok nyinggung kuburan segala….serem euy. Sebuah komen yang justru akan menjadi doa buat diri sendiri. Karena bagaimanapun setiap comment tersebut tidak berdasarkan data yang justru akan menggiring pada fitnah. Mungkin itulah yang membuat cak Irfan kecewa….

Dan memang cak, dunia Blogger sangat berbeda dengan YouTube. Menjadi Blogger tidaklah semudah menjadi youtuber karena costnya besar, itu yang IWB rasakan. Kenapa ? Karena menjadi youtuber Sampeyan sudah tidak perlu memikirkan wadah atau media apapun sebab semuanya sudah dikontrol dan sediakan oleh YouTube. Gratis tisssss…..alias tanpa dipungut biaya sepeserpun. Sementara untuk menjadi Blogger sampeyan harus memikirkan server, domain serta segala bentuk teknis yang berhubungan dengan koneksi. Tujuannya apa?

Agar sampeyan tetap nyaman dan bisa mengakses blog dengan lancar. Semuanya berbayar dan tidak gratis. Kita juga harus memilih webmaster yang jago. Maintenance server secara rutin, memproteksi dengan security terupdate dll. Celakanya seluruh pengeluaran tidak selaras dengan adsense yang kita dapatkan. Sangat kecil, pendapatan dari Google AdSense Blog hanya bisa untuk membayar server aja wis untung cak. Contoh IWB. Untuk membuat warung tetap powerfull dan tidak ngelag pada saat sampeyan semua akses dibutuhkan minimal spesifikasi yang bisa menampung hingga 200.000 views perhari. Itu minimal….

Biaya normal yang harus kita keluarkan hanya untuk seluruh kenyamanan dan menampung visitor dengan angka tersebut mencapai Kisaran 5 jutaan rupiah/bulan. Itu belum termasuk Tenaga, pikiran serta effort yang memang luar biasa menguras energy…. apalagi jika target kita adalah 3 sampai 4 partikel per hari. Jiaaan abot cak. Karena tiap partikel Minimal kita membutuhkan waktu 1 hingga 2 jam…. itu belum termasuk editing foto jika kita memiliki Mega galeri. Tidak heran sekarang sudah banyak Blogger yang rontok. Mungkin jika sampeyan perhatikan hanya segelintir Blogger konsisten yang tersisa. Kenapa?

Karena cost atau biaya perbulan yang cukup besar tanpa diimbangi pendapatan yang memadai. Artinya untuk membayar server saja tidak cukup. Yup…. itulah faktanya cak. Oleh karena itu support dari teman-teman menjadi suntikan berharga untuk tetap menjaga passion pada posisi on top. Disaat haters netizen yang begitu kencang dari hari ke hari tanpa perduli beratnya menjadi Blogger, support para pembaca lain menjadi pemompa semangat tambahan. So…Saran IWB buat lek Irfan, Tidak usah didengarkan setiap celotehan haters yang memang sudah menjadi resiko kita sebagai blogger. Walaupun sulit karena para haters tersebut memang kadang “nggath**i”. IWB takut kondisi ini akan membuat keberadaan blogger otomotif semakin langka. Blogger yang konsisten memberikan update buat sampean semuanya. Karena sekarang pun jika IWB perhatikan sekali lagi, banyak blogger yang mulai rontok tidak update lagi….

Dari menulis setiap hari kini hanya seminggu dua kali atau bahkan tidak sama sekali. Sebagai blogger tuwo yang sudah Malang melintang di dunia Blogsphere hampir 12 tahun lamanya…IWB ingin memberikan semangat buat teman-teman Blogger lain untuk terus berkarya walaupun berat. Jangan patah semangat hanya karena haters atau Tudingan bahwa blogger suka click bait untuk mencari adsense. Adsense yang notabene hanya cukup untuk membayar server aja diributin. Termasuk lek Irfan, Jangan masukkan ke hati setiap komentar yang kurang pantas diutarakan di publik. Karena setiap apapun yang kita lakukan di depan haters pasti tidak akan pernah benar. IWB kieee lho contone, haterssnya buanyaakkkk tapi tetap lemu ginuk-ginuk, jadi santuy ngono lho hehehe….

Komentar buruk mending diamkan saja dan jika sudah kebangetan lebih baik di block  akunnya…..selesai wis. IWB tahu tidak mudah apalagi Setiap kali kita melakukan tindakan ataupun klarifikasi…..haters pasti akan menyebut kita “baper”. Wissss biasa kuwi…lagu lama. Dan buat para keyboard warrior…camkan, setiap jengkal komentar sampean pasti akan berbalik pada diri sendiri. Itu sudah hukum alam. Mungkin ketika IWB utarakan ini sampeyan akan tersenyum ngeledek….monggo mawon. Namun percayalah, setiap kebaikan yang kita lakukan akan berbuah manis dan sebaliknya…. setiap keburukan dan caci maki yang sampeyan lontarkan suatu saat nanti pasti akan berbalik pada diri sendiri. So…. semangat lek Irfan, horaaa usah dipikir. Pokoke losss gassss jangan kasih kendor…..full gazzzz ! (Iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!