iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pedes cak….mungkin kalau sampeyan melihat judul diatas para FBH (fansboy Honda) pasti rambutnya langsung njegrik alias jabrik. Lhaaa piyeee, mosok Honda dikatakan suka ngekor. Tenang cak, alon-alon. IWB sarankan baca artikel kali ini secara pelan-pelan dan mendetil. Karena ini adalah alasan latar belakang kenapa Honda suka ngekor menurut opini sang penulis. Artikel ini adalah kiriman dari salah satu reader dan follower Iwanbanaran. Ulasannya tajam, pedas dan menarik. Doi sodorin beberapa analisa yang akan membuat sampeyan terperangah. Dan inilah alasan kenapa Honda suka ngekor berdasarkan tulisan dari cak Muhammad Samsudin yang dikirim khusus ke newsroom IWB. Cekidot cak….

Kenapa Honda Ngekor Melulu?

Menurut pengkritik Honda harus begini begitu padahal sudah benar untuk memberi ruang PT lain.

1. Harga
Pada dasarnya penguasa pasar harganya harus di atas lawan. Misalnya prosesor Qualcomm/Intel yang diprotes lawan karena kemurahan. Menurut pengkritik harga Honda/Intel/Toyota itu kemahalan padahal kalau dilihat dari market share itu adalah harga standar dan yang lain lebih murah untuk menarik pasar. Qualcomm pernah dituntut gara-gara kemurahan. Windows Rp 500rb+ dan Linux Rp 0.

iklan iwb

2. Produk
Efek MS besar juga ngefek ke Honda. Honda tidak bisa agresif menelurkan produknya karena khawatir KPPU bertindak dan dianggap monopoli. CBR slim 2004, PCX impor 2010, CBR 250RR sengaja ditelatin itu cuma kode biar yang lain membangun market share biar tidak monopoli.

PCX elektrik juga itu kode agar perusahaan lokal Gesits dan Yamaha duluan. Yamaha E-Vino elektrik sudah saatnya masuk karena Gesits sudah luncur. Ayolah Yamaha buat gebrakan di elektrik.

Honda agresif cuma kalau ditantang langsung. https://global.yamaha-motor.com/business/cf/business/history/vol004/ Jadi jangan terlalu berharap Honda keluarkan 250 Naked, 250 mono, PCX elektrik untuk umum, 250 matic lokal, Exmotion, Airblade, Waterblade, Earthblade. Pastinya bakal lama menunggu itu seperti halnya PCX lokal.

3. Marketing
Di USA Google agresif banget mbayar Apple dan Firefox untuk jadi search engine default akhirnya DOJ/KPPU Amerika turun tangan investigasi. Makanya Honda biarkan Yamaha sponsori MotoGP Indonesia di TV untuk menaikkan brand image.

4. Bantu temen
Mungkin alasan lain ya bantu temen kali,
Yamaha 1981 minta perang ya ikutin.
Yamaha 1983 minta berhenti perang ya ikutin,
Yamaha 2017 minta dibikinin motor ya ikutin dengan mengorbankan keuntungan distribusi tentunya cuma keuntungan produksi saja.

Nah kembali ke desain motor dengan mesin Honda kayaknya peluangnya ada. Apakah Indonesia udah dianggap temen yang bisa minta dibikinin motor dengan merek dan desain sendiri? Kita tuan rumah lho posisi lebih atas dibanding saingan senegara. Mungkin Honda gak ambil proyek motor lokal itu juga kode dari Honda biar Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki ambil kali ya.

Itulah sekelumit artikel cak Samsudin. Tentu tulisan berdasarkan opini pribadi berdasarkan analisa doi, makanya bagus neh buat ajang diskuti.Nah…kalau menurut sampeyan piye cak, punya komentar soal kenapa Honda selalu sebagai pengekor ? monggo berikan komen dan opininya…..(iwb)

221 COMMENTS

  1. Teknologi honda udah jauh meninggalkan sblh yg cuma mentok 35hp….20th velg geol….20th longstroke sohc…ekekekek

  2. Persis Indonesia. Setelah merdeka malah demen ngekor. Gak mau nengok nenek moyang dulu yg pola pikir dan spiritnya asli Noswantara. Srmua bidang & sisi kehidupan. Saya sendiri pun akhirnya ngekor untuk bertahan hidup.

    Bahkan di atas ranjang dengan bini pun punya referensi untuk diekorin

  3. Nyuwun sewu lek, klo sang raja market nggak boleh pasang harga murah biar nggak dikata memonopoli pasar. Coba’ sampaikan ke AHM lek buat pasang bandrol New PCX 160 di angka 50 juta. Sekalian CBR150R dibandrol diangka 60 juta. Matur suwun lek…

  4. Ilmu dari mana itu lek… Ilmu dr congor Hahaem ?

    Setahu saya master adalah pemimpin dan trendsetter, lucu juga misal iphone ngekor evercross ??? gak ada critanya jelas ???

  5. Ngekor udah jadi kodrat manusia. Adalah syariat tuhan. Istilahnya naluriyah or ngalamiyah. Kek aing sama cewek dulu, gak usah diniati gak usah analisa n elaborasi.

    • Trus apa iya toyota ngekor wuling? Kan ga mungkin juga, kan ada sebaliknya wuling mencontek teknologi toyota

  6. ekekekekek

    Kalau Ymh mau Bisa menuntut di Pengadilan

    seperti kasus Produsen Knalpot ternama yg menuntut salah satu pabrikan krn menggunakan Knalpot Palsu Akralingga saat perilisan

    H suuuuuuRRRrrrAM ( CATET )

    Muehehehehehehhe

    • Kalau H gak ngekor Y maka dah jadi pabrik biji limbah plastik sejak dulu cak, jangan sok keras cak…. Cukup menjentikan jari bagi sultan Y buat gulung tikar H ?

      • ekekekekek

        nah itu bedanya REAL SULTAN YAMAHA dengan Sebelah Sultan Abal-Abal SKB ( Sok Kaya Baru ) Songong dan belagu apalagi fensboynya…

        H suuuuRRrrrAM

        mueheheheheh

      • Ga tau diri mmg lu…pura2 ga tau klo Y sdh ga sanggup di motogp , lu tau kan siapa yg sanggup bikin tim satelit banyak di motogp..SULTHON H..!

        BELUM LAGI DARI MOBIL…

        Pabrik SULING MAH JOGET AJA MENGHIBUR SULTHON H..???????

  7. Trus apa iya toyota ngekor wuling? Kan ga mungkin juga, kan ada sebaliknya wuling mencontek teknologi toyota

  8. ekekekekkeke

    jgn kan motor, knalpot aja diekor loh

    # Kawal knalpot Akralingga

    H suuuuuuRrrrrAM

    mueheheheheh

  9. ekekekekeke

    di lihat lihat itu Design Velg Mbeot Mberrr Jiplak juga Velg Mio 5 palang bedanya cuma palang mbeot kecil kecil…

    H suuuuuuuRrrrrAM

    mueheheheh

  10. Yang gak ada copyright itu masuk ranah public. Klo gak ada yg nuntut berarti sah sah saja. Ilmu dan teknologi adalah milik semua insan. Harus dibagikan. Sama rata sama rasa. Secara sumber dari segala sumber adalah Gusti Alloh

    • Inilah orng bodoh.. klo honda apa” jd pioneer maka d tuntut monopoli perdagangan krna tidak memberi ruang sama saingan dagangnya.. ngekor aja masih leading market, apalagi slalu kasih yg terbaik??? Contoh produk yg all Out ya Cbr250RR, Honda Indonesia bisa menelurkan Cbr250rr asli produk Lokal. all out langsung Menang spek dll.. ACG starter? iSS? ESS? Siapa pioneernya?? honda cok.. slama ini honda ngekor hal” berbau desain doang, krna kemampuan Rival lain ya cuma mentok disana, d suruh leading teknologi kgk ada yg mampu. vVA??? Honda jg udh punya vtech, knp skrng ga pake Vtech? ngekor?? Klo honda pake vtech yg lain jualan apa?

      • ekekekek

        ente yg bodoh

        Hubungannya apa Pioner sama monopoli ??

        ceBoker250 all out aja ngos ngosan sdangkan yg lain belum all out …

        vitek mana ??

        malah VVA yg duluan Pionernya

        jangan ngeless cuyyy, ngekorr ngekorr aja malah kelihatan bodohnya

        H suuuuRrrrrAM

        mueheheh

      • Yaelah ,, fitur emang duluan,, buka pasar??? Yang ada cuma ngekor,, mana yang laris baru ngeluarin produk serupa dengan banyak fitur,, gausah ngeles,, emang dari sononya AHM ngekor,, benefitnya?? Ya gak susah susah buat buka pasar,

        Wkwkwkwk

    • Iya nih honda ngekor pake 4 tak pertama… Iss pertama, side stand switch matic pertama, lampu led pertama injeksi pertama (supra 125 lama jauh sebelum vixion)

  11. ekekkekekek

    Lebih pas jadi LOGO EKOR sih

    FbH jangan kalang kadut ….itu sudah TAKDIRnya

    H suuuuuRrrrrrAM

    mueheheheheheh

  12. kebetulan saja

    yang nulis itu cuma mengamati motor jaman sekarang , tapi gak pernah terlibat dalam industri broompit

  13. Karena menurut empu Gandring orang yang babat alas akan lebih besar gagalnya, sementara orang meniru yang sudah ada sebelumnya tingkat keberhasilannya lebih besar daripada yang babat alas

    • Efek buruknya ga ada, malah efek bagusnya banyak, konsumen bisa dapet produk dengan fitur sama tapi lebih baik karena dikembangim lagi atau bisa lebih murah karena didowngrade lagi. Di dunia bisnis ngekor ga ngekor bukan urusan penting selama ga melawan hak cipta, yg bego cuman fanboynya

  14. Intinya strategi pemasaran,,toh kalo di luar negri gak melulu Honda ngekor,,,dan mereka jg gak bisa dibilang merk pengekor 100% lah.yg bilang Honda pengekor ya krna wawasan bacaannya cm buat wilayah NKRI aja

  15. Next article, Y kembali dihajarrrr sama lex webex habezz habezann ancur lemburrr ambyarrr total amsyong selez kalang babut

  16. KLO semua Honda duluan, yg lain jual apa?

    Mio maen duluan aja keok sama beat.

    Vixion maen duluan koit sama CB150R

    • Emang skrg cb laris ?numpuh tuh di dealer sampaindi diskon banyak ..skrg eranya matik ..dasar fbh bloon .perasaan udah jarang yg beli cb …wkwkwk

      • Oh.. Pantes beat, scoopy, vario series sampai banyak sliweran dijalan ya.. Yang punya yee.. Emi cuman namex aja yang berenang.. Awas kepatuk bentar lagi Kleleep loh… Crotzz..

  17. Mungkin gini x ya…ibaratnya gini saya ada dana mau usaha bingung mau usaha apa yg modal kecil untung besar ..karna takut gagal saya surpei lapangan akhirya liat mdl sesuai dgn kantong ikut tuh bikin usaha ayam goreng tepung yg rame dari pada bingung bikin usaha yg blm pasti jdi bikin yg pasti laku dan ada yg bli kaya..mungkin itu strategi yg digunakan honda biar riset dan surpey produk baru ga lama jdi bisa cepar bersaing dilapangan contoh kegagalan new model bebek crossoper cs one…tapi tdk semua juga ada juga yg sukses kaya scopy..ya predisi pemikiran secara awam mungkin kaya gitu..TAMBAHAN SATU INI IKLAN KAWASAKI NYA YG JENTEL JGN NGUMPET JADI BIKIN JEBAKAN BEKMEN bac balik masuk ke iklan kawak ?

    • ekekekekek

      sebearnya simple gitu..

      gak nyontek gak laku yg nyontek aja ada yg disuntik mati

      H suuuuuRrrrAM

      muehehehehe

  18. Konteks artikel harusnya lebih luas, seakan2 apa yg terjadi di indonesia sekarang, adalah juga apa yg terjadi di dunia? Mari kita cek fakta:

    1. Tahun 1958 honda bikin supercub, dan sukses luarbiasa, yamaha mengekor dengan v series mulai 1971

    2. Honda bikin cb750 pada 1969, dan laris manis tanjung kimpul di amerika, eh diikuti oleh yamaha dengan xs650 pada 1970

    3. Honda bikin goldwing fulldressed pada 1981, dan sekali lagi dagangannya laku keras, eh ujug ujug dicontek yamaha royale venture pada 1983

    4. Honda menghidupkan kembali motor retro dengan cb1100 pada 2010, eh yamaha ikut2an retro dengan xsr900 pada 2016.

    Mengekor trend atau genre itu sah2 saja, gak ada hukum yg melarang, kalo mencontek desain itu melanggar etika dan hukum.

    • Gak usah terlalu ditanggapi broo justru lek webeh cmn satire terhadap beye yg demennya sering nuduh ngekor” thdp sultan (H), padahal kenyataannya???????….., biarlah yg ada embel” smartnya saja yg menjelaskannya….jiahahahaaa.

      Fix Y Blangsaaak.

      Rip and pray for Yamuna(fix).

      Wkwkwkkk.

      • ekekekekke

        1.udah pernah lihat MF -1 belum ?? itu bebek lahir pada th 58 dan udah monoshock

        2 ingat YD 1 itu lahir lebih dulu dr cebol yg designnya ngeekor YD 1

        3. Royal venture itu lebih maskulin lahir hampir bebarengan

        4. Jangan lupa sebelum xsr udah ada FJR yg booming

        nah kalau masalah design H itu terang terangan tukang jiplak

        H suuuuuRrrrrAM

        muehehehe

        • @ekekek

          Motor pertama honda adalah dream series pada tahun 1949, motor pertama yamaha adalah ya1 dibuat pada 1955 yang merupakan hasil rebadging alias fotokopi 100 persen dari motor jerman dkw rt125

          1. Mf1 dibuat tahun 1960, bukan 1958, gak perlu gua tulus link disini, cari makan boleh, tapi kalo bohong itu dosa

          2. Yd1 cuma redesigning ya1, bukan produk asli yamaha, xs650 yang juga bukan produk asli yamaha, tetapi hasil beli design hosk. Bisa jelaskan mengapa cb750 masuk dalam jajaran landmark teknologi jepang, ditahbiskan sebagai motor UJM (universal japanese moyorcycle) pertama dan superbike pertama didunia? bukan yd1, dan bukan pula xs650

          3. dari tahun pembuatan yg gua tulis udah clear ya, siapa mencontek siapa, goldwing fulldressed 1981, lalu dicontek royale venture pada 1983

          4. Penghargaan tertinggi kekaisaran jepang untuk tokoh sipil yg berprestasi dibidangnya adalah Grand Cordon First Class, untuk bidang otomotif, cuma dua orang jepang yang menerimanya yaitu soichiro toyoda dan soichiro honda, bukan suzuki, bukan meguro kawasaki, dan bukan pula yamaha.

  19. Memang benar sultan (H) datangnya selalu terlambat Seperti halnya dalam permainan catur biarlah prajurit dan para menteri duluan yg membuka jalan, raja/sultanmah belakangan……!!! Bhuahahaaa..

    Dan cilokonya yang mengekor malah lebih powerpull dari yg diekor, meskipun yg mengekor pasang harga tinggi dan memberikan produk yg inferior(red:tuduhan khas para beye). tetep saja yg diekor kalah saing dan babak belur benjol sana sini…(seperti halnya nasabah bandel yg digebukin sm debtcollector)..jiahahahaaa.

    Fix Y Blangsaaak.

    Rip and pray for Yamuna(fix).

    Wkwkwkkk

  20. Iya cak, saya sependapat dg anda.. Smua itu udh trsmsuk dlm strategi pemasarn. Mau yg lbih laris H atau Y bodo amat.. Bgi sbagian besar mngkin H lh yg mmnuhi kbtuhn brkndara.. Tpi untuk selara kn lain lgi

    Para Fansboynya aja gak Y atau mrka pd lebay

  21. Filosofi honda ATM (amati tiru modifikasi), metode bisnis paling sederhana tapi mematikan lawan, di bidang elektronik juga begitu.

    • Benar banged Bang, cuman Fansboy motor disini banyakan Bocah Pekok.

      Mereka gk ada yg ngerti seiring perkembagan teknologi di zaman sekarang, semua pabrikan baik di bidang otomotif,elektronik dll

      selalu berlomba2 menghadirkan produk yg bisa di terima oleh pasaran, tidak menutup kemungkinan dengan selalu meniru fitur2 apa yg kompetitor punya.

      Toh semua jg logis,

  22. Sudah hukum nya, Yamaha adalah kiblat bagi sepeda motor di dunia, segala technology dan modelnya memang biasa dijiplak oleh pabrikan lain seperti Honda, Viar, Jialing dll. Seperti hal nya iphonne dan samsung yg jadi kiblat bagi smartphone dr china.

    • Sekarang gue tanya motor itu penemuan orang mana ? Kalau lu tau bakalan malu banget lu komen kayak gitu

    • Kalo VTEC di contek VVA

      ISS di contek SSS

      ACG di contek SMG

      Beat karbu 1st gen di contek Mio m3

      Motor pertama injeksi supra x 125 FI th 2006 di contek vixion 2007??

      • ekekekekek

        mana ada VVA nyontek ?? part part nya aja beda

        Mio M3 itu terisinpirasu Cygnus di eropa sana

        penemu injeksi, siapa coba ???

        H suuuuuRrrrrAM

        mueheheheh

  23. Secara kultur memang Yamaha corporation lahir duluan dibanding O’onda, jadi wajar kalau Yamaha lebih punya prestige dan pride.

    • Pabrik honda roda 4 saja sudah melebihi penjualan seumur hidup pabrik Suling..??????..ga tau diri..?

  24. FBH gak usah nyolot lah..sampe bilangin penjualan yamaha ancur.sampe seolah olah di ibaratin Honda vs suzuki aja yang penjualannya.

    Mio emang kalah dari beat.tapi N max gak kalah dari pcx.vixion vs CB150R lakuan mana?sport fairing 150 juga lakuan mana?R15 V3 masih sedang berjaya.New CBR150 baru aja mbrojol.belum tau penjualannya gimana.jadi jangan dulu takabur ???

  25. Kalo orang bilang Honda sukanya ngekor, karena orang itu bagai katak dibawah tempurung. Karena orang itu cuma tahu Honda di Indonesia saja. Wawasan nya cuman motor2 lokal. Keluar dikit aja deh, macam Thailand, baru tahu bagaimana honda jadi pionir roda dua. Jauh lagi ke India, jauh lagi ke Eropa, sampe2 sh1 menguasai pasar skuter.

    Skali lagi , kalo tahunya cuman Honda indonesia yah gitu deh

    • Ada efbenyek dg pede nya bilang

      Mobil = Suzuki…????????

      Guobloooookkkkk poolllll…????????

      Wan,..sorry terpaksa gw berani nulis GUOBLOKKKK…WAKAKAKAA…

      Tiap hari nongkrong di pengkolan, otak sales R 2 efbenyek memang BERKARAT..!!!???

  26. Daaaan, kalo tahunya cuman skuter2 lokal macam beat, Vario, Mio, atau paling banget nemek, ya tahunya gitu. Coba bahas cb750, rc116, cbx1100, nr750, nsr250, atau Honda beat yg sport (sodaranya fsx150), maka anda baru tahu apa itu ngekor atau pionir

  27. eeekekkeke

    gak usah bertele tele :

    Duluan mana Yamaha bikin Corp. sama H bikin pabrik…

    Wess gitu sazaa…

    H suuuuuuRrrrrAM

    mueheheheheh

Comments are closed.