iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….IWB bengong dan manggut-manggut saat ngobrol santai dengan teman IWB. Sosok teman yang tidak biasa namun luar biasa karena yang pasti doi bukan orang sembarangan. Kalau judule akses doi keseluruh pabrikan wisss oraaaa usah dipertanyakan. Selain doi buanyaakkk juga relasi IWB yang membuat IWB tidak pernah ketinggalan “sak encrit” pun isu yang berhubungan dengan roda dua. Termasuk kelahiran New CBR150R. Tahukah sampeyan…Honda new CBR150R datang ? Yamaha Cuek tuh !! ahh mosokkkk, kokk bisaaa ???

Seperti yang kita tahu PT Astra Honda Motor tahun ini betul-betul menggebrak pasar dengan kelahiran generasi terbaru Honda New CBR 150R K45R. Motor yang mendapatkan upgrade sangat signifikan khususnya fitur dan desain. Motor ini bisa kita katakan naik kelas dari sisi “looks” sehingga terlihat jauh mewah dan premium serta Sporty.? Dengan menggunakan suspensi Upside Down yang Advance di kelasnya yakni USD SFF-BP, membuat Honda New CBR150R menjadi salah satu sport fairing yang menggoda celengan walaupun kontroversi keputusan Astra Honda Motor tetap mempertahankan engine sebelumnya menjadi adu debat para fansboy….

Kelahiran motor yang jauh lebih ganteng dan keren tentu membuat kita bertanya, bagaimana respon rival dekatnya Yamaha terhadap kehadiran motor ini? Apakah mereka akan meluncurkan produk tandingan dengan melakukan upgrading desain pada R15VVA? Karena suka atau tidak generasi lama CBR aja sudah cukup laris apalagi model sekarang? Fakta ini berdasarkan data penjualan terakhir yang di-share AISI 2 tahun silam sebelum data di kekepin tidak dibagikan secara publik. Yup….CBR150R bukan lawan R15 VVA soal penjualan cak. Apalagi sekarang ? terus gimana reaksi Yamaha ?

iklan iwb

Nahhh…disini sampeyan akan terkejut karena dari hasil investigasi di lapangan ternyata Yamaha disinyalir merespon dengan santai kelahiran CBR150R. Dalam strategi mereka ditahun ini bahkan tidak nyinggung sama sekali perkara sport 150cc. Waaaahhhh ” Mereka cuek tuh, seperti tidak terlalu perduli…” seru narasumber IWB. Lhooo kok bisa ? Apakah karena sudah sangat terlalu percaya diri dengan produknya? Atau ada alasan lain yang membuat mereka ogah-ogahan di kelas ini? Ternyata alasannya adalah pasar. Betul cak…. Menurut sumber yang IWB kumpulkan, pasar sport 150cc bukan prioritas bagi Yamaha…

” Pasarnya kecil, dijabodetabek saja paling hanya terserap 500-an unit maksimal. untuk total sport (Yamaha). Jadi mereka nggak terlalu fokus ke sana….” tambah narasumber IWB lagi. Woaaaalahh ngono to. Tentu ini adalah informasi mengejutkan dan membuka mata kita….betapa kecilnya pasar motor sport 150cc era sekarang. Walaupun pasar motorsport masih lebih baik dibandingkan dengan bebek namun gambaran angka yang disebutkan jelas membuat mata kita terbelalak. Nggak heran pabrikan ogah ngoyo. Kita sebagai Bikers mungkin ingin sesuatu yang luar biasa dari pabrikan. Tapi yang harus diingat adalah ongkos produksi…

Untuk mengembangkan sebuah produk yang Advance dan melompat dari generasi sebelumnya tentu butuh pengembangan dengan biaya sangat besar. Full model change (FMC) khususnya…kuwi cost-nya guedeeee cak. Nah… yang menjadi masalah ketika biaya yang dikeluarkan sudah sangat besar apakah “in return”nya nanti seimbang? itulah alasan terbesar cak. Pasar sempit tentu tidak akan balik modal. Segmen kecil hanya menghabiskan tenaga tanpa banyak memberikan profit buat opo ?? kasarnya demikian. Nggak heran sepertinya Yamaha lebih memilih untuk Tiarap terlebih dahulu dikelas ini. Mereka fokus untuk ngepush maxi line up, bukan sport….itu yang IWB denger…

Last…..nggak mengejutkan jika Honda mempertahankan mesin sebelumnya dan fokus pada pengembangan yang lebih kelihatan mata. Karena faktanya ternyata market motor sport 150cc ini memang semakin menciut. Artinya kita masih beruntung ada pabrikan yang sudi bergerak untuk memuaskan dahaga kita sebagai biker disaat pabrikan lain melemparkan handuk untuk sementara. Pantessss IWB sejauh ini belum mengendus pabrikan lain akan melakukan sentuhan terhadap line up motor sport fairing 150cc mereka termasuk Yamaha. Lawong sport 150cc abot cak daya serapnya. So…. isunya R15VVA tidak akan mendapatkan sentuhan apapun tahun ini selain permainan warna ataupun striping. Apakah dugaan ini valid? Apapun bisa berubah dan kita lihat lagi pada semester 2 2021. Honda new CBR150R datang ? Yamaha Cuek tuh !! FBY sabar ya…nikmatin yang ada aja dulu, okreekkk xixixi….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!