iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….kalau sampeyan followers setia IWB sejak dulu pasti tahu dengan blue angel Byson. Sikebo biru yang sukses menyisihkan banyak kandidat dari sekian banyak pilihan tunggangan IWB. Namun bagi follower baru mungkin nggak tahu bahwa IWB memiliki Yamaha Byson 1st gen. Mesin karbu yang sukses membuang jiwa speed freak IWB muda. Nggak heran cukup banyak pertanyaan mampir kala itu….kenapa sikebo terpilih sebagai tunggangan sehari-hari menyisihkan sekian banyak kandidat? inilah artikel refreshment buat menemani sampeyan menikmati pagi yang lumayan dingin. Dan artikel ini membuktikan bahwa desain is number one bagi banyak orang….intip detilnya dibawah ini !!

Pertanyaan seperti judul diatas mampir kewarung IWB. Rasa ingin tahu sampeyan semua atas dipilihnya Yamaha Byson sebagai tunggangan sehari-hari terus mengalir seiring makin ramainya warung ini. Btw…..emangnya kenapa sih sikebo terpilih dari sekian banyak kandidat IWB??…

Sebenarnya tidak ada alasan khusus selain as matter of design. IWB butuh alat transportasi sehari-hari yang gampang perawatan, ekonomis, tahan banting serta mempunyai ergonomi riding santai. Kala itu ada 5 kandidat dalam benak IWB yakni Yamaha Scorpio, Pulsar 220, Honda New Megy, Vixion dan yang terakhir Byson. Bahkan IWB sudah mengunjungi dealer Honda di Depok guna mengintip lebih dekat….

Revisi besar-besaran pabrikan sayap mengepak memang jempolan sebab mulai dari sasis, engine, ban, speedometer hingga suspensi dirombak total membuat iman nyaris rontok (Honda saat itu mendatangkan Dazzler India dengan mengusung nama New Megapro). Sedang Byson??…kala itu belum ada didealer karena baru meluncur serta diuji coba oleh para sesepuh Blogger seperti Wak haji Taufik, Triatmono, SL dan lainnya. IWB sebagai pembaca blog….selalu antusias membaca ulasan-ulasan yang mereka tulis. Praktis IWB hanya melihat rupa Byson lewat gambar. Namun akhirnya…pendirian berubah total!!

Pulang kerja lewat Pasar Minggu, ada satu dealer memajang Byson warna biru dipinggir jalan. Asli mzbro….runtuh pendirian sanubari. Kesetiaan dibetot tanpa ampun. Gambar NMP, Vixion, Scorpio hingga Pulsar 220 raib dirampok penampakan gen FZ. Segala kelemahan yang diulas para Blogger berusaha IWB tepis jauh-jauh (saat itu dibahas power kurang alias lemot). Tercatat…perhari itu, diam-diam IWB sudah menulis dalam hati, bahwa pengganti Megy lawas adalah Yamaha Byson. Unik memang….bak kena pelet, IWB yang maniak speed sejak muda seperti menutup mata akibat desain kuda besi pabrikan garputala. IWB merasa…tunggangan ini pas dihati. Bukannya lainnya tidak keren, namun gurat…lekuk dan pembawaan sikebo sesuai selera IWB. Itu saja….

Umur motor racikan India ini sudah setahun lebih ditangan IWB. Kilometer tembus 19ribuan kilometer. Dalam perjalanannya banyak suka maupun duka mengiringi langkah Blue angel. Duka ketika biker lain meragukan kemampuan sprint mesin sikebo…suka tatkala orang-orang mengerumuni untuk sekedar bertanya atau bahkan memuji. Yup…1 tahun lebih satu bulan (testimoni singkat). Periode yang tidak bisa dibilang singkat.

Pada rentang waktu tersebut…..hanya busi dan kampas rem yang sudah diganti. Lainnya….masih prima tidak ada penurunan. Komsumsi bensin juga tetap irit (sekitar 1 liter : 40 km). Sejauh ini hati belum tergerak untuk mengganti eksistensinya. Entah tahun depan. Tergantung….apakah ada pabrikan yang mampu membuat “klik” dari desain yang ditawarkan. Kalau iya….why not??. Toh IWB bukan FBH, FBY, FBK, FBS ataupun apapun itu sebutannya bagi biker yang fanatik terhadap merek….

Dimata IWB semua motor statusnya sama…..pasti ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal bagaimana…siproduk mampu menghipnotis sibiker guna diboyong kerumah dijadikan pendamping. Apakah dari segi engine??…desain??…pricing?? akan lebih nampol jika keduanya bisa dikombinasikan bersama-sama. So tantangan buat ATPM untuk mewujudkannya kealam nyata. Yup…itulah sekilas celoteh yang bisa IWB utarakan. Semoga bisa menjawab rasa penasaran dari mzbro semua….

Itulah sekelumit artikel 2011 silam cak. Artikel satu dekade lalu yang menggaris bawahi betapa pentingnya desain. IWB harus katakan porsi desain dalam sebuah motor mencapai 85 % pengaruhnya….luar biasa cak, memang demikian. Mungkin nggak semua, tapi mayoritas biker pasti begitu. Jadi dengan kata lain, kehadiran New CBR150R dengan tampang kurang ajar namun power paling kecil dikelasnya IMHO nggak akan banyak berpengaruh terhadap biker diluar sana. Apalagi jika sampeyan suka motor harian yang rileks dan nyaman plus tampang ganteng….wisss cocok tenan cak…

Last…faktanya dari dulu hingga sekarang tidak ada produk yang sempurna. Selalu saja ada plus minus. Tinggal semua terserah kita semua untuk menjatuhkan pilihan. Lawong kita raja cak, sing duwe duit…..iyo ora. So….Kenapa IWB pilih Yamaha Byson ketimbang yang lain?? desain adalah alasan utama, nggak ada yang lain. Buat nampang pede walau sikebo mungkin dari sejarah IWB punya motor adalah kuda besi paling anggun. Lhaaa piyee cak….emang kalem bener bawaannya Mau dibetot mentok responnya mung mringis. Tapi nyamaaannnn tenan, kuwi kelebihannya. Nahh…kalau sampeyan sendiri piye cak….punya opini lain soal ini ? monggo berikan komennya….gazzzz !! (wb)

 

iklan iwb
Previous articleTerjawab sudah, ini posisi dudukan plat nomer Honda new CBR150R K45R !!!
Next article[Fakta] Kisah Valentino Rossi tolak Suzuki ternyata adalah nyata !!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

49 COMMENTS

  1. Secara design sih OK. Coba byson ini bermesin Scorpio pasti sadis. Ini lah design mengalahkan mesin itu sendiri, sekarang ini lebih mirip new cbr150, designnya menutupi 16,9ps nya😁😁😁😁😁. Ada juga yang kebalik, cs1 domba garut tapi mesin sadis. Tinggal sesuai selera Dan kantong aja.

  2. Gk pernah bosen ngikutin warung cak $$$$ dari jaman sma tahun 2011 sampe sekrang..

    makasih cak..

    sehat dan sukses selalu🙏🙏

    • Mana ada verza di suntik mati? Bukanya byson yg baru kluar sda discoutinu? ekekekkeke

      Jd orang jngan jdi tukang bohong… Jlubbb

      • Jlab jlub

        Baca yg bner…mudeng juga enggak

        Situ yg jlubb…

        Somplak again tu fbh, dia ngatain byson disuntik mati, bukan verza nya….komennya maksudnya “gara2 verza (koma) (byson) disuntik mati..liat tu di atasnya dia komen oenjualan 0 unit

        kamu fbh panasan ya…sampe kesulut fbh lain 🤣

  3. Gak tau knp cak pandangan pribadi kami, kalo Byson beberapa tahun kedepan bakal jd motor kolektor item. Dari sisi lekuk body yg bikin dag digdug blm ada ganti sampe sekarang, meskipun untuk sektor mesin biasa saja tp desain keseluruhan byson klo dilihat terus”an ada yg menarik untuk dipinang.

  4. Ealahhhh, jebule artikel pembelaan buat CBR150R toh…

    Tpi desain Byson Gen 1 emang cakep sih lek dizamannya, sekarang mah jangankan beli liat aja ogah.

  5. Pernah punya, yaaa rasa naikinnya emang bener2 nyaman. Buat yg speed freak, torque freak, jangan coba2 betot gas ini motor, suka ngempos hehe.. cocoknya ya buat yg seneng bawa santai, design berototnya keren.

  6. Klo bliknya ke new cbr 150 …pendapat pribadi harusnya selain model bengis harusnya power juga harus naik secara merek merek sebelah udah rata rata diangka ..19 ..so ini kelas nya udah R ..harusnya mesin diperhatikan juga mungkin beda cerita klo merek sebelah maci main diangkan16- 17hp…klo powernya naik pastinya penjualannya makin gila tpi klo kaya gini paling ya datar datar aj ga bisa narik yg speed lover kelas 150 …

  7. Saya sudah pernah punya dua-duanya cak, antara si Byson ama New Megapro. Setelah kurleb masing2 2tahunan saya pakai, ternyata saya tetap memilih NMP. Alasannya tingkat kenyamanan berkendara dan riding positionnya nggak sakit di bahu dan pinggang cak. Dari aklerasi dan power serta top speed di atas jauh si Byson. Hanya saja kelemahannya sedikit lebih berat, hehehe

  8. Bahkan headlamp Byson yg dimiliki lek $$$$ masih lebih elok dipandang daripada headlamp motor Kekinian milik Y#mah#, seperti Xabre,MT Series yg nggak ada wibawa nya sama sekali kalau dikendarai

  9. Bisa dikatakan desain keren pada zamanya mungkin jika desain ini tetap dipke namun dengan upgrade misal digital speedometer,lampu LED bisa up daripada vixion terbaru.

  10. Jadi inget jaman dulu lek,ngebet banget pengen beli motor dan yg paling jd inceran ya sii kebo byson ini..alasannya ya karna desainnya yg joss tenan pd kala itu maka pergilah aq ke dealernya,tp setelah smp dealer yamaha mau beli scr cash jawaban dealer hrs inden 3bln itu paling cepet dan kalo kredit paling cepet 1bln… jawaban yg bener2 bikin nyesek tenan lek, akhirnya krn kecewa bercampur esmosi larilah aq ke dealer honda dan bertemulah aq sm si new megizet yg mau dibawa pulang kapan aja ora perlu enden2an.. walau desain nya elek tp enak desahane enak tenan😄😄

    • saya punya pengalaman yang sama, sekitar tahun 2017 rencana mau upgrade dari Blade 110 (yang new) ke Nmax.

      Saya udah datengin 4 dealer di lokasi yang berbeda dan jawabannya gatau kenapa stock selalu kosong (waktu itu memang berhembus isu akan facelift sehingga sepertinya stock nmax di stop dahulu).

      Dari situ saya mulai cari Aerox, dan hal yg bikin saya heran adalah kalo mau beli cash maka motor baru bisa diantar bulan depan sementara kalo kredit minggu ini pun sudah bisa diantar. itu pun katanya kalo mau lebih cepat bisa bayar biaya admin 1jt rupiah. loh????

      prinsip saya begini, kita mau beli mobil saja dapat diskon sampai 2 digit + accesories bawaan. lah ini mau beli motor yg murah malah disuruh bayar lebih???

      so yaudah dari situ pupus harapan saya punya maxi yamaha. sepulang dari dealer yamaha iseng-iseng main ke dealer honda. begitu melihat diskon vario 150 cukup gede (hampir 1.5 juta karena diskon pelajar) besoknya langsung saya cash + asuransi setahun 🤣

      kini udah mau 4 tahun si vario saya menemani. sudah berjalan 24rb km dan alhamdulilah tidak menyesal sama sekali. gredeg tidak terasa karena rajin servis, vibrasi sangat halus, power cukup sih buat saya yg emang nyantai, irit, plus kebetulan dapet versi velg yg merknya enkei. jadi punya kebanggaan tersendiri hahahaha

      last, saya bukan FBH atau FBY, di rumah juga saya punya PCX dan Xmax. saya adalah pembeli yang rasional

  11. Baru nge’h ternyata $$$$$$$ $$$$$ adalah seniornya iwebeh…, tapi kenapa bisa kalah pamor yaa….!!!!! (Tanya kenapa)

    Rip and pray for Yamuna(fix)

    Y Blangsaaak

    Wkwkwkkk.

  12. Emang kalo udah jadi fansboy sebuah merk… bisa dapet service gratis ato sparepart gratis cak…??? Tetep wae dikuras kie kantong muuuu….. 😅😅😅😅😅

  13. ini motor pioner nya tapak lebar di kelas 150cc kala itu, as shock depan nya jg gde bgt kyk punya 250cc buat bahan modifikasi bagus as shock depan nya

    waktu dlu rilis ngeliat ini sekilas mirip ducati yg naked bike

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here