iklan iwb
iklan iwb
” Yamaha MT-07 dicangkokin fairing dan berubah nama menjadi FZ-07R..”

Iwanbanaran.com – Wowwww…wowwww…..wowww…sik-sik, sampeyan pasti bingung dengan judul diatas. Iki maksude piyeee…master of torque akan bertranformasi menjadi fairing bike?? seriuss opo oraaa kieee ?? betul cak, isu ini datang dari Eropa dan sepertinya menjadi hot gossip yang patut kita ikuti. Kenapa ? karena mesin CP2 generasi terbaru akan dioptimalkan lewat versi fairing yang nantinya siap tantang mesin 4 silinder. Waaahhhh….

Rumor beredar bahwa Yamaha dikatakan sedang mengembangkan generasi terbaru motor sport fairing 2 silinder atau CP2 menggunakan basis engine dari MT 07. Tentu saja isu ini sangat mengejutkan mengingat seperti yang kita tahu bahwa konfigurasi mesin Master of torque MT-07 tidak sama dengan motor sport 600cc 4 silinder pastinya. Mengusung mesin dengan kapasitas murni mencapai 689cc DOHC 8 katup Parallel twin crossplane crankshaft dengan kompresi rasio 11,5:1….. Yamaha MT-07 memuntahkan tenaga hingga 74,8ps dan torsi 68Nm…. sebenarnya bukanlah lawan mesin 4 silinder 600cc…

Namun yang menjadi kelebihan motor ini adalah power to weight ratio yang cukup baik. Dengan bobot hanya 183 kg atau setara dengan berat Kawasaki Ninja ZX25R, tidak heran Yamaha MT-07 sudah sempat digunakan untuk turun balap di MotoAmerika. Merupakan versi custom modifikasi dari beberapa komponen Yamaha R series, Andy Palmer memberi nama Yamaha MT-07 versi fairing ini dengan sebutan FZ07R. Ini versi custom cak karena PWR-nya disebut mantap tenan. Tak Ayal tindakan Doi ternyata dipantau oleh Yamaha sehingga rumornya pabrikan garputala sedang mempelajari untuk meracik versi fairing Yamaha MT-07……..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Menurut Asphaltrubber isu ini sebenarnya cukup logis mengingat saat ini ada gap yang cukup besar di jajaran line up Yamaha setelah mereka menyuntik nanti Yamaha YZF R6. Hanya menjual versi race tentu bukanlah solusi mengingat profit di segmen ini pastinya jauh lebih sempit. Oleh karena itu Yamaha harus mengisi ruang kosong antar 320cc hingga 1000 dengan sport fairing yang lebih murah namun tetap tangguh. Kenapa CP2? Karena mesin ini sanggup menghadapi tekanan emisi gas buang Euro 5..

Yang kedua mesin Yamaha MT-07 dianggap sebagai mesin yang responsif, durable serta memiliki bobot yang cukup ringan sehingga akan mendongkrak power to weight ratio di kelas ini. Yang ketiga mesin CP2 jauh lebih murah dibandingkan dengan mesin 4 silinder sehingga pabrikan akan leluasa mematok harga sebagus mungkin untuk ngrecokin kelas 600 cc sport fairing. Memang mesin dua silinder bukan lawan mesin 4 silinder. Tapi dengan positioning harga yang bagus Yamaha MT-07 versi fairing ini dipercaya bisa memperkuat line-up Yamaha di kelas middle weight twin category….

Last…. semua memang masih berupa rumor yang belum tentu terbukti. Namun jika isu ini akurat diduga harga Yamaha MT-07 versi fairing nanti akan dibandrol jauh di bawah Yamaha YZF R6 masa lalu. Motor ini juga akan bersanding secara head to head melawan Aprilia RS 660 di mana motor ini sama-sama menganut mesin Twin. Kita tunggu saja isu ini….hmmm penasaran juga akan seperti apa jika MT-07 dirubah menjadi model fairing. Tapi entah kenapa kalau IWB sih rada pesimis sebab dari pengalaman masa lalu mesin twin dikelas ini rarta-rata hanya masuk sebagai sport touring fairing yang susah berkompetisi melawan mesin 4 silinder. Kalau menurut sampeyan piye cak…punya opini soal ini ?? (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!