iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cadazzzz cakkk…uapikkkk polll ketika IWB mengintip versi modifikasi motor legend 2Tak Yamaha RZ250. Sebuah motor yang memiliki tenaga cukup yahud menilik usia yang tidak lagi muda. Namun jangan salah, sekalinya di custom…wowww cicak bin kadal keren tenan. Bahkan IWB yakin XSR seriespun bakal minder kalau ngeliat pesona Yamaha RZ250 versi custom. Horaa percoyo ? simak detilnya dibawah ini…

Jangan pernah sepelekan motor klasik. Diracik murni konsen pada performa tanpa menghitung emisi gas buang, tampangnya yang kalem menyimpan potensi yang lumayan nggegirisi. Salah satunya adalah motor klasik 2 tak Yamaha RZ250. Dilalah IWB Menjadi salah satu Blogger yang sukses melototin secara langsung….siapa menyangka motor dengan tampang klasik ini bisa memuntahkan tenaga hingga 35,5HP. Ediannn mantap tenan cakkkk…..

Yamaha RZ250 yang IWB temui ini adalah lansiran 1980. Jadi sampeyan bisa bayangkan jadulnya umur sang kuda besi. Namun jangan salah….motor yang dibekali mesin 2 tak 250cc 2 silinder ini bisa memuntahkan tenaga hingga 35,5HP serta torsi 30,2Nm…..wisss jengat deglak tenan kangbro. Torsi besar dihasilkan dari sistem yang disebut sebagai Torque induction. Tidak hanya itu….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

RZ250 dijejali mesin dengan kompresi hanya 6.2:1…kapasitas oli 1,6 liter dan pengabut bahan bakar karbu (Mikuni VM 28SC). Dimasanya sang naked ternyata juga sudah cukup canggih kangbro. Sebut saja swing arm model monocross tidur serta pelk aluminium. Bobot kosong RZ250 hanya 139 kg…..super ringan untuk kelas 250cc dua silinder. Bandingkan dengan motor 250cc sekarang yang berada direntang 160-172 kg, Makanya tarikannya bisa bikin rambut jegrik. Piye soal BBM ??…

Pasti pakai bensin to cak mosok solar :mrgreen: . Kapasitas tanki RZ250 mencapai 16,5 liter, cukup besar. Sisi minus dari motor ini adalah start mesin yang masih menggunakan sistem pancal (kick starter) serta rem belakang yang masih tromol. Namun dimasa itu memang sudah lazim secara mayoritas nihil elektric starter. Lalu sistem rem depan hanya single piston ditambah swing arm yang terlalu mungil. RZ250 diproduksi dari tahun 1980-1988. Tapi gimana jika motor ini dicustom ?

Cicak bin kadal keren tenan. Ini dibuktikan oleh modifikator asal Jepang bernama Yamashita yang melengserkan beberapa part agar sosok RZ250 lebih modern. Doi membuang suspensi depan teleskopik dan diganti model USD, swing arm mungil dengan lengan ayun almu big bike, fender depan, kaki-kaki dll. Untuk shockbraker belakang juga sudah berganti model monoshock. Dapur pacu sendiri disentuh ulang dengan menaikkan ukuran piston 1mm lebih gede, overhaul termasuk pembakaran mengandalkan coil Watani SP2 High power dikombinasikan NGK power cable. Hasilnya ? maknyuzzzz. Seperti apa sosoknya ? intip wae foto-fotonya dibawah ini…ediann gantenggg !! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!