iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….penasaraaannnn judule, IWB cukup penasaran untuk membedah sosok yang diduga akan dirilis Suzuki Indonesia untuk pasar Indonesia. Sebuah rumor menarik ditengah kondisi persaingan yang semakin sengit. Nah diartikel ini walaupun belum 100 % akurat, tidak ada salahnya kita coba oprek spek detil sang kuda besi. Suzuki Gixxer 250SF, yang diduga siap masuk Indonesia…dan ini faktanya !!

Seperti yang sampeyan semua tahu sebelumnya IWB sudah membahas pergerakan Suzuki yang cukup mencurigakan dengan arah membawa Suzuki Gixxer 250 SF ke pasar Indonesia. Motor yang sebenarnya mengusung mesin baru yang diracik Suzuki India untuk menggempur pasar Yamaha dan Honda. Dan dari informasinya motor ini memang terbilang ampuh serta disukai para biker India. Mesin yang mumpuni serta dianggap durable termasuk harga yang cukup terjangkau membuat Suzuki Gixxer 250SF bahkan bisa menyalip penjualan Yamaha Fazer. So… itulah kenapa IWB sendiri cukup penasaran untuk membedah sekilas seperti apa sosoknya…

Jika kita membicarakan desain, motor ini memang termasuk kategori sport fairing touring. Desain sendiri cukup agresif karena mengedepankan karakter serba lancip. Lampu depan dibuat sedemikian rupa dengan tetap mempertahankan karakter GSX Family. Sementara headlamp ataupun stoplamp sudah menganut model LED. Kemudian untuk suspensi masih menganut model teleskopik termasuk swing arm belakang model kotak. Untuk kaki-kaki sendiri motor ini sudah mengadopsi ban yang cukup besar yakni depan 110 dan belakang 150…..

iklan iwb

Suzuki GSX R250 SF juga menganut speedometer full digital dengan shape yang masih mewarisi model GSX lainnya. Menjadi ciri dan kekuatan lain Suzuki GSX R250 SF yang cukup laris di India ini juga sudah dijejali fitur Suzuki easy start system yang membuat sampeyan lebih mudah menyalakan motor dengan sekali colek tuas, termasuk hadirnya anti lock brake system dual channel (ABS), hingga piringan cakram yang cukup besar yakni mencapai 300mm. Yang paling unik dari desain motor ini adalah model knalpotnya cak…

Mirip dengan Honda CBR250RR, Suzuki Gixxer 250SF mengadopsi model dual barrel silincer. Jadi ada dua lubang tumpuk cak. Pengereman disuplai oleh Bybre yang konon merupakan anak perusahaan Brembo Italia. Sementara untuk dapur pacu Suzuki Gixxer 250 SF mengusung mesin 249 cc SOHC 4 katup dengan SOCS ( Suzuki oil cooling system) untuk menjamin kestabilan suhu mesin pada kondisi ekstrim sekalipun. Dengan teknologi terbaru Suzuki juga menjejali 6 sensor pada mesin seperempat liter 1 silinder mereka…

Yang pertama adalah O2 sensor, intake air pressure sensor, intake air temperature sensor, throttle position sensor, engine temperature sensor dan crankshaft sensor. Semua sensor ini dikontrol oleh ECM untuk memberikan pembakaran yang sempurna dengan fokus pada efisiensi termasuk respon gas agar spontan dan selalu ada setiap saat. Jadi dengan mesin 1 silindernya motor ini juga lebih baik powernya dibandingkan dengan GSX-250R yang hanya bermain di angka 24,5 PS. Untuk Suzuki Gixxer 250 SF ini mampu memuntahkan tenaga hingga 26,5 PS dengan torsi di Kisaran 22,2 Nm….

Last.. isu perihal niat Suzuki untuk membawa Suzuki Gixxer 250 SF memang menarik untuk kita tunggu. Sebab kita belum tahu berapa Suzuki akan membandrol motor ini jika pun lahir di tanah air. Satu poin yang harus diperhatikan oleh Suzuki adalah motor ini harus bisa dipatok dengan harga yang kompetitif mengingat pasar 250cc sudah ditempati oleh motor-motor dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Nah..itulah sekilas gambaran Suzuki Gixxer 250SF yang rumornya siap dibawa ke Indonesia. Sebagai gambaran, berikut IWB lampirkan spesifikasi lengkap dari Suzuki Gixxer 250 yang kemungkinan akan berganti nama menjadi di Suzuki GSX 250F. Berikan opini sampeyan biar dibaca petinggi Suzuki, gazz cakkk….(iwb)

Spesifikasi Suzuki Gixxer 250 SF

ENGINE

Engine Type 4-Stroke, 1-cylinder, Oil cooled
Valve System SOHC
Displacement 249cm?
Bore x Stroke 76mm x 54.9mm
Engine Output 26.5ps@9300 rpm
Torque 22.2Nm@7300 rpm
Fuel System FI
Starter System ELECTRIC
Transmission Type 6 Speed, MT

DIMENSIONS & WEIGHT

Wheels CAST
Overall Length 2010mm
Overall Width 740mm
Overall Height 1035mm
Wheel Base 1345mm
Ground Clearance 165mm
Seat Height 800mm
Kerb Mass 161kg
Fuel Tank Capacity 12 L

SUSPENSION

Front Telescopic
Rear Swing arm

TYRE SIZE

Front 110/70R17M/C 54S
Rear 150/60R17M/C 66S

BRAKES

Front Disc
Rear Disc

ELECTRICAL

Battery Maintenance free, 12V 6Ah
Headlight LED
Tail Light LED

83 COMMENTS

  1. Desain jelek tenaga letoy, gak usahlah dibawah kemari. Kasian team marketingnya lek susah ngejual. Kali aja itu motor dihargai cuman 35 juta ada yg minat.

  2. Mau tanya nih lek, barang kali jenengan tau…

    Itu motor emang mau dijual oleh SIS atas kemauan sendiri, atau dapat tekanan dari prinsipal di jepang?

  3. Desain ini sbnrnya bagus, mmg ga ada efek first love nya dibanding honda dan yamaha, yg cenderung berani dan uda mainstream, tp desain gini yg makin diliat makin enak, ga bosenin.. mesin sdh cukup ok bagu saya.. tp sy tetep nunggu nakednya, yg desain ga kalah keren, dan pastinya riding position yg friendly.. 1 lg, aftersales dan bengkel diperbaiki, kalo bisa ditambah lg dealernya.. ??

  4. Saya lebih suka jika disain yg ini digunakan untuk Perubahan GSX 150, tapi tidak buruk juga jika d cangkokkan mesin 2 cylinder, fork USD dan Swingarm like banana.

    Ya sukur” Suzuki punya agenda tersembunyi untuk mesin 2 cylinder atau mungkin 4 ???

  5. Kalau harga 36 juta jelas ini lebih value for money di banding 150cc.torsi dan power udah lumayan jauh sama yang 17 PS.tinggal di modif dikit keren nih motor.harga 150cc tapi power lumayan gede.body lebih gede ini di banding si mono SL.

    Mono SL gak laku karena body nya kecil untuk sekelas 250cc.spare part nya itu loh,nihil bingit.

  6. Sport fairing rasa sport naked, masa cuma pake oli cooler, mapping pengapian single band?

    Berarti ketinggalan sama bebek mx king vva yg udah multi mapping, water cooler.

  7. Cak tetangga ada kawasaki 250cc SL Mono,kl harga masih diatas SL mono berat Cak,pangsa pasarnya pasti ke kawasaki,kecuali suzuki bisa harga dibawah itu,aku pikir tanggung ngga sekalian ke 4silinder aja mefet ZX25r yg melenggang sampai sekarang masih indent,suzuki 4silinder power bisa setara ZX25,mngkn blogger ini arep tuku juga

  8. Waduhh bagusan yg Naked bike aja yg di masukkan ke Indo, yg Fairing ini rada nanggung Desain nya..

    Kagak ada yg suka pasti, itu desain jok nya juga aneh seperti desain Motor BAJAJ, namun jika range harga nya di kisaran 40jt mungkin ada yg mau

  9. akan lebih baik klo motor ini keluar sebagai motor bergaya touring atau adventure klo memang mw dipasarkan di indonesia

  10. Kayanya si bakalan kurang laku, tapi di kalo harganya mepet sport 155cc mungkin agak laku. Btw project gsx r250 apakah dibatalkan?

  11. SiJuki ga kasian sama sales nya,

    Bakal pontang panting bgt jualan nih motor,

    Gmn mau ngejual nya coba nih bntukan motornya kya gtu, tenaga jg ga sebrapa,

    Sabar ya sales Juki,

  12. Harga GSX 250F harus dibawah 40 juta untuk masuk disini. Karna kelas ini sudah ada kompetitor bernama besar Kawasaki yg juga bermain di harga itu. Itu pun beda peruntukannya,, Ninja SL pure sport dan motornya seukuran 150cc meski 250cc, si GSXF sport touring dan bongsor.

    Kebanyakan org sini masih MotoGP minded, motor2 yg peruntukannya untuk sport touring dipake pure sport.

    Asalkan bisa mematok harga paling kompetitif GSXF bisa diterima pasar dengan baik, ga akan banyak komplain lah istilahnya.

    Soal technology si ninja SL 1 cyl 250 DOHC water cooled sedang GSXF 1 cyl 250 cc SOHC oil cooled. Ninja lebih kompleks akibatnya butuh perawatan lebih dibandingkan GSXF. Yaa plus minus lah.

    Mungkin PR desain jok yg agak disorot, bukan perkara susah ( tinggal ganti busa yg lebih tipis sedikit) dibandingkan body yg menggunakan moulding.

    Selain itu no komplain, hajar dulu. Selain untuk jenjang pengisi sebelum sang advance GSXR 250 (semoga 4cyl – kelas gengsi) hadir.

    Value nya apa? Jelas HARGA !

    Seperti Ninja SL di kelas dan harga yg dituju valuenya di harga motor sport 150cc menyentuh 40jt an sudah dapat 250cc . Pokoknya harga jangan Lebih 40jt itu saja. Syukur2 main promo seperti GSXR150, lebih memperkenalkan sih.

    Sebetulnya GSX250R China lebih manis modelnya dan 2cyl. Namun g masalah GSXF india ini cukup ok.

    Itung2 masuk kelas CBR250R 250 single cyl yg udah ditinggal dulu.

    Jadi GSXR150 kelas 30-35jt, diatasnya tipis

    GSXF 250 kelas harga Under 40jt,

    Next, sesuai Konsep GSXR250 (2 cyl) pure sport kelas 55-75jt,

    Lalu advance GSXR250RR (4 cyl) head2head ZX25R di 100-115jt

    Nah kekosongan di range 40-50jt bisa diisi versi naked GSXS 250 (2cyl) atau big Scooter Burgman 250cc

    Jangan hanya berpikir tentang laku atau tidak, dikelas ini Gengsi lebih menentukan. Jaman sudah berubah, saat ini jika bisa memberikan motor bergengsi maka secara otomatis motor akan laku, contoh Kawasaki sudah sangat berhasil dengan ninja 250 di 2008 dan ZX25R di 2020, gengsi dahulu, motor laku banget sampai indent2 kemudian. Ini jaman teknologi dan media social, biaya marketing sangat bisa ditekan oleh kemajuan jaman, banyak moto vlogger bagus juga. Semangat Suzuki !

    ( Semoga Dibaca Petinggi Suzuki, sebagai penggemar, pemakai turun temurun generasi ke3, dan pemerhati )

    • Idem, motor 1 cylinder value for money, dan harus diperhatikan after sales nya, perhatikan sparepart nya juga. Inden parts maksimal 1 minggu lah, kan sekarang banyak tuh jasa2 pengiriman kek JNE sicepat dll lah

    • value :

      di sisi harga kl bisa buat penggoda 150 yang paling mahal di bawahnya sedikit

      kaki-kaki bawaan sudah abs dan lebar

      buat harian dan touring masi ok karena model joknya sepertinya enak lebih manusiawi rider dan boncengers

      mesin 1 silinder dan oil cooler seperti masih ok lah dan perawatan bisa lebih murah

      sepertinya asik sih

  13. Lek iwan yg ane penasaran

    Kira2 akan ada perbedaan spek gak sama versi indo kalau jadi dirilis…

    Secara kalo liat zx25r aja spek versi indo lebih tinggi daripada versi jepang

    Terus gixxer sf250 ini bersi Jepang memiliki power 26hp sedangkan versi india 26,5hp artinya spek jepang lebih rendah karna ya kita tau sendiri regulasi jepang… Nah kira2 apakah kalo jadi dipasarkan di indonesia spek nya ada kenaikan power?

    Trims lek

  14. Rasanya berat mau bilang GSX250SF motornya bagus… Kecuali kalau harga jualnya setara ninja 250SL…

    • Desain bagus, tp masukan kl bs windshield nya dibikin agk tinggi lg.. Liat review di youtube dinaikin orang kok kyk pendek bgt, mirip CBR 150 yg dulu.. Dibikin naik 5-10 cm lg oke

  15. Gak ada salahnya main di 250cc single cylinder, apalgi genre touring, fairing pula, asal harga kompetitif, yakin bisa bersaing, 43-48 juta..ini motor bakal jdi sandungan utk 150cc merk sebelah..apalgi disuzuki, yg 150cc dihargai 28-30 an juta kan..jdi gak makan market sndri juga..

  16. Diliat dari samping body belakangnya kaya cb150 pake fairing…ga banget modelnya,alamat bakal kaya Inazuma nasibnya …

    Sedih liat Suzuki belum niat bikin motor 250cc buat warga Asean

  17. Pengen ketawa. 2021 jual 250cc, tp silinder 1 biji doang. Bangun bung, ini udah tahun berapa? Pake silinder 1 biji?

  18. Cakep sih cak , hanya saja masih superior 250RR mono ?

    Tapi ga apa2…mana tau ada pasarnya sendiri

  19. Ekekekek….fby kpngn ngebully mesinnya gk taunya mesinnya se rumpun dg junjungannya

    MuuuuUUUuuuuehehehe…..

  20. Kalo ngomongin 250cece beye pd berubah wujud jadi gerandong….pengen bully tapi takut ditabok balik

  21. main di mari power n torsi hrs diatas ktm .. krn design dah kalah… apa jadi klo design n power kalah semua..??

  22. main di mari power n torsi hrs diatas ktm .. krn design dah kalah… apa jadi klo design n power kalah semua..??

  23. Benar, nanggung kalau masuk Indonesia kalau model dan spek masih sama…ok lah, mungkin kalau memang harus diperhatikan pasar Indonesia, perlu penyesuaian model dan tinggi jok, up side down, arm banana dan tentu harga bisa dipasang menggiurkan..

    Atau mungkin punya opsi model advanture touring akan lebih diterima lebih luas..

    Tapi gak tahu lagi deh kalau sama

  24. Cakep mas iwan, apalagi klo dibayangin :

    -tanpa mud guard belakang yg bkin wagu/ga sesuai,

    -disesuaikan permainan warna selera indo,

    -pas dgn harga market indo,

    -Harga include ABS

    Ngganteng maksimal ud pasti

  25. takut nya kalo masuk indo nasib nya seperti ninja 250 sl mono cakk.. masukin aja yg 2 cylinder atau bikin 4 cylinder inlene, body comot dari kakak nya gsxr 600/750 K7/K8 bakalan sadisss caakk

Comments are closed.