iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….penasaraaannnn judule, IWB cukup penasaran untuk membedah sosok yang diduga akan dirilis Suzuki Indonesia untuk pasar Indonesia. Sebuah rumor menarik ditengah kondisi persaingan yang semakin sengit. Nah diartikel ini walaupun belum 100 % akurat, tidak ada salahnya kita coba oprek spek detil sang kuda besi. Suzuki Gixxer 250SF, yang diduga siap masuk Indonesia…dan ini faktanya !!

Seperti yang sampeyan semua tahu sebelumnya IWB sudah membahas pergerakan Suzuki yang cukup mencurigakan dengan arah membawa Suzuki Gixxer 250 SF ke pasar Indonesia. Motor yang sebenarnya mengusung mesin baru yang diracik Suzuki India untuk menggempur pasar Yamaha dan Honda. Dan dari informasinya motor ini memang terbilang ampuh serta disukai para biker India. Mesin yang mumpuni serta dianggap durable termasuk harga yang cukup terjangkau membuat Suzuki Gixxer 250SF bahkan bisa menyalip penjualan Yamaha Fazer. So… itulah kenapa IWB sendiri cukup penasaran untuk membedah sekilas seperti apa sosoknya…

Jika kita membicarakan desain, motor ini memang termasuk kategori sport fairing touring. Desain sendiri cukup agresif karena mengedepankan karakter serba lancip. Lampu depan dibuat sedemikian rupa dengan tetap mempertahankan karakter GSX Family. Sementara headlamp ataupun stoplamp sudah menganut model LED. Kemudian untuk suspensi masih menganut model teleskopik termasuk swing arm belakang model kotak. Untuk kaki-kaki sendiri motor ini sudah mengadopsi ban yang cukup besar yakni depan 110 dan belakang 150…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Suzuki GSX R250 SF juga menganut speedometer full digital dengan shape yang masih mewarisi model GSX lainnya. Menjadi ciri dan kekuatan lain Suzuki GSX R250 SF yang cukup laris di India ini juga sudah dijejali fitur Suzuki easy start system yang membuat sampeyan lebih mudah menyalakan motor dengan sekali colek tuas, termasuk hadirnya anti lock brake system dual channel (ABS), hingga piringan cakram yang cukup besar yakni mencapai 300mm. Yang paling unik dari desain motor ini adalah model knalpotnya cak…

Mirip dengan Honda CBR250RR, Suzuki Gixxer 250SF mengadopsi model dual barrel silincer. Jadi ada dua lubang tumpuk cak. Pengereman disuplai oleh Bybre yang konon merupakan anak perusahaan Brembo Italia. Sementara untuk dapur pacu Suzuki Gixxer 250 SF mengusung mesin 249 cc SOHC 4 katup dengan SOCS ( Suzuki oil cooling system) untuk menjamin kestabilan suhu mesin pada kondisi ekstrim sekalipun. Dengan teknologi terbaru Suzuki juga menjejali 6 sensor pada mesin seperempat liter 1 silinder mereka…

Yang pertama adalah O2 sensor, intake air pressure sensor, intake air temperature sensor, throttle position sensor, engine temperature sensor dan crankshaft sensor. Semua sensor ini dikontrol oleh ECM untuk memberikan pembakaran yang sempurna dengan fokus pada efisiensi termasuk respon gas agar spontan dan selalu ada setiap saat. Jadi dengan mesin 1 silindernya motor ini juga lebih baik powernya dibandingkan dengan GSX-250R yang hanya bermain di angka 24,5 PS. Untuk Suzuki Gixxer 250 SF ini mampu memuntahkan tenaga hingga 26,5 PS dengan torsi di Kisaran 22,2 Nm….

Last.. isu perihal niat Suzuki untuk membawa Suzuki Gixxer 250 SF memang menarik untuk kita tunggu. Sebab kita belum tahu berapa Suzuki akan membandrol motor ini jika pun lahir di tanah air. Satu poin yang harus diperhatikan oleh Suzuki adalah motor ini harus bisa dipatok dengan harga yang kompetitif mengingat pasar 250cc sudah ditempati oleh motor-motor dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Nah..itulah sekilas gambaran Suzuki Gixxer 250SF yang rumornya siap dibawa ke Indonesia. Sebagai gambaran, berikut IWB lampirkan spesifikasi lengkap dari Suzuki Gixxer 250 yang kemungkinan akan berganti nama menjadi di Suzuki GSX 250F. Berikan opini sampeyan biar dibaca petinggi Suzuki, gazz cakkk….(iwb)

Spesifikasi Suzuki Gixxer 250 SF

ENGINE

Engine Type4-Stroke, 1-cylinder, Oil cooled
Valve SystemSOHC
Displacement249cm³
Bore x Stroke76mm x 54.9mm
Engine Output[email protected] rpm
Torque[email protected] rpm
Fuel SystemFI
Starter SystemELECTRIC
Transmission Type6 Speed, MT

DIMENSIONS & WEIGHT

WheelsCAST
Overall Length2010mm
Overall Width740mm
Overall Height1035mm
Wheel Base1345mm
Ground Clearance165mm
Seat Height800mm
Kerb Mass161kg
Fuel Tank Capacity12 L

SUSPENSION

FrontTelescopic
RearSwing arm

TYRE SIZE

Front110/70R17M/C 54S
Rear150/60R17M/C 66S

BRAKES

FrontDisc
RearDisc

ELECTRICAL

BatteryMaintenance free, 12V 6Ah
HeadlightLED
Tail LightLED
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!