Iwanbanaran.com – Cakkk….buanyakkk komentar bertebaran termasuk pertanyaan perihal keputusan Honda menurunkan desain Honda CBR250RR K64A pada New CBR150R K45R. Desain yang memang harus kita akui memiliki Aura agresif dan sangat keren untuk ukuran motor sport fairing. Bahkan dari kacamata pribadi desain mogenya pun lebih kerenan yang versi 250cc ke bawah ini. Yang menarik Ternyata banyak yang penasaran mungkinkah Honda akan mengganti desain CBR250RR pasca lahirnya CBR 150R K45R. Mengingat keduanya kini bak Pinang dibelah dua. Pertanyaannya Mungkinkah tindakan tersebut dilakukan Honda di masa depan?

Diversifikasi desain sebenarnya bukanlah yang pertama dilakukan oleh Honda untuk versi motor produksi massal 250cc serta 150cc nya. Bahkan kalau sampeyan perhatikan secara jeli desain Honda CB250R Neo Sport Cafepun juga diturunkan pada Honda CB150R exmotion ataupun Honda CB125 sport Neo Cafe. Ketiganya nyaris kembar bak Pinang dibelah dua. Hanya beberapa poin pembeda seperti bentuk knalpot ataupun kubikasi mesin serta sasis namun secara general basis desain yang diusung sangatlah mirip….

Di masa lalu Honda juga melakukan langkah dan strategi serupa pada sport fairing CBR250R serta CBR150R CBU. Generasi yang juga sempat dibawa oleh Astra Honda Motor dari Thailand baik versi 250cc serta 150cc. Termasuk gen awal K45A CBR150 yang kembar dengan CBR250R 2nd gen.Β Bedanya selain kubikasi untuk yang 150cc sebelumnya menganut sasis model parimeter twin spar frame atau biasa kita kenal sebagai deltabox. Oleh karena itu sebenarnya tidak mengejutkan jika Honda menurunkan desain CBR250RR pada versi 150 cc nya….

iklan iwb
” CBR150R vs CBR250R…”
” Neo Sport Cafe series…”

Karena dari sejarah masa lalu hingga sekarang sudah biasa bagi Honda melakukan tindakan tersebut. Kenapa itu dilakukan? Pertama bisa jadi untuk memperkuat positioning versi 150cc karena dengan membuat bentuk dan desain seperti versi di atasnya jelas akan memberikan pride tersendiri bagi pengguna kelas 150cc. Gengsinya naik cak. Apalagi upgrade desain ataupun fitur dilakukan dengan harga yang terpaut tipis dari versi sebelumnya. Dan menurut IWB ini merupakan tindakan pintar di tengah kondisi market 150 cc yang stagnan. Mau pol-polan riset and development disegmen dan kelas ini mungkin tidak memberikan kontribusi profit yang menggiurkan. Nggak heran Yamaha pun terkesan santuy belum melakukan refreshment pada R15VVA (rilis awal 2017) termasuk Suzuki GSXR150R (rilis 2017)…..

Dengan market yang stagnan dan cenderung turun akhirnya pabrikan memberikan refreshment yang dianggap paling efektif. Kalau sampeyan tanya IWB, Apakah keputusan Honda ini tidak dibilang nanggung? Jelas iya, kalau sampeyan nanya ke IWB jawabannya adalah nanggung. Kenapa nggak sekalian dipush aja hingga 19ps? Apalagi tidak ada yang meragukan kemampuan Honda meracik mesin 4 tak yang Powerful namun Honda memilih jalannya sendiri. Kelahiran Honda CBR250RR menjadi bukti tak terbantahkan jika mau leading soal speed. Tapi sepertinya Honda lebih memilih untuk memberikan kompromi soal dapurpacu. Mengingat positioning CBR150R saat ini memang lebih cenderung menjadi motor sport touring tidak seperti kakaknya yang pure racy dan mengusung label double R alias RR….

Untuk pengguna CBR250RR mungkin ada perasaan kecewa karena desain motornya identik dengan versi 150 cc. Tapi IWB rasa cuma segelintir karena bagaimanapun spesifikasi dan fitur pun jauh dibandingkan dengan CBR250RR. Selain itu toh pasar ini cukup kecil sehingga Honda logis lebih mempertimbangkan market yang lebih besar yakni kelas 150cc. Desain keren tapi penetrasi tidak bisa maksimal akibat kecilnya market mungkin juga menjadi alasan Honda akhirnya lebih memilih menurunkan ke 150cc supaya konsumen bisa merasakan motor desain keren dengan harga yang lebih terjangkau namun juga jauh lebih nyaman dibandingkan dengan kakaknya….

Last…. sulit untuk mengkritik produk yang laris di pasar namun jauh lebih mudah ketika facelift nanggung disaat produknya kurang laku. Dan dilalah Honda CBR150R ini memang termasuk kategori produk yang laku di pasar….itu yang membuat Honda tetap pede. Apalagi model baru ini…wiss hora iso bayangne pasti bakal lebih njengat dibandingkan old gen. Dan kalau sampeyan bertanya Mungkinkah Honda mengganti desain CBR250RR dengan desain baru atas kemunculan adiknya ini? Apapun bisa terjadi karena pengembangan motor dilakukan secara terus-menerus. Tapi jika sampeyan bertanya ke IWB? Untuk saat ini belum mencium sama sekali. Artinya? Kedua motor akan dijual secara beriringan. So…jangan kaget jika model terlampir akan menguasai jalanan sport fairing ditanah air….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

98 COMMENTS

  1. Menguasai gudang kali cak, owner cbr150 aja pada dijual karna malu motornya dohc helo kity gampang klotok-klotok mesin nya, dan untuk kelas 250 juga sampeyan malah beli nya ninja 250 terus ganti zx25r πŸ˜‚ berati sampeyan gak salah pilih motor πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  2. Cbr250rr layu sebelum berkembang, yah dr pada numpuk digudang fairing dan usd nya dilepas aja deh, trus dipasang di cbr150 gepeng πŸ˜‚

  3. Hanya Engine kill switch / engine cut off πŸ˜‚ yg membedakan aslinya 250cc .

    Dan tidak kolongπŸ˜‚. DOHC kok kopong ngisin” i ae

      • ekekekeke

        yg 250 cece juga kopong kug ngapp

        lihat tuh yg review ambil gambarnya pasti dr sudut depan dan belakang kalau dr samping di kelihatan kopongnya, yg lebih parah kalau moto dr samping ditutupi entah pakai kaki atau di blurr

        H suuuuRrrAM

        muehehehehe

        • Coba bandingin ama r limolas ndongakan dan kopongan mana hayooo….!!!, selera fby memang rendahan.., r25 dikasih fitur corong klakson saja bangganya kebangetan..!!

          Y Belangsaaakkk.

          Wkwkwkkk.

  4. motor honda banyak mangkrak di gudang

    stock gak bergerak

    diskon besar besaran

    udah diskon tetep aja blm ada yang beli

    akhirnya lahirlah motor sport terlemot dengan design 250

    tp banyak banget kekurangan sana sini yang akhirnya beberapa bulan yang akan datang akan kena diskon besar besaran lagi

    saya sarankan yg pengen beli di tahan dulu

    • ekekekekk

      lucunya masih ada yg percaya Data …

      padahal Data ZONK yg di tampilkan Wholesales aka Distribusi nunpukkk di delerrr

      Banyak Produk H Horraa Payuu di Suntik Mati

      Merk H udah biasa Jualan Tipu Tipu

      H suuuuRrrAM

      .nueheheheh

      • ya banyakan R15 lah dari pada CBR

        banyakan MX king dari pd supra

        banyakan NMAX ketimbang PCX

        banyakan WR ketimbang CRF

        banyakan MT15 ketimbang neo cafe

        • Banyakan r15 daripada cbr 150 nguimpiiiie, coba survey ke kota” besar, kampung” kecil dan gang” sempit si cbr ini sangat gampang ditemui.., kecuali di sawah” pasti ada r limolas yang dijadiin buat mesin pompa air sama warga india sana…..!!!, cuci pantat dulu gihh…hihihihi…, intinya antara h dan y itu beda Level..

          Y Belangsaakk..

          Wkwkwkkkk

  5. Jangan sampai si rr ini facelift…!!!, jika ini terjadi mau jualan apa sebelah??? sdh jualan lokal seret eh exsport juga malah mencret…!!

    Y Belangsaaakk.

    Wkwkwkkkkk.

    • yamaha no 1 of export

      YIMM is the global factory

      no 1 in the world

      AHM?paling jauh export baru ke malaysia

      fix anda kena kibul

      • Buat apa ahm eksport produknya keluar, orang di negara tujuan pabrik”nya honda masih pada berdiri kokoh…!!!, lain lagi dengan pabrik Y di luar yang pabrikannya sdh mulai pada berguguran ya jalan salah satunya import dari yimm sini….!!! Intinya mau di apa apain juga tetap antara h dan y beda level…, honda selalu lebih unggul yang kebalikannya dengan Y yang semakin looser….

        Y Belangsaakk.

        Wkwkwkk..

          • Googling sj sendiri…, eh lupa ding sales y mana punya kuota lebih…!!!, jangankan buat beli kuota buat makan sj harus nunggu dagangannya laku dulu, mana barang dagangannya susah lakunya lagi……nasib nasib…!!!

            Y Belangsaaak.

            Wkwkwkk.

  6. harga termurah 35jt

    R 15 36jt terlihat seolah olah over prize

    karena cbr dibungkus seolah olah motor sport.250

    tp coba kita bedah satu per satu

    swing arm masih besi kotak….utk upgrade banana swing arm 5jt

    mesin kurang tenaga…tunning .sana sini ganti knalpot bla bla bla agar terkatrol 19hp 3jt

    velg cungkring..ganti ..velg seukuran R15 dan ban 4jt

    modivikasi stang jadi underyoke…1jt

    total modifikasi agar setara R15 standard butuh dana 13jt

    13+35jt = 48jt….udah dapat CBR25, ninja 250 atau R25 second

    fix anda kena kibul kwkwkwkwkwk

    • eekkekekeke

      Yg paling mahal FBH jilat ludah dan Kozell Kozelll Tebar Hoax dan Ngelesss

      H suuuuuRrrrAM

      muehheheheh

      • R25 dari model kalah jauh..fitur inferior, performa apalagi. Pantesan gak pernah kliatan di jalanan. Ekekekek.

        Masih mending cbr150😜

    • Anda salah bro. Justru teknik marketingnya bgtu. Pengen cepet namun honda? Ganti ke 250rr.

      Pengen gaya, nyaman, enak boncengan sama ciwi2 ya 150r ini jawabannya.

      Otak tu dipake. Ga kasihan sama r25 yg ga pernah nongol dijalan

      • mau teknik curang kek apa kek gw ga peduli

        yang gw bahas masalah harga

        itung itungan kalau cbr mau setara R15 standard butuh dana yang besar

        karena DNA motor sport ya sporty

        klo ga sporty bukan motor sport tapi matic kwkwkwkwk……ya kan malu kalau pake motor sport kesalip ama ama bebek…apa .kata cewe yg dibonceng

        DOHC lagi ya wajib kenceng leeerrr

        GSX DOHC ya kenceeeng

        • Yaelah ribet amat sih broo, jangankan nyamain fitur yg ada di r limolas klw ada uang lebihmah bagi kita” selaku fbh loyal mendingan tinggal tambah 5 jt dari harga cbr150 versi abs, sdh dapet tuh kakaknya yang second, ferporma menang, gengsi dapet, juga tampilan tentunya lebih kece……!!

          Y Belangsaak.

          Wkwkwkkk.

      • mau teknik curang kek apa kek gw ga peduli

        yang gw bahas masalah harga

        itung itungan kalau cbr mau setara R15 standard butuh dana yang besar

        karena DNA motor sport ya sporty

        klo ga sporty bukan motor sport tapi matic kwkwkwkwk……ya kan malu kalau pake motor sport kesalip ama ama bebek…apa .kata cewe yg dibonceng

        DOHC lagi ya wajib kenceng leeerrr

        GSX DOHC ya kenceeeng

      • mau teknik curang kek apa kek gw ga peduli

        yang gw bahas masalah harga

        itung itungan kalau cbr mau setara R15 standard butuh dana yang besar

        karena DNA motor sport ya sporty

        klo ga sporty bukan motor sport tapi matic kwkwkwkwk……ya kan malu kalau pake motor sport kesalip ama ama bebek…apa .kata cewe yg dibonceng

        DOHC lagi ya wajib kenceng leeerrr

        GSX DOHC ya kenceeeng

    • Jadi sales motor yamama,susah capai target.motor yamama ga laku.konsumen maunya pilih honda.walaupun harus inden.contoh kasus scoopy vs freego,pcx vs nmax, dll.
    • dimasa pandemi beda kasus

      yamaha yang mengasai export sangat cepat recovery

      beda dengan AHM mengandalkan jualan dalam negeri masih tertatih tatih karena masyarakat kelas 3 enggan beli motor

      hebatnya yamaha punya komunitas yang sangat kuat diseluruh penjuru indonesia

      alhasil market share 20% sulit di dobrak karena mereka semua militan

      beda dengan AHM

      yg beli ya motor buat kerja atau ngantor

      di saat krisis….bencana itu datang…mereka bukan konsumen loyal

      enggan beli bahan bukan kebutuhan pokok

      daaaannn akhirnya

      karyawan jadi korban

      banyak PHK, karyawan tetap ditawarkan untuk pensiun dini sampai ga bisa bayar gaji 100%

      bonus akhir tahunpun belum jelas nasibnya

      • Ya jelas moncer ekspornya yamaha wong pabriknya kusus cc kecil di dunia ini cman ada d indo,lah honda tiap region ada pabriknya.. FYI MS di dunia ini msih di kuasai honda..

        • Untuk CC kecil ymh indo ditunjuk untuk mengisi pasar Global ( dimulai sejak ymh Pailit dulu ) , kalau bicara global…bukan lagi bicara ymh indo…atau hnd indo/thai …karena hasil jualannya masing2 pabrikan disetor ke juragan di Japan πŸ˜‚

          Kalau di Honda , CC kecil dan sedang buat global banyak ditangani Thailand, khusus hnd indo..memproduksi untuk lokal dan sebagian cakupan Asia …dan duitnya ‘ nyarisss ‘ bulet2 masuk ke Tabungan Ngahaem .

          Kalau bicara manufacture secara Global….memang hnd masih terlalu banyak dibanding ymh πŸ‘πŸ˜‚

      • Dimasa Pandemi lihat eksport hnd global vs ymh global πŸ˜‚

        Dimasa Pandemi lihat jualan hnd indo vs ymh indo πŸ˜‚ walau semua pabrikan turun…hnd masih meRajai dengan tetap berada dikisaran Persentase yang sama .

        Lihat saja Market2 diseantero dunia , Asia Eropa dll…Honda masih berada diatas dan masih terlalu Jauh untuk dikejar Ymh πŸ˜‚πŸ˜‚

  7. aduh cbr 150 baru keluar bayak yg sakit hati tapi bukan para rider cbr 250 tapi kaya y sales sales sebelah ..jaga hati kang broo bersukur cbr udah diup nunggu merek merek sebelah diup juga biar lebih rame persaingan ya πŸ‘

  8. ekekekek

    Boro boro biar kelihatan Wah

    eh malah Burikkk kayak triplekkk

    yg 250 cece malu lihat kayak gitu

    masuh bagusan Viar jialing minerva ….

    H suuuuRrrAM

    muehehehehhe

  9. Design H makin kesini makin waah, sedangkan sebelah malah weeh..!! Lirik viksi dengan selendang “acha-acha_nehi-nehinya” ama si rombeng 25 dengan mulut mangap corong kelaksonnya…!!!!

    Y Belangsaaak….

    Wkwkwkkk

  10. Mungkin enggak, cak.

    Tampang cbr250rr value nya tinggi. Beberapa tahun kedepan masih sangat diminati.

    Lagian kawak ama yamyam pun juga menyamakan wajah semua sport fairingnya. r25, r3, r6, r1 hampir sama. Zxr250, zx250r, zx400, zx636, sampe zx10, bahkan zx650 pun segaris.

  11. Udah kena Pandemi…dagangan ymh gak da yang laku πŸ˜‚

    Makin Sempurna Penderitaan ymh dengan lahirnya produk2 All New dari Honda , daaaaan…fix !

    Ymh sebentar lagi jadi Pabrik Biji Limbah Plastik πŸ˜‚πŸ‘πŸ‘

  12. Design Y kemunduran yang hakiki, bokong astrea 800 tahun 80 an malah ditemplokin di namex, lampu sempaknya cbr thai yang di bully malah di comot ke Gear…dasar gak bermodal..!!! Fixs..

    Y Belangsaaak.

    Wkwkwkk

  13. Benar sekali mas iwan, generasi CBR250RR akan di pecah dan beriringan, disain CBR250RRR yg baru akan mengikuti garis disain CBR1000RRR dan CBR600RR.Tentunya dengan engine baru.

    Tunggu saja semester 2 tahun ini.

  14. “Tapi IWB rasa cuma segelintir karena bagaimanapun spesifikasi dan fitur pun jauh dibandingkan dengan CBR250RR” betul Kang tapi sayang kurang begitu laku!!!

  15. ekekekek

    – nEw MbeOt Mberr Culun

    – Skupi Burik

    – CeBokeRrr Modifan kang fiber

    semoga next produk Gak Wagu lagi

    H suuuRrrAM

    muehehehr

  16. ekekekekek

    sama prodaknya sendiri aja Alergi

    betul, AwHmpass identik dengan Alergi

    Alergi Recolll

    Alergi Design CeBoker150

    Alergi FBH ( Jilat ludah )

    H suuuRrrAM

    mueheheheheh

  17. ekekekekek

    owlah dibuat sama biar seolah olah produknya laku..

    itu kata cak wawan atau pabrikan cak

    H suuuRrrAM

    muehehehe

  18. Betul lek, honda klo mau buat 20ps bisa aja di cbr150 tp ntar sbelah jualan apa, sohc dri thun jebooot aja msih di daur ulang gra2 gak laku.

  19. Klan CBR series yang paling cakep, opini gw. CBR 250 RR, CBR 600 RR, CBR 125 R. Kalo CBR 1000, terlalu culun dan sangat biasa.

  20. Sepertinya pengguna cbr250rr baik2 saja, warna dan suaranya ga sama, mungkin hal2 lucu akan terjadi, ketika r15 dan gsx150 menantang cbr250rr dijalan, karena dikira cbr150r.

  21. HI IWB,

    Melihat design diturunkan ke Entry Level 150 menurut saya secara bisnis ini sangat tepat karena pasar lebih banyak menyerap produk 150cc dibandingkan 250cc. Secara finansial, ini akan sangat menguntungkan buat perusahaan dan buat owner 150cc yang sedang mencari motor sport dari honda dengan design yang keren. Namun dari sisi owner 250cc hal ini akan membuat nilai prestige motor seharga 60 jutaan tersebut turun dan bisa jadi produk 250cc yang sekarang lebih seperti icon model. Saat terlihat, org awam tak akan lagi bisa bilang itu motor 250cc premium honda namun motor 150cc. Hasilnya yang dicemaskan adalah sudah dapat dipastikan CBR 250RR akan mengalami penurunan penjualan disertai owner CBR 250RR akan resell motor honda tersebut dan mengganti pabrikan yang secara pride tetap prestige dengan kawasaki 250cc dengan ninja 250. Tentu saja dalam long running sport 150cc akan semakin banyak di jalan dan hanya sedikit motor 250cc yang akan terlihat khususnya honda dimana secara look tidak lagi bisa dibedakan dan mungkin ini adalah akhir cerita dari Honda CBR 250RR dengan current model sebagai motor premium 250cc honda. Let’s see what Honda can offer for the next 250cc sport bike. Thank u CBR 250RR. You have done such an awesome job but your time is up. Till we meet again somewhere in the future if You still can fight on 250cc Indonesian Market.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama