iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Suka atau tidak banyak yang mengatakan Yamaha sudah tersesat cak. Itulah kenapa performa mereka turun naik tidak konsisten membuat target mereka merebut juara dunia dari tangan Honda dengan absennya Marc justru jatuh ke Suzuki. Namun menurut Yamaha mereka akan bangkit tahun ini. Pertanyaannya….apakah setelah mereka seolah-olah tidak menggubris masukan Rossi bakal berbalik menjadi Rossi sebagai acuan pengembangan mengingat Vinales dianggap gagal ?

Seperti yang kita semua tahu….Hasil kejuaraan MotoGP terakhir menunjukkan bahwa Yamaha memenangi tujuh dari empat belas balapan. Namun siapa menyangka kondisi tersebut tidak menjamin mereka mampu menjadi juara dunia. Banyak kendala yang membuat para pembalap mengeluh. Yup…empat pembalap Yamaha merasakan naik turunnya perfoma M1. Keempat rider mengkritik pedas dengan cara halus ataupun frontal.  Dan uniknya justru Franco Morbidelli yang tidak menggunakan generasi terbaru M1 malah kinclong….

Lin Jarvis, walau tidak serta merta menyinggung dengan gamblang visinya…bos Yamaha ini mengatakan….“ Rossi membalap dengan Yamaha selama 15 musim, ini tentu sangat luar biasa. Dia melakukannya dalam dua tahap, tujuh tahun pertama dari 2004 hingga 2010 sebelum mengambil jeda dua tahun untuk bergabung dengan Ducati pada 2011-2012, kemudian delapan tahun ketika dia kembali pada 2013”…serunya. Namun Jarvis tidak menampik dengan pindahnya Rossi ke satelit memang akan memberikan suasana berbeda dalam tubuh blue team….



“Ini akan menjadi perubahan, tidak ada keraguan karena pindah ke satelit akan berbeda. Tapi secara teknis tidak akan berbeda buat Vale karena Valentino akan mendapat dukungan penuh pabrikan. Ia akan mengendarai motor pabrikan dengan karakteristik yang sama dengan pembalap factory. Memang benar bagian dari pengembangan akan lebih banyak diarahkan pada tim factory, tapi Valentino adalah bagian yang sangat penting dari pendataan kami… ”. serunya. Hhmm…dari pernyataan bos Yamaha ini sepertinya Rossi tidak akan lagi menjadi acuan pengembangan M1…..

” Menurut kami penting untuk memiliki lebih banyak pebalap di atas trek dan tidak ada keraguan bahwa teknisi kami akan melihat data dari Fabio, Maverick dan Valentino untuk mengembangkan motor kami. Kami juga mendapatkan beberapa informasi menarik berkat Morbidelli yang menggunakan motor sebelumnya. So…aku pikir line up baru ini tidak akan membawa perubahan besar. Kami tidak akan mengubah cara mengembangkan motor. Tapi tentu pengembangan utama akan difokuskan pada tim factory“….serunya. Wisss selesai sudah Mbah Rossi. Walaupun sebenarnya cukup lama suara Rossi sudah tidak terlalu didengar, jelas dengan dilemparnya Rossi kesatelit sudah menjadi konfirmasi bahwa Rossi bukan lagi jadi acuan pengembangan M1……(iwb)

Advertisements