iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…cukup menarik ketika IWB menemukan sebuah artikel menarik perihal munculnya knalpot racing untuk Honda ADV150. Knalpot ini cukup keren dengan finishing yang sangat baik. Namun dari sekian info jelas IWB sangat tertarik dengan kepastian bahwa knalpot racing berlabel Earl’s Gear ini anti tilang polisi. Ahh mosokkk ??

Knalpot racing berlabel Earl’s Gear ini diracik khusus untuk Honda ADV150. Desain silincer besar dengan fokus pada peningkatan tenaga baik low, middle hingga high RPM. Desainnya juga cakep cak…sekilas seperti melihat desain knalpot Yoshimura yang memiliki bentuk gemuk namun tetap pas dipandang. Material Earl’s Gear ini menggunakan campuran titanium yang dipolish dengan blue anodized. Keren cak asli….

Yang menjadi kekuatan knalpot ini selain turbelensi yang diatur ulang adalah bobotnya yang jauh lebih ringan dibandingkan knalpot bawaan. Bobot knalpot OEM Honda ADV150 mencapai 5,9 kg….nyaris 6kg cak. Sementara untuk Earl’s Gear exhaust ini hanya 2,5kg. Alhasil PWR meningkat ditambah kenaikan horse power +0.1HP (asyem tipis bener). Hal ini cukup dimaklumi karena peredaman Earl’s Gear sangat baik…



Bahkan Earl’s Gear disebut lulus uji pemerintah sehingga legal digunakan dijalan raya. Yup…sudah masuk sebagai street legal exhaust alias anti tilang. Wihhhh manteppp. Memang cak, knalpot yang sedang kita bahas ini adalah Earl’s Gear Japan. Jadi regulasipun pasti dinegara tersebut. Jadi setiap knalpot racing yang bertebaran dimarket dipastikan legal dan anti tilang. Karena di Jepang knalpot yang tidak lulus uji DB dipastikan tidak ada dipasaran. So….ketika konsumen membeli knalpot racing, fix mereka aman dari razia. Itulah enaknya jadi biker disana…

Last…tiap negara beda regulasi. Karena di tanah air kadangkala Desibel suara seperti tidak berlaku. Ketika dianggap tidak standart, yo wis motor sampeyan berpotensi kena tilang. Artinya, seempuk apapun knalpot racing sampeyan, judule terbuka tetap kena tilang. Jadi kalau ada yang nanya…cak IWB ada rekomendasi knalpot racing yang aman digunakan dijalan raya nggak ? jawabannya ora ono. Makanya saran IWB mending standart aja jika tidak siap kena tilang. Btw… Earl’s Gear untuk ADV ini dijual di Jepang dikisaran 73,700 yen atau kisaran 10 jutaan. Waaahh mahal juga yak….(iwb)

Advertisements