iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..siapa sangka Honda CBR250RR yang dipasarkan di Malaysia ternyata adalah buatan Indonesia. Dijual 90 jutaan, CBR250RR disambut sangat baik di Malaysia. Konfirmasi ini dapatkan dari beberapa ulasan teman di Malaysia yang mengaku sudah menunggu CBR250RR sejak 2017. Dan dari mereka kita pula kita akhirnya tahu bahwa CBR250RR yang masuk disana adalah buatan Indonesia…woww Karawang rekk !!

Honda CBR250RR resmi masuk Malaysia setelah penantian biker negeri Jiran selama 4 tahun lamanya. Lhaaa piyee cak…dirilis di Indonesia tahun 2016, baru 2021 resmi diluncurkan di Malaysia. Namun yang IWB heran, ada beberapa poin perbedaan dibandingkan Indonesia, setidaknya setelah melihat video resmi peluncuran. Perbedaan tersebut meliputi lampu sein depan. Kenapa gerangan ?

Untuk versi Malaysia sampeyan akan menemukan sosok Honda CBR250RR yang sangat mirip dengan versi Jepang di mana lampu sein nya terpisah dari reflektor alis. Padahal untuk versi Indonesia lampu sein terintegrasi dengan DRL namun tidak untuk Malaysia. Tidak hanya itu sampeyan juga bakal menemukan hadirnya mata kucing reflektif safety yang nempel di Fender depan. Btw gimana sektor mesin?

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Ternyata Honda CBR250RR yang dirilis di Malaysia merupakan versi SP. Bisa kita lihat fitur yang sangat lengkap dengan hadirnya quick Shifter serta assist and slipper clutch. Kemudian yang kedua adalah konfirmasi ledakan tenaga yang tembus 41 PS pada 13000 RPM serta torsi di angka 25 nm pada 11000 RPM. Wissss jelas ini versi SP cak. Tapi di Malaysia tidak pernah disebutkan embel-embel SP dibelakang CBR250RR. Yang menarik lagi hanya versi ini yang hadir alias kita tidak menemukan versi standar untuk pasar Malaysia. Jadi opsi model banyakan Indonesia cak…

Tentu kita cukup penasaran Apakah motor ini merupakan buatan Thailand mengingat Honda CBR250RR yang dirilis oleh Honda Malaysia ini mengadopsi lampu sein keluar seperti di Jepang. Namun prediksi kita ternyata salah. Menurut informasi dari pandulaju Honda CBR250RR yang dipasarkan di Malaysia merupakan import CBU dari Indonesia. Jadi buatan Cikarang cak. Perbedaan dibandingkan dengan versi Indonesia jelas hanya pada bagian lampu sein yang tidak terintegrasi pada DRL karena regulasi di Malaysia mengharuskan demikian…

Selain itu untuk striping juga sedikit berbeda dibandingkan dengan versi Indonesia dimana untuk CBR250RRyang memiliki fitur quick Shifter serta memiliki power hingga 41 PS tersebut adalah varian SP. Namun di Malaysia tulisan SP dihilangkan sebab di Malaysia tidak dipasarkan yang versi standar. Yup…. cukup menarik ketika pergeseran terjadi. Jika dulu Indonesia mengimpor Suzuki FXR dari Malaysia, kini justru Malaysia yang mengimpor CBR250RR dari Indonesia. Besarnya kekuatan produksi… serta bagus dan diserap pasar di Indonesia memang membuat para pabrikan Jepang mengalihkan produksi beberapa motor andalannya di tanah air. Dan inilah yang membuat motor buatan Indonesia bisa ditemukan dibeberapa negara dunia…. (iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!