iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk… jika kita membicarakan Suzuki tentu tidak lepas dengan mindset motor yang memiliki kualitas di atas rata-rata. Built quality konsisten tebal dan juga solid, engine kencang dan juga minim rewel. Tapi Suzuki juga tidak lepas dari Perhatian para Bikers yang sangat mengharapkan gebrakan dari pabrikan S ini. Dilalah isu beredar bahwa Suzuki sedang mempelajari 3 motor sport 250cc untuk dimasukkan di tanah air. Wowww….

Jika kita membicarakan Suzuki memang tidak lepas dari pergerakan riset and development yang tidak seagresif Yamaha, Honda ataupun Suzuki. Mungkin karena posisi kontrol sepenuhnya dilakukan dari Suzuki Jepang Sehingga memasung pergerakan lokal untuk maju ke depan. Selain itu dengan kondisi market yang tidak terlalu besar juga melemahkan daya gempur Suzuki dalam pengembangan produk baru. Apalagi regulasi yang dipatok Suzuki adalah…. setiap negara mendapatkan jatah untuk memproduksi produk yang akan dipasarkan..

Artinya tidak semua produk bisa diproduksi di tanah air. Jika Indonesia mendapatkan jatah memproduksi Suzuki Satria F150, Suzuki GSX R150 dan turunannya seperti GSX R150 ataupun Bandit 150..Nex II dan juga turunannya yang dipecah Dengan hadirnya Suzuki Nex 2 Cross Over…. maka untuk produk lain seperti Suzuki GSX 250R, ataupun Gixxer masing-masing diproduksi di Hajoue Cina serta India. Oleh karena itu jalan satu-satunya jika Indonesia ingin memasarkan produk tersebut adalah import CBU…

iklan iwb

Itulah yang cukup menyulitkan karena dengan import ini berarti bandrol yang akan dipasang tidak akan semurah lokal. Lawong ada pajak impor yang mengikuti cak. Namun bukan berarti kans untuk memasarkan produk-produk tersebut tertutup. Terbukti IWB mendengar kasak-kusuk Suzuki Indonesia sedang mempelajari setidaknya 3 produk motor sport 250cc guna dipasarkan di tanah air. Yang pertama adalah GSX 250R, yang kedua adalah Gixxer 250 SF dan ketiha versi nakednya. Nah…. untuk Gixxer 250 SF atau nakednya, motor akan didatangkan secara import dari India, sedang jika GSX250R bisa jadi dari Cina….

Untuk Gixxer250, jika kita melihat spesifikasi motor ini memang masih mengusung mesin 1 silinder. Tapi justru powernya lebih baik dibandingkan dengan GSX250R yang hanya memiliki power 24 hingga 25PS walaupun mesinnya sudah 2 silinder. Sementara untuk Gixxer 250 versi India ini sudah mengusung mesin 1 silinder 4 katup yang mampu memuntahkan tenaga hingga 26 PS. Bobot motor ini juga cukup ringan yakni berada di Kisaran 150-an kg. Untuk lain-lainnya tidak perlu kita jabarkan mengingat motor ini bukanlah motor baru dan pernah dibahas dalam artikel sebelumnya….

Last…. dalam artikel ini IWB hanya ingin meminta opini sampeyan bagaimana jika betul salah satu dari? dua motor tersebut dibawa ke tanah air? Apakah bakal mampu membuat sampeyan tergiur? Atau Adakah syarat tertentu supaya sampeyan bisa menerima motor ini sebagai tunggangan? Terlepas benar atau tidak isu ini Monggo berikan opininya supaya dibaca oleh Suzuki. Gixxer 250 ? masuk ora cak kiro-kiro ?…(iwb)

98 COMMENTS

  1. boleh boleh aja kalo head to head harganya sama dengan 150CC disini

    kalo HTH harga sama 250CC disini, walaupun sama motor air ram tipu tipu, kami numpang ngakak aja..

    wkwkwkwkwk

  2. Kalo saya sih enggak cak, mbok ya suzuki indonesia di jadikan basis GSXR250 kalo gitu mesin baru tampilan baru mau 2 silinder 3 silinder sukur-sukur 4 silinder, memang pasar sport 250cc makin mengecil tapi kalo gak serius mending gak usah nyemplung sekalian. Standar sport 250cc sekarang makin tinggi kalo suzuki mau ikutan tapi modelnya gitu daripada mahal di pajak karna import mending mahal diriset tapi jelas sesuai keinginan pembeli. Itu pendapat saya. Suwun cak

  3. ekekekeke

    kenapa S gak tertarik ya

    padahal sport 250 cece Elegan ternyaman laris manis tanjung kimpul baik versi 250 ataupun 300 nya..

    beda yg sok lancip lancip tapi letoy itu diguyu pithek…

    H suuuuRrrAM

    mueheheheh

  4. Sy tertarik dgn GSX250 nya mas iwan, kondisinya nnti sy liat para reviewer lokal dl, klo nyaman di riding position dan suspensi mengayun lembut ramah di pinggang, OK dong pasti. Masukan apa bs knalpot dibuat yg lbh natural saja, croomenya agak norak sih itu, ya itu selera sih, yg lain mungkin beda.

  5. Yg naked wajib 35jt an cak. Benturin aja sama 150cc yg dah main 35jtaan. Kayak z250 diskonan. Ambil profit dikit aja…jamin laku, wlw gak volume maker

  6. Berharap prinsipal jepang mengabulkan impian para pecinta Suzuki..

    Liquid-cooled DOHC 2 cylinder 250cc

  7. Kalau harga GSX250R tidak melebihi 45jt banyak yg mau kang IWB… kalau over price dari itu kemungkinan konsumen lebih memilih merk lain.

  8. Suzuki harus sadar produknya laku disini karena yang paling murah dikelasnya terutama sport,,

    gsxr150 laku karena paling murah, kalo harga dibenturin dengan Cbr150 ama R15,, gak bakal laku seperti saat ini. gak percaya? coba aja naikin harganya

  9. Suzuki, mau apa lagi di Indonesia?

    Selama desain masih begini2 saja, sudahlah…

    Gak kasian apa sama karyawan2nya karena jualannya gak laku..

  10. jgn hanya kelas 250 aja, kelas matic 150 juga segera masukan ke indonesia. terutama saluto dan burgman. harga jadikan paling murah dan desain ikuti pasar indonesia jgn india. semangat suzuki !!!!

  11. Tolong jangan masukan gsx 250R, kemungkinan besar kalah saing. Gixxer 250 sama halnya Z250SL marketnya kecil, apalagi kawasaki udh kasih harga murah. Klo bisa suzuki masukin motor adventure aja buka segmen baru ditambah aksesoris touring pasti jos gandos kemlotos.

  12. gixxer 250 naked, motor simpel, 1 silinder 250cc, sohc tanpa pendingin cairan, cukup pake pendingin oli, berarti motor yg easy to maintain dan reliable banderol jangan lebih dari 40 juta.

  13. Lebih baik coba turunkan dlu desainnya ke versi 150 CC, jadi facelift nya GSX R150/S150 mungkin ?, kemudian lihat respon pasar.

    Daripada langsung main ke 250 CC yg jelas pasar Indonesia mengutamakan performa, bakal lebih berdarah2 ?, contohnya KTM yg secara jaringan 3S gk beda jauh dengan Suzuki, desain RC dan Duke 250 kurang menggoda gmn coba, tp masih sulit ditemui di jalanan, ya karena mesinnya kurang jos (pdhl sdh 31ps).

    Yang selisih 3ps aj sering kena buli apalagi yg selisih jauh ya diliat aj enggak ??

  14. kalo model model sontoloyo masih dibawa kemari juga…kebangetan wakk..bukanya yg udah ada tuh bandit gsx gsxr di facelift bagusan modelnya…mau menuh menuhin gudang lg apa gimana

  15. Untuk harga, gixxer 250 spertinya bisa lebih murah karena impor dr india.. Tengok tvs 310 r, yg mana harganya cuma 50 juta, pdhl pajak diatas 250cc itu gila2an… Tp dr segi desain, jelas gsx250r ccina lebih keren ktimbang gixxer india yg bantet..

  16. Susuki dah terperosok terlalu dalam,dah terperosok tp kliatannya malah nyantai ga mau bangun ya akhirnya sampe sekarang mo jual paling bagus n paling murahpun sulit laku,pelajaran buat Yamaha juga yg belakangan kliatan mulai terperosok,jangan kelamaan nyantai klo mau tetep eksis.Nasibmu bisa kaya susuki dikemudian hari.Sejauh ini cuma Yamaha yg sekiranya punya line produk yg lengkap untuk melawan Honda,biar konsumen lebih banyak pilihan jgn cuma satu merk saja.

  17. saluto dan burgman aja fokusin dulu. 150 series udah oke kok mesin dan desainnya tinggal upgrade suspensi usd, lampu led, dan ?kalo bisa? swing arm aluminium. udah itu aja pr kalian. jual 250cc kalo brand kalian udah naik lagi baru dibuat aji mumpung buat jual 250cc. dan itu pun harus sesuai selera pasar asia tenggara ataupun timur, jangan india.

  18. Juki sport150cc raja tercepat

    Kawak 250cc 4slinder raja tercepat

    Honda 250cc 2slinder raja tercepat

    Yaheho mau ngebut pake matik ngaku2 tercepat…pcx160 brojol jadi yg terkatrok

  19. Mending fokus benahin desain bandit, klo desain bandit modelnya kayak CB150R aku yakin penjualan bakal njengat

  20. Kayake mending saluto sih yang diperjuangin masuk… soalnya udah bikin warga +62 tergiur sama tampilannya yang khas italy banget. Apalagi pasar matic model klasik di Indo didominasi secoop. Saluto mungkin bisa mengganggu dominasi secoop

  21. Daripada gsx 250 r (r belakang angka cc)

    Kalo pilihan nya 3 itu cak iwb, ane vote gixxer 250sf

    Dan gixxer 250 naked

    Dari desain lumayan, walau 1 silinder tapi power lebih gede daripada gsx mesin inazuma

    Setidaknya bisa nemenin ninja 250sl…

    Kalo bisa jangan sekedar import, rubah settingan mesin biar power naik setidaknya dari 26,5ps jadi 27 atau 28ps

    • Dan untuk gixxer 250sf

      Windshield nya kekecilan, kalo niat masukin… Setidaknya ada ubahan di windshield

  22. Benerin dulu deh jaringan dealer, spare part, dan bengkel.. mau sebagus apapun klau unsur 3S tidak mendukung ya terjungkal juga.. seharusnya berkaca dr GSX series yg sdh dijual, contohnya Bandit 150..

    Klau sy milih naked 250cc 1 silinder, tapi harga di bawah 45jt.. Plus, jangan bawa2 model market India deh, nggak cocok bgt. Mobil juga gitu..

  23. Hora setuju cak, ingat pasar sport 250cc itu calon buyernya rata2 merk teknologi dan sedikit banyak jg mentingin gengsi.

    Kalau produk yg dirilis tidak punya keunggulan /value dibanding kompetitor yg sudah eksis, atau dg kata lain nekat nantangin existing market leader dg motor ala kadarnya? BUNUH DIRI!! Inget kasus R24+1 ?

    Yang kedua, calon buyer segmen ini jg pasti tahu info seputar motor yg mau dibeli tdk hanya dr sisi teknisnya, tapi juga sisi pridenya. Katakanlah potensi bully ‘rakitan indihe’ atau predikat ‘mocin’ juga mungkin menciderai image motor tsb.

  24. Menurut sy mending bikin suzuki bikin motor retro modern ngambil designnya suzuki katana dengan mesin gsx….. Sy langsung beli pokoknya….

  25. Kalau memang Suzuki Indo dikasih fokus ke motor 150cc,, kenapa GSX R/S 150 egk di facelift dulu aja?

  26. GSX-R 250 DOONG JANGAN GIXXER ACA NEHI ATAU GESEX IJUM, GAKAN LAKUUU. KALO MASIH MAU PAKE MESIN IJUM MENDING V-STROM WOY JUKI JGN BUDEG!!!!

  27. selama masih bikin di luar negeri kayak india atau china ga bakalan sukses cak. Market Indonesia itu khas banget seleranya. Harusnya RND Suzuki ada di Indonesia untuk kelas 250cc. Mereka bisa langsung bikin produk reborn Suzuki GSX-R250 4-silinder buat lawan kawak ZX25R. Seru pasti nih.

Comments are closed.