iklan iwb
iklan iwb
” Gambar hanya ilustrasi….”

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. akhir-akhir ini IWB banyak dihujani pertanyaan para followers Iwanbanaran. Para Bikers yang bingung karena razia knalpot sudah masuk kategori barbar. Hal ini mengacu pada kejadian yang terjadi di sekitar Bandung. Dalam video yang viral di media sosial terlihat oknum langsung memukuli motor dan merusak knalpot dilokasi. Pertanyaannya, bolehkah hal itu dilakukan?

Seperti yang kita tahu dalam beberapa hari belakangan Viral video Via sosial media terkait razia yang digelar kepolisian di daerah Bandung. Seperti dilansir Kompas video tersebut memperlihatkan petugas kepolisian memukul sepeda motor menggunakan tongkat. Dalam video juga terlihat orang tidak mengenakan seragam polisi melakukan tindakan yang sama melakukan pengrusakan knalpot motor yang melintas. Salah satu biker penunggang Honda NSR 150R Shendy Achmad mengaku menjadi korban dimana knalpotnya dirusak oleh oknum tak dikenal saat dirinya sedang diberhentikan petugas…

” Saya dan teman-teman komunitas lainnya sedang melakukan roling bulanan. Kita melaju tidak kencang, tidak Arogan, safety riding juga. Sebab sudah aturan dari komunitas juga kalau riding jauh SOP harus dipenuhi. Masker helm full face sepatu dan kelengkapan motor juga…” seru Shendy via Kompas. ” Kami berkendara ke arah Ciater pas belokan Saya kira ada kecelakaan atau apa karena banyak banget orang ngumpul. Ehhh ternyata ada razia. Kebetulan saya diberhentikan oleh Polisi kemudian ditanyakan kelengkapan motor. Pas saya ambil dompet langsung ada yang memukul knalpot….

Saya kan bingung, saya tanya ke polisinya salah saya apa? Polisinya cuma bilang udah…udah. Pas saya lihat knalpot sudah bengkok. Saya lihat lagi orangnya sudah tidak tahu kemana…” cetus Shandy seperti dilansir Kompas. Doi menyayangkan adanya oknum main hakim sendiri terhadap para pengguna motor knalpot racing. Termasuk komentar netizen yang prihatin terhadap aksi main hakim sendiri. Pertanyaannya sebenarnya Bolehkah hal itu dilakukan? yakni merusak knalpot di lokasi? Kenapa aksi ini dilakukan?

Dalam masalah ini kita memang tidak bisa langsung justifikasi secara prematur. Sebab suka atau tidak Hal ini dipicu oleh para Bikers yang suka melakukan aksi kebut dan cornering di Lokasi…itu info yang IWB kumpulkan. Para Bikers yang tidak peduli terhadap teguran penduduk sekitar termasuk suara knalpot bising yang mungkin semakin menambah kekesalan warga. Jadi memang ada historynya cak. So… sepertinya tindakan tersebut untuk memberikan Efek Jera. Namun pertanyaannya…. bolehkah dengan cara merusak knalpot tersebut di lokasi secara barbar?

Negara kita adalah negara hukum. Jika kita meletakkan pada aturan memang pengrusakan properti tidak diperkenankan. Ada aturan di mana jika ditemukan sepeda motor yang tidak standar dari aslinya, tindakan yang dilakukan adalah tilang. Dan yang paling ekstrem melakukan penyitaan motor dan itu pun tetap tidak sesuai dengan konteks pelanggaran hukum knalpot racing yang cukup dengan tilang. Senada dengan konfirmasi pakar hukum yang juga Blogger kondang yakni Cak Leopold7 yang memberikan pencerahan tentang aturan jelas terhadap ini….

Petugas tidak dapat memusnahkan barang bukti tanpa penetapan pengadilan. Termasuk menetapkan sanksi fisik di tempat. Diskresi yg diatur dlm UU Kepolisian (pasal 18 ayat 1) juga memiliki batasannya…

” Tapi di lain sisi kalau ini kejadiannya di Lembang – Ciater kita juga harus cek tradisi sunmori disana yg lama dikeluhkan warga sampai warga dan kepolisian melakukan sweeping….” serunya ke IWB. Yup… itulah dasar hukum di mana memang tidak diperkenankan merusak properti atau sanksi fisik di tempat. Jadi kira-kira demikian. So…boleh atau tidak ? dari sini sebenarnya jawabannya wis clear. Namun sekali lagi memang semua ada pangkal musababnya…

Ketika kejadian terus terulang dan hal ini membuat kekesalan penduduk memuncak kadang-kadang rambu-rambu hukum ditabrak. Dari sini kita harus bijak menyikapi tidak terpancing emosi dan mencoba merenung apa yang salah. So… bagi teman-teman biker mungkin dari sini sudahi aksi kebut-kebutan ataupun cornering di lokasi yang bisa membahayakan orang lain karena dampaknya cukup besar bagi pengendara lain yang mungkin tidak ikut-ikutan. Dan untuk oknum perusak, mari hormati hukum dan kembalikan semuanya pada payung hukum yang mengatur tentang knalpot tidak standar melalui tilang yang sudah diatur oleh undang-undang lalu lintas……(iwb)

iklan iwb
Previous articleAkhirnya Yamaha kritik Maverick Vinales, saking gemesnya ??
Next articleHarga Ertiga dan Xpander naik, Wabah COVID19 bukan halangan !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

167 COMMENTS

    • Intinya kalau mau pakai knalpot racing entah itu buat moge, mocil,mobil, walau pakai DB killer tetap saja suaranya keras kalau mau pakai knalpot racing ya di sirkuit bukan jalanan umum

  1. Syukurlah razia knalpot berisik (knapot pi anjingeun) ditegakkan kembali..!

    orang2 yg tak perduli dgn telinga orang lainnya akan terhindar dari sumpah serapah orang yg mendengarnya..!

  2. Biar pada jera dah yg pake knalpot racing di jalan raya, soal nya mengganggu bgt apalagi kebanyakan yg pakai knalpot racing gaya nya sok arogan bgt,

    Knalpot racing itu sebenar nya diperuntukan buat balapan di sirkuit,ga ad aturan nya pakai knalpot racing di jalan raya karena mengganggu pengendara lain

  3. ketika dirusak mereka berkata ini negara hukum harus ikut aturan

    tapi sebelum memasang knalpot bising berpikir nggak kalau ini negara hukum negara yang beraturan?

    ada sebab akibat

  4. Tapi di lain sisi kalau ini kejadiannya di Lembang – Ciater kita juga harus cek tradisi sunmori disana yg lama dikeluhkan warga sampai warga dan kepolisian melakukan sweeping…

    Ini keluhan warga , masa polisi disana diam aja , ya pasti turun tangan lah ngurusin warga nya ,”wahai para bikers yg pakai knalpot racing tolong hargailah pengendara lain dan warga sekitar,,”

  5. Warga di sekitar jg ikutan ancurin knalpot racing pengendara itu,berarti kan dah resah bgt warga sama pengendara pakai knalpot racing, warga lain di semua daerah jg pasti melakukan hal sama klw udah resah bgt, kadang aja kita masuk komplek orang aja pakai knalpot racing dilarang masuk/matikan mesin,,berarti dah resah dengan knalpot racing,

  6. Hayoooooooooooooo cak $$$$…

    Segera ganti deh knalpot motor antum, karena disadari atau tidak, pasti ada saatnya antum nge-gas dan membuat suara menjadi tambah bising, meskipun suaranya menjadi lebih enak, hehehe….

    Followers antum pastinya akan ikut apa yang antum lakukan lho…..

    • Aturan knalpot racing atau bahasa lainnya knalpot variasi mestinya sdh jelas, asal sdh sni dan tdk melebihi ambang batas desible sesuai cc seharusnya legal dipakai. Penafsiran asal bukan knalpot bawaan motor itu jelas ngawur krn saat penilangan tdk menggunakan dasar-dasar aturan yg ada

        • Pelanggar aturan itu ditangani sesuai aturan, bukan malah menindak dg cara yg melanggar aturan jg. Ujungnya sdh bisa ditebak, tawuran yg tdk ada penyelesaian nya

          • Mungkin sampeyan blm ngalamin pas punya bayi rumah d pinggir jalan ,bayi terbangun rewel sebab knalpot werr .jengkel nya ampe ke ubun2 mas.udah gitu blayer2 ga ad abisnya.sy yakin klo sampeyan d posisi ini pasti pengen ancurin tuh motor bkn hanya knalpotnya doang

          • Saya setuju sama mas Katro …. PEMAKAI KNALPOT RACING TIDAK PUNYA RASA EMPATI , SEMUANYA EGOIS JALANAN

          • Klo ga egois ga akan pasang knalpot racing mas. Yg puas sama suaranya kan cuma dia sendiri, sementara orang lain pasti terganggu. Orang egois ga akan punya empati untuk orang lain, selalu cari pembenaran dan mencari celah hukum untuk menjustifikasi tindakannya. Contohnya ya si udin itu.

      • Tilang bagi orang kaya cuma beli permen ,tilang gak mempan buat orang kaya ,saya setuju langsung hancurkan di tempat ,tidak perduli moge mobil hancurkan saja,dulu saya pakai knalpot racing tapi semenjak saya berhenti (sekitar sebulan)dan hari ini umur sudah makin tua saya $$$$$ suara keras bikin emosi dan jantung an

      • Dan harusnya kalian semua $$$$$ knalpot racing pasti di dus book tertulis” untuk keperluan Balan bukan untuk jalanan umum” harus nya kita $$$$$ bahwa knalpot Racing itu untuk keperluan balap bukan dipakai harian

        • Meski saya pun tetap pakai standar tapi masih tdk mempermasalahkan pemakaian knalpot alternatif (istilah saya atas knalpot racing) yg tdk melebihi batas desible yg sampai mengganggu jika digunakan di jalan umum

    • Yg keterlaluan yg pakai knalpot racing lah,,,klw ga ad sebab ga akan ada akibat ,,, warga sekitar jg ikutan ko ngancurin knalpot racing si pengendara , berarti kan udah resah bgt warga nya,

      • Kita tinggal di negara hukum. Meski jika dengar motor pakai knalpot brong itu saya jg terganggu, tdk berarti kita berhak melakukan tindakan kekerasan yg merusak properti orang lain.

        • Ya sampeyan z ngomong sm warga d sana yg mungkin tangannya gatal pengin ancurin knalpot werr, warga kayaknya sdh kesal .mungkin pak pol jg sdh abis kesabaran jg,mangkanya mempersilahkan hukum sosial yg menghakiminya.mungkin kalo cm tilang ,hbs sidang smpe rumah d pasang lagi tu knalpot

  7. Tpi kenyataanya lek banyak juga knalpot standar yg ditilang dan alasanya tdk jelas.mohon utk pihak yg berwenang utk diberi kejelasan utk aturan desibel knalpot dan soal yg dilembang saya tdk setuju utk dihancurkan karena itu dibeli pke uang dan faktanya lgi anak2 mobil berknalpot bising yg biasanya ngumpul2 di PIK kenapa dibiarkan saja dan banyak juga orang mengeluh.#hanyasekedarkritik

    • Masa knalpot standar ditilang jangan bikin opini sesat mas,saya kasih tau mas knalpot standar yg ditilang itu rata2 bobokan atau knalpot racing tapi berbentuk standar tapi ini juga tidak layak di sebut standar , standar itu original dari pabrik yg tidak di modifikasi

    • Jika opini mas knalpot dibeli pakai uang pribadi dan tidak layak dihancurkan maka saya berhak dong kasih pembelaan wajar mereka rusakin kan pakai tangan mereka sendiri bukan tangan yg beli knalpot dan yg bising dengerin juga pakai telinga mereka bukan telinga yg punya knalpot,cuma minusnya polisi belum berani menindak pemilik moge yg suaranya kaya petir dan harusnya moge mocil sama di depan hukum

      • Laiya, pemerintah yg ngadain aturan batas db buat produsen ky di jepang, jadi yg dijual udah legal, gk pukul rata asal gk standar dikata knalpot racing berisik

        • Yg jelas Indonesia belum melegalkan knalpot racing di jalan umum jadi ukur desibel tidak berlaku soalnya payung hukumnya belum ada

  8. mungkin ada benarnya polisi membiarkan knalpot dirusak warga. kalo cuma ditegur atau ditilang, paling dipasang lagi. ketika polisi sudah gak bisa, maka hukum sosial yang terjadi, dan akhirnya masyarakat yang langsung turun sendiri. gak usah ngomongin undang2 lah, lha wong secara sosial aja berisik itu udah sangat mengganggu hak asasi orang lain.

    $$$$$ diri aja lah.

  9. yang dirusak kan cuma yang berisik.

    knalpot berisik dirusak warga aja ngomongin keadilan, tapi suara berisik mengganggu nggak ada yang nuntut keadilan.

    pada $$$$$ diri aja lah.

  10. yowes usul aja ke pabrikan knalpot motor suruh kasih jack headset. biar tahu yg pake knalpot racing berisiknya kayak gimana.

    cuma kalau dilihat dari respon masyarakat seperti itu mungkin sudah kelewat jengkel… cornering,ngebut,berisik dijalanan situ..jan tepak

  11. Maaf mas itu bukan polisi yang melakukan tapi warga yg geram sama pengendara roda dua yg melakukan sunmori di Lembang, tepatnya di arah Wates Ciater sampai Riung Rangga, sudah banyak korban warga sekitar juga gara-gara ulah para oknum sunmori yang ugal dijalan tersebut.

    Kalau cuma sunmori dan pakai knalpot bising itu ga jadi soal tapi kalau sudah kebut-kebutan dan menimbulkan kecelakaan, siapa yg tidak jengkel?

  12. Yang dirazia itu harusnya yang jual Cak, bukan penggunanya. Klo ga ada yg jual, mana ada yang pakai? Cak $$$ pun akhirnya ga akan pakai knalpot racing.

    Sama kayak narkoba, bandarnya yg harus diberangus.

    Lucu Cak negara ini.

    Wkwkwk land.

  13. Yang sunmori tolong jaga etika,, udah kalo motoran ugal ugalan, speed cornering, lom lagi,, kalian juga pada pake knalpot racing, yang bikin pekak telinga warga sekitar,,, apalagi ada yang cuma lewat doang, kagak mampir njajan di kawasan warga sekitar,,, $$$$$ diri aja, jangan ngomong keadilan kalo kalian masih gak punya etika.

    kalo kalian motoran biasa, iring – iringan,, orang gak akan melakukan hal tersebut ke kalian,, tapi kalo udah kelewat batas????

    kalo mau cornering dan speeding,, mending sewa sirkuit,,, bikin malu aja

  14. Kadang memang ad oknum yg pemakai knalpot bronk seenaknya ngegass dijln aplgi dah taw rame atau nyalip org yg bonceng bayi. Ini bikin kesel juga. Tapi tindakan perusakan juga tak dibenarkan tuh. Jd harus sama sama introspeksi diri.

  15. Kalo mo kenceng jgn pake knalpot racing beli yg CC gede. Kalo ga mampu syukuri aja. Banyak yg ga suka suara knalpot racing, brisik bikin emosi nambah dosa om. Ente mati orang bersyukur.

    • Yessss Setuju , Hancurkan knalpot racing …. yang pake knalpot racing , kamu itu sudah tuek $$$$$ diri … umurmu tua tidak pantas pake knalpot racing…. ingat umur , kamu tidak anak kecil lagi….

    • Yessss Setuju , Hancurkan knalpot racing …. yang pake knalpot racing , kamu itu sudah tuek $$$$$ diri … umurmu tua tidak pantas pake knalpot racing…. ingat umur , kamu tidak anak kecil lagi….

  16. Peraturan Masi rancu.. dan GK semua aparat negara kita mengerti soal motor.

    Saya yg bawak TNT249 yg dari oroknya Uda bulat suaranya ,, perna di stop Krn kasus kenalpot…

    Terpaksa buka Google dan buka YouTube utk jelasin😫😫😫

    Padahal TNT 249 gua.. cuma ban aja yg gua ganti .. lain nya Masi bawaan Toko

  17. Kakau harley dipenyokin juga gak bos. Walaupun knalpot standar tp suaranya bising. Atau walau knalpotnya bising tapi takut sama yg punya harley, yg diukur tingkat kebisingan atau model knalpotnya atau siapa yg punya motornya? ayolah bos. Kalau buat aturan ya pukul rata, jgn berani sama orang kecil aja.

    • knalpot standar harley kgk ada yg BISING… itu yg smpe meledak” krna udah gnti coy.. liat aja dah review” harley dan artis yg beli harley,, contohnya Andre taulany yg dulu beli harley, knalpot bawaannya mah adem kayak knalpot standar pada umumnya… itu yg berisik aksesoris dari harley alias aftermarket ( tp ttp bukan standar kan, tp pemanis ).

      • Kalau Herley gak tahu bos tapi ada yg ambil R1 dikota Makassar knalpot masih original suaranya cuma swing swing gak kencang , aslinya moge pun kalau knalpot standar nya suaranya gak kerang kok cuma kaya suara mobil tapi suara itu akan berubah jadi suara Guntur jika digantikan knalpot racing

  18. jgn cari pembenaran dgn nama hukum ….

    situ aja udh salah dgn ganti knalpot tdk sesuai standard … cornering2an di jalan umum ….klo punya otak dipake

    ada aksi ada reaksi ….

      • aparat ga urusin gtuan doang ….

        ente tau sendiri klo di tguin polkis pada muter arah maen kucing2an …klo cuma 1 atau 2 x mungkin warga juga ga bakalan bereaksi …..lah klo tiap weekend kaya begitu gmn coba ….ga akan ada reaksi tanpa ada aksi ….

        • Ya silahkan tindak sesuai hukum dong, aparat kan bertindak atas dasar hukum. Giliran sipil main hakim sendiri masuk bui

          Sekarang aparat main hakim sendiri jadi pembenaran

  19. Klo saya lebih setuju aja si knalpot racing bising nbudekin kuping di sanki tegas aja biar kapok,gada manfaatnya yg ada warga sekitar sangat2 terganggu,terlebih pengguna knalpot racing dah pasti anak2 arogan yg ga peka terhadap lingkungan sekitar,Klo produsennya di sangsi juga juga sepertinya kurang pas Krn akan mematikan kreativitas,yg penting di pakai pd tempatnya aja(sirkuit),jgn samain sama narkoba.

      • Nah ini nih, dimata orang kampungan ya branded. Klo d mata warga yang tau toleransi yang namanya bising ya kampungan

        • kata siapa orang kampungan menganggap semua branded?? gak semua kampungan seleranya jelek boss. kebanyakan di desa orangnya juga sopanΒ² tau aturan.

          lagian banyak juga kok bikers PERKOTAAN yg motornya bacotnya minta ampun.

  20. Weekend itu,jalur mnuju lembang sperti berubah jadi sirkuit..its okelah mungkin ketika motor udah dimodif,dielus…knalpot harga sultan tiba2 dirusak atas nama pelanggaran. Satu sisi yg punya motor wajar bingung “salah saya apa?”… Tapi apa rider2 itu jg gak $$$$$ kalo mereka dgn angkuhnya geber knalpot dijalan umum…speed udah pastilah kenceng,kan gengsi dong motor gaya,jalan pelan…..bahkan di youtube juga banyak tuh yg post geber2an dijalan seperti yg gak takut hukum.ayolah pada $$$$$ … Jgn setelah ada reaksi baru pada mlongo,tanya tanya knapa. Penduduk skitar bukan orang budek semua bos

  21. Yang biasa bikin kuping budeg tu motor mayoritas Rx king, Ninja, CBR, R Series, GSX FU, NMAX, Aerox.. Klo dirating berdasarkan merk No.1 Yamaha, 2. Kawasaki, 3. Honda, 4. Suzuki.

    Yang paling gedeg banget motor suara geledek tapi leled.. Bravo Polisi & Warga..

  22. Kenalpot racing hanya di perbolehkan penggunaannya di sirkuit, klo nekat di pakai buat motor harian ya harus siap menerima konsekuensinya

  23. ALHAMDULILLAH. . . Hancurkan budaya geber2 knalpot bosokk !!!

    Herlay herley herlay herley .. suarane herley pancen banter, tapi ning ati marem, liwat e yo jarang2.

    ojo dipadak2ne karo knalpot e pedah herrex, bahan e kaleng susu indomilk. Liwat sak liwat disumpahi tibo . .

    Duduk wong INDONESIA nek wis salah tapi tetep ngeyel. . .

    • Wahhh udah mulai rezam rezim aja kalau ngebacot lu, giliran dikasi BLT mingken $$$$$ lu. Dasar kadal ente, otak lu sudah sesat akut…bin parahhhh

      • CEBONG TAIKERS LAKNATULLAH!!! BLT ga seberapa aja $$$$$ LU SIALAN!! APA YANG JUNJUNGAN LU RAMPOK DARI RAKYAT INDONESIA LEBIH BANYAK DARI BLT YANG MEREKA KASIH. NEGARA FASILITASI RAKYATNYA ITU UDAH KEWAJIBAN!!. LAGIAN JUNJUNGAN LU UDAH BERLUMURAN DARAH TANGANNYA!! UDAH NGEBANTAI RAKYAT SENDIRI!!

      • Iya kayak Harun Masiku ya yang sengaja dihilangin, 2 nyawa ditembak, 4 lainnya dibawa ke mobil aparat dihilangin nyawanya. 700 an petugas KPPS hilang nyawanya.

  24. Coba om $$$ klo knalpot blackshark di green tukijo di hancurin orang di depan mata kira2 gmn perasaan nya? Apakah bakal disawat sandal swallow?🀣 Atau kita jujur aja, orang yg udah beli kawak zx25 kira2 apakah ada yg puas dgn knalpot bawaan standar mtr? Menurut saya dlm hal ini regulasi pemerintah harus jelas, apakah diperbolehkan knalpot racing digunakan di jalan raya? Klo boleh apa ada batas desible nya? Sebaiknya jg petugas di lapangan di lengkapi dgn pengukur desible meter. Gak bisa dibiarkan jg itu oknum yg bawa2 martil trus ngerusak properti orang lain, atas dasar apa dia main hakim sendiri? Coba klo gak ada byk petugas disitu apa dia berani bertindak spt itu? Klo atas dasar tidak suka terus boleh melakukan pengrusakan berarti namti semua orang boleh merusak barang milik orang lain hanya krn tidak suka. Intinya dr pemerintah sbg regulator harus tegas dan UU yg dibikin tidak boleh abu2 harus detail jadi tidak ada pasal karet yg bisa asal di interpretasikan makna nya sehingga justru merugikan masyarakat

      • Logika aja $$$$, klo yg 250 cc aja mau ganti knalpot apalagi klo ente beli yg 1000cc udah pasti itu knalpot di ganti aftermarket, apalagi banyak motor 1000cc yg udah pake knalpot aftermarket dr lahir. Nah trus ente mau bilang apa? Beli yg 2000cc? 3000cc? Otak dipake buat mikir

        • Ya iya lah, klo ga puas ma 1000cc ya beli yang 2000cc. Ga mampu beli? Ya terima aja suara knalpot motor lu. Logika gini aja ga nyampe otak lu, sok ngomongin logika segala.

    • lek $$$$ gk pernah pake sunmori ke lembang begoo, yg salah itu ‘knalpot resing meresahkan warga’.. tu bocil sunmori di perlakukan kyk maling wkwkkw

      kalo di kota2 aja polisinya slow aja..

  25. Yg herannya kok ada orang pake baju bebas trus mukul orang lagi lewat trus dilanjut dipukul motornya pake tongkat…apa benar mslh knalpot racing sampe bagian tameng motor dipukul berkali2 pakai tongkat sprt itu…kesannya jd bukan menegakkan hukum tp seperti melampiaskan kekesalan

  26. Ane setuju penertiban kenalpot racing apalagi yang super alayyyy akut, udah bising dg suara yang murahan udah gitu masuk perumahan udah dehhh. Nah sekarang tinggal terapkan UU lalulintas yang sebenernya sudah ada aturannya. Jadi siap2 gerombolan alayyyy dg sendalpot masuk karung rongsokan. Buat Pak Pol jangan arogan juga main hantam mending dibawa ke kantor pol terus rider suruh buka helm nahhhh telinganya deketin tuh ke kenalpot seterusnya Gas di betot kenceng wakakakak sepertinya lebih manusiwi. Habis itu tilang deh kan udah ada UU nya tohhh salam waras

    • maaf mas, kalo telinga si pengendara harus dideketin knalpot trs digeber, sudah tidak manusiawi lagi tuhπŸ™

  27. Sumbernya yang di razia, bukan motornya,

    Ke pabrik2nya.. Knalpot2 mana saja yg boleh dipakai umum..

    Kalau pakai knalpot resmi, ya sudah.. kl bukan, baru ditindak

    Kalau tidak ada yg produksi knalpot yang dilarang, kan ngga ada yg pakai juga

    • Klo salah ya salah aja, ga usah lempar kesalahan ke tempat laen. Yg jual emang salah, tapi yg beli juga $$$$, udah tau salah masih dibeli juga.

    • Jual gak apa apa coy ,kan namanya juga knalpot racing pasti buat balap,ya dipake buat balap,kl balap ya disirkuit bukan di jalan umum,yg salah ya yg beli knalpot gak tau aturan pemakaiannya

  28. dibanding yg tertib lebih banyak yang songongnya, geber2 kagak jelas kalo crash sendiri sekalian msk jurang sih gpp tapi ga dikit juga yang ikut nyelakain org, jajan di warung ga seberapa, banyakan cuman numpang mejeng menuhin parkiran. warlock udah kadung kesel. seret aja semua yg terlibat ke muka hukum, warga yang ngerusak, juga rider yang kendaraannya udah ga standar dan ganggu ketertiban umum, biar saling tuntut

  29. Intinya si ga akan ada asap klo gada api,warga dah merasa sangat terganggu klo dah begitu kliatannya,itilah kata “Ente sopan ane segan”,cobalah peka sama lingkungan,kalian hidup bukan cuma sendiri,Hak kita juga dibatasi sama hak orang lain n lingkungan.Terlebih pemakai knalpot racing rata2 anak2 alay yg sangat arogan n singing.diperlukan aturan yg tegas n akurat.

  30. Lho pabrikan juga ada yg jual knalpot racing secara resmi,

    Gmn dong kl gtu?,

    Jgn krna mentang2 knalpot racing lgsg disama ratakan,

    Inilah kl aparat nya sendiri ga paham aturan,

    Hrsnya aparat cek desibel kebisingan knalpot, masih batas tolerir atau enggak, aparat hrs dilengkapi tools yg lengkap, jgn cm Kuping yg jd tools nya,

    Trs yg maen ngerusak itu ya hrs nya masuk ke pasal perusakan, bisa kena sanksi itu, pdhl disebelahnya ada aparat, tp cm diem aja, bner2 ga ngerti aturan tuh aparat,

  31. =============

    Perlu diketahui bhw :

    Menghukum dg merusak tidak dikenal dlm aturan hukum RI. jadi hukuman yg diberikan ttg knalpot racing harusnya disita motornya smp pemilik bawa knalpot yg sesuainaturan utk dipasang, lalu diberikan hukuman tilang.

    ==============

  32. Sebagai ayah yg juga ikut pontang panting menggendong anak bayi saya sampai mereka tertidur dan setelah susah susah mereka dibangunkan oleh suara knalpot racing, maka saya lebih suka yg pakai knalpot racing jangan dihancurkan knalpotnya, tapi kepala mereka saja yg dihancurkan.

  33. kalo nurut ane yang salah ya werengnya, gk bisa dong maen rusak begitu…sebagai wereng mereka harus tau batasan desibel knalpot, dan harus punya alat…hp aja bisa dipakai buat ukur desible…masa kagak ngerti sih, apa masuknya dulu pake nyogok ya…jadi maen congkal congkel ..kagak ada SOPnya ..hadahhh

    • Mas nya gak tahu ya? Indonesia belum melegalkan knalpot racing jadi dalam hal ini ukur desibel knalpot racing tidak bisa dilakukan karena jelas aturan nya knalpot Racing dilarang dijalan raya walau pakai DB killer atau tidak polisi tidak urusan soalnya uu jelas melarang knalpot racing di jalan umum

  34. Kalau saya secara pribadi SANGAT SETUJU dengan cara kenalpot dicopot lalu masuk ke mesin penghancur. Motor tahan di kantor polantas terdekat, dan hanya boleh diambil setelah pemiliknya memasang kembali knalpot standar.

    Dan lebih pas nya jika yg digiling itu knalpot cak $$$ yg kemaren dicoba di ninja kesayangannya. 😁😁😁

  35. Menanggapi kenapa pabriknya gak di razia juga. Mgkn analoginya bgini: klo org indonesia udah gak makan nasi dan mulai makan roti apakah produsen / petani beras masih menanam padi?

  36. Bagus sih program razianya, tapi sangat disayangkan perihal orang di sekitar yang ikut-ikutan merusak knalpot. Sebaiknya segera ditangkap dong pak polisi ! Sudah masuk ranah hukum pidana orang2 tersebut. Tolong Jangan dibiarkan.

  37. bukan salah pengguna, pengguna hanyalah konsumen,salahkan produsen,penjual dan pengedar dan salahkan polisi kenapa tidak melarang itu dijual

    • Jangan berlagak innocent. Kenapa pengguna mau? Produsen, penjual dan pengedar narkoba bisa ditangkap. Pengguna narkoba juga bisa ditangkap.

      • Semua orang itu bisa mikir mereka bisa memilih dan memilah mana yang kebutuhan dan mana yang hanya gaya, kalau hidup gede gaya ya wassalam, ga ada produsennya pun bakal bikin sendiri

      • Produsen mana ada yang di tangkap,purbalingga tuh banyak produsen knalpot,masih saja produksi knalpot racing,misal produk knalpot sama seperti bandar narkoba ,masak cuma pengguna narkoba saja yang di tangkap bandarnya enggak di tangkap,xixixi

    • memang benar bukan salah pengguna karena sebagai konsumen karena penggunanya pengen jadi tumbal palu THOR hahaha

  38. Semenjak rame motovloger, terutama tahun 2015, jalur lemang-ciater-cagak bukan tempat sunmori lagi. Tapi sunmorace. 2010-2014 saya suka sunmori. Jalan 50Kmh pake thunder 250 lewatin hutan pinus sebelum tangkuban parahu. Berangkat abis shalat subuh, jam 10 pagi udah pulang. Begitu juga sama yang lain. Mayoritas berangkat dari rumah sendiri-sendiri dan umurnya udah diatas 20 tahun. Motor? Standar semua..!!

  39. Yang sering bikin kesel itu motor cc kecil dipasang knalpot bobokan, nambah kenceng gk malah nambah emosi, ugal-ugalan lg klo di jalan!!

  40. Ngak tau negara ini arahnya kmn.

    Ngak boleh pakai knalpot racing tapi produsen knalpot terus bertumbuh.

    Lagi2 mengatasnamakan masyarakat.

    Apakah masyarakat setempat murni tdk ada yg menggunakan knalpot berisik.

    Yang benarlah kalau kalau…

    Hohoho

  41. memang benar tidak boleh semena2 tidak tilang atau penyitaan knalpot/motor, apalagi merusak properti sblum kepeutusan pengadilan turun, tapi ketika d jalan raya perkotaan polisi hanya menilang dan penyitaan, mgkn konteks d lembang ini lbh pengaduan masyrakat juga contoh seperti balapan liar yg sidak bukan tilang dan pnyitaan knalpot tp d tangkap dn dsita motornya, ini jg hal yg sama karna sudah trlalu bnyak korban dan mengganggu kenyamanan publik dan masyarakat setempat sudah wajar dengan cara seperti itu saya setuju Lanjutkaaaaan pak polisi πŸ’―πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    sunmori itu sunday morning ride riding d hari minggu utk menikmati riding motor liburan dan menikmati jalan, skrg jd ajang balapan tes motor gaya2an ah sudahlaaahhh mau dbwa kmna masa depan zaman now

  42. Jangan dirusak lah, mending dicopot aja knalpotnya biarin tuh mesin tanpa knalpotπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ bunyinya obok obok obok biar malu, kalo mau ambil bayar denda dulu khusus sita knalpot

  43. Motovlog. Motovlog yang ada sekarang itu ga ada edukasinya, mereka salah saja masih ngotot, vontoh yang kemarin rame RXking puter balik kena tilang terus ridernya protes kenapa puteran balik ga dijaga saja biar ga ada yang putar balikπŸ˜‚ padahal jelas jelas ada rambu dilarang putar balik, daitu saya baca komen banyak yang pro ke rider RXkingπŸ˜‚πŸ˜‚,

    Ya begitulah mental negara kita, salah ditegur ga trima kalo dibiarin ga bakal ada itikad memperbaiki diri malah yang ada jadi kebiasaan

    • motovlog sekarang kebanyakan $$$…modal cmn moge..main whellie di jalanan..kebut2an..koplak kabeh.semua hanya demi konten tok.

      yang aneh nya..malah banyak yang ngidolain..padahal jelas2 salah.

  44. Beginilah kalo hukum ga ditegakkan cax…

    Indo regulasi ga dijalankan…

    Padahal jelas jelas knalpot resing, kenapa dipake dijalan umum??

    Kenalpot resing itu buat di sirkuit cax bukan buat jalanan umum…

    • Baca postingan lainnya cak, ada free flow street, jangan cuma cangkeng “knilpit ricing kik di jilin imim”

  45. Aturan akan diabaikan ketika sudah mencapai puncaknya dalam hal ini warga sekitar. Ya maklum lah setiap minggu sepanjang tahun lewat knalpot berisik

  46. Yaaa ibaratnya org bertaro kang. Pada dasarnya g semua org bertato kan tampang preman.

    Ada yg kelakuanya baik atao sebaliknya,… Akan tetapi ketika di lapangan org2 yg bertato kbanyakan para preman, ni yg ditangkap masyarakat.

    Dan akhirnya, org yg tobat dr preman ato org bertato tp kelakuanya baik sama masyarakat di cap org garang/ganas… Karna masyarakatkan menilainya dr dhohirnya. Klo batin itu org g bisa menilai, kecuali hanya Allah.

  47. Hahaha polisi jadi FPI, kualat bubarin FPI, kalo negara hukum tegakkan dong hukum, permasalah sudah ada histori negatif sebelumnya ya itu alasan saja, inget dong FPI juga main hakim sendiri karena ada history pembiaran, nah mirip-mirip kan kasusnya ada history sebelumnya yang mengakibatkan main hakim sendiri dan ini didukung oleh polisi nya yang baru saja bubarin ormas yang katanya suka main hakim sendiri.

    • Tambahan, intinya caranya tidak sesuai prosedur hukum.. saya benci knalpot berisik, tapi caranya arogan begitu malah akan menimbulkan sakit hati luar biasa dan prediksi bukan nya kapok tapi malah timbul dendam, bagusnya suruh minggir, tilang, dan kenalpot dicopot secara baik dengan kunci yang benar Barus kenalpotnya ambil sehingga tidak merusak bagian motor lain. Kalau seandainya yang lewat motor sultan, ujung ujung di pukulin, harga kenalpotnya bisa seharga 30x gaji polisi gimana coba balik dituntut.. kan repot.. salah mukul dikiran sendalpot ecing.. wkwkkw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here