iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. memasuki awal 2021 ternyata beberapa informasi terbaru baru saja dirilis. Informasi yang harus IWB share sebagai bahan pengetahuan dan juga supaya kita siap bahwa ternyata ada beberapa hal penting yang perlu mendapatkan perhatian kita semua. Salah satunya mengenai sanksi bagi kendaraan yang tak lulus uji emisi ditahun 2021. Uji emisi yang ternyata tidak hanya berlaku pada kendaraan roda empat namun juga kendaraan roda dua. Nah…. memang seperti apa apa rencananya? Simak detilnya di bawah ini…

Tahun 2021 akan menjadi tahun penting sebab dari informasi yang bertebaran di beberapa media, kepolisian dan Dinas Perhubungan serta Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta berencana mulai melakukan integrasi data uji emisi bagi kendaraan roda dua dan empat yang sudah berusia lebih dari 3 tahun. Mengacu pada peraturan gubernur atau Pergub Nomor 66 tahun 2020 yakni tentang pemberlakukan tarif parkir tertinggi dan penegakan hukum berupa tilang kepada motor yang tidak lulus emisi gas buang. Maksude ?

Jadi gini cak, rencananya aturan emisi gas buang akan mulai berlaku Januari ini. Fokus target para penegak hukum adalah kendaraan yang tidak melakukan uji emisi gas buang. Kendaraan yang sudah berusia diatas 3 tahun diwajibkan melakukan uji emisi yang nantinya akan menjadi dasar bagi aparat penegak hukum untuk melakukan tindakan tilang ataupun tarif tertinggi pada saat parkir. Aturan ini konon akan berlaku baik pada kendaraan roda 4 atau 2. Dan yang tidak melakukan uji emisi gas buang serta memenuhi ambang batas emisi terancam terancam kena denda maksimal Rp250.000 untuk motor dan Rp500.000 untuk mobil diluar tarif parkir tertinggi….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Penegakan hukum ini mengacu pada undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Mengingat Peraturan Gubernur 66 tahun 2020 sudah resmi diundangkan pada Juli tahun 2020 dan berlaku 6 bulan setelah itu yang artinya diperkirakan bakal mulai resmi diberlakukan pada tanggal 24 Januari 2021. Terus bagaimana kita sebagai Bikers atau pengemudi terhadap kondisi ini? Dimana kita bisa melakukan uji emisi gas buang?

Nahh iki sing IWB garuk-garuk alis cak. Sebab dari beberapa informasi yang IWB kumpulkan memang belum ada konfirmasi dimana kita bisa uji emisi. Namun informasinya dari Dinas Lingkungan Hidup atau DLH sedang mempersiapkan fasilitas uji emisi di beberapa lokasi. Karena memang sudah seharusnya sebelum diberlakukan peraturan maka kesiapan pendukung kudu disiapkan khususnya lokasi untuk melakukan uji emisi. Jangan sampai kita dipaksa melakukan uji emisi namun tempat untuk melakukan uji emisi tersebut sangat terbatas. Lak yo amsyong cak. Kita dukung udara yang lebih bersih namun kita berharap semuanya dilakukan dengan penuh perhitungan serta matang. So…bersiaplah cak, aturan emisi gas buang infonya akan segera berlaku tanggal 24 Januari ini. Kita tunggu dan pantau saja…..! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!