iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Ediannn kembar plek ketiplek tenan cak……sampeyan pasti akan terperangah dengan sosok motor racikan Tiongkok Dayang yang makin merajalela. Lhaaa piyee cak, tanpa sungkan pabrikan Cina ini baru saja merilis versi KW dari Honda ADV 150 dengan label Dayang ADV150. Desain sama plek dengan sedikit sentuhan yang membuat motor ini diklaim lebih canggih. Seperti apa ? simak sosoknya dibawah ini….

Minimnya perlindungan terhadap hak cipta atau hak paten memang membuat produsen Tiongkok merajalela. Mereka seperti santai dan menikmati tindakan mengcopy karena akan membuat ongkos produksi jauh lebih murah. Maklum Cak riset dan development design saat ini memang masih menjadi beban besar dalam pengembangan sebuah produk di luar dari RND engine. Mungkin Itulah kenapa banyak produsen Cina memilih jalan pintas dengan cara mengcopy desain produk yang sudah eksis dan dianggap memiliki potensi pasar cukup besar. Seperti yang dilakukan Dayang, sebuah produsen Otomotif roda dua Tiongkok. Melahirkan Honda ADV150 versi KW…inilah Dayang ADV150….

Dayang meluncurkan produk dengan nama dayang ADV150. Tidak seperti produk lain yang biasanya mencoba menyamarkan dengan mengawinkan beberapa desain tapi Dayang ADV150 ini begitu mirip dengan Honda ADV-150. Sampeyan intip saja dari depan samping hingga belakang. Nyaris bak Pinang dibelah dua. Shapenya…. lekuk-lekuk nya Hingga komposisi plastik yang dibuat seidentik mungkin. Bahkan font huruf yang dipilih juga sama dengan Honda ADV-150. Tapi produk Tiongkok ini memang menawarkan fitur yang lebih menggiurkan terutama speedometer….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Speedometer diklaim menggunakan teknologi TFT LCD full color yang bisa terkoneksi dengan handphone. Speedometer ini mampu menayangkan gambar dari ponsel ke layar speedo sehingga bisa berfungsi sebagai Google Maps. Kemudian tidak seperti Honda ADV 150 yang menggunakan behel biasa pada grip belakang, Dayang ADV150 dijejali mounting handle belakang yang siap digunakan sebagai tempat box. Selebihnya sampeyan juga akan menemukan disk brake sudah menganut model kembang. Termasuk pelk yang sedikit berbeda dibandingkan dengan Honda adv 150….

Perbedaan lain bisa kita temukan sistem dari penerangan yang menggunakan projie 4 titik. Secara umum desain Dayang ADV150 ini memang plek ketiplek dengan Honda ADV150. Entahlah…. apa yang ada dalam benak Honda lihat produk mereka dijiplak mentah-mentah. Karena suka atau tidak jelas tindakan ini merugikan penetrasi produknya di Tiongkok. Sejauh belum ada komentar apapun dari Honda perihal kehadiran Dayang ADV150. Apakah mereka akan menuntut secara hukum?

Sulit dan akan menghabiskan energi serta tenaga karena perlindungan mengenai hak cipta di negeri Tiongkok memang sangat lemah. Untungnya sejauh ini Honda ADV150 versi KW atau Dayang ADV150 hanya dipasarkan di tanah Tiongkok. Belum jelas spesifikasi mesin ataupun harga yang ditawarkan oleh mereka. Yang pasti kini sudah beredar Honda ADV150 versi KW yang bisa sampeyan nitip pada gambar dibawah ini. Jiannn kembarrr tenan rekkkk…ediannn ! (Iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!