iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….akhirnya dapat juga gambar komparasi antara new MX King aka Exciter 155 VVA vs Old MX King 150. Komparasi fisik yang akan memberikan gambaran pada sampeyan semua seperti apa perombakan yang dilakukan oleh Yamaha pada generasi terbaru bebek super mereka secara desain. Dan inilah komparasi yang IWB dapatkan dari Vietnam. Nahh ini baru gamblang !!

Seperti yang sampeyan semua tahu Yamaha Vietnam officially meluncurkan generasi terbaru Yamaha exciter 155 atau yang kita kenal MX King di tanah air. Generasi yang dikatakan menganut desain DNA dari Yamaha YZF R1. Desain ini dimata IWB termasuk agresif dan berani. Desain yang out-of-the-box karena Yamaha berani memisahkan sistem lampu antara Hi beam dan low Beam. Jadi lampu dekat dan jauh beda reflektor. Soal ini memang tidak banyak menimbulkan kontroversi. Tapi tidak pada desain headlamp…

Walaupun di mata IWB tetap keren tapi cukup banyak juga yang berkomentar bahwa lampunya aneh dan kaku. Tidak proporsional dan masih cakep generasi sebelumnya. Yahhh… pro kontra pasti ada dan itu suatu hal yang wajar cak. Nah… untuk memberikan gambaran lengkap IWB sudah lampirkan gambar adu ganteng antara Yamaha New MX King VVA vs Old MX King. Komparasi head to head ketika di parkir bareng. Dan dari komparasi inilah kita melihat bahwa ternyata memang komposisi headlamp dengan tebeng generasi baru bahasa desainnya berbeda…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Batok lampu ini lebih kecil serta lebih mepet dengan tebeng. Hal ini memberikan fell padat dan racing look. Sementara untuk generasi sebelumnya terlihat lebih natural serta seperti bebek pada umumnya. Untuk bentuk headlamp dari opini pribadi jika kita lihat dari samping memang generasi sebelumnya lebih enak dilihat. Generasi lawas lebih normal dan juga agresif. Sementara generasi baru kita perlu adaptasi karena kesan kaku bakal timbul. Namun ketika pandangan mata kita geser ke depan di sinilah opini berubah…

” Jarak batok lampu ke tebeng sangat mepet pada versi New memberikan kesan padat. Belum lagi shape tebeng kiri kanan yang lebih tebel….karakter racingnya kuat cak !”

IWB justru menangkap bentuk desain headlamp baru ini ini jauh lebih sangar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Reflektor tipis horizontal seolah-olah tengkurep dan nunduk memberikan kesan misterius. Sementara untuk generasi sebelumnya memang agresif namun kalah sangar. Iki opini pribadi. Begitupun Jika dilihat dari samping bahasa desain juga berbeda. Bagian tebeng kita akan melihat bahwa versi baru sedikit lebih mendongak dibandingkan dengan versi lama yang meruncing ditarik ke bawah….

Namun komposisi perpaduan plastik IWB masih tetap menyukai versi baru yang banyak guratan khususnya di bagian bawah batok lampu. Hal itu memberikan kesan agresif. Komparasi juga melangkah di area undercowl. Jika versi sebelumnya bolong tanpa ada Protector maka pada generasi terbaru Yamaha memberikan casing atau kisi-kisi yang membuatnya jauh lebih rapi dan enak dipandang. Artinya secara general IWB menyukai versi Facelift yang terlihat lebih tertekuk tekuk dan dan garang….

” Shape tengah buritan versi baru ditekuk diikuti jok yang berundak. Tindakan ini memberikan kesan agresif dan racing look…..top tenan ! “

Dari samping pun demikian, IWB paling suka dengan tekukan yang dilakukan oleh designer di area Tengah jok. Tekukan yang juga diikuti bentuk buritan memberikan kesan agresif. Hal ini beda dibandingkan dengan versi lawas yang hanya lurus tanpa ada permainan kontur casing. Termasuk shape tebeng yang lebih padat cak. Kecuali di bagian belakang walaupun tidak buruk namun IWB masih suka desain sebelumnya. Mulai dari stoplamp hingga kerenggangan handle bar atau behel belakang termasuk kehadiran plat telanjang di area Fender justru memberikan feel gahar. End cup muffler juga demikian cak, yang lawas lebih cakep. Hal ini sedikit turun pada generasi baru…… walaupun sekali lagi tidaklah buruk….

Last…. desain memang selera. Oleh karena itu tidak mudah bagi pabrikan untuk memuaskan seluruh biker yang memiliki taste berbeda. Namun dalam pandangan pribadi sekali lagi facelift ini IWB pandang berhasil. Diluar segala perombakan mulai dari frame, kelistrikan hingga engine yang melompat jauh dibandingkan dengan generasi sebelumnya. So…new MX King VVA vs Old MX King? Piye cak…keren mana menurut sampeyan? Monggo jangan ragu berikan opininya termasuk masukan kepada Yamaha Indonesia apakah perlu membawa motor ini ke tanah air? intip beberapa gambarnya dibawah ini…..keren ora pakdee ? (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!