iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….sangat menarik ketika IWB melihat adu drag antara motor terbaru 250cc 4 silinder Ninja ZX25R dengan mesin 320cc dua silinder andalan Yamaha yakni YZF R3. Kedua motor yang sebenarnya beda kelas ini diadu oleh biker Thailand secara head to head dijalanan. Dan ketika IWB intip hasilnya selama 3 running test….waahh hasilnya seru cakkkk. Emang menang mana ? simak gambarannya dibawah ini…

Adu drag dilakukan oleh biker Thailand dengan akun youtube Bigbike. Drag yang melibatkan dua motor beda kubikasi dan konfigurasi mesin ini dilakukan dijalanan negeri gajah putih. Spek detil memang tidak tergali cak tapi dipastikan kedua motor pada kondisi standart hanya ganti knalpot. Nah motor yang diadu adalah Yamaha R3 dengan mesin murni berkapasitas 321cc dua silinder yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 42PS dan torsi melimpah yakni 29,6Nm….

Sedang motor kedua adalah Kawasaki Ninja ZX25R. Dengan spek 51PS dan torsi 22,9Nm serta bobot 182KG, pasti motor ini akan kesulitan jabani Yamaha R3 yang memiliki bobot hanya 180kg dengan torsi nggilani tenan cak yakni 29,6Nm. Jadi sampeyan hitung wae…..torsi 29,9Nm vs 22,9Nm dan bobot 180kg vs 182kg. So…walaupun secara spek diatas kertas ZX25R tembus 51PS vs 42PS, rasanya motor ini akan ditinggal dan tidak akan bisa mengejar lagi. Pertanyaanya, benarkah demikian ?



Ini yang menarik cak karena tebakan perkara torsi terbukti. Saat start….ZX25R langsung ditinggal sekebon. Mau gear 1 hingga 5 tidak bisa berbuat apapun karena dengan pasti R3 melesat meninggalkan ZX25R. Namun yang mengejutkan ketika masuk final gear, disitulah pelan dan pasti ZX25R menyusul. Soal ini mesin 4 silinder emang nggak bohong cak. Dan ketika speed masuk 186km/jam…..secara pasti Yamaha R3 disalip tanpa bisa menyusul lagi…

Tercatat selama tiga kali tester melakukan running dengan hasil sama…diawal ZX25R ditinggal sekebon namun masuk final gear ketika top speed R3 sudah mentok, ZX25R menyusul. Yang IWB heran, ternyata kalibrasi speedometer ZX25R nyaris akurat cak. Ketika speedometer menunjukkan kecepatan 186-187 km/jam….speed GPS Gopro berada dikisaran 185km/jam. Ediannn kiiii….sadis juga akurasinya. Sebab dari pengalaman IWB beberapa motor biasanya ketika masuk speed atas penyimpangan makin tinggi. Tapi ZX25R oraaaa. Artinya apa ?

Bisa jadi ketika speedometer ZX25R menunjukkan kecepatan 186km/jam motor lain sudah tertera diatas 190km/jam. So….jangan pernah membandingkan speed ZX25R dengan motor lain cak. Sampeyan iso ketipu karena. Btw harga R3 di Thailand termasuk miring yakni kisaran 80 jutaan. Bandingkan dengan ZX25 yang dipasang diangka 126 jutaan. Nah seperti apa jalannya dual drag jalanan ? intip beberapa screencapnya dibawah ini. Piyeee, pilih Z25R atau R3 cak ?…(iwb)

Drag 1

Drag 2

Drag 3

Advertisements