iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….jiannnn seru tenan ki tema mesin 4 klep. Walau spek ini sudah lama digunakan Yamaha untuk produk maxi mereka namun karena Honda baru sekarang ngracik mesin serupa membuat topik perkara mesin 4 katup terus mumbul cak. Apalagi ketika mesin 4 klep pabrikan sayap mengepak ini tanpa embel-embel VTEC dan sudah melejit mengungguli rivalnya…..setidaknya diatas kertas. Nggak heran banyak para folllowers setia IWB melontarkan pertanyaan, apakah mesin ini nantinya akan digunakan juga untuk Honda ADV150? inilah analisa dan prediksi IWB…..bakal seru kieee cak pokokeee….

Seperti yang sampeyan semua tahu Honda menggebrak pasar dunia lewat peluncuran generasi terbaru new PCX 160. Mesin yang berbeda total dibandingkan dengan sebelumnya karena engine baru ini disebut sebagai new development dan Evolution. Kendati tidak dibekali mekanisme VTEC seperti Rivalnya yang sudah menggunakan valve variable actuation (VVA)…. ternyata performa mesin baru ini sangat menjanjikan setidaknya dilihat dari spesifikasi diatas Kertas….

Lhaaa piyee cak, hanya lebih besar 1 cc dibandingkan dengan Rival dekatnya serta konfigurasi 4 katup sudah membuat power melejit hingga 15,8 PS sementara torsinya pun demikian. Mengusung mesin overbore 60 mm x 55,5mm…. siapa menyangka torsi Honda PCX 150 tetap tangguh dengan berada di angka 15 nm. Bahkan angka ini sekali lagi mengungguli rivalnya yang notabene memiliki stroke lebih panjang namun torsi masih berada di Kisaran 13,9Nm. Tidak heran banyak yang berharap mesin baru ini bakal dicangkokkan Honda pada generasi New ADV150. Pertanyaannya mungkinkah…. hal itu dilakukan?

iklan iwb

Untuk menjawab kita harus bedah history serta strategi Astra Honda Motor di masa lalu. Sebenarnya tidak hanya Honda namun nyaris pabrikan Jepang memiliki strategi yang identik. Yakni satu mesin digunakan rame-rame dipecah dalam beberapa produk. Untuk skutik sampeyan intip saja basis engine Honda Beat, Genio ataupun Scoopy yang serupa. Yup….engine mereka sama cak. Sementara untuk kelas di atasnya….menggunakan basis engine dari PCX 150 Thailand dimasa lalu dan kini sukses digunakan pada Vario 150, PCX150 serta ADV150…

Engine yang dikembangkan dari PCX 150 Thailand, kemudian dibuat secara lokal. Mesin Honda ini sukses di pasaran karena memiliki kelebihan soal efiensi, mesin yang cukup powerfull menilik spesifikasi yang hanya 149cc 2 katup, minim vibrasi dan juga tangguh. Tapi mesin tentu harus terus berevolusi. Hingga lahir generasi terbaru SH 155 tahun kemarin. Generasi yang sudah IWB prediksi bakal menjadi basis engine mesin skutik Honda 150cc dunia. Termasuk PCX. Dan sekali lagi prediksi IWB terbukti. Di Eropa dan Jepang telah lahir Honda New PCX 160 yang mengusung mesin 156 cc. Mesin yang disinyalir juga akan digunakan Honda pada skutik 150 cc lain. Lhooo kok IWB yakin ?

Simple dan sederhana cak…..wisss to ora usah mumet. Ketika mesin baru lahir maka dibutuhkan investasi besar seperti jig, cetakan dan juga plant baru. Mesin baru ini nanti akan menjadi prioritas soal produksi yang otomatis pelan dan pasti bakal menggeser previous engine. Tidak mungkin pabrikan Sudi secara paralel membuat dua engine berbeda karena costnya justru lebih besar. Apalagi prinsip dagang adalah Semakin besar jumlah produksi maka biaya yang dikeluarkan makin murah. Logis jika pada waktunya kelak standar mesin 150cc Honda semua menggunakan konfigurasi 156 cc 4 katup seperti yang digunakan pada PCX160 sekarang meninggalkan mesin 2 katup 149cc…

Last….. Honda ADV150 4 katup IMHO hanya masalah waktu. Monggo sampeyan catat dan kita buktikan sama-sama prediksi IWB ini. Sekali lagi semua hanyalah hasil prediksi dan belum tentu akurat tapi boleh sampeyan bookmark artikel ini. Namun tentu tidak dalam waktu dekat. Lawong K1Z wae belum rilis lho kok wis mikir ADV150, jiannn tenan sampeyan ki. So… kita tunggu saja kelahiran PCX 160 versi tanah air baru Setelah itu kita bidik ADV160 serta Vario 160.? Pokoke seru ki cak….Honda ngamukkkk !! (Iwb)

92 COMMENTS

      • Yang fby bilang operperet malah yang laris manis
        ? mereka lupa ini adalah Honda??
        ? mereka lupa yang Murah(an) milik mereka adalah barang grade C??
        ? iyalah murah?.Keylessnya kw3 yang butuh Gembok??
        ? iyalah murah mesinnya 2 ? 3 bulan berubah jadi mesin jahit atau mesin Genset??
        ? iyalah murah Shock belakang kanan menjorok keluar 2 cm??
        ? iyalah murah part2 Kw nya dipasok Ngahaem??
        ? iyalah murah Abs nya 2 channel tapi total Cuma 8 pijitan perdetixs???jari bocah juga bisa pijit 1 rem 4x perdetix.
        ? iyalah murah ban bawaannya 4 hingga 5 bulan udah Gundul kek kepala SoundWave??
        – iyalah murah mesinnya bikin Kesemutan dan Selangkangan Kram ?
        ? kelebihan ymh cuma 1 ..Plastiknya ymh tebel?dengan kandungan Plastik PP nya?sedangkan kandungan Plastik abs nya jauh berkurang??
        Gak salah?.sebentar lagi , Ymh jadi Pabrik Biji Limbah Plastik DaurUlang.. dengan kerjaan multi jenis buat FBY .. sekurang2 bikin gelas Plastik??

        Harga Adv di Japan juga mirip dengan harga All New Pcx ini , padahal bonus box belakang yang terkoneksi juga dengan Remote ?artinya harga All New Pcx diIndo nanti ada diharga Adv dan?
        Jika nanti Hnd pun menghadirkan 3 Harga untuk All New Pcx ini?
        Ymh Auto Gosoong.
        Dan siap2 dengan All New G hnd berikutnya yang akan lahir bertahap ???

        Dari zaman ontel sampe sekarang selalu ada regenerasi..yang penting laris nya ??

      • Fbnyek Mana mau baca yg kaya gini Bro.. Makin sakit hatinya Alan, Mijone, Mbah Darmo dkk dengan Fakta2 ini.. Yamalu semakin Ajur..

      • ekekekeke

        FBH kog pada BACOT apa sih..
        jangan percaya sama FBH BaHlull KiBul Kibull
        menolak lupa kmaren yg Songong koar koar Top Speed 2 silinder ehhh Dibuktikan Dilapangan Video To speed sesembahannya LOYO pada pura pura tarik selimut

        H suuuuuRrrrAM

        mueheheheheh

    • ya ellaahhh, jiplak teknologi yamaha lagi ngekor truss… ketinggalan teknologi, Yamaha sudah bertahun2. yamaha sudah 2 langkah lebih maju dgn Teknologinya yg terbaru skrng bisa Connect dgn HP.

      • teknologi nya om. Yamaha sudah 2 langkah lebih maju. sedangkan Honda tukang ciplak… dan sy yakin teknologi Connect dr yamaha 3-5 tahun ketdepan akan di tiru oleh honda. honda itu tdk punya pendirian

      • Tekh apa ? metiik 4 klep udah lama dipake forza 125.
        Konek2 hp aplikasi 50 ribuan dibanggain?
        Semakin mudah melihat kredit hutang sih iya ?

      • maju dari mana bodoh,, itu mesin dari vixion OLD wkwkwkwk cuma di revisi terus menerus lalu tmbah VVA… inovasi teknologi darimana???? sedangkan Honda dari awal vario/beat/PCX udh bbrp kali gnti mesin wkwkwkwk

        PENGEN KETAWA, komen lu terlihat BODOH.

        TEKNOLOGI KONEK HP???? ITU CANGGIH? pake aftermarket jg banyak wkwkw itu tinggal colok” krna udh ada sensor ( namanya jg Injeksi otomatis pake sensor ).. sebelum Yamaha yg Injeksi duluan HONDA CUNG wkwkkwkwk

        NGEKOR??? ACG starter yg ngekor siapa?? start stop sistem Yamaha yg NGEKOR siapa??? PENGEN MUNTAH GUA LIAT KOMEN LU WKWKWKWK

        BLUEKOR??? bluekor itu teknologi yg mirip Honda sebelum ESP. jadi yg ketinggalan siapa?? skrng Honda saja sudah ESP+ makanya sering” main dan ikut seminar teknologi.. BIAR LU MELEK wkwkwkkwk

        bluecore embel’ masih kalah irit dari ESP, itulah alasan knapa market share honda di atas 75%,, udh jelas bukan krna pembelinya yg bodoh,, tpi memang Produk honda lebih unggul.. YAMAHA cuma banggain PLASTIK BODY yg bagus,, faktanya di jalan motor” Y pling sering ada suara letupan knalpot kasar ( pletak ) dan asep ngebul krna bocor oli..

        NGAKAK ONLEN dah

    • HALAHHHH… JAS… JESS… JOSSS…. THOK.

      NANTI LIAT HARGANYA YG 40 JUTA PADA BALIK KANAN BELI MBIT.

      ??????????????

      TAEK… TAEK… TAEK…

      ??????????????

    • ekekekekek

      produ Y di BC FBH tambah semakin laris manis seliweran di jalan

      produk H jass jes Jos sama malah satu per satu KoiT di suntik mati

      H suuuuuRrrrAM

      muehehehe

      • suntik mati??? MIO apa kabar? faktanya di jalan seliweran PCX dan ADV lebih banyak dari New Nmax.. ITU DAERAH SERANG BANTEN loh,, bahkan CBR250rr aja lebih banyak nongol skrng dripada new NINJA 250 fi..

    • Catet cak,mesin pcx150,adv150 &vario150 itu sama,maka berbahagialah yg beli vario150.
      Yg nunggu vario160 silahkan.

      • Maxi sebelah boros bensin + boros oli ? kudu top-up oli tiap minggu kalo gak mau berubah jadi mesin parut kelapa ?

      • Untuk metik , setelah pcx…2021 semester pertama hadir All New Vario , semester kedua hadir New Adv 250..next hadir All New Scoopy 125 dan 2022 semester pertama hadir All New Adv150 ???
        Mari kita Sambut All New G dari Honda !

      • jgn dibalik2 bloon…dari jaman firaun bujangan ampe punya anak jansa ..yamalu ya yg boros…inget ga iklan cuma beda sesendok ???

    • Jika speknya = picueks yg beredar di nippon,Mikir minumannya karena kelasnya sdah pertamax plus/turbo.klo dikasih minum pertamax kasihan mesinnya,mskipun para s*lesnya “membolehkannya”.

      • harga segitu masa ga mampu beli pertamax ??

        gua yg pake NEW CB150R aja dri awal beli isinya pertamax terus tuh,, anti pake Pertalite.. mampu beli motor mahal masa ga mampu beli bensin :v

        klo secara itung:an jg ttp lebih irit pake pertamax daripada pertalite,, ruang bakar jg lebih bersih

    • ekekekekek

      ingat KOMPRESI 12:1

      jangan sampai Otaknya Overheat kayak FBH kozelll kozelll

      H suuuuuRrrrAM

      mueheheheh

    • Klo kata yg punya warung kita disuruh nunggu kelahiran piciueks160 versi tanah air,berarti bisa jadi downgrade nya yg beredar di nippon+kwalitas ahaem nya.
      Catet cak versi tanah air,berarti kwalitas ahaem.

    • Astra emg pelit. Sepanjang masih laku, dimaksimalin dia penjualannya. Baru klo dah cukup hitungannya, pabrikan sblh dah puluhan tahun cuman ganti baju sm nama embel2, connected, dia hajar.
      1.biar pcx cbu gak jatuh2 amat waktu itu.
      2.kira2 pcx cbu dah mepet 20an. Wajar baru bikin 4klep yg harganya 37an.
      3.skrg mmg sudah waktunya nmax disikat. Biar naik cc dia jd bore 63mm misalnya. Nmax180.
      Atau bikin super square bore x stroke 60×60 biar mepet 170cc

    • Jangan lupa mesin yamaha 155cc yg dipake sampe skrng merupakan basis mesin dari pabrikan minarelli 125cc..

  1. Vario 160 ditunggu. Angkat galon 2 biji sambil nyalip nmax. Kurang lengkap apalagi, slim, bagasi cukup, tangki mayan, bisa angkut galon 2, ngebut pula.

    • Harga adv bisa selangit. Pcx sj naik jauh nantinya. Bore up mesin adv lbh mumpuni jd 180cc blok ceramic.

      • dicompare dgn xmax bekas std ting2, lebih kenceng mana ? adv 180cc blok ceramic atau xmax bekas std ting2 ?

  2. Gue masih inget, saat yamaha keluarin mx pertama kali. Pake 4 katup. Udah berapa tahun itu, 1 dekade kemudian honda baru ikut. Saat itu, 4 katup dianggap boros dll. Namun yg jadi pertanyaan, meskipun honda ngekor. Tp dia pasti bisa meroyok pasar. Emang ampun bang jago

  3. Ngamuk apanya lek ?itu kwalitasnya Mocin
    Harga mahal plastiknya persis ember plastik ,tipis seperti silet ,renggang seperti hasil custom ,catnya gampng sekali bulukan ,mesinnya ternyata boros ,nanjak ngeden & ngorok .gmn lek ?

  4. Wulan ngarep wis tahun baru, PCX Adv 160 mbari ngene kape brojol metu, Ati2 Bro ojo kesusu tuku, amergo kualitas produksi awal biasane nggarai sirah NgelU!

  5. Yang dibilang pasti “hanya beda 1 cc” tp beda kompresi jarang disebut, padahal bagi yg suka ngoprek mesin pasti tahu bedanya kaya apa

    • ekeekkeke

      H gak berani Head to Head pasti ada yg dilebihkan…kalau gak dilebihkan ketinggalan zaman
      – Blade 125 ( Suntik Mati )
      – Megapro 160 ( Suntik mati )
      – Mbeot Mberrrrr 110 cc gak nyampe mesin zaman purba
      – kompresi lebih tinggi
      – Cc offside 10 cc

      H suuuuuRrrrAM

      mueheheheh

      • hem klo di YAMAHA gmn bang Mijonng ?

        – Jupiter Z1
        – Byson FI
        – Vixion
        – Fino
        – Mio Z, Mio S, Mio M3
        – Xride
        – Xabre

        yg di atas itu semuanya suram gk kira2 bang ?

    • Bukan bertele-tele
      H lagi ngevoor n ngasih kesempatan Y jual Nemax fanthat babon dulu sebelum berakhir syuntik mati ?

  6. ekekekekek

    betul, suka dengan kata kata Ngamuk ( BASI )

    Entar di jewerr Kompetitor kelarr deh…

    H suuuuuRrrrAM

    mueheheheheh

    • Kompetitornya lagi sekarat, tumpuan penjualan cuma Nemax fanthat babon yg setara pendapatan H dari jualan kampas rem beat doang ?

    • ADV dari 2 klep ke 4 klep itu namanya pengembangan…
      kalo suntik mati itu contohnya Mio S, Byson Fi, Vega d0rce, Xeon, Soul Gt dll ekekeek

  7. ekekekek

    padahal udah dibela belain borong 2 spesies gerobaknya

    eh discontinue cak …

    H suuuRrrrAM

    mueheheheh

    • Baca artikel terbaru noh Nmex fantat babon mulai dipasarin ke Malaysia, ekekekek
      Gudang Yahaha indonesia dah gak muat buat nampung tumpukan si fantat babon
      Akhirnya dititipkan ke gudang malaysia ?

  8. ekekskekdk

    Ingat H ingat Bosokkk DongoGrade

    Betul, BIKIN NYESEL

    karena apa ??

    H suuuuuRrrrAM ( CATET )

    muehehehe

    • kenapa 4klep Y pake bantuan VVA? karena ukuran klepnya terlalu mungil 21×19 mm ekekek 4 klep gimmick ? dimodif ganti klep lebar malah makin vempayer ekekekek

  9. ini juga blm selesai cak……ke depan vario juga akan pakai mesin ini dgn dgn fitur tambahan serta desain yg lebih baru.
    mesin ini juga akan di kembangkan untuk varian 125cc, jadi tau kan apa maksudnya??
    vario akan punya varian 156 dan 125 cc 4 valve.
    dan mesin 125cc 4 valve juga gak akan diem dia
    vario 125 saja, ada varian model tambahan yg sementara ini masih di tutupi, yg pasti varian 125 nya akan juga jadi kejutan tambahan

Comments are closed.