iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..warung kobonggg tenan cakkk, debat antar fansboy yang begitu sengit sukses membuat bahasan PCX vs NMAX mendapatkan porsi tertinggi hits diwarung. IWB sih demen-demen wae soale njengat je….dadi wis to terusno cak lek mu kobongan wkwkwkwk. Guyonn pakdeeee….justru diartikel ini IWB malah heran kuadrat, kok bisa gara-gara motor jadi cucuk-cucukan, sampluk-samplukan, tampar-tamparan dari pagi sampai malam. Luar biasaaa memang aura PCX…eh NMax (salah ngomong kena damprat fansboy soale hahaha). Tapi tenang cak, IWB kali ini nggak akan bahas adu performa. Namun IWB akan coba memprediksi harga PCX 4 katup di Indonesia nanti. Dan soal ini….asli AHM harus hati-hati !!

Seperti yang kita semua tahu Honda Jepang secara resmi meluncurkan generasi terbaru All New PCX 160 yang merupakan representative nama dari kubikasi mesin yang meningkat menjadi 156 cc. Kapasitas mesin ini sebelumnya sudah IWB bocorkan kesampeyan…. tentang basis penggunaan engine SH 155 dan semua terbukti. Sudah mengusung mesin dengan label eSP+, New Generation disebut lebih ramah lingkungan, powerful namun efisien. Bayangkan saja dengan kubikasi mesin 156cc…. saat pengetesan new PCX 160 4 katup diklaim mampu menempuh jarak hingga 53,5 kilometer untuk 1 liter bensin. Wowww…..ternyata dengan meningkatnya kapasitas mesin justru motor ini lebih irit dibandingkan dengan generasi lawas. lhooo kok iso ??

Prediksi pribadi karena Honda PCX terbaru ini memiliki torsi yang sangat besar sehingga Sampeyan tidak perlu membuka gas terlalu dalam untuk mendapatkan akselerasi yang diinginkan. Dengan torsi mencapai 15Nm…..dan power 15,8 PS tentu mudah bagi mesin terbaru untuk menarik bobot 132kg. Otomatis dengan torsi besarnya tersebut, bukaan gas bisa diminimize dan hasilnya…irit! btw Hingga saat ini IWB masih cukup heran dengan komposisi bore x stroke. Mengusung mesin overbore 60.0mm x 55.5mm…. secara teori seharusnya torsi akan sedikit dikorbankan karena rata-rata mesin Overbore fokus pada top speed. Namun faktanya dari klaim data terlihat torque New PCX 4 klep ini sebaliknya. Ngacirrrr cak. Sepertinya ada ramuan khusus yang tidak diumbar insinyur Honda ke publik sehingga kendati engine overbore namun tarikan tetap yahud…

iklan iwb

Tentu saja sodoran spesifikasi yang diumumkan oleh Honda Jepang membuat kita ngiler. Karena bisa kita pastikan Honda PCX kini sudah menjelma menjadi Maxi skuter yang tidak lagi hanya fokus pada sisi kenyamanan namun juga high-performance. Sayang seluruh kelebihan tersebut dibungkus bandrol yang cukup tinggi di Jepang. Bayangin cak… di negeri matahari terbit Honda PCX terbaru 4 katup ini dijual di angka 55 jutaan. Angka ini meningkat pesat dibandingkan generasi sebelumnya yang dijual hanya 48 jutaan. Artinya terjadi kenaikan hingga 7 jutaan. Itulah yang menjadi fokus utama dalam tema artikel kali ini yakni…harga !!!

Di Indonesia mungkin harga bukanlah masalah mengingat Kawasaki ZX25R yang notabene dibanderol sangat premium dikelasnya juga Laris Manis. Namun harus dilihat segmen dan statusnya. Pertama ZX25R tidak ada lawan. Jika kita membicarakan produk di saat yang sama ada opsi pabrikan lain yang menawarkan value lebih tinggi pastinya akan beda cerita. Apalagi faktanya, Yamaha mampu memberikan harga produknya di angka yang realistis dan juga kompetitif….

Mulai dari Yamaha Gear termasuk NMax 155. Monggo sampeyan intip, dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh pabrikan garputala (4 klep VVA)…..motor ini dijual 29 jutaan untuk versi standar serta 33 jutaan untuk versi ABS. Dan yang patut diingat NMax 155 sudah dibekali suspensi subtank. Artinya secara paket penjualan, Maxi scooter Yamaha ini memang cukup baik. Pabrikan mampu memasang pada angka yang realistis dan logis. Itulah tantangan Honda Sesungguhnya jika ingin mengganggu penjualan Rival terberatnya….

Banderol yang dipasang oleh Honda pada PCX 150 sekarang juga termasuk pas. Secara value for money tidak kalah karena ada beberapa poin yang diberikan oleh AHM yang tidak dimiliki kompetitor. Beberapa kelebihan PCX adalah semua lampu sudah full LED, smart key all varian, rem CBS (bukan rem biasa untuk versi standart) anti theft dll…. Honda PCX 150 CBS sekarang dijual termurah 29 jutaan… sementara termahal di angka 34 jutaan. Tapi ingat, ini yang versi 2 katup. Kita belum tahu berapa banderol yang akan dipasang oleh Honda untuk versi 4 katup nanti….

Soal pricing IMHO AHM harus hati-hati ! walau dari prediksi pribadi kemungkinan besar Astra Honda Motor memang bakal berjuang keras untuk memasang di harga yang tidak terlalu tinggi. Karena jika tidak, berarti Honda sudah bermain di kelas yang berbeda. Bayangkan jika bandrolnya mirip dengan Jepang. Tidak usah pricing fix-nya namun kenaikan yang dipasang…. di mana dibandingkan dengan generasi lama mencapai 7 juta, selesai sudah persaingan di Maxi Scooter. Karena praktis Yamaha Nmax akan melenggang sendirian tanpa lawan. Lhaaa piye cak..PCX 4 klep tembus 40 jutaan….siapa yang dilawan ?

Jangankan 40 jutaan, Honda ADV-150 yang saat ini dipatok di angka 38 jutaan untuk versi ABS saja penetrasinya tidak setajam PCX. Diluar segmen yang berbeda, pricing juga ngaruh. Karena yang kita bicarakan ini adalah market 150cc skutik. Market “merakyat” yang masih sensitif soal harga.? Jangan samakan dengan market 150cc untuk kaum hobby…. di segmen ini motor akan digunakan harian sehingga faktor pricing tetaplah penting untuk dijaga. Ora usah 7 juta rek….beda satu juta saja bisa membuat keputusan berubah. Oleh karena itu Astra Honda Motor harus hati-hati untuk memasang banderol dari All New PCX 160 4 katup nanti jika ingin daya gempur PCX 4 klep nampol tenan….

Last…. dari prediksi pribadi sepertinya sangat mustahil Astra Honda Motor memasang bandrol all new PCX 150 lebih tinggi 7 juta dari versi sekarang. Kecuali Honda memang tidak berniat mengganggu pasar Nmax155, kuwi beda cerita. Jika tidak, dari prediksi sementara bisa saja versi 4 katup ini bakal coba di push AHM hanya lebih mahal 500rb -1,5 juta rupiah dari versi sekarang. Kalo diangka itu, waaahh ngeces cak. Itu prediksi sekaligus harapan jika Honda ingin Maxi skuter barunya menjadi favorit para Bikers tanah air. Nah… kalau menurut sampeyan sendiri piye cak, Berapa harga yang pantas untuk Honda all new PCX 160 4 klep saat diluncurkan di tanah air nanti? Monggo berikan opininya di kolom komentar…siapa tahu dibaca AHM, gazzz ! (Iwb)

95 COMMENTS

    • 4 katup ??
      Hmmm……. Sesuai prediksi om 3at mono bbrp tahun lalu. Joss jew ruh gun ron dow ancen joss gun doss

      • Hnd sudah mempersiapkan Slot harga jauh2 hari , ya….untuk harga All New Pcx ada diangka yang mirip dengan angka Harga Adv150 ??
        Kereeeen….
        Kayaknya Wambruol juga nih celengan dengan All New Pcx
        Selain kemewahannya yang masih terjaga….fitur dan mesin barunya bikin Terpukau ???

      • Ane yakin FBY dan sales2 Y ga bisa tidur nyenyak…, gelisah….

        Nmax kebanggannya akan dpt ujian maha berat…

        Wkwkwkkk…

        Y SuuRraaMm…

        Muehehee…

    • Bukan warun9 cak IWB doang, semua yg membahas PCX 160 baik di FB, IG, Blo9 dll kena serangan akun2 MbhekYe yg toxic abis… ya maklumin aja cak, kehadiran PCX 4 klep ini bikin mereka terkojel-kojel sampe kaga bisa tidur ekekek

      • Ymh sampe mempersiapkan 3 tipe Harga Nyemex Suntik Silikon dalam mempersiapkan diri menyambut All new Pcx ESP Plus ?
        Namun konsumen sudah umum mengetahui , bahwa mesin DaurUlang Ymh itu adalah mesin yang dalam 2 – 3 bulan menjelma jafi mesin Jahit atau mesin Genset berjalan ? apalagi dengan part dan fitur2 Kacangan..Kw ..Grade C ?

      • PCX tanpa gimik VVA power nampol..

        Terbukti klo 4 klep Honda bukan 4 klep abal2 spt punya sebelah..

        Wkwkwkkk…

        Y SuuRraaMm…

        Mueheheee….

    • Mbit stroke 55mm akselnya nampol bisa ngamplengin yg 125cc apalagi diboreup sampe 160cc…ngamplengin sport yaheho

      • Alk New G dari Hnd ?? setelah All New Pcx….akan hadir lagi secara berturut turut All New G Hnd berikut dan berikutnya ?
        Ymh sudah Pasrah diGosongin ! ??

    • Tak ada yang tak bisa, oi.. ane user Supra X125 R 2007 3 taun, Vixion 2009 7 taun, Nmax 2016 sampe skrg, ga ada tuh semua motor ane yg bermasalah khusus nya di mesin.
      Kalo perawatan rutin, ga bakalan tuh mesin bermasalah

    • Yg 2 klep aj dah menjamur di jalanan
      Apalagi yg 4 klep
      Gk bisa mbayangin nih klo jalan raya macet total gara2 pcx gen lama dan yg baru
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

    • Let’s see…
      Harga PCX 150 2 katup di Pulau Jakarta sekarang rp. 32,800.

      Kira2 kalo jadi 160cc plus nambah 2 katup ya nambah mehong dunks.
      Kalo kata gw sih bakalan di mulai dari harga 35 jutaan.

      Nanti tinggal nunggu nmax 175cc kalo gitu…

  1. matic
    fb di luar negeri bahasnya nyaman, fitur, handling
    fb di indonesia bahasnya top speed, top speed, top speed

    • Fbh mah sugih…monkey 60jt laris…supercub 60jt inden…ga kaya beye mio 15jt beli pd ogah…filano 30jt 1 unit 6 bulan nongkrong didealer

      • Yang fby bilang operperet malah yang laris manis
        – mereka lupa ini adalah Honda ?
        – mereka lupa yang Murah(an) milik mereka adalah barang grade C ?
        – iyalah murah….Keylessnya kw3 yang butuh Gembok ?
        – iyalah murah mesinnya 2 – 3 bulan berubah jadi mesin jahit atau mesin Genset ?
        – iyalah murah Shock belakang kanan menjorok keluar 2 cm ?
        – iyalah murah part2 Kw nya dipasok Ngahaem ?
        – iyalah murah Abs nya 3 channel tapu total Cuma 8 pijitan perdetixs ? jari bocah juga bisa pijit rem 4x perdetix.
        – iyalah murah ban bawaannya 4 – 5 bulan udah Gundul kek YogaWariah ?
        – kelebihanbya cuma 1 ..Pkastiknya tebel…dengan kandungan Plastik PP nya…sedsngkan kandungan Plastik abs nya jauh berkurang ?
        Gak salah….sebentar lagu , Ymh jadi Pabrik Biji Limbah Pkastik.. dengan kerjaan multi jenis buat FBY .. sekurang2 bikin gelas Plastik ??

      • Pake Cbs saja dah Muantap Surantap , Adv gua menjelajah 2 Medan selap selip dengan Cbs nya yang 80 persen belakang 20 persen depan udah MuanntaP beneeerrrrr ??

    • Soal harga Bagi Fans berat mah itu biasa aja Jo, tdk jadi persoalan yg besar, sing penting Suka dengan Design (Bagus), Kualitas terbukti + fitur2 yg mumpuni pasti diangkut walau harganya mahal.. beda tuh dgn junjungan Alan.. katanya All New, trus design dimirip2in, Cc ditambah, Fitur2 (Katanya) lengkap, harga diobral eeeeeeeeh tetep HORA PAYU..

      • Yang fby bilang operperet malah yang laris manis
        ? mereka lupa ini adalah Honda ?
        ? mereka lupa yang Murah(an) milik mereka adalah barang grade C ?
        ? iyalah murah?.Keylessnya kw3 yang butuh Gembok ?
        ? iyalah murah mesinnya 2 ? 3 bulan berubah jadi mesin jahit atau mesin Genset ?
        ? iyalah murah Shock belakang kanan menjorok keluar 2 cm ?
        ? iyalah murah part2 Kw nya dipasok Ngahaem ?
        ? iyalah murah Abs nya 2 channel tapi total Cuma 8 pijitan perdetixs ? jari bocah juga bisa pijit 1 rem 4x perdetix.
        ? iyalah murah ban bawaannya 4 hingga 5 bulan udah Gundul kek YogaWariah ?
        ? kelebihanbya cuma 1 ..Plastiknya tebel?dengan kandungan Plastik PP nya?sedangkan kandungan Plastik abs nya jauh berkurang ?
        Gak salah?.sebentar lagi , Ymh jadi Pabrik Biji Limbah Plastik.. dengan kerjaan multi jenis buat FBY .. sekurang2 bikin gelas Plastik ??

    • Ketakutan menyambut hadirnya kemewahan All New Pcx ?

      Ntar All New pcx hadir dengan 3 tipe harga juga nah….langsung Gosong ymh ?

      Ini baru All New Pcx lowh…belum tar nongol All New Vario dan All new2 lainnya ??

  2. Bener sekali soal adv yg kemahalan,konsumen mikir dua kali. Harusnya harga sama dgn nmax apalgi blm substank,y connect dan vtec.

  3. Saya setuju Lek, sebagai user otomotif kelas menengah gaji UMK, saya sih berharap Honda bisa berpikir baik – baik. tahun 2021 ini saya ada rencana beli maxi skutik. Untuk kaum menengah yang notabene mayoritas masyarakat indonesia, 1 juta udah jadi pertimbangan. Apalagi kalo kridit!!
    Apalagi dibandingkan kompetitor, yang fitur ya seabrek, dengan mesin VVA yang sudah terkenal power nya! Dan Maxi signature yang kayak mempunyai kelas dan image tersendiri! Honda harus hati! Apalagi mindest orang saat ini kalo maxi skuter ya, Nmax! Jujur saya sendiri tadinya pengen ADV dengan design yang macho. Tapi, wait, kayak lebih worth to buy Nmax. Eh sekarang muncul lagi PCX 160, semoga harga dan fiturnya gak beda jauh dari Nmax.

    • Beli yang pasti2 saja…jangan beli Penderitaan dengan embel2 murah(an) ?
      Gua beli Adv… Temen beli Ngorok …dihari yang sama di bulan 8 tahun lalu.
      4 bulan singorox udah menjelma jadi mesin jahit ?
      Baru 7 bulan bannya udah botak?
      Belum setahun udah getar sana sini ?

      Adv gua? Dengan rutin melintasi 2 medan dengan hampir 12 ribu km saat ini…mesinnya masih adem sikent kek baru belu dulu…bannya gak keliatan berkurang dan mungkin bisa 3 tahun lagi kalau gak hancur karena bocor ?
      Wuzzzzz bawaannya kek mbawa jet tempur gampang ditekuk meliuk liuk dalam kecepatan tinggi ??

      • mas takdayabgbisa alias spam bot, jan terlalu bangga dengan adv mu yang seret penjualan.. kita berharap harga ANP 2021 bisa dibawah 35 jehti. kalau segitu harga cash ini akan jadi sangat sangat sekali lagi sangat menguntungkan konsumen. masalah yamaho jadi terpelan atau rapayu, biarin aja biar mereka upgrade motor tiap taun utk imbangin hondut. semakin cepat facelift semakin ekskulsif motor moge maxi super matix wara wiri

  4. Yg dibilang overbore langkah struk dari 45-50mm yg masih aman muter 13rb rpm…kalo struk 55mm sama ama mbit yg dikenal aksel paling nampol

    • 155 ymg cukup diladenin sama Genio atau beat baru atau scoopy baru ?
      Ga percaya??? Cobain ajah ?

    • ekekekekek

      coba aja adu drag

      eh kmaren ini orang yg minta video top speed 2 silinder vs 4 silinder tu yakk yg gak punya malu sesembahannya Top speed loyo ditabokk bolak balik

      H suuuuuRrrrAM

      mueheheehe

  5. Tetap saja modelnya jelek lek…kepalanya udah kaya patin ,,dr samping kaya tampa ,selonjorannya TDK rilex ,buat Turing pegel kaki …

    • Model adalah masalah selera ?
      Toh dengan menjamurnya Pcx dimana mana itu adalah bukti bahwa kebih banyak konsumen suka .
      Bahkan dieropah pun Pcx 6 digit diatas Nyemex penjualannya ?
      Sekarang.. dengan Platform model yang sama namun sedikit rampung , plus ada baguan2 yang dimiripin dengan Forza 300… Menjadikan All New Pcx. Ini calon Primadona Dunia ??

  6. Bener cak, aku jga demen bgt sama ADV 150, tapi sayang harganya tidak realistis utk skutik yg hanya 150 cc.. pun dgn CBR 150 40 juta hmmmm..
    Lek, coba dong kasih saran klau bisa kelas 200cc hidup lagi utk Tiger dan Scorpio.. 150 cc harganya sdh ngeri.. paling nggak entry level yg fiturnya setara Vixion dkk..

    • Jangan hanya berpatikan dengan harga..namun jika sudah memakainya secara harian baru terasa manfaat dan kelebihannya ?

      • ekekekekek

        coba aja di pakai gak enak blasss

        itu katanya buat adventure ..itu body gambrotttt buat blusukkann AMsyonggg AMsyonggggg

        nyaman enggak beban iyak

        H suuuuuRrrrAM

        mueheheheh

  7. Sebuah pilihan yg sulit n berat,klo mo di samakan harganya sama NMax maka konsekuensinya jangan harap kualitas keseluruhan akan sama dengan versi Jepang,kemungkinan besar di downgrade buat menekan harga.Sbg contoh Built quality casing,cat dll untuk rakitan lokal produk A*M termasuk yg paling jelek dibanding pabrikan lain,mungkin salah satu strategi menekan harga salah satunya.

    • yamaha juga begitu. R25 indo itu kualitas fairingnya kek fairing abal2 China. R25 made in indo di malaysia itu kualitas fairingnya mantap sekali kek fairing kawi ninja250.

  8. PCX lokal yg sekarang aja versi tertinggi 34 juta, bisa jadi nanti PCX 4 katup versi tertinggi di jual 35-36 jutaan mengingat Honda ADV150 yg notabene kelasnya diatas PCX berada di range 38 jutaan. Ga mungkin juga mesin dan rangka baru tapi harga sama dg generasi yg lama, kecuali ada penurunan kualitas. .

    • rangka baru itu justru lebih ringan lebih hemat bahan dari rangka lama, seharusnya malah turun biaya produksinya.

  9. mau lawan Nmax itu JANGAN naik harga. naik 7 juta jadi 41 juta ? sekalian saja naik kelas ke XMAX250. berani adu gengsi adu kenceng dgn XMAX250 ?

  10. ekekekeke

    Betul, cak wawan

    udah dibilang

    Kredit yg kemaren kemaren Belom Lunas

    H suuuuuuRrrrrAM

    mueheheheheheh

  11. ekekekekek

    Habis baca artikel Mio Gear 16 jutaan
    Fitur komplit jadi ngiler euy…

    H suuuuuuRrrrAM

    mueheheheh

  12. ekekekek

    pokonya jangan sampai kalah dgn Mio Gear

    16 jutaan design kece fitur komplit Qualitas jempolan Baut banyak cat dan body rigid tebel

    kalau kalah….

    H suuuuuuRrrrAM

    muehehehe

  13. Yang Pasti ntar lagi PCX ADV 150 2 valve diskon gede2an!! Mending nunggu tahun depan pasti diskon PCX AdV 150 lebih gede lagi.

  14. ekekekek

    waduw, Nmax masih banyak sileweran di jalan

    peciex, Adeve udah mereduppp jarang liyat dijalan

    H suuuuRrrAM

    mueheheh

  15. PCX 150 siap2 turun harga jd 15jt .. Jual ah Freego ABS ane, masih untung 5 jt buat beli PCX 150 tahun depan .. xixixixixixi

  16. bisa dapet XMAX 250 seken…
    156cc(PCX 160 katanya) vs 249cc (XMAX 250 katanya) ,
    perlu ditambahin VAR seperti di liga inggris biar adil XD

  17. Pcx buat indonesia pst bda mesin sm bhn bodynya dr persi jpg jd pcx hrgnya pst g jauh dr nmax yg udh exsis . Nmax vs pcx pasti msh unggul spek dr pcx sdkit 11 12 dah buat indinesia….

  18. Lihat spek dan fitur yang diberikan dan jika memang bertujuan untuk menyerang pasaran NMax maka harga ideal 40 Juta-an.
    Tetapi jika sdh melampaui 40 jt-an maka saya masih pilih NMax Connected ABS versi Upgrade ke 18 PS (18 PS versi aman utk harian dengan knalpot standar). Krn utk versi Balap mesin NMax bisa di Explore hingga 22 PS (tidak rekomendasi).

  19. bila acuanny PCX jepang maka perubahan harga yg d rasa pas sktr 1,5jt-3jt untuk pasar indonesia.tp kalo mau d push rentang 500rb-1,5jt (bs d bilang trlalu memaksakan),trs apa iya perlu ada fitur yg d pangkas (kan udh siap rilis).

Comments are closed.