iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..sebagai produk baru, IWB tentu sangat penasaran dengan perombakan yang dilakukan Honda pada All new PCX160. Produk yang disebut sebagai FMC atau full model change ini coba IWB gali secara detil dari berbagai sumber. So…referensi terakurat tentunya dari Jepang, oleh karena itulah IWB mendapatkan beberapa poin baik Honda Jepang langsung serta media Jepang kondang Autoby. Dan setelah IWB intip…waaah emang berubah semua cak. Total berubah makanya nggak heran motor ini jadi ngacir. Emang apa saja yang berubah ? yuk kita bedah sama-sama…

Menyambung artikel sebelumnya tentang Honda New PCX160 4 katup, ternyata hampir semua sektor diperbaiki oleh Honda pada generasi terbaru ini. Jadi jika kita perhatikan secara seksama tidak tersisa sama sekali komponen PCX sebelumnya kecuali mungkin perangkat rem ataupun panel di bagian stang. Selebihnya all new baru semua cak…. baik dari desain, casing, frame atau rangka, mesin, kelistrikan bahkan di area speedometer sekalipun. Dari sini terlihat Honda memang betul-betul berjuang keras untuk mengangkat semua sektor dari Maxi scooter terbarunya…

Untuk ngoprek jeroan kita akan coba membahas dari sisi desain dulu. Untuk desain dipastikan Honda tetap mempertahankan basis pendekatan yang tidak melompat jauh dari PCX sebelumnya. Mereka menyebutnya sebagai high quality convert Maxi Scooter. Bagian muka lebih slim….jok diperlebar dengan cekungan yang diharapkan meningkatkan kenyamanan. Posisi riding yang sudah nyaman tetap dipertahankan namun ada revisi di area foot step depan. Betul cak… dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sampeyan akan menemukan dek area kaki PCX160 lebih lebar dan panjang (bertambah 30mm) sehingga kita lebih leluasa untuk selonjoran…

iklan iwb

Kemudian pada sisi steering damper. Struktur dudukan Raiser stang diberikan mounting karet yang lebih besar sehingga di klaim akan mengurangi vibrasi atau getaran dengan cukup signifikan. Untuk memudahkan apa saja yang berubah dari Honda New PCX 160, IWB sudah coba kompilasi dengan rangkuman sbb…

1. Mesin

Mesin yang diusung pada generasi terbaru merupakan all new engine yang dikembangkan selama bertahun-tahun dengan fokus pada power, efisiensi, low friction technologi hingga emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan. Mesin terbaru ini disebut sebagai eSP+ dengan kubikasi yang lebih besar dari sebelumnya 149 cc menjadi 156 cc. Mengusung dimensi bore x stroke 60,0 mm x 55,5 mm…. mesin ini mampu memuntahkan tenaga hingga 15,8PS di putaran 8500 rpm dengan torsi 15 nm pada 6500 RPM….

Tidak hanya itu, mesin baru memiliki kompresi yang lebih padat di bandingkan dengan sebelumnya yang hanya 10,2 ini menjadi 12:1. Untuk mengakomodasi kompresi yang semakin mumpuni Honda menyuntikkan teknologi oil jet piston seperti halnya motor trail mereka CRF450R….woww sadis juga ki cak. Desain ini memungkinkan oli disuntikkan di sisi belakang piston sehingga mengoptimalkan pembakaran, memberikan efisiensi sekaligus performa secara keseluruhan…..

” Teknologi oil jet piston pada new PCX160….”
” Material crankshaft ditingkatkan termasuk poros bantalan engkol…”

Itu belum termasuk material serta desain baru crankshaft. Material yang digunakan pada crankshaft ini diklaim lebih kuat namun ringan termasuk konstruksi bantalan rol bearing yang memberikan konstribusi lebih besar terhadap muntahan tenaga dan torsi serta mengurangi vibrasi engine. Dengan oil jet piston pula, konon bisa membantu mengurangi gejala knocking saat mendeteksi adanya pembakaran yang kurang sempurna ketika dikawinkan dengan ECM yang lebih pintar sehingga dapat menyesuaikan asupan bahan bakar yang masuk ke combustion Chamber…

2. Intake dan throttle body

Untuk mengimbangi membengkaknya kapasitas mesin serta kompresi yang lebih tinggi Honda juga melakukan revisi pada jalur intake. Sentuhan pada filter udara juga diperlukan (ukurannya yang kini lebih besar). Perkawinan kedua komponen dibantu oleh ukuran Throttle body yang kini juga diperbesar dari sebelumnya berdiameter 26 kini 28mm. Wahhh pantessss…..

3. Ergonomi riding dan kenyamanan

Pada generasi terbaru Honda melakukan sedikit revisi di bagian jok. Kontur busa pengendara diperbaharui guna memberikan rasa comfort maksimal. Selain itu ruang dek kaki juga diperluas cak. Untuk pengendara depan atau foot step kini Honda memberikan ukuran yang lebih luas alias memajukan sekitar 30 milimeter. Jadi monggo yang kemarin merasa kurang selonjoran pada PCX 150 lawas, new PCX160 sudah lebih legaaaa….selonjoran rekkkk….

4. Lampu depan dan belakang

Menjadi satu kesatuan revisi desain, Honda melakukan sentuhan juga di bagian lampu yang kini lebih modern serta agresif. Honda menyebutnya sebagai LED headlight “PCX ness” serta “further Evolution” light….hhmm, keren juga istilahnya cak….

5. Frame atau rangka

Core kestabilan sebuah motor selain suspensi adalah frame. Seperti paham betul dengan kondisi tersebut Insinyur Honda merevisi frame new PCX 160. Frame terbaru diperbaharui dan dibuat lebih kompak pada struktur pipa tubular nya. Sekilas terlihat lebih sederhana namun jika sampeyan perhatikan ukuran pipa di bagian subframe serta center body lebih gemuk. Fokus Honda adalah achieve maximum rigidity, balance dan light weight. Jadi frame lebih kuat namun ringan. Terbukti pada generasi terbaru ini, frame PCX lebih ringan sekitar 760 gram. Alhasil dengan bobot 132 kg, Honda mengklaim PCX160 memiliki kelincahan dan handling di atas rata-rata….

6. Kapasitas bagasi dan Tangki BBM

Menjadi skutik yang nyaman tentu dibutuhkan kompartemen bagasi ataupun fasilitas yang fleksibel. Oleh karena itu Honda memberikan tangki BBM yang cukup besar di kelasnya yakni 8,1 liter. Tidak hanya itu kapasitas bagasi juga menjadi perhatian Insinyur Honda. Oleh karena itu kapasitas bagasi dari sebelumnya 28 liter pada generasi terbaru membengkak Menjadi 30 liter….

Kenyamanan pengendara pada saat Mengisi bensin juga menjadi perhatian Honda. Terbukti pada desain terbaru pabrikan sayap memberikan fuel cap holder pada casing plastik. Jadi ketika sampeyan mengisi bensin, sampeyan bisa menempatkan tutup bensin diplastik cover. Mantap…detil juga euy desainnya. Itu belum termasuk kehadiran rak box depan berukuran 1,7 liter yang di dalamnya terdapat fitur USB charging Type C..

7. Roda dan pelk

Yang cukup mengejutkan tentu adalah komposisi velg yang kini memiliki ukuran berbeda antara depan dan belakang. Yup… seperti yang sampeyan tahu pada Honda New PCX 160 generasi terbaru Honda memberikan velg ukuran 14 inch depan dan 13 inch belakang. Dari analisa IWB, keputusan Honda ini sepertinya untuk memaksimalkan reaksi power karena dengan ring lebih kecil tentu akselerasi bakal lebih terasa dibandingkan dengan ring besar…

Namun Honda juga tidak mau mengorbankan kenyamanan ayunan ban depan sehingga ukuran tetap dipertahankan dengan diameter 14 inch. Secara teknis ring besar akan memberikan peredaman lebih baik ketika melewati jalan rusak dibandingkan dengan ring velg kecil. So….gotong royong komponen ban, pelk, suspensi serta karet peredam mounting stang pasti akan memberikan feel comfort maksimal. Cerdas !!

Mantapnya..untuk generasi terbaru ini ban juga lebih gambot dimana ukuran depan mencapai 110/70’14inch (lebar pelk 2.75inch) dan belakang 130/70’13inch (lebar pelk 3.50 inch). Bandingkan dengan PCX 150 yang hanya memiliki ukuran ban 100/80 dan 120/70. Btw…. untuk versi Jepang ini sampeyan akan menemukan roda belakang disuplai oleh michellin. Namun untuk versi tanah air disinyalir akan tetap mempertahankan vendor dari IRC…..

8. Konstruksi knalpot

Mesin mumpuni percuma jika tidak disokong oleh konstruksi knalpot jempolan. Oleh karena itu Honda melakukan revisi pada konstruksi silencer dalam. Fokus utama Insinyur Honda adalah mengurangi Lost power, mengoptimalkan katalisator agar emisi gas buang lebih ramah lingkungan. Untuk konstruksi terbaru ini pun diklaim sudah lebih sempurna dibandingkan dengan generasi sebelumnya soal beberapa poin diatas….

9. Suspensi dan perangkat rem

Setelah perombakan frame serta engine, Honda juga fokus pada kenyamanan suspensi. Oleh karena itu suspensi belakang kini memiliki stroke yang lebih panjang sekitar 10 mm….sekarang melar menjadi 95mm. Keputusan ini diklaim mampu menyerap guncangan lebih baik. Tidak hanya itu Honda juga merombak desain suspensi lewat hadirnya cover plastik resin untuk melindungi inner tube. Termasuk ukuran spring suspensi yang kini lebih gambot dibandingkan dengan generasi lawas…

Sementara untuk rem, Honda masih mempertahankan rem cakram 220 mm depan dan belakang 220mm ABS single channel. Dari sini terlihat Honda cukup percaya diri dengan perangkat rem mereka. Mungkin karena sudah menganut dua piston di bagian depan. Apalagi menurut informasi yang Honda rilis antilock brake system PCX lebih smooth dan akurat karena kecepatan cengkraman yang lebih banyak dalam satu detik ketika sistem ABS bekerja…..

9. Speedometer

Kemewahan speedometer tetap dijaga dengan baik oleh Honda pada generasi terbaru PCX160. Bedanya kita bisa melihat kemewahan yang lebih kental karena hadirnya bezel 3D warna silver. Kemudian dalam display kita juga akan menemukan beberapa informasi yang cukup lengkap mulai dari oil change indicator, baterai voltase indikator, HSTC (on-off), jam digital, odometer dan speed, ABS indikator, ISS dan beberapa indikator lain. Yang paling menarik perhatian tentu hadirnya lampu Illumination hijau untuk menunjukkan aktif tidaknya lampu sein….

10. Smartkey

Desain dari remote control smart key juga berubah. Pada versi Jepang Smart key ini juga bisa untuk membuka box aksesoris resmi Honda yang ditawarkan pada PCX160….

11. Perubahan engine mounting

Menggunakan frame berbeda dan juga mesin berbeda tentu saja posisi dari engine mounting juga berubah. Pada generasi ini Honda mengatakan bahwa konstruksi engine mounting mengurangi stres pada suspensi sehingga motor tetap stabil digunakan untuk high ataupun low speed….

Yup…. itulah beberapa Perombakan yang dilakukan oleh Honda pada generasi terbaru PCX160. Artinya hampir semua berubah total dan tidak menyisakan apapun. Mulai dari kompresi mesin, kubikasi, konstruksi crankshaft bahkan ukuran Throttle body. Nggak heran motor ini makin ngacir. So…. jelas ini sebuah evolusi yang bisa kita katakan melompat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sekarang kita tunggu saja akan seperti apa versi di tanah air nanti. Monggo sing sabar cak….nggak lama kok. So….Honda PCX160 4 klep mesin eSP+ ? itulah rahasia dibalik makin kencangnya PCX terbaru……pantes ngacirrrr, berubah kabeh rekkkk…racun-racunnnn wkwkwk !! (iwb)

Warna pilihan PCX160

 

Advertisements

118 COMMENTS

      • Dengan Honda Beat saya merasa puas bisa mendapatkan kebersamaan dan kehangatan yang kami aktialisasikan dalam biduk rumah tangga yang rukun, khususnya dalam hal perqelonan dan perqenthuan.

      • Yang fby bilang operperet malah yang laris manis
        – mereka lupa ini adalah Honda 😂
        – mereka lupa yang Murah(an) milik mereka adalah barang grade C 😂
        – iyalah murah….Keylessnya kw3 yang butuh Gembok 😂
        – iyalah murah mesinnya 2 – 3 bulan berubah jadi mesin jahit atau mesin Genset 😂
        – iyalah murah Shock belakang kanan menjorok keluar 2 cm 😂
        – iyalah murah part2 Kw nya dipasok Ngahaem 😂
        – iyalah murah Abs nya 2 channel tapi total Cuma 8 pijitan perdetixs 😂 jari bocah juga bisa pijit 1 rem 4x perdetix.
        – iyalah murah ban bawaannya 4 hingga 5 bulan udah Gundul kek SoundWave 😂
        – kelebihannya cuma 1 ..Plastiknya ymh tebel…dengan kandungan Plastik PP nya…sedangkan kandungan Plastik abs nya jauh berkurang 😂
        Gak salah….sebentar lagi , Ymh jadi Pabrik Biji Limbah Plastik DaurUlang.. dengan kerjaan multi jenis buat FBY .. sekurang2 bikin gelas Plastik 😂

        Harga Adv di Japan juga mirip dengan harga All New Pcx ini…artinya harga All New Pcx nanti ada diharga Adv dan…
        Jija nanti Hnd pun menghadirkan 3 Harga untuk All New Pcx ini…
        Ymh Auto Gosong 😂👏

      • Wooooww….box belakangnya terkoneksi dengan remote , Kereeeen 👍😂 padahal seharga Adv yang dijual dijepang tsb.
        Jika disini seharga adv juga plus box tsb…. Woowwww amazing dong Cak ?
        Sikaaaaaat 👏😂

      • Bidi dan stang jelek banget… meskipun mesin terbilang bagus… tapi konsumen lebih memilih yang bodi bagus dan mesin terbilang bagus juga… kelemahan Honda disitu,kalah jauh sama Yamaha.

      • Ajian langkah djiwa akhirnya dikeluarkan bwat ngehajarrr pabrikan Y sampai babak belurrrrr ancur nglemburrr habis bis biss hanya terziza AHamMvass doang caakkk

    • Saatnya pabrikan Y bertekuk kentoet dalam kondisi babak belurrrrr mengakui keunggulan tehnologi maxi metic H.
      Hajaarrrrrr cakkkkk

    • Bodi dan stang jelek banget… meskipun mesin terbilang bagus… tapi konsumen lebih memilih yang bodi bagus dan mesin terbilang bagus juga… kelemahan Honda disitu,kalah jauh sama Yamaha.

    • Ajian langkah djiwa sukses ngehajarrr pabrikan Y sampai babak belurrrrr. Keunggulan tehnologi maxi metic H terbukti diterima masyarakat luas songsong masa depan nan cerahhh cakkk

  1. ekekekek

    Cukup di lawan pakai Mio

    karena apa ?
    mesinnya Loyo itu apalagi bodynya kayak Perahu doyong…wallahhh

    H suuuuRrrAM

    mueheheheh

  2. Fix sudah…!

    Di saat nemex kesulitan cari eceran bahan bakar di tengah HUTAN ,..PCX 160 ini akan melaju dengan SANTUY nya….
    Tinggal rider nemex ndorong si fantat mbabon 30 km cari SPBU terdekat…🤭🤣

    • ekekekekke

      Kompresi peceex 12:1 yg mana itu Hak Pertamax Turbo

      lu cari Pertamax Turbo di Hutan yg ada dikasih Getah Pohon

      jgn bilang pantan baboon ah malu sama peceex yg vantatnya jebeber

      H suuuuRrrAM

      mueheheheheh

      • Ekekekek ketauna Mbhekye garis kenyall kaya Mijone baca judul doang, padahal tertulis di situ “Untuk mengakomodasi kompresi yang semakin mumpuni Honda menyuntikkan teknologi oil jet piston”
        beda sama Nemax yg diisi pertalite langsung ada backsound mesin jahitnya ekekekek

      • 8,1 liter GA PERLU ISI BENSIN UTK 300 KM !!

        YG NYARI GETAH POHON DI HUTAN , YAAA NEMEX, si RAKUS BENSIN dan VAMPIR OLIE !!
        🎹🎺
        WAKAKAKAKKK🤣

    • mungkin maksudnya dengan di tambahkan oil jet untuk mendinginkan piston, suhu piston dan ruang bakar akan tetap stabil meski di geber terus di putaran tinggi mengingat kompresinya yg tinggi…canggih sih, tapi Jupiter Z sdh pake piston cooling jet sejak pertama keluar di 2003

      • Oil jet jg berfungsi untuk oil cepat menyebar , anggap itu tekh bonus 😂
        Ga pake itu mesin hnd aman saja , pake itu makin aman.

        Nah mesin2 ymh telat olie semua , makanya baru 2 3 bulan dah kayak mesin jahit berjalan 😂

  3. model dan mesin udah jempolan , tapi kalau di mari agak meragukan dari segi build quality, dan satu lagi joknya yang masih kalah empuk dari sebelah

    • Klo build quality dr dulu produk sayap lokalan sini emang downgrade banget. Terutama joknya sekeras cor bore pile.

      Ini yg saya kritik dan selalu diulang ulang. Gak mau dengerin konsumen. Padahal dulu saya ep 83 H4 garis keras.

    • Makanya dibaca baik2 artikel di atas, kan ada tukisanya tuh
      “Untuk mengakomodasi kompresi yang semakin mumpuni Honda menyuntikkan teknologi oil jet piston”

      • Gak perlu Vtec lha wong klepnya aja ukuran 28 x 25 mm, backcut valve pula…. beda sama Nemax fanthat babon yg klepnya cuma 21 x 19 mm memang perlu VVA biar gak mlehoy putaran atas ekekek

      • 2 klep aja bisa memberangus 4 klep pea2 ymh , apa guna vitec ? Tanpa vitec dah jauh diatas mesin. Jahit ymh 😂

    • Yang laib lagi rapat bikin rancangan somasi ke junjungannya untuk mengatur ulang jam lembur dan upah lembur daurUlang 😂

  4. Wess babak belurrrrr ancur nglemburrr sekali ini cakkkk. Ajian pamungkas langkah djiwa ngehajarrr pabrikan Y habiz-habizan tanpa sizaaa cakkk

  5. ekekekekek

    Kompresi 12:1 + offside silinder

    wallah minum pertamax turbo jangan lupa ngantongi. jerigen ..

    H suuuRrrAM

    mueheheheheh

    • Ngoahahaha stereotype FBY nih baca judul doang udah ej4kulasi dini…
      kan ada tulisan tuh ” Untuk mengakomodasi kompresi yang semakin mumpuni Honda menyuntikkan teknologi oil jet piston’

  6. Kami berdua mengendarai honda beat kemana saja. Kami sudah mendapatkan kehangatan kebersamaan di setiap saat yang kami aktialisasikan dalam hal perqelonan dan perqenthuan dalam biduk rumah tangga yang rukun

  7. Dengar punya dengar… Harganya dikisaran Rp 55jt-an ya.? Upssst… 55jt cuman dapat 16DK..?
    Mesin NMax bisa di Explore hingga 18DK pun belum menyentuh diangka 50jt. Hmmm…
    Nampaknya filosofi Honda “Jika bisa dijual MAHAL, mengapa harus murah?”

    Dan hanya Suzuki yg berani memberikan Mutu diatas harga beli.

    • Yang fby bilang operperet malah yang laris manis
      – mereka lupa ini adalah Honda 😂
      – mereka lupa yang Murah(an) milik mereka adalah barang grade C 😂
      – iyalah murah….Keylessnya kw3 yang butuh Gembok 😂
      – iyalah murah mesinnya 2 – 3 bulan berubah jadi mesin jahit atau mesin Genset 😂
      – iyalah murah Shock belakang kanan menjorok keluar 2 cm 😂
      – iyalah murah part2 Kw nya dipasok Ngahaem 😂
      – iyalah murah Abs nya 2 channel tapi total Cuma 8 pijitan perdetixs 😂 jari bocah juga bisa pijit 1 rem 4x perdetix.
      – iyalah murah ban bawaannya 4 hingga 5 bulan udah Gundul kek SoundWave 😂
      – kelebihannya cuma 1 ..Plastiknya ymh tebel…dengan kandungan Plastik PP nya…sedangkan kandungan Plastik abs nya jauh berkurang 😂
      Gak salah….sebentar lagi , Ymh jadi Pabrik Biji Limbah Plastik DaurUlang.. dengan kerjaan multi jenis buat FBY .. sekurang2 bikin gelas Plastik 😂

      Harga Adv di Japan juga mirip dengan harga All New Pcx ini…artinya harga All New Pcx nanti ada diharga Adv dan…
      Jija nanti Hnd pun menghadirkan 3 Harga untuk All New Pcx ini…
      Ymh Auto Gosong 😂👏

  8. Belum selesai cak kejutannya…….masih ada new adv 160 yg siap memberikan kejutan baru, kalau adv yg sekarang banyak yg bilang desain sedikit nanggung ,yg baru nanti akan memberikan desain dan performa yg lebih gila

  9. kelihatannya rangka nya lebih rigid yg lama, dibanding yg baru walaupun diameter dimensi nya lebih besar yg baru,

    semoga shock nya kgk miring lage

  10. Tekhnologi oil jet sudah lama melintang di mesin disel, ,entahlah untuk motor “maspro”
    Untuk motor balap juga kebanyakan modif oil jet biar piston tetep terjaga,
    Yang saya heran itu dudukan mounting engine,
    Tolong dikoreksi dudukan diatas seperti nmax lawas yang notabennya new nmax aja dipindah dudukan enginnya kebawah kayak old pcx dan vario, kira² lebih bagus yang mana?? Adakah disini pengguna old nmax dan beli new nmax?? Handlingnya sama atau ada perbedaan?

  11. Coba dijawab lik perkara jantung pacu borexstrokenya? Kenapa mesin overbore bisa menghasilkan torsi yang lebih besar dari mesin overstroke???? Apakah bakal ngorbanin topspeed?? Pendapat saya si racikan CVT honda lebih ok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here