iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……seruuuu tenan kie cakkk, dimana-mana judule panas pasca secara resmi Honda meluncurkan new PCX160…sebuah label yang memang terlalu banyak naikinnya mengingat kubikasi dengan NMAX hanya beda 1cc. Dilalah Yamaha tetap menyebut 155 sedang Honda tanpa sungkan mengatrol sebutan dengan 160 padahal kubikasi murni 156…iki menarik cak. Nah terlepas soal sebutan produk, banyak opini beterbangan perihal kemampuan mesin new PCX160 yang meningkat signifikan tapi juga meragukan. Masalahnya satu, walau spek diatas kertas lebih tinggi, namun Honda belum VTEC disaat Yamaha memiliki mekanisme VVA. Pertanyaannya….Mungkinkah 4 katup Honda tanpa VTEC mengalahkan 4 Katup VVA Yamaha ??

Ini benar-benar menarik cak. Asli pertanyaan sampeyan ini sulit dijawab karena harus dibuktikan dilapangan. Saat ini tidak bisa diingkari bahwa PCX 160 memang sukses mengungguli mutlak kompetitornya. Lhaaa piyeee walau kubikasi hanya beda 1cc, namun ledakan tenaga baik power dan torsi melejit hingga 15,8ps dan torsi 15Nm disaat NMax 155 berada dikisaran 15,3PS dan torsi 13,9Nm. PWR-nya saja jelas PCX terbaru menggungguli rivalnya karena bobot keduanya identik dimana versi ABS sama-sama berada diangka 132kg. Tapi kuwi diatas kertas….piye jika diadu dilapangan mengingat Yamaha sudah dibekali VVA sedang PCX belum VTEC ?

Yup….Seperti yang sampeyan ketahui Yamaha membanggakan betul fitur Variable Valve Actuation (VVA). Sebuah mekanisme yang bertujuan untuk meningkatkan efiensi bahan bakar sekaligus meratakan performa baik low hingga high RPM. Boso enaknya cak?..Variable Valve Actuation merupakan sistem yang mengatur kerja klep (valve), berdasarkan putaran RPM?dibekali Solenoid actuator, komponen ini akan mendorong pin untuk berpindah ke profil kem lebih tinggi atau sebaliknya. Batas perpindahan kisaran 5500-6000 RPM…..Ekskusi perpindahan ini dijalankan oleh selenoid actuator. VVA sendiri bertujuan lebih untuk mengatur pemerataan power. Disini PCX160 tidak memiliki…

iklan iwb

Spesifikasi PCX 160 pede dengan 4 katup tanpa embel-embel VTEC walau jika mau mekanisme yang justru sudah dipahami betul oleh Honda karena mereka pioner dibidang ini mudah dilakukan. So…dengan pemerataan RPM seharusnya dilapangan NMAX bakal lebih leluasa mendapatkan powerband yang merata disaat Honda harus memilih lebih fokus kemana. Low RPM atau high RPM terlepas dari ukuran bore x strokenya. Tapi ingat, engine Honda ini lebih powerfull dan torsinya termasuk gila untuk ukuran matic. Selain itu jika kita telitik spek lebih dalam, ternyata engine new PCX ini menganut konfigurasi overbore….

Ketika bore x stroke NMAX diangka 58mm x 58,7mm….new PCX 60.0mm x 55.5mm. Komposisi ini berubah total dibandingkan PCX lawas yang berada diangka 57,3mm x 57,9mm. Artinya top speed PCX terbaru sepertinya tidak boleh diremehkan. Herannya dengan konfigurasi overbore PCX160 masih bisa mendapatkan torsi 15Nm. Edian kieee.? So….kendati tanpa VTEC, akan sangat menarik bagi kita untuk ngadu keduanya dilapangan. IWB sih penasaran tenan cak…

Last….maxi skuter sekarang memang sudah digiring pada adu power. Disini Yamaha harus bersiap karena sepertinya, Honda mulai gatal untuk jabani di sektor ini. Padahal strenght point bahasa komunikasi skutik Yamaha dari dulu hingga sekarang adalah power and power. Jangan sampai image skutik kencang Yamaha meredup karena mulai ditekuk Honda. Kondisi yang akan membuat para fansboy Yamaha kecewa pastinya. Lhaaa piyeee, penunggang moge cak soale. Mosok moge disalip sama skutik non moge…lak yo isin cak nanti. Kuwi guyonane hehehehe. So…. Mungkinkah 4 katup Honda tanpa VTEC mengalahkan 4 Katup VVA Yamaha ?? secara spek sudah terbukti, tapi dilapangan ? kita tes nanti pas rilis…okrekkk !! (iwb)

140 COMMENTS

      • Kolaborasi hahem dan lek way beeh pasti bisa ngehajarrr pabrikan Y sampai babak belurrrrr

      • Otak Dungu nya Alan mana paham dijelaskan yg seperti itu Lek.. Tahu n bisanya cm angkat tinggi2 junjungannya Yamalu karena kalau Alan g begitu ya g makan Lek..

      • wkwkw beli tuh motor yang ban depan belakangnya beda velg ibaratnya tuh Motor Dingdek kayak motor India hahahaha

      • Bedanya klep asli sama klep abal2.

        Yamaha utk sekelas motogp aja masih pakai klep abal2 yg rawan rompal apalagi motor produksi masalnya ya…

        Wkwkwkkk…

        Intinya…,

        Y SuuRraaMm…

        Muehehee…

    • Ngoahaha

      ukuran klep Nemax 21 x 19
      ukuran klep new PCX 26 x 23 bisa juga 28 x 25

      artinya new PCX ngamplengin Nemax sambil merem

    • Sijuki dan kaoskaki ikut bermain maxy scooter,jadi lbh baik buat konsumen setidaknya ada pilihan lebih.

      • VVA itu khusus 4 klep imut2 Nmex buat bantu putaran atas biar gak kedodoran ?
        PCX gak perlu itu, ukuran payung klepnya aja jauh lebih lebar 28 x 25 mm cuy

    • Rasio kompresi PCX 12:1, wajar kalo power n torsinya gede. Konsekuensinya bahan bakar mesti octane tinggi macem v power atau pertamax turbo nih…

      • Pake pertalite juga bisa kok.
        PCX mengadopsi OIL JET PISTON , teknologi menyuntikkan oli mesin di sisi belakang piston, cara ini dapat mendinginkan secara efisien, memungkinkan kemajuan waktu pengapian sekaligus menekan terjadinya pembakaran yang tidak normal seperti knocking.

    • Jangan ribut, Semuanya hanya motor Jepang yang di produksi di Indonesia. Suka yang mana silahkan beli pakai uang SENDIRI

    • VVA khusus maxi skuter overstruk dgn 4 klep ukuran mungil dan rangka keranda mayat biar gak ngempos di putaran atas ekekekek

  1. Opset nya mayan 155 vs 160 wkwk
    Awas ntar body pada berterbangan lepas dari chasis ????

    • Kek gini netral ? Orang netral itu ga koar2..terbaca dari TULISAN lu, bukan ID lu..

      Lu mah printilan biji nya si mijone yg makin kalap ( baca : gila ) ?

    • Torsi 15nm bahaya bwt abg…tapi bwt anak muda mancussss….perkiraan lawan nmax 500m ketinggalan 2 gerbong

    • Tipikal mbekyek kan baca judul langsung koar2 tanpa memahami isi…. Maklum lha… “Kaum smart” ujar mereka…?????

    • Market Share Babak Bundas.
      Produk babak belurrrrr.
      Dihajar oleh…???

    • Atas saya Gobl*k x ya,, kau pikir naekkan 1 CC mudah utk ukuran 1 piston..
      Kau oversize beat kau, sampai OS 200 abis tu kau ukur, Pakek alat ukurnya … Sampai gak naek 1 CC…

      Cuci kaki , belajar lagi .. malu anak Teknik mesin baca komen mu

      • Ga usah sombong lu anak tekik atau tekok…
        Masih banyak yg jauuuh di atas kemampuan lu,..klo ada anak programming phyton atau C++ ajak lu adu otak,..ilmu tekik lu bjsa mencret..!!

    • Vva yaheho kw bro..selenoidnya aja merknya sama ama selenoid mesin cuci sanken…dari plastik

  2. Mending saya nabung buat beli peceex..namex saya lihat makin hari makin aneh bentuknya,apa yang modif yang gagal?

  3. variable itu ibarat nya seperti turbo entah itu vtec , vva dll.
    kalo bener gak ada katup macam vtec, tapi jadinya overbore biasa nya lebih boros , overbore main rpm tinggi…

    mending pcx lawas di bore up XD ..

    • Enakan yg baru soalnya onderdilnya semua masih baru hehehehehe
      Td tetep disyukuri saja meski punya yg lama

      • torsinya liat jg mas bro 15 nm di 6500rpm lebih enak akselnya g usah main rpm tinggi
        overbore boros? lah itu vva aslinya apaan? itu kan jg doping nambahin debit udara+bensin biar mesin g kopong tenaganya di rpm tinggi.
        nambahin debit in ya jelas jd boros klo vva nya idup(rpm tinggi) sama aja kyk overbore

    • Yg nambahin bensin itu injektor tentu atas perintah dari ecu, vva hanya mengubah timing bukaan klep agar sesusi dengan rpm.mirip cdi yg mengatur timing pengapian.
      Sekolah dimana lu vva untuk nambah asupan bensin udara??

      • lu yg bodo,, namanya ngatur timing pengapian kan,, otomatis ya klo di rpm tinggi pengapian lebih cepat,, otomatis ya bahan bakar lebih cepat di bakar ( alias boros ) gitu aja kgk paham.. hadehhhh dodol

        mana ada cerita RPM tinggi timing bukaan klepnya lebih lambat,, klo lebih lambat baru irit,, klo lebih cepat ya makin terus”an pembakaran … gitu aja kgk paham.. dul dul

  4. Gak ada yg gak mungkin apalagi kompresi 12 pke pertamax turbo pasti bisa ngalahin nmax. Asal jgn isi pertalite kompresi segitu.

  5. Lek, overbore bisa dapet torque 15 Nm bisa jadi salah satunya faktor kompresi gede itu ndiri, sampeyan harus tau yg berpengaruh pada torsi itu bukan cuma panjang langkah tapi juga besarnya hasil ledakan di ruang bakar, moment inersia bandul kruk as, bobot magnet, dlsb.

  6. ditunggu aja dilapangan dah nanti Nmax vs PCX vs aerox vs vario 150 adu drag dan top speed wkwkwk

  7. Enakan yg baru soalnya onderdilnya semua masih baru hehehehehe
    Td tetep disyukuri saja meski punya yg lama

  8. Kalau nmax kalah power spesifikasi di atas kertas mungkin saja.. tapi kalau kalah tarikan mesinnya dan tingkat penjualan di lapangan kayaknya nggak mungkin.. modelnya tidak berubah masih seperti PCX 150.. bosen..

  9. fix sportnya honda skr jd culun
    torsi cbr aja cm 14.4 nm ?udah gt di rpm lbh tinggi
    udah gaya nunduk2 di flyover antasari eh kesalip maticnya? udah gitu kena limiter, malah maticnya tmbh kencang gr2 overbore. napasnya panjaaaang sepanjang flyover?

    • lu ga pernah baca artikel sebelumnya?? kan CBR mau all new engine,, mau jd overbore jg.. gmna sih.. semua motor Honda skrng di bikin ALLNEW,, dari rangka sampe Mesin dan semuanya..

      PCX jg rangka baru dan mesin baru,, scoopy jg rangka dan mesin baru… nanti ada CBR dan CB mesin baru dan desain baru. blom lgi nanti Vario pasti kecipratan mesin esp+ dari PCX supaya lebih murah krna produksi lebih banyak

  10. Justru cc kecil klo pake vtec mlh bahaya jd liar kang menurut sy,,krn buat anak mobil psti ud pd paham ap itu istilah vvti,,vtec,,smpe mivec&ud tw jambakan vtec klo ud jln kaya gimana…jd jauh kang klo mw dibandingin sm vva

    • ekekeke

      anak Mobil lebih durable VVTi series lihat deh kebanyaak pakai valve tersebut

      kalau lebih joss dikombinasikan dgn Teknologi YM jet Fi seperti yg dipakai matic Ymh dulu
      VVA lebih Simple dan Jenius apalagi ditambah Teknologi canggih lainnya YMjetFi tersebut..

      lihat deh cbfour kebanggaan gak ada batang hidungnya

      H suuuuuRrrAM

      muehehehe

      • Sebutin mesin mobil yg pake dual vvti yg bs lawan liarny mesin b20 vtecny honda,,dgn cc yg sama ya…klo lebih joss ymjet knp umurny lngsng dganti sm bluecore,,bknny hrsny dilanjutin ya bang??

      • ekeke

        kagak usah di hiraukan, itu mijone kagaj ngarti ngomong apa, dy mah cuma kejar komen, tar gak dibayar

        ekekekke

  11. haturnuhun kang iwan pejabaran arti fungsi vva ama vtek biar para fasboy pada itu vva ap itu vtek singkat padat…..klo pungsi vva ama vtek itu bukan bukan bikin gede power vva/vtek fungsi utama y bikin hemat bensin rpm sesuai kebutuhan pemakeian memeratan power di tiap rpm biar bensin tdk terbuang percumah klo pun pcx dipake vtek power 16 pasti y puncak y segitu cuma klo pake vtek power y mungkin bisa merata atas bawah tengah bisa diatur pke vtek lewat bukaan masuk buang y jadi ada kemungkinan vtek tdk dipasang mungkin pemikiran para insiyur hon klo cc kecil akan malah merugikan tenaga mtr itu sendiri karna beban mesin mlh makin besar dan di pcx baru ini honda cari solusi lain kaya memaksimalkan jeroan mesin pasti ada teknologi baru dimesin pcx baru ini..yakin honda udah itung rugi untung pemasangan vtek dimesin cc kecil so honda udah bangkotan ap itu teknologi vtek

  12. ekekekekek

    jangan mikir kencang dulu

    cicilan kredit yg kmaren belom lunas

    udah mau disuntik mati aja

    H suuuuuuRrrrrAM

    mueheheheheh

  13. Ralat cak yang pioner dalam hal vtec/vvt etc dalam hal automotive itu alfaromeo bukan honda jangan menyesatkan wawasanlah cak biar pada pinter

    • Keep kalm dong mbak!!?? Lagi pms ya ?? kan di bidang sepeda motor mbak…. Pertama kali motor menggunakan variabel Valve sejenis v-tec ya Honda di cb400… Sampai sekarang di produksi tuh… Gak paham juga?? ? Sini saya tampar pakai batang Oyoh biar paham !! plak plak plak ..?????

  14. Tar pas macet2an ntu enemex 155 sm meceex 160 gw salip pke honda c70 .. Beat ABS Keyless mana nih ga nongol2.

    • Apa cuma ane yang gak peduli seberapa kenceng motor dari merk apapun? Lagian jalanan di negeri +62 tidak sepadan dengan top speed… Jadi gak relevan aja, buat apa sih “kencang, powerful, di jalanan +62?
      Serius nanya, toh kalo ketemu macet ya berenti juga….

  15. Ngoahaha
    ukuran klep Nemax 21 x 19
    ukuran klep new PCX 26 x 23

    artinya new PCX ngamplengin Nemax sambil merem

  16. klo bagi ane 0 – 80 km/j hrs nampol cz sering toring pegunungan. moga gk kalah ma vario150 kyk old pcx

    • per cvt vario 125=per cvt pcx 2018
      per cvt vario 150=per cvt adv 150

      mau pcxnya njengat di gunung ganti aja per cvtnya pake vario 150, roller pake genio

  17. Kalao pakai vtec, nmax ketinggalan 1 provinsi, 3 kabupaten, 7 kecamatan, 19 kelurahan, 27 desa

  18. Jangan lupa fitur “gredeg”nya tidak usah disematkan, biar torsi dan powernya tidak terserap sia-sia

  19. Sering si saya bilang kalo faktor terpenting di matic itu racikan CVTnya,
    Yah, ,anak keyboard warrior mana tau enaknya punya bnyak racikan cvt, dikala buat jalan ke puncak dan dikala buat jalan datar
    “Naik sport aja ga ribet”
    Iya wae,. ,, , ,. ,,

  20. Harusnya vva bisa lebih kuat unjuk gigi. Krn rpm tinggi perlu kompresi yg lebih rendah. Tp ya krn karakter yamaha overstruk, ya pasti ad batasnya.

  21. kalo hondut serius ladenin yamahi soal adu power jelas yamahi yang kena tabok bolak balik ini hondut masih belum ngeluarin teknologi doping powernya cakkk, tapi saya sangat kecewa dengan penamaan pcx 160 padahal murninya 156cc kan beda jauh lebih jos dibuat pure 160cc sekalian 🙂

  22. Hebatnya Honda …Mesin beda 1cc bisa mengalahkan VVA … apalagi kalau pakai mekanisme itu. Itu meledek banget!

    Pinter ya insinyur Honda, mereka akali dengan berbagai macam cara agar naik torsi dan powernya. Aliran udara, aliran bensin, pemasangan bearing anti getar dll aku baca di Tmcblog. Salut.

    Ayo Yamaha naikin lagi powernya

Comments are closed.