iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….sangat banyak pertanyaan dilemparkan ke IWB perihal kemungkinan kelahiran Yamaha New R15VVA V4 tahun depan. Kode terakhir bukan konfigurasi engine namun singkatan dari versi 4. Maklum cak…generasi sekarang sudah memasuk versi 3 sehingga untuk memudahkan kita membedakan dijadikanlah acuan dengan versi 1-3. Nah dilalah gara-gara IWB getol memberikan kisi-kisi bakal datangnya generasi terbaru CBR150R 2021 dengan kode K45R, banyak yang menanyakan….piye dengan R15? apakah juga bakal lahir tahun depan. Nah untuk menjawab pertanyaan ini IWB sudah racik artikelnya dibawah ini. Cekidottt cakkk….

Kehadiran Yamaha R15 tidak lepas dari sejarahnya pertama kali lahir di India. Motor yang menggunakan mesin basis dari Vixion bahkan desain untuk generasi pertama pun juga nyomot Vixion yang diberikan fairing maka R15 generasi pertama ini ini tidak masuk di Indonesia. Kendati demikian cukup banyak yang berharap saat itu Yamaha Indonesia Sudi memasarkan di tanah air. Hingga pada akhirnya keinginan para Bikers Indonesia terealisasi setelah YIMM memasarkan R15 generasi kedua ditahun 2014….

Generasi kedua ini memiliki desain yang memang cakep untuk ukuran saat itu. Bentuk muka ala Yamaha R6….. bahkan dari samping depan hingga belakang memang betul-betul nyomot dari supersport Yamaha. Tak hayal kedatangannya disambut hangat para Bikers termasuk IWB yang juga memboyong R15 versi 2. Pada versi ini built quality nya masih sangat bagus. Ketebalan casing serta panting termasuk material swing arm IWB Acungin jempol. Menggunakan lengan Ayun merk endurance yang diimpor dari India, material pada versi ini terbaik dibandingkan generasi sekarang yang model knock down….



Namun yang menjadi permasalahan generasi ini adalah mesin yang memiliki karakter Boyo, termasuk posisi boncenger yang tinggi habis. Untungnya kondisi ini disadari Yamaha hingga pada tahun 2017 Yamaha meluncurkan R15VVA dengan beberapa revisi yang membuat motor ini lebih bertenaga serta posisi Jok yang direvisi ulang agar nyaman buat boncengan. Namun diakui tidak…..pasar terus berjalan. Ada titik jenuh yang harus diperhatikan oleh pabrikan. Apalagi umur motor ini sudah menuju ke 3 tahun. Masa yang harusnya memang waktunya untuk facelift….

Ditambah rumor tentang Honda New CBR 150R 2021 sangat kencang mengemuka. Motor yang disinyalir bakal dibekali suspensi USD dengan sentuhan engine serta desain ini tentu saja akan menekan eksistensi Yamaha R15VVA. Walaupun dengan kondisi sekarang CBR150R sudah menjadi favorit, ternyata tidak membuat AHM berpuas diri. Tidak heran banyak yang bertanya bagaimana dengan R15VVA?. Adakah versi 4 terindikasi bakal lahir tahun depan? Akan seperti apa sosoknya? Bagaimana terawangan IWB?

Kuwiii sing angel cak. Karena jujur hingga detik ini saat artikel rilis IWB belum menemukan indikasi Yamaha bergerak untuk menyiapkan R15 generasi empat. Tidak terendus sama sekali mengenai kode project ataupun pergerakan di kantong-kantong vendor pendukung. Bahkan ketika IWB coba untuk mencari informasi kiri-kanan hasilnya nihil. Justru New Vixion masih ada aromanya, namun untuk R15 belum terpantau sama sekali. Mungkinkah lolos dari pantauan? minim sih sebenarnya kemungkinan kearah saja….

Last…. semua hanyalah hasil terawangan. Bisa saja terawangan ini terlalu prematur sehingga kita harus melakukan terawangan ulang tahun depan. Siapa tahu ada kemajuan. IMHO….Yamaha mungkin memang tidak terlalu antusias di segmen ini mengingat  pasarnya kecil dan bukanlah penyumbang  profit terbesar bagi mereka. Nggak heran segala tenaga dan upaya dilakukan fokus pada segmen skutik bukan sport. Jadi kalau pertanyaannya Apakah Yamaha new R15 vva V4 akan lahir tahun depan? Masih negatif cak…horaaa ono. Jadi monggo bersabarrrrr…..(iwb)

Advertisements