iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..Akhir-akhir ini sering kita dengar ban dual purpose yang makin diminati biker Indonesia. Lhaaa piyee cak, soale secara look model ban ini emang gagah tenan. Tapi dibalik tampangnya yang kurang ajar bikin celengan ambrol sampeyan perlu tetap waspada dan mempelajari betul-betul plus minus ban ini. So….sebelum buru-buru ke bengkel buat ganti ban, yuk cari tahu untung ruginya pakai ban dua dual purpose…..

Untung jika… sering lewat jalan aspal dan jalan tanah berbatu.

Jika sehari-hari sampeyan sering lewat jalan 50% aspal dan 50% jalan tanah berbatu ini baru cocok cak. Dan memang sebaiknya ganti pakai ban dual purpose karena sampeyan akan mendapatkan kelebihan dari model ban tipe ini. “Keunggulan ban dual purpose, seperti namanya bisa dipakai di off-road ataupun on-road. Bagi pengendara yang sehari-harinya melewati kombinasi jenis permukaan jalan tersebut cocok pakai tersebut,” ucap Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR….

iklan iwb

Berbeda dengan ban off road yang kembangannya kotak-kotak dengan grooving kembangan yang besar, ban dual purpose punya kembangan cukup lebar untuk kerikil, tanah dan lumpur bisa masuk ke celah kembangan dan juga punya kontak area yang cukup luas sehingga tetap nyaman dikendarai di jalan aspal.

Rugi jika… hanya untuk tampilan saja

Sebenarnya tidak dikatakan rugi juga, tapi lebih tepatnya sampeyan tidak akan mendapatkan performa maksimal ban tersebut. Tidak ada yang salah pilih ban karena sampeyan merasa model kembangan ban dual purpose bakal bikin tampilan motor jadi lebih keren. Namun, perlu diingat bahwa performa ban tersebut tidak akan sama seperti ban yang memang khusus untuk jalan aspal alias ban on road.

Meski aman digunakan di jalan aspal, grooving kembangan ban dual purpose yang lebih lebar membuat ban tersebut jadi kurang mencengkeram di aspal jika dibandingkan dengan yang murni untuk jalanan. Pada ban on road ada lebih banyak tapak ban yang kontak ke aspal sehingga ban lebih mencengkeram permukaan jalan. “Jadi mesti diingat-ingat ketika melewati tikungan saat pakai ban dual purpose, sudah tidak bisa lagi ekstrim miring-miring seperti saat pakai ban on road,” kata Jimmy.

Last…itulah sekelumit pencerahan hari ini. Nah, untuk pilihan ban dual purpose bisa pakai ban FDR. Ada lima varian ban yang bisa sampeyan pilih. Jika mau yang ban tubetype bisa pakai ban FDR Cossa Pro, Dozer atau Spartax. Kalau tidak mau ribet pakai ban dalam, pilihan ban dual purpose FDR yang tubeless ada Maxtreme, Hover dan Spartax juga ada versi tubeless-nya. “Mau pakai motor matic, bebek atau sport bisa pakai ban dual purpose FDR karena tersedia untuk ban rim 14 dan 17,” ujar Jimmy lebih lanjut. Nahh dari sini wis dapat gambaran horaa cakk ? (iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!